Skema Kompetensi : Pariwisata Maestro Indonesia

Nama Skema Jenis Skema Kode Skema Nama LSP Bidang Subsektor Jumlah Unit
SKEMA SERTIFIKASI KLASTER EVENT REGISTRATION - MICE (ADMINISTRASI PENDAFTARAN ACARA) Klaster SKM/1449/00014/3/2023/42 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Ketenagakerjaan Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 8 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KLASTER EVENT REGISTRATION - MICE (ADMINISTRASI PENDAFTARAN ACARA)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 N.82MIC00.009.1 Mengelola Hubungan Bisnis
2 N.82MIC00.066.1 Mencari dan Memberikan Informasi
3 N.82MIC00.067.1 Mengelola Keanekaragaman di Tempat Kerja
4 N.82MIC00.070.2 Memproses Kegiatan Pendaftaran Dalam Suatu Acara
5 N.82MIC00.071.2 Mengatur Pendaftaran Tamu Dalam Suatu Acara
6 N.82MIC00.072.2 Menangani Kegiatan Acara Protokoler
7 N.82MIC00.076.1 Memberikan Layanan Kepada Pelanggan
8 N.82MIC00.080.1 Menampilkan Kepekaan Sosial dan Budaya
PEMANDU WISATA (TOUR GUIDE) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/12 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 19 Unit
Daftar Unit : PEMANDU WISATA (TOUR GUIDE)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 R.93KPW00.001.2 Menyusun Rencana Perjalanan
2 R.93KPW00.002.2 Menyiapkan Perangkat Perjalanan
3 R.93KPW00.003.2 Menyiapkan Informasi Wisata
4 R.93KPW00.004.2 Memberikan Pelayanan Penjemputan dan Pengantaran
5 R.93KPW00.005.2 Mengomunikasikan Informasi
6 R.93KPW00.006.2 Melakukan Pemanduan di Objek Wisata
7 R.93KPW00.007.2 Memimpin Perjalanan Wisata
8 R.93KPW00.008.2 Melakukan Interpretasi Dalam Pemanduan Wisata
9 R.93KPW00.009.2 Mengelola Wisata yang Diperpanjang Waktunya
10 R.93KPW00.010.2 Membuat Laporan Pemanduan Wisata
11 R.93KPW00.011.2 Menangani Situasi Konflik
12 R.93KPW00.012.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
13 R.93KPW00.013.2 Melakukan Pertolongan Pertama
14 R.93KPW00.014.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Wisatawan
15 R.93KPW00.015.2 Melakukan Pekerjaan Dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda
16 R.93KPW00.016.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
17 R.93KPW00.017.2 Melakukan Prosedur Administrasi
18 R.93KPW00.018.2 Mencari Data di Komputer
19 R.93KPW00.019.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Pariwisata
FLOOR SUPERVISOR Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/15 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 12 Unit
Daftar Unit : FLOOR SUPERVISOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
2 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
3 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
4 PAR.HT01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan Dan Keamanan di Tempat Kerja
5 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
6 PAR.HT02.021.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL
7 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
8 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK
9 PAR.HT03.004.01 BERKOUNIKASI MELALUI TELEPON
10 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
11 PAR.HT03.040.01 MEMBANGUN DAN MEMELIHARA TEMPAT KERJA YANG AMAN
12 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
TELEPHONE OPERATOR Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/1 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 18 Unit
Daftar Unit : TELEPHONE OPERATOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFO.CL2.08 Mengoperasikan Telepon PABX
2 D1.HFO.CL2.09 Menerima Dan Meneruskan Telepon Masuk
3 D1.HFO.CL2.10 Memfasilitasi Layanan Telepon Keluar
4 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel
5 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional
6 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
7 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
8 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
9 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
10 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
11 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON
12 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
13 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI
14 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
15 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
16 PAR.HT03.040.01 MEMBANGUN DAN MEMELIHARA TEMPAT KERJA YANG AMAN
17 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
18 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
BARTENDER Okupasi SKM/1449/00009/2/2019/4 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Unit
Daftar Unit : BARTENDER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
3 D1.HBS.CL5.03 Menyediakan Pelayanan Yang Bertanggung Jawab Terhadap Minuman Beralkohol
4 D1.HBS.CL5.04 Mengoperasikan Bar
5 D1.HBS.CL5.05 Mengoperasikan Sistem Cellar/Penyimpanan Minuman Beralkohol
6 D1.HBS.CL5.06 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Koktail
7 D1.HBS.CL5.07 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Non- Alkohol
8 D1.HBS.CL5.08 Memproses Penjualan Minuman Keras Di Fasilitas Bar
9 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
10 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
11 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur
12 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
13 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
14 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
15 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
16 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
17 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
18 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
19 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
20 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
21 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
22 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
23 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
24 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
25 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
26 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
27 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
FRONT OFFICE SUPERVISOR Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/14 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 32 Unit
Daftar Unit : FRONT OFFICE SUPERVISOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.02 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
2 D1.HGA.CL6.03 Memelihara Sistem Pengarsipan Dan Pengambilan Data Berbasis Kertas
3 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
4 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan
5 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
6 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
7 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
8 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
9 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
10 PAR.HT02.017.01 MENERIMA DAN MEMPROSES RESERVASI
11 PAR.HT02.018.01 MENYEDIAKAN LAYANAN AKOMODASI RECEPTION
12 PAR.HT02.020.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN
13 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON
14 PAR.HT02.023.01 MELAKSANAKAN AUDIT MALAM
15 PAR.HT02.034.01 MENANGANI ORANG YANG MABUK
16 PAR.HT02.049.01 MENYEDIAKAN KEAMANAN UNTUK TAMU VIP
17 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL
18 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
19 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK
20 PAR.HT02.060.01 MENERIMA DAN MENYIMPAN PERSEDIAAN
21 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI
22 PAR.HT03.016.01 MEMPERSIAPKAN LAPORAN KEUANGAN
23 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
24 PAR.HT03.037.01 MEMANTAU KEGIATAN KERJA
25 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
26 PAR.HT03.042.01 DAFTAR PERSONIL STAF
27 PAR.HT03.046.01 MENGELOLA KEANEKARAGAMAN DI TEMPAT KERJA
28 PAR.HT03.049.01 MENANGANI KUALITAS LAYANAN PELANGAN
29 PAR.UJ01.005.01 Mengembangkan dan memutakhirkan pengetahuan industri pariwisata
30 PAR.UJ02.021.01 Mengoperasikan sistim penempahan dengan menggunakan komputer (Computer Reservation System).
31 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
32 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
BAKER (FOOD PRODUCTION) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/11 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 17 Unit
Daftar Unit : BAKER (FOOD PRODUCTION)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
2 D1.HPA.CL4.09 Menyiapkan Dan Membuat Produk Olahan Ragi
3 D1.HPA.CL4.10 Menyiapkan Produk Bakery (Roti) Untuk Patiseri
4 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
5 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
6 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
8 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
9 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
10 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
11 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
12 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
13 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
14 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
15 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
16 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
17 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
LAUNDRY ATTENDANT (HOUSEKEEPING) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/10 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 14 Unit
Daftar Unit : LAUNDRY ATTENDANT (HOUSEKEEPING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri
2 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
3 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
4 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
5 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
6 PAR.HT02.021.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL
7 PAR.HT02.029.01 MENANGANI LINEN DAN PAKAIAN TAMU
8 PAR.HT02.046.01 MENYEDIAKAN FASILITAS KEHILANGAN DAN PENEMUAN BARANG
9 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK
10 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
11 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
12 PAR.UJ03.002.01 Melakukan prosedur administrasi
13 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
14 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
PUBLIC AREA CLEANER (HOUSEKEEPING) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/9 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 13 Unit
Daftar Unit : PUBLIC AREA CLEANER (HOUSEKEEPING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
2 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
3 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
4 PAR.HT02.021.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL
5 PAR.HT02.026.01 MENYEDIAKAN JASA HOUSEKEEPING UNTUK TAMU
6 PAR.HT02.027.01 MEMBERSIHKAN LOKASI/AREA DAN PERALATAN
7 PAR.HT02.046.01 MENYEDIAKAN FASILITAS KEHILANGAN DAN PENEMUAN BARANG
8 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
9 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK
10 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
11 PAR.UJ03.002.01 Melakukan prosedur administrasi
12 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
13 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
BELL BOY Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/7 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 15 Unit
Daftar Unit : BELL BOY
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
2 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
3 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
4 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
5 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON
6 PAR.HT02.025.01 MENYEDIAKAN JASA PORTER
7 PAR.HT02.038.01 MENGAWAL DAN MEMBAWA BARANG-BARANG BERHARGA
8 PAR.HT02.046.01 MENYEDIAKAN FASILITAS KEHILANGAN DAN PENEMUAN BARANG
9 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
10 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI
11 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
12 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
13 PAR.HT03.040.01 MEMBANGUN DAN MEMELIHARA TEMPAT KERJA YANG AMAN
14 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
15 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
ROOM ATTENDANT (HOUSEKEEPING) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/8 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 14 Unit
Daftar Unit : ROOM ATTENDANT (HOUSEKEEPING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
2 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
3 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
4 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
5 PAR.HT02.021.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL
6 PAR.HT02.026.01 MENYEDIAKAN JASA HOUSEKEEPING UNTUK TAMU
7 PAR.HT02.046.01 MENYEDIAKAN FASILITAS KEHILANGAN DAN PENEMUAN BARANG
8 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL
9 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK
10 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
11 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
12 PAR.PW.02.008.01 Mengembangkan Materi Penafsiran untuk Kegiatan Ekowisata
13 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
14 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
HEAD WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/6 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 32 Unit
Daftar Unit : HEAD WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCS.CL6.04 Mengorganisasikan Functions
2 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
3 D1.HML.CL10.02 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
4 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
5 D1.HRD.CL9.01 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
6 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
7 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
8 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
9 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
10 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
11 PAR.HT02.003.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN
12 PAR.HT02.010.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG MAKANAN DAMINUMAN
13 PAR.HT02.011.01 MENYEDIAKAN PENGHUBUNG ANTARA DAPUR DAN AREA PELAYANAN
14 PAR.HT02.013.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MINUMAN ANGGUR
15 PAR.HT02.014.01 MENYIAPKAN DAN MENYAJIKANCOCKTAIL
16 PAR.HT02.015.01 MENYEDIAKAN LAYANAN GUERIDON
17 PAR.HT02.016.01 MENYEDIAKAN SILVER SERVICE
18 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON
19 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL
20 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
21 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK
22 PAR.HT03.001.01 MENGIKUTI PROSEDUR KEBERSIHAN DI TEMPAT KERJA
23 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI
24 PAR.HT03.013.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN
25 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
26 PAR.HT03.042.01 DAFTAR PERSONIL STAF
27 PAR.HT03.043.01 MEMANTAU KINERJA STAF
28 PAR.HT03.060.01 MEMULAI PERCAKAPAN DAN MENGEMBANGKAN HUBUNGAN BAIK DENGAN TAMU
29 PAR.HT03.064.01 MENANGANI KELUHAN
30 PAR.UJ.01.002.01 Bekerja dalam Lingkungan Sosial yang bebeda
31 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
32 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/3 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 27 Unit
Daftar Unit : WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu
2 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering
3 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
4 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
5 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
6 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
7 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
8 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
9 PAR.HT02.003.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN
10 PAR.HT02.007.01 MENYEDIAKAN ROOM SERVICE
11 PAR.HT02.009.01 MENYIAPKAN DAN MENGHIDANGKAN MINUMAN NON-ALKOHOL
12 PAR.HT02.010.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG MAKANAN DAMINUMAN
13 PAR.HT02.011.01 MENYEDIAKAN PENGHUBUNG ANTARA DAPUR DAN AREA PELAYANAN
14 PAR.HT02.012.01 MENYEDIAKAN SARAN AHLI TENTANG MAKANAN
15 PAR.HT02.013.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MINUMAN ANGGUR
16 PAR.HT02.015.01 MENYEDIAKAN LAYANAN GUERIDON
17 PAR.HT02.016.01 MENYEDIAKAN SILVER SERVICE
18 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON
19 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL
20 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
21 PAR.HT03.001.01 MENGIKUTI PROSEDUR KEBERSIHAN DI TEMPAT KERJA
22 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI
23 PAR.HT03.013.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN
24 PAR.HT03.064.01 MENANGANI KELUHAN
25 PAR.UJ01.002.01 Melakukan Pekerjaan Dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda
26 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
27 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
BARISTA Okupasi SKM/1449/00009/2/2019/2 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 9 Unit
Daftar Unit : BARISTA
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.563030.001.01 Mengelola Bahan Baku
2 I.563030.002.01 Mengelola Peralatan dan Perlengkapan
3 I.563030.003.01 Mengelola Area Kerja
4 I.563030.004.01 Menangani Pelanggan
5 I.563030.005.01 Mengoperasikan Peralatan
6 I.563030.006.01 Mengembangkan produk minuman kopi
7 PAR.UJ01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan di Tempat Kerja
8 PAR.UJ01.004.01 Menangani Situasi Konflik
9 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
BUTCHER Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/13 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 17 Unit
Daftar Unit : BUTCHER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
2 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
3 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
4 PAR.HT01.002.01 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Beragam
5 PAR.HT01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
6 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
7 PAR.HT02.027.01 MEMBERSIHKAN LOKASI/AREA DAN PERALATAN
8 PAR.HT02.062.01 MENGGUNAKAN METODE DASAR MEMASAK
9 PAR.HT02.070.01 MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIAPKAN DAGING
10 PAR.HT02.074.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KESELAMATAN MAKANAN
11 PAR.HT02.081.01 MENYIAPKAN PORSI POTONGAN DAGING YANG TERKONTROL
12 PAR.HT02.091.01 MENGANGKUT DAN MENYIMPAN MAKANAN DENGAN CARA YANG AMAN DAN BERSIH
13 PAR.HT03.001.01 MENGIKUTI PROSEDUR KEBERSIHAN DI TEMPAT KERJA
14 PAR.HT03.004.01 BERKOUNIKASI MELALUI TELEPON
15 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI
16 PAR.UJ03.003.01 Mengumpulkan dan Menyajikan Informasi
17 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
RECEPTIONIST Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/5 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 23 Unit
Daftar Unit : RECEPTIONIST
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.02 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
2 D1.HGA.CL6.03 Memelihara Sistem Pengarsipan Dan Pengambilan Data Berbasis Kertas
3 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
4 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
5 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
6 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
7 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
8 PAR.HT02.017.01 MENERIMA DAN MEMPROSES RESERVASI
9 PAR.HT02.018.01 MENYEDIAKAN LAYANAN AKOMODASI RECEPTION
10 PAR.HT02.019.01 MEMELIHARA CATATAN KEUANGAN
11 PAR.HT02.020.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN
12 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON
13 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL
14 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
15 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK
16 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI
17 PAR.HT03.016.01 MEMPERSIAPKAN LAPORAN KEUANGAN
18 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
19 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
20 PAR.HT03.040.01 MEMBANGUN DAN MEMELIHARA TEMPAT KERJA YANG AMAN
21 PAR.UJ01.005.01 Mengembangkan dan memutakhirkan pengetahuan industri pariwisata
22 PAR.UJ03.003.01 Mengumpulkan dan Menyajikan Informasi
23 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI LAUNDRY MANAGER Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/22 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 35 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI LAUNDRY MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.07 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
2 D1.HGA.CL6.05 Merencanakan, Mengelola Dan Melaksanakan Rapat
3 D1.HGA.CL6.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
4 D1.HGA.CL6.10 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
5 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
6 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
7 D1.HHR.CL8.02 Melaksanakan, Memantau Dan Mengevaluasi Prorgam Pelatihan Dan Proram Pengembangan
8 D1.HHR.CL8.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan
9 D1.HHR.CL8.05 Merencanakan Dan Melaksanakan Rangkaian Acara Pelatihan
10 D1.HHR.CL8.07 Melakukan Pemantauan Dan Evaluasi Terhadap Efektivitas Pelatihan
11 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
12 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
13 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
14 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
15 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
16 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
17 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
18 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
19 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
20 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
21 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
22 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
23 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
24 D1.HRM.CL9.01 Mengelola Secara Efektif Penggunaan Sumber Daya Manusia
25 D1.HRM.CL9.02 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja
26 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
27 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan
28 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
29 D1.HRM.CL9.09 Melakukan Penjadwalan Staf
30 D1.HRM.CL9.10 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai
31 D1.HRM.CL9.12 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
32 D1.HRM.CL9.14 Mengelola Persyaratan Hukum Untuk Keperluan Bisnis
33 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
34 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
35 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
SERTIFIKASI OKUPASI FOOD & BEVERAGE DIRECTOR Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/21 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 44 Unit
Daftar Unit : SERTIFIKASI OKUPASI FOOD & BEVERAGE DIRECTOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
3 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
4 D1.HCS.CL6.01 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
5 D1.HCS.CL6.03 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
6 D1.HCS.CL6.06 Menyiapkan Dan Memberikan Presentasi
7 D1.HFI.CL8.01 Mengaudit Prosedur Keuangan
8 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
9 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
10 D1.HFI.CL8.05 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
11 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
12 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
13 D1.HGE.CL7.01 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
14 D1.HGE.CL7.02 Mengumpulkan Dan Menyajikan Informasi Tentang Produk
15 D1.HGE.CL7.03 Memelihara Sistem Pengarsipan Dan Pengambilan Data Berbasis Kertas
16 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
17 D1.HGE.CL7.13 Bekerja Secara Kooperatif Dalam Lingkungan Administrasi Umum
18 D1.HML.CL10.01 Mengembangkan Dan Mengawasi Operasional Usaha
19 D1.HML.CL10.03 Memimpin Dan Mengelola Tim
20 D1.HML.CL10.06 Mengelola Aset Fisik Dan Infrasturktur
21 D1.HML.CL10.13 Memantau Kinerja Karyawan
22 D1.HML.CL10.15 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai
23 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
24 D1.HRD.CL9.03 Melaksanakan, Memantau Dan Mengevaluasi Prorgam Pelatihan Dan Proram Pengembangan
25 D1.HRD.CL9.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan
26 D1.HRM.CL9.14 Mengelola Persyaratan Hukum Untuk Keperluan Bisnis
27 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
28 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
29 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
30 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
31 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
32 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
33 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
34 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
35 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
36 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
37 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
38 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
39 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
40 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
41 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
42 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
43 D1.HRS.CL1.21 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
44 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI FRONT OFFICE MANAGER Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/16 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 36 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI FRONT OFFICE MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
2 D1.HFA.CL7.07 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
3 D1.HFA.CL7.08 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
4 D1.HGA.CL6.01 Merencanakan Dan Membuat Sistem Dan Prosedur
5 D1.HGA.CL6.05 Merencanakan, Mengelola Dan Melaksanakan Rapat
6 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
7 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
8 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
9 D1.HHR.CL8.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan
10 D1.HHR.CL8.08 Mengevaluasi Efektivitas Sisten Penilaian
11 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
12 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
13 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
14 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
15 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
16 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
17 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
18 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
19 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
20 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
21 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
22 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
23 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
24 D1.HRM.CL9.01 Mengelola Secara Efektif Penggunaan Sumber Daya Manusia
25 D1.HRM.CL9.02 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja
26 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan
27 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
28 D1.HRM.CL9.10 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai
29 D1.HRM.CL9.12 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
30 D1.HRM.CL9.14 Mengelola Persyaratan Hukum Untuk Keperluan Bisnis
31 D1.HSM.CL5.04 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
32 D1.HSM.CL5.06 Membangun Dan Menjaga Hubungan Bisnis
33 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
34 D1.HSS.CL4.10 Merencanakan Dan Melaksanakan Evakuasi Lokasi
35 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
36 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI EXECUTIVE CHEF Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/20 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 52 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI EXECUTIVE CHEF
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCA.CL3.01 Menerapkan Prinsip Dan Prosedur Pengendalian Catering
2 D1.HCA.CL3.03 Mendesain Menu Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Diet Khusus Atau Kebutuhan Budaya
3 D1.HCA.CL3.04 Menciptakan Menu Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Pasar Khusus
4 D1.HCA.CL3.07 Memilih Sistem Katering
5 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial
6 D1.HCC.CL2.02 Melaksanakan Dan Memelihara Jaminan Mutu Dalam Produksi Makanan
7 D1.HCC.CL2.05 Mengorganisir Operasional Pelayanan Makanan
8 D1.HCC.CL2.06 Merencanakan Dan Mengelola Catering Berbasis Menu
9 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan
10 D1.HCC.CL2.19 Menyajikan Dan Menampilkan Produk Makanan
11 D1.HCS.CL6.01 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
12 D1.HCS.CL6.03 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
13 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
14 D1.HFI.CL8.05 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
15 D1.HFI.CL8.09 Memonitor Pendapatan dan Biaya Jasa Boga
16 D1.HGE.CL7.05 Memantau Dan Memelihara Sistem Komputer
17 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
18 D1.HHR.CL8.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan
19 D1.HHR.CL8.07 Melakukan Pemantauan Dan Evaluasi Terhadap Efektivitas Pelatihan
20 D1.HML.CL10.01 Mengembangkan Dan Mengawasi Operasional Usaha
21 D1.HML.CL10.05 Mengelola Persyaratan Hukum Untuk Keperluan Bisnis
22 D1.HML.CL10.08 Mengelola Acara Khusus
23 D1.HML.CL10.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
24 D1.HML.CL10.10 Mengelola Sumber Daya Manusia Dengan Efektif
25 D1.HML.CL10.11 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja
26 D1.HML.CL10.14 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
27 D1.HML.CL10.16 Melakukan Penjadwalan Staf
28 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
29 D1.HRD.CL9.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan
30 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
31 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
32 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
33 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
34 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
35 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
36 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
37 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
38 D1.HRS.CL1.10 Mengorganisir Dan Menyiapkan Produk Dan Layanan Makanan
39 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
40 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
41 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
42 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
43 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
44 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan
45 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
46 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
47 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
48 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
49 D1.HRS.CL1.21 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
50 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
51 D1.LAN.CL10.05 Memberikan Presentasi Sungkat Dalam Bahasa Inggris Secara Lisan
52 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI CHEF DE PARTIE Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/17 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 43 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI CHEF DE PARTIE
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial
2 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan
3 D1.HCC.CL2.19 Menyajikan Dan Menampilkan Produk Makanan
4 D1.HCS.CL6.03 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
5 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
6 D1.HFI.CL8.05 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
7 D1.HGE.CL7.06 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
8 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
9 D1.HML.CL10.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
10 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
11 D1.HML.CL10.13 Memantau Kinerja Karyawan
12 D1.HML.CL10.16 Melakukan Penjadwalan Staf
13 D1.HPA.CL4.02 Menyiapkan Dan Menampilkan Pettit Fours (Kembang Gula Berukuran Kecil Atau Hidangan Yang Pembuka Gurih)
14 D1.HPA.CL4.03 Menyiapkan Dan Menampilkan Sugar Work (DEKORASI YANG TERBUAT DARI LARUTAN GULA)
15 D1.HPA.CL4.04 Menyiapkan Dan Menampilkan Marzipan
16 D1.HPA.CL4.05 Menyiapkan Coklat Dan Memproduksi Produk Coklat
17 D1.HPA.CL4.06 Menghidangkan Makanan Penutup
18 D1.HPA.CL4.07 Menyiapkan Dan Menghidangkan Gateaux, Torten Dan Kue
19 D1.HPA.CL4.08 Menyiapkan Dan Membuat Kue Dan Produk Patiseri
20 D1.HPA.CL4.09 Menyiapkan Dan Membuat Produk Olahan Ragi
21 D1.HPA.CL4.10 Menyiapkan Produk Bakery (Roti) Untuk Patiseri
22 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
23 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
24 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
25 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
26 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
27 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
28 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
29 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
30 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
31 D1.HRS.CL1.10 Mengorganisir Dan Menyiapkan Produk Dan Layanan Makanan
32 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
33 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
34 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
35 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
36 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
37 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan
38 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
39 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
40 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
41 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
42 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
43 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI COMMIS PASTRY Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/18 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 21 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI COMMIS PASTRY
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan
2 D1.HPA.CL4.02 Menyiapkan Dan Menampilkan Pettit Fours (Kembang Gula Berukuran Kecil Atau Hidangan Yang Pembuka Gurih)
3 D1.HPA.CL4.03 Menyiapkan Dan Menampilkan Sugar Work (DEKORASI YANG TERBUAT DARI LARUTAN GULA)
4 D1.HPA.CL4.04 Menyiapkan Dan Menampilkan Marzipan
5 D1.HPA.CL4.05 Menyiapkan Coklat Dan Memproduksi Produk Coklat
6 D1.HPA.CL4.06 Menghidangkan Makanan Penutup
7 D1.HPA.CL4.07 Menyiapkan Dan Menghidangkan Gateaux, Torten Dan Kue
8 D1.HPA.CL4.08 Menyiapkan Dan Membuat Kue Dan Produk Patiseri
9 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
10 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
11 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
12 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
13 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
14 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
15 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
16 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
17 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
18 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
19 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
20 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
21 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI DEMI CHEF Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/19 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 26 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI DEMI CHEF
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial
2 D1.HCC.CL2.03 Mengidentifikasi Dan Menyiapkan Daging
3 D1.HCC.CL2.04 Menjaga Strategi Untuk Penyimpanan Makanan Yang Aman
4 D1.HCC.CL2.08 Menyiapkan Sandwich
5 D1.HCC.CL2.09 Menyiapkan Dan Memasak Unggas Dan Binatang Buruan
6 D1.HCC.CL2.10 Menyiapkan Dan Memasak Hidangan Laut
7 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan
8 D1.HCC.CL2.14 Menyiapkan Hidangan Penutup Panas, Dingin, Dan Beku
9 D1.HCC.CL2.15 Menyiapkan Potongan Daging Dengan Porsi Terkontrol
10 D1.HCC.CL2.16 Menyiapkan Sup
11 D1.HCC.CL2.18 Menyiapkan Sayuran, Telur Dan Makanan Yang Terbuat Dari Tepung
12 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
13 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
14 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
15 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
16 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
17 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
18 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
19 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
20 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
21 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
22 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
23 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
24 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
25 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
26 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI OUTLET MANAGER Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/23 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 47 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI OUTLET MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
3 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
4 D1.HCS.CL6.01 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
5 D1.HCS.CL6.03 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
6 D1.HCS.CL6.04 Mengorganisasikan Functions
7 D1.HCS.CL6.06 Menyiapkan Dan Memberikan Presentasi
8 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
9 D1.HFI.CL8.05 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
10 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
11 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
12 D1.HFI.CL8.09 Memonitor Pendapatan dan Biaya Jasa Boga
13 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
14 D1.HHR.CL8.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan
15 D1.HML.CL10.02 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
16 D1.HML.CL10.06 Mengelola Aset Fisik Dan Infrasturktur
17 D1.HML.CL10.08 Mengelola Acara Khusus
18 D1.HML.CL10.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
19 D1.HML.CL10.10 Mengelola Sumber Daya Manusia Dengan Efektif
20 D1.HML.CL10.11 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja
21 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
22 D1.HML.CL10.13 Memantau Kinerja Karyawan
23 D1.HML.CL10.15 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai
24 D1.HML.CL10.16 Melakukan Penjadwalan Staf
25 D1.HPA.CL4.01 Mengelola Dan Mengoperasikan Coffee Shop
26 D1.HRD.CL9.01 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
27 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
28 D1.HRD.CL9.03 Melaksanakan, Memantau Dan Mengevaluasi Prorgam Pelatihan Dan Proram Pengembangan
29 D1.HRM.CL9.14 Mengelola Persyaratan Hukum Untuk Keperluan Bisnis
30 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
31 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
32 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
33 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
34 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
35 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
36 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
37 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
38 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
39 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
40 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
41 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
42 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
43 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
44 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
45 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
46 D1.LAN.CL10.05 Memberikan Presentasi Sungkat Dalam Bahasa Inggris Secara Lisan
47 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI TOUR MANAGER Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/24 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 49 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI TOUR MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HRM.CL9.09 Melakukan Penjadwalan Staf
2 D2.LAN.CL10.04 Membaca Dan Menulis Menggunakan Bahasa Inggris Pada Tingkat Lanjutan
3 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
4 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
5 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
6 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
8 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
9 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
10 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
11 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
12 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
13 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
14 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
15 D2.TCS.CL5.01 Menerapkan Teknik Penanganan Outlet Penjualan 2019
16 D2.TCS.CL5.02 Melakukan Asesmen Dan Merencanakan Peluang Pariwisata Untuk Komunitas Lokal
17 D2.TCS.CL5.03 Membangun Dan Memelihara Pendekatan Tim Dalam Penyajian Layanan
18 D2.TCS.CL5.22 Mencari Sumber Dan Membuat Paket Wisata
19 D2.TFA.CL7.02 Melakukan Interpretasi Atas Laporan Keuangan
20 D2.TGA.CL6.06 Mengoperasikan Sistem Informasi Secara Otomatis
21 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
22 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
23 D2.TRM.CL9.07 Memimpin dan Mengelolan Sumber Daya Manusia
24 D2.TRM.CL9.17 Memantau Kinerja Staff
25 D2.TRM.CL9.18 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
26 D2.TTA.CL2.06 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Domestik 2019
27 D2.TTA.CL2.08 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Internasional Reguler 2019
28 D2.TTA.CL2.09 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
29 D2.TTA.CL2.14 Mengoperasikan Sistem Informasi Secara Otomatis
30 D2.TTA.CL2.20 Mencari dan menyediakan informasi dan sarana mengenai daerah tujuan wisata
31 D2.TTG.CL3.01 Bekerja Sebagai Pemandu Wisata
32 D2.TTG.CL3.02 Mengalokasikan Sumber Daya Tur
33 D2.TTG.CL3.03 Mengelola Kegiatan Penafsiran Di Lapangan
34 D2.TTG.CL3.04 Melakukan Pemeriksaan Pra-Keberangkatan
35 D2.TTG.CL3.05 Mengkoordinir Dan Mengoperasikan Sebuah Tur Sehari (Atau Tamasya Singkat)
36 D2.TTG.CL3.06 Melakukan Demonstrasi / Observasi Penghormatan Terhadap Budaya Asli 2019
37 D2.TTG.CL3.07 Mengembangkan Dan Memantau Pariwisata Yang Sesuai Dengan Budaya 2019
38 D2.TTG.CL3.08 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
39 D2.TTG.CL3.09 Mengemudikan Berbagai Tipe Kendaraan 2019
40 D2.TTG.CL3.11 Memimpin Grup Wisatawan Dengan Sikap Yang Bertanggung Jawab
41 D2.TTG.CL3.12 Memelihara Hubungan Dengan Agen
42 D2.TTG.CL3.13 Mengelola Dan Memfasilitasi Kegiatan Tur Tambahan 2019
43 D2.TTG.CL3.14 Merencanakan, Mengembangkan Dan Mengevaluasi Kegiatan Interpretif 2019
44 D2.TTG.CL3.15 Merencanakan, Menguji Coba Dan Mengimplementasikan Dampak Resiko Minimal Dalam Operasional
45 D2.TTG.CL3.16 Menyiapkan Dan Menyajikan Penjelasan Dalam Tur 2019
46 D2.TTG.CL3.17 Menyediakan Pendampingan Kedatangan Dan Keberangkatan 2019
47 D2.TTO.CL4.03 Membersihkan Area Dan Peralatan Kerja 2019
48 D2.TTO.CL4.06 Mengembangakan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
49 D2.TTO.CL4.18 Menyediakan Pelayanan Katering Di Area Perkemahan

Infrastruktur Kompetensi