Skema Kompetensi : LSP Rajawali Hospitality Nusantara

Nama Skema Jenis Skema Kode Skema Nama LSP Bidang Subsektor Jumlah Unit
SKEMA SERTIFIKAT V BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGE SERVICE) - SUPERVISOR KKNI SKM/1302/00009/1/2018/23 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 46 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKAT V BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGE SERVICE) - SUPERVISOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
3 D1.HBS.CL5.03 Menyediakan Pelayanan Yang Bertanggung Jawab Terhadap Minuman Beralkohol
4 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
5 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum
6 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon
7 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
8 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar
9 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service
10 D1.HBS.CL5.17 Menangani Orang Mabuk
11 D1.HCS.CL6.04 Mengorganisasikan Functions
12 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
13 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
14 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
15 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
16 D1.HFI.CL8.09 Memonitor Pendapatan dan Biaya Jasa Boga
17 D1.HGE.CL7.01 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
18 D1.HGE.CL7.08 Merencanakan, Mengelola Dan Melaksanakan Rapat
19 D1.HGE.CL7.09 Menyiapkan Dokumen Bisnis
20 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
21 D1.HGE.CL7.14 Mengembangkan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
22 D1.HML.CL10.01 Mengembangkan Dan Mengawasi Operasional Usaha
23 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
24 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
25 D1.HRD.CL9.03 Melaksanakan, Memantau Dan Mengevaluasi Prorgam Pelatihan Dan Proram Pengembangan
26 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
27 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
28 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
29 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
30 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
31 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
32 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
33 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
34 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
35 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
36 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
37 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
38 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
39 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
40 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
41 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
42 D1.HRS.CL1.21 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
43 D1.LAN.CL10.06 Membaca Dan Menulis Menggunakan Bahasa Inggris Pada Tingkat Lanjutan
44 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris
45 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
46 D1.LAN.CL10.11 Menyiapkan Dokumen Bisnis dalam Bahasa Inggris Tingkat Lanjut
Sertifikat IV Bidang Tata Hidang (Food and Beverage Service) KKNI SKM/1302/00009/1/2018/022 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 39 Unit
Daftar Unit : Sertifikat IV Bidang Tata Hidang (Food and Beverage Service)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
3 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
4 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum
5 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon
6 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
7 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar
8 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service
9 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur
10 D1.HBS.CL5.17 Menangani Orang Mabuk
11 D1.HCS.CL6.07 Mengembangkan Produk Dan Layanan Baru
12 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
13 D1.HFI.CL8.05 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
14 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
15 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
16 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering
17 D1.HFI.CL8.09 Memonitor Pendapatan dan Biaya Jasa Boga
18 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
19 D1.HML.CL10.07 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
20 D1.HRD.CL9.01 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
21 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
22 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
23 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
24 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
25 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
26 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
27 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
28 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
29 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
30 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
31 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
32 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
33 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
34 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
35 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
36 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
37 D1.LAN.CL10.06 Membaca Dan Menulis Menggunakan Bahasa Inggris Pada Tingkat Lanjutan
38 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris
39 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
Skema Sertifikat III Bidang Tata Hidang (Food and Beverage Service) - Waiting KKNI SKM/1302/00009/1/2018/021 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 33 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikat III Bidang Tata Hidang (Food and Beverage Service) - Waiting
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
3 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
4 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum
5 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon
6 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
7 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar
8 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service
9 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu
10 D1.HCS.CL6.03 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
11 D1.HCS.CL6.07 Mengembangkan Produk Dan Layanan Baru
12 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
13 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
14 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
15 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
16 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
17 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
18 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
19 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
20 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
21 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
22 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
23 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
24 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
25 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
26 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan
27 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
28 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
29 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
30 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
31 D1.LAN.CL10.02 Memulai Percakapan Dan Membina Hubungan Yang Baik Dengan Tamu
32 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi
33 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
SERTIFIKAT IV BIDANG KANTOR DEPAN (GUEST SERVICES SUPERVISION) KKNI SKM/1302/00009/1/2018/016 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 36 Unit
Daftar Unit : SERTIFIKAT IV BIDANG KANTOR DEPAN (GUEST SERVICES SUPERVISION)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.01 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
2 D1.HFO.CL2.01 Menerima Dan Memproses Reservasi
3 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi
4 D1.HFO.CL2.06 Melakukan Audit Malam
5 D1.HFO.CL2.09 Menerima Dan Meneruskan Telepon Masuk
6 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel
7 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional
8 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
9 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
10 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
11 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
12 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan
13 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
14 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
15 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
16 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
17 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
18 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
19 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
20 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
21 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
22 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
23 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
24 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
25 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
26 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
27 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
28 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan
29 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
30 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti
31 D1.HSS.CL4.07 Menangani Orang Mabuk
32 D1.HSS.CL4.10 Merencanakan Dan Melaksanakan Evakuasi Lokasi
33 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
34 D1.LAN.CL10.03 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Di Telepon
35 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi
36 D1.LAN.CL10.08 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
Sertifikat III Bidang Kantor Depan (Front Office) KKNI SKM/1302/00009/1/2018/015 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Unit
Daftar Unit : Sertifikat III Bidang Kantor Depan (Front Office)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFO.CL2.01 Menerima Dan Memproses Reservasi
2 D1.HFO.CL2.02 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
3 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi
4 D1.HFO.CL2.05 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
5 D1.HFO.CL2.08 Mengoperasikan Telepon PABX
6 D1.HFO.CL2.09 Menerima Dan Meneruskan Telepon Masuk
7 D1.HFO.CL2.10 Memfasilitasi Layanan Telepon Keluar
8 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel
9 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional
10 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
11 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
12 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
13 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
14 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
15 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
16 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
17 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
18 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
19 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
20 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
21 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
22 D1.HOT.CL1.15 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
23 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
24 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
25 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
26 D1.LAN.CL10.02 Memulai Percakapan Dan Membina Hubungan Yang Baik Dengan Tamu
27 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
Sertifikat III Bidang Tata Graha (Housekeeping) KKNI SKM/1302/00009/1/2018/018 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 24 Unit
Daftar Unit : Sertifikat III Bidang Tata Graha (Housekeeping)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HGA.CL1.06 Mencari dan Mendapatkan Data Komputer
2 D1.HGA.CL6.02 Bekerja Secara Kooperatif Dalam Lingkungan Administrasi Umum
3 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
4 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu
5 D1.HHK.CL3.03 Membersihkan dan menyiapkan kamar untuk tamu
6 D1.HHK.CL3.05 Mencuci Linen Dan Pakaian Tamu
7 D1.HHK.CL3.06 Menyediakan Layanan Valet Untuk Tamu
8 D1.HHK.CL3.07 Membersihkan Dan Merawat Area Perlengkapan Kerja Industri
9 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
10 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
11 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
12 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
13 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
14 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
15 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
17 D1.HSM.CL5.04 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
18 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti
19 D1.HSS.CL4.03 Mengoperasikan Peralatan Keamanan Dasar
20 D1.HSS.CL4.08 Mengantar, Membawa Dan ,Menyimpan Barang Berharga
21 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
22 D1.LAN.CL10.02 Memulai Percakapan Dan Membina Hubungan Yang Baik Dengan Tamu
23 D1.LAN.CL10.08 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
24 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
Sertifikat IV Bidang Tata Graha (Housekeeping) - Guest Services Supervision KKNI SKM/1302/00009/1/2018/019 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 32 Unit
Daftar Unit : Sertifikat IV Bidang Tata Graha (Housekeeping) - Guest Services Supervision
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.04 Menyiapkan Laporan Keuangan
2 D1.HGA.CL6.04 Mengumpulkan Dan Menyajikan Informasi Tentang Produk
3 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
4 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
5 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu
6 D1.HHK.CL3.03 Membersihkan dan menyiapkan kamar untuk tamu
7 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri
8 D1.HHK.CL3.06 Menyediakan Layanan Valet Untuk Tamu
9 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
10 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
11 D1.HHR.CL8.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan
12 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
13 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
14 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
15 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
16 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
17 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
18 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
19 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
20 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
21 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
22 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
23 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
24 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
25 D1.HSM.CL5.03 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
26 D1.HSM.CL5.06 Membangun Dan Menjaga Hubungan Bisnis
27 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
28 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan
29 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
30 D1.LAN.CL10.03 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Di Telepon
31 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
32 D1.LAN.CL10.11 Menyiapkan Dokumen Bisnis dalam Bahasa Inggris Tingkat Lanjut
Skema Sertifikasi Okupasi Executive Chef Okupasi SKM/1302/00009/2/2022/34 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 53 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi Okupasi Executive Chef
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCA.CL3.01 Menerapkan Prinsip Dan Prosedur Pengendalian Catering
2 D1.HCA.CL3.03 Mendesain Menu Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Diet Khusus Atau Kebutuhan Budaya
3 D1.HCA.CL3.04 Menciptakan Menu Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Pasar Khusus
4 D1.HCA.CL3.07 Memilih Sistem Katering
5 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial
6 D1.HCC.CL2.02 Melaksanakan Dan Memelihara Jaminan Mutu Dalam Produksi Makanan
7 D1.HCC.CL2.05 Mengorganisir Operasional Pelayanan Makanan
8 D1.HCC.CL2.06 Merencanakan Dan Mengelola Catering Berbasis Menu
9 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan
10 D1.HCC.CL2.19 Menyajikan Dan Menampilkan Produk Makanan
11 D1.HCS.CL6.01 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
12 D1.HCS.CL6.03 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
13 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
14 D1.HFI.CL8.05 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
15 D1.HFI.CL8.09 Memonitor Pendapatan dan Biaya Jasa Boga
16 D1.HGE.CL7.05 Memantau Dan Memelihara Sistem Komputer
17 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
18 D1.HML.CL10.01 Mengembangkan Dan Mengawasi Operasional Usaha
19 D1.HML.CL10.05 Mengelola Persyaratan Hukum Untuk Keperluan Bisnis
20 D1.HML.CL10.08 Mengelola Acara Khusus
21 D1.HML.CL10.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
22 D1.HML.CL10.10 Mengelola Sumber Daya Manusia Dengan Efektif
23 D1.HML.CL10.11 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja
24 D1.HML.CL10.14 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
25 D1.HML.CL10.16 Melakukan Penjadwalan Staf
26 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
27 D1.HRD.CL9.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan
28 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
29 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
30 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
31 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
32 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
33 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
34 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
35 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
36 D1.HRS.CL1.10 Mengorganisir Dan Menyiapkan Produk Dan Layanan Makanan
37 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
38 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
39 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
40 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
41 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
42 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan
43 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
44 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
45 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
46 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
47 D1.HRS.CL1.21 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
48 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
49 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi
50 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
51 PAR.HT03.027.01 MELAKSANAKAN SESI PELATIHAN
52 PAR.HT03.033.01 MENGEVALUASI PELATIHAN DAN SISTIM PENILAIAN
53 PAR.HT03.044.01 MEREKRUT , MENYELEKSI DAN MEMBERIKAN PENGENALAN STAF
Skema Sertifikasi Okupasi FB Director Okupasi SKM/1302/00009/2/2022/39 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 45 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi Okupasi FB Director
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
3 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
4 D1.HCS.CL6.01 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
5 D1.HFI.CL8.01 Mengaudit Prosedur Keuangan
6 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
7 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
8 D1.HFI.CL8.05 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
9 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
10 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
11 D1.HGE.CL7.01 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
12 D1.HGE.CL7.02 Mengumpulkan Dan Menyajikan Informasi Tentang Produk
13 D1.HGE.CL7.03 Memelihara Sistem Pengarsipan Dan Pengambilan Data Berbasis Kertas
14 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
15 D1.HML.CL10.01 Mengembangkan Dan Mengawasi Operasional Usaha
16 D1.HML.CL10.03 Memimpin Dan Mengelola Tim
17 D1.HML.CL10.06 Mengelola Aset Fisik Dan Infrasturktur
18 D1.HML.CL10.15 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai
19 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
20 D1.HRD.CL9.06 Melakukan Pemantauan Dan Evaluasi Terhadap Efektivitas Pelatihan
21 D1.HRM.CL9.14 Mengelola Persyaratan Hukum Untuk Keperluan Bisnis
22 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
23 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
24 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
25 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
26 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
27 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
28 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
29 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
30 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
31 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
32 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
33 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
34 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
35 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
36 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
37 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
38 D1.HRS.CL1.21 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
39 D2.TRD.CL8.03 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
40 PAR.HT02.057.01 MEMBANGUN DAN MELAKSANAKAN HUBUNGAN KERJA BISNIS
41 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI
42 PAR.HT03.027.01 MELAKSANAKAN SESI PELATIHAN
43 PAR.HT03.043.01 MEMANTAU KINERJA STAF
44 PAR.HT03.057.01 MENGEMBANGKAN, MELAKSANAKAN DAN MEMANTAU RENCANA BISNIS
45 PAR.UJ03.051.01 Membaca dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional tinggi
Skema Sertifikasi Okupasi Baker Okupasi SKM/1302/00009/2/2022/7 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 17 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi Okupasi Baker
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial
2 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan
3 D1.HPA.CL4.09 Menyiapkan Dan Membuat Produk Olahan Ragi
4 D1.HPA.CL4.10 Menyiapkan Produk Bakery (Roti) Untuk Patiseri
5 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
6 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
7 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
8 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
9 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
10 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
11 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
12 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
13 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
14 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
15 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
16 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
17 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
Skema Sertifikasi Sertifikat II bidang Tata Hidang ( Food and Beverage Service - Waiting) KKNI SKM/1302/00009/1/2018/10 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 22 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi Sertifikat II bidang Tata Hidang ( Food and Beverage Service - Waiting)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
3 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
4 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar
5 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service
6 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
7 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering
8 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
9 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
10 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
11 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
12 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
13 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
14 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
15 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
17 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
18 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
19 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
20 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
21 D1.LAN.CL10.01 Memberikan Respon Terhadap Insgtruksi Yang Diberikan Dalam Bahasa Inggris
22 D1.LAN.CL10.02 Memulai Percakapan Dan Membina Hubungan Yang Baik Dengan Tamu

Infrastruktur Kompetensi