Skema Kompetensi : LSP Rajawali Hospitality Nusantara

Nama Skema Jenis Skema Kode Skema Nama LSP Bidang Subsektor Jumlah Unit
Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Tata Hidang (Food & Beverage Service - Beverages) KKNI SKM/1302/00009/1/2018/11 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 20 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi Sertifikat II Bidang Tata Hidang (Food & Beverage Service - Beverages)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
3 D1.HBS.CL5.03 Menyediakan Pelayanan Yang Bertanggung Jawab Terhadap Minuman Beralkohol 2019
4 D1.HBS.CL5.04 Mengoperasikan Bar 2019
5 D1.HBS.CL5.06 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Koktail 2019
6 D1.HBS.CL5.07 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Non- Alkohol 2019
7 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan 2019
8 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman 2019
9 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service 2019
10 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
11 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
12 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
13 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
14 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
15 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
16 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
17 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
18 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
19 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
20 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
Sertifikat V Bidang Tata Graha (Housekeeping)-Supervision and Administration KKNI SKM/1302/00009/1/2018/20 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 39 Unit
Daftar Unit : Sertifikat V Bidang Tata Graha (Housekeeping)-Supervision and Administration
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
2 D1.HGA.CL6.01 Merencanakan Dan Membuat Sistem Dan Prosedur
3 D1.HGA.CL6.02 Bekerja Secara Kooperatif Dalam Lingkungan Administrasi Umum
4 D1.HGA.CL6.04 Mengumpulkan Dan Menyajikan Informasi Tentang Produk
5 D1.HGA.CL6.05 Merencanakan, Mengelola Dan Melaksanakan Rapat
6 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
7 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
8 D1.HGA.CL6.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
9 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
10 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu
11 D1.HHK.CL3.03 Membersihkan dan menyiapkan kamar untuk tamu
12 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri
13 D1.HHK.CL3.06 Menyediakan Layanan Valet Untuk Tamu
14 D1.HHK.CL3.07 Membersihkan Dan Merawat Area Perlengkapan Kerja Industri
15 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
16 D1.HHR.CL8.08 Mengevaluasi Efektivitas Sisten Penilaian
17 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
18 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
19 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
20 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
21 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
22 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
23 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
24 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
25 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
26 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
27 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
28 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
29 D1.HRM.CL9.02 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja
30 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan
31 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
32 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
33 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan
34 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
35 D1.LAN.CL10.03 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Di Telepon
36 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
37 D1.LAN.CL10.08 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
38 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris
39 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
Sertifikat V Bidang Kantor Depan (Supervision and Administration) KKNI SKM/1302/00009/1/2018/17 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 41 Unit
Daftar Unit : Sertifikat V Bidang Kantor Depan (Supervision and Administration)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.01 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
2 D1.HFA.CL7.04 Menyiapkan Laporan Keuangan
3 D1.HFA.CL7.08 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
4 D1.HFO.CL2.01 Menerima Dan Memproses Reservasi
5 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi
6 D1.HFO.CL2.04 Memelihara Catatan Keuangan Tamu
7 D1.HFO.CL2.05 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
8 D1.HFO.CL2.06 Melakukan Audit Malam
9 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel
10 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional
11 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
12 D1.HHR.CL8.07 Melakukan Pemantauan Dan Evaluasi Terhadap Efektivitas Pelatihan
13 D1.HHR.CL8.10 Mengelola Sistem Penilaian Untuk Hasil Pelatihan
14 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
15 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
16 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
17 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
18 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
19 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
20 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
21 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
22 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
23 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
24 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
25 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
26 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
27 D1.HRM.CL9.01 Mengelola Secara Efektif Penggunaan Sumber Daya Manusia
28 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
29 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
30 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
31 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
32 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan
33 D1.HSM.CL5.06 Membangun Dan Menjaga Hubungan Bisnis
34 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
35 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
36 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
37 D1.LAN.CL10.03 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Di Telepon
38 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
39 D1.LAN.CL10.08 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
40 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris
41 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
SKEMA SERTIFIKAT V BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGE SERVICE) - SUPERVISOR KKNI SKM/1302/00009/1/2018/23 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 46 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKAT V BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGE SERVICE) - SUPERVISOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
3 D1.HBS.CL5.03 Menyediakan Pelayanan Yang Bertanggung Jawab Terhadap Minuman Beralkohol
4 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
5 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum
6 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon
7 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
8 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar
9 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service
10 D1.HBS.CL5.17 Menangani Orang Mabuk
11 D1.HCS.CL6.04 Mengorganisasikan Functions
12 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
13 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
14 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
15 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
16 D1.HFI.CL8.09 Memonitor Pendapatan dan Biaya Jasa Boga
17 D1.HGE.CL7.01 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
18 D1.HGE.CL7.08 Merencanakan, Mengelola Dan Melaksanakan Rapat
19 D1.HGE.CL7.09 Menyiapkan Dokumen Bisnis
20 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
21 D1.HGE.CL7.14 Mengembangkan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
22 D1.HML.CL10.01 Mengembangkan Dan Mengawasi Operasional Usaha
23 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
24 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
25 D1.HRD.CL9.03 Melaksanakan, Memantau Dan Mengevaluasi Prorgam Pelatihan Dan Proram Pengembangan
26 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
27 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
28 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
29 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
30 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
31 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
32 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
33 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
34 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
35 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
36 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
37 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
38 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
39 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
40 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
41 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
42 D1.HRS.CL1.21 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
43 D1.LAN.CL10.06 Membaca Dan Menulis Menggunakan Bahasa Inggris Pada Tingkat Lanjutan
44 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris
45 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
46 D1.LAN.CL10.11 Menyiapkan Dokumen Bisnis dalam Bahasa Inggris Tingkat Lanjut
Sertifikat IV Bidang Tata Hidang (Food and Beverage Service) KKNI SKM/1302/00009/1/2018/022 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 39 Unit
Daftar Unit : Sertifikat IV Bidang Tata Hidang (Food and Beverage Service)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
3 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
4 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum
5 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon
6 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
7 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar
8 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service
9 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur
10 D1.HBS.CL5.17 Menangani Orang Mabuk
11 D1.HCS.CL6.07 Mengembangkan Produk Dan Layanan Baru
12 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
13 D1.HFI.CL8.05 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
14 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
15 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
16 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering
17 D1.HFI.CL8.09 Memonitor Pendapatan dan Biaya Jasa Boga
18 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
19 D1.HML.CL10.07 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
20 D1.HRD.CL9.01 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
21 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
22 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
23 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
24 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
25 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
26 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
27 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
28 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
29 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
30 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
31 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
32 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
33 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
34 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
35 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
36 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
37 D1.LAN.CL10.06 Membaca Dan Menulis Menggunakan Bahasa Inggris Pada Tingkat Lanjutan
38 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris
39 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
Skema Sertifikat III Bidang Tata Hidang (Food and Beverage Service) - Waiting KKNI SKM/1302/00009/1/2018/021 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 33 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikat III Bidang Tata Hidang (Food and Beverage Service) - Waiting
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
3 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
4 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum
5 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon
6 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
7 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar
8 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service
9 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu
10 D1.HCS.CL6.03 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
11 D1.HCS.CL6.07 Mengembangkan Produk Dan Layanan Baru
12 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
13 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
14 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
15 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
16 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
17 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
18 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
19 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
20 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
21 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
22 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
23 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
24 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
25 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
26 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan
27 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
28 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
29 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
30 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
31 D1.LAN.CL10.02 Memulai Percakapan Dan Membina Hubungan Yang Baik Dengan Tamu
32 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi
33 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
SERTIFIKAT IV BIDANG KANTOR DEPAN (GUEST SERVICES SUPERVISION) KKNI SKM/1302/00009/1/2018/016 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 36 Unit
Daftar Unit : SERTIFIKAT IV BIDANG KANTOR DEPAN (GUEST SERVICES SUPERVISION)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.01 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
2 D1.HFO.CL2.01 Menerima Dan Memproses Reservasi
3 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi
4 D1.HFO.CL2.06 Melakukan Audit Malam
5 D1.HFO.CL2.09 Menerima Dan Meneruskan Telepon Masuk
6 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel
7 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional
8 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
9 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
10 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
11 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
12 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan
13 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
14 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
15 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
16 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
17 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
18 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
19 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
20 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
21 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
22 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
23 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
24 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
25 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
26 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
27 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
28 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan
29 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
30 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti
31 D1.HSS.CL4.07 Menangani Orang Mabuk
32 D1.HSS.CL4.10 Merencanakan Dan Melaksanakan Evakuasi Lokasi
33 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
34 D1.LAN.CL10.03 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Di Telepon
35 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi
36 D1.LAN.CL10.08 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
Sertifikat III Bidang Kantor Depan (Front Office) KKNI SKM/1302/00009/1/2018/015 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Unit
Daftar Unit : Sertifikat III Bidang Kantor Depan (Front Office)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFO.CL2.01 Menerima Dan Memproses Reservasi
2 D1.HFO.CL2.02 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
3 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi
4 D1.HFO.CL2.05 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
5 D1.HFO.CL2.08 Mengoperasikan Telepon PABX
6 D1.HFO.CL2.09 Menerima Dan Meneruskan Telepon Masuk
7 D1.HFO.CL2.10 Memfasilitasi Layanan Telepon Keluar
8 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel
9 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional
10 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
11 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
12 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
13 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
14 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
15 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
16 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
17 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
18 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
19 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
20 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
21 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
22 D1.HOT.CL1.15 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
23 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
24 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
25 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
26 D1.LAN.CL10.02 Memulai Percakapan Dan Membina Hubungan Yang Baik Dengan Tamu
27 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
Sertifikat III Bidang Tata Graha (Housekeeping) KKNI SKM/1302/00009/1/2018/018 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 24 Unit
Daftar Unit : Sertifikat III Bidang Tata Graha (Housekeeping)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HGA.CL1.06 Mencari dan Mendapatkan Data Komputer
2 D1.HGA.CL6.02 Bekerja Secara Kooperatif Dalam Lingkungan Administrasi Umum
3 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
4 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu
5 D1.HHK.CL3.03 Membersihkan dan menyiapkan kamar untuk tamu
6 D1.HHK.CL3.05 Mencuci Linen Dan Pakaian Tamu
7 D1.HHK.CL3.06 Menyediakan Layanan Valet Untuk Tamu
8 D1.HHK.CL3.07 Membersihkan Dan Merawat Area Perlengkapan Kerja Industri
9 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
10 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
11 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
12 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
13 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
14 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
15 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
17 D1.HSM.CL5.04 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
18 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti
19 D1.HSS.CL4.03 Mengoperasikan Peralatan Keamanan Dasar
20 D1.HSS.CL4.08 Mengantar, Membawa Dan ,Menyimpan Barang Berharga
21 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
22 D1.LAN.CL10.02 Memulai Percakapan Dan Membina Hubungan Yang Baik Dengan Tamu
23 D1.LAN.CL10.08 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
24 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
Sertifikat IV Bidang Tata Graha (Housekeeping) - Guest Services Supervision KKNI SKM/1302/00009/1/2018/019 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 32 Unit
Daftar Unit : Sertifikat IV Bidang Tata Graha (Housekeeping) - Guest Services Supervision
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.04 Menyiapkan Laporan Keuangan
2 D1.HGA.CL6.04 Mengumpulkan Dan Menyajikan Informasi Tentang Produk
3 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
4 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
5 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu
6 D1.HHK.CL3.03 Membersihkan dan menyiapkan kamar untuk tamu
7 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri
8 D1.HHK.CL3.06 Menyediakan Layanan Valet Untuk Tamu
9 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
10 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
11 D1.HHR.CL8.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan
12 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
13 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
14 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
15 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
16 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
17 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
18 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
19 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
20 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
21 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
22 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
23 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
24 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
25 D1.HSM.CL5.03 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
26 D1.HSM.CL5.06 Membangun Dan Menjaga Hubungan Bisnis
27 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
28 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan
29 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
30 D1.LAN.CL10.03 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Di Telepon
31 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
32 D1.LAN.CL10.11 Menyiapkan Dokumen Bisnis dalam Bahasa Inggris Tingkat Lanjut
Skema Sertifikasi Sertifikat II bidang Tata Hidang ( Food and Beverage Service - Waiting) KKNI SKM/1302/00009/1/2018/10 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 22 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi Sertifikat II bidang Tata Hidang ( Food and Beverage Service - Waiting)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
3 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
4 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar
5 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service
6 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
7 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering
8 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
9 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
10 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
11 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
12 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
13 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
14 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
15 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
17 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
18 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
19 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
20 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
21 D1.LAN.CL10.01 Memberikan Respon Terhadap Insgtruksi Yang Diberikan Dalam Bahasa Inggris
22 D1.LAN.CL10.02 Memulai Percakapan Dan Membina Hubungan Yang Baik Dengan Tamu

Infrastruktur Kompetensi