Skema Kompetensi : Pariwisata Maestro Indonesia

Nama Skema Jenis Skema Kode Skema Nama LSP Bidang Subsektor Jumlah Unit
Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Cookery) KKNI SKM/1449/00009/1/2022/28 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 23 Unit
Daftar Unit : Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Cookery)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial 2019
2 D1.HCC.CL2.02 Melaksanakan Dan Memelihara Jaminan Mutu Dalam Produksi Makanan 2019
3 D1.HCC.CL2.03 Mengidentifikasi Dan Menyiapkan Daging 2019
4 D1.HCC.CL2.04 Menjaga Strategi Untuk Penyimpanan Makanan Yang Aman 2019
5 D1.HCC.CL2.08 Menyiapkan Sandwich 2019
6 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan 2019
7 D1.HCC.CL2.12 Menyiapkan Makanan Pembuka Dan Salad 2019
8 D1.HCC.CL2.15 Menyiapkan Potongan Daging Dengan Porsi Terkontrol 2019
9 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
10 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan 2019
11 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur 2019
12 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
13 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
14 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
15 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
16 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
17 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
18 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
19 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
20 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
21 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
22 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
23 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Patisserie) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/29 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Unit
Daftar Unit : Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Patisserie)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan 2019
2 D1.HPA.CL4.01 Mengelola Dan Mengoperasikan Coffee Shop 2019
3 D1.HPA.CL4.02 Menyiapkan Dan Menampilkan Pettit Fours (Kembang Gula Berukuran Kecil Atau Hidangan Yang Pembuka Gurih) 2019
4 D1.HPA.CL4.03 Menyiapkan Dan Menampilkan Sugar Work (DEKORASI YANG TERBUAT DARI LARUTAN GULA) 2019
5 D1.HPA.CL4.04 Menyiapkan Dan Menampilkan Marzipan 2019
6 D1.HPA.CL4.06 Menghidangkan Makanan Penutup 2019
7 D1.HPA.CL4.08 Menyiapkan Dan Membuat Kue Dan Produk Patiseri 2019
8 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
9 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan 2019
10 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur 2019
11 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
12 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
13 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
14 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
15 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
16 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
17 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
18 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan 2019
19 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
20 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
21 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
22 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Kantor Depan (FO) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/30 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Kantor Depan (FO)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi 2019
2 D1.HFO.CL2.04 Memelihara Catatan Keuangan Tamu 2019
3 D1.HFO.CL2.05 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan 2019
4 D1.HFO.CL2.07 Menyediakan Layanan Bellboy/Porter 2019
5 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel 2019
6 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
7 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
8 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
9 D1.HOT.CL1.04 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
10 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
11 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
12 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
13 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
14 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
15 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
16 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
17 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
18 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman 2019
19 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP 2019
20 D1.HSS.CL4.07 Menangani Orang Mabuk 2019
21 D1.HSS.CL4.08 Mengantar, Membawa Dan ,Menyimpan Barang Berharga 2019
22 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2019
Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat IV Bidang Kantor Depan (GUEST SERVICE SUPERVISION) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/31 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 33 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat IV Bidang Kantor Depan (GUEST SERVICE SUPERVISION)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan 2019
2 D1.HFO.CL2.01 Menerima Dan Memproses Reservasi 2019
3 D1.HFO.CL2.02 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan 2019
4 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi 2019
5 D1.HFO.CL2.06 Melakukan Audit Malam 2019
6 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel 2019
7 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional 2019
8 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer 2019
9 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan 2019
10 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
11 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain 2019
12 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan 2019
13 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
14 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
15 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
16 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
17 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
18 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
19 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
20 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata 2019
21 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
22 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
23 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
24 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
25 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
26 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan 2019
27 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis 2019
28 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu 2019
29 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
30 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan 2019
31 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman 2019
32 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti 2019
33 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2019
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG KANTOR DEPAN (SUPERVISION AND ADMINISTRATION) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/32 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 41 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG KANTOR DEPAN (SUPERVISION AND ADMINISTRATION)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan 2019
2 D1.HFO.CL2.02 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan 2019
3 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi 2019
4 D1.HFO.CL2.06 Melakukan Audit Malam 2019
5 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel 2019
6 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional 2019
7 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer 2019
8 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan 2019
9 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
10 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain 2019
11 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan 2019
12 D1.HHR.CL8.07 Melakukan Pemantauan Dan Evaluasi Terhadap Efektivitas Pelatihan 2019
13 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
14 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
15 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
16 D1.HOT.CL1.04 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
17 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
18 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
19 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
20 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
21 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata 2019
22 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
23 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
24 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
25 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
26 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata 2019
27 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
28 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan 2019
29 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis 2019
30 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu 2019
31 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
32 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan 2019
33 D1.HSM.CL5.03 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan 2019
34 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman 2019
35 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti 2019
36 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP 2019
37 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2019
38 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi 2019
39 D1.LAN.CL10.06 Membaca Dan Menulis Menggunakan Bahasa Inggris Pada Tingkat Lanjutan 2019
40 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media 2019
41 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan 2019
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/33 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 19 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu 2019
2 D1.HHK.CL3.02 Membersihkan Area Publik, Fasilitas Dan Peralatan 2019
3 D1.HHK.CL3.03 Membersihkan dan menyiapkan kamar untuk tamu 2019
4 D1.HHK.CL3.07 Membersihkan Dan Merawat Area Perlengkapan Kerja Industri 2019
5 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
6 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
7 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
8 D1.HOT.CL1.04 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
9 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
10 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
11 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
12 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata 2019
13 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
14 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
15 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
16 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
17 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti 2019
18 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan 2019
19 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2019
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) GUEST SERVICE SUPERVISION KKNI SKM/1449/00018/1/2022/34 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 32 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) GUEST SERVICE SUPERVISION
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan 2019
2 D1.HGA.CL6.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris 2019
3 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
4 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu 2019
5 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri 2019
6 D1.HHK.CL3.06 Menyediakan Layanan Valet Untuk Tamu 2019
7 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf 2019
8 D1.HHR.CL8.05 Merencanakan Dan Melaksanakan Rangkaian Acara Pelatihan 2019
9 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan 2019
10 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
11 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
12 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
13 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
14 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
15 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
16 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
17 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
18 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
19 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
20 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
21 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis 2019
22 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu 2019
23 D1.HSM.CL5.03 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan 2019
24 D1.HSM.CL5.06 Membangun Dan Menjaga Hubungan Bisnis 2019
25 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP 2019
26 D1.HSS.CL4.08 Mengantar, Membawa Dan ,Menyimpan Barang Berharga 2019
27 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan 2019
28 D1.HSS.CL4.10 Merencanakan Dan Melaksanakan Evakuasi Lokasi 2019
29 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2019
30 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi 2019
31 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media 2019
32 D1.LAN.CL10.11 Menyiapkan Dokumen Bisnis dalam Bahasa Inggris Tingkat Lanjut 2019
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) SUPERVISION AND ADMINISTATION KKNI SKM/1449/00018/1/2022/35 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 39 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) SUPERVISION AND ADMINISTATION
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan 2019
2 D1.HGA.CL6.01 Merencanakan Dan Membuat Sistem Dan Prosedur 2019
3 D1.HGA.CL6.02 Bekerja Secara Kooperatif Dalam Lingkungan Administrasi Umum 2019
4 D1.HGA.CL6.04 Mengumpulkan Dan Menyajikan Informasi Tentang Produk 2019
5 D1.HGA.CL6.05 Merencanakan, Mengelola Dan Melaksanakan Rapat 2019
6 D1.HGA.CL6.06 Menyiapkan Dokumen Bisnis 2019
7 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer 2019
8 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan 2019
9 D1.HGA.CL6.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris 2019
10 D1.HGA.CL6.10 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
11 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
12 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu 2019
13 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri 2019
14 D1.HHK.CL3.06 Menyediakan Layanan Valet Untuk Tamu 2019
15 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf 2019
16 D1.HHR.CL8.08 Mengevaluasi Efektivitas Sisten Penilaian 2019
17 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
18 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
19 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
20 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
21 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
22 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
23 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata 2019
24 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
25 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
26 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
27 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
28 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata 2019
29 D1.HRM.CL9.02 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja 2019
30 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan 2019
31 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman 2019
32 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP 2019
33 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan 2019
34 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2019
35 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi 2019
36 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media 2019
37 D1.LAN.CL10.08 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
38 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris 2019
39 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan 2019
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) WAITING KKNI SKM/1449/00018/1/2022/36 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) WAITING
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
3 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan 2019
4 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum 2019
5 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman 2019
6 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar 2019
7 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu 2019
8 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering 2019
9 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
10 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
11 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
12 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
13 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
14 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
15 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
16 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
17 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
18 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
19 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
20 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
21 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
22 D1.LAN.CL10.02 Memulai Percakapan Dan Membina Hubungan Yang Baik Dengan Tamu 2019
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) BEVERAGES KKNI SKM/1449/00018/1/2022/37 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) BEVERAGES
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
3 D1.HBS.CL5.06 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Koktail 2019
4 D1.HBS.CL5.07 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Non- Alkohol 2019
5 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan 2019
6 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman 2019
7 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur 2019
8 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu 2019
9 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering 2019
10 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
11 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
12 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
13 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
14 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
15 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
16 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
17 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
18 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
19 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
20 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
21 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
22 D1.LAN.CL10.01 Memberikan Respon Terhadap Insgtruksi Yang Diberikan Dalam Bahasa Inggris 2019
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) SUPERVISOR/PENYELIA KKNI SKM/1449/00018/1/2022/38 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 38 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) SUPERVISOR/PENYELIA
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan 2019
3 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum 2019
4 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon 2019
5 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman 2019
6 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar 2019
7 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service 2019
8 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur 2019
9 D1.HBS.CL5.17 Menangani Orang Mabuk 2019
10 D1.HCS.CL6.03 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu 2019
11 D1.HCS.CL6.07 Mengembangkan Produk Dan Layanan Baru 2019
12 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan 2019
13 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan 2019
14 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan 2019
15 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering 2019
16 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
17 D1.HML.CL10.03 Memimpin Dan Mengelola Tim 2019
18 D1.HRD.CL9.01 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain 2019
19 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf 2019
20 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
21 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
22 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
23 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
24 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
25 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
26 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
27 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
28 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
29 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
30 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
31 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan 2019
32 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
33 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
34 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
35 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
36 D1.LAN.CL10.05 Memberikan Presentasi Sungkat Dalam Bahasa Inggris Secara Lisan 2019
37 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media 2019
38 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris 2019
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) SUPERVISION AND ADMINISTATION KKNI SKM/1449/00018/1/2022/39 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 46 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) SUPERVISION AND ADMINISTATION
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.03 Menyediakan Pelayanan Yang Bertanggung Jawab Terhadap Minuman Beralkohol 2019
3 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan 2019
4 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum 2019
5 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon 2019
6 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman 2019
7 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service 2019
8 D1.HBS.CL5.17 Menangani Orang Mabuk 2019
9 D1.HCS.CL6.04 Mengorganisasikan Functions 2019
10 D1.HFI.CL8.01 Mengaudit Prosedur Keuangan 2019
11 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan 2019
12 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran 2019
13 D1.HFI.CL8.04 Mengelola Catatan Daftar Gaji 2019
14 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan 2019
15 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan 2019
16 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering 2019
17 D1.HGE.CL7.01 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan 2019
18 D1.HGE.CL7.08 Merencanakan, Mengelola Dan Melaksanakan Rapat 2019
19 D1.HGE.CL7.09 Menyiapkan Dokumen Bisnis 2019
20 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
21 D1.HGE.CL7.14 Mengembangkan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional 2019
22 D1.HML.CL10.01 Mengembangkan Dan Mengawasi Operasional Usaha 2019
23 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
24 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf 2019
25 D1.HRD.CL9.03 Melaksanakan, Memantau Dan Mengevaluasi Prorgam Pelatihan Dan Proram Pengembangan 2019
26 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
27 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
28 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
29 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
30 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
31 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
32 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
33 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
34 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
35 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
36 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
37 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan 2019
38 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
39 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
40 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
41 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
42 D1.HRS.CL1.21 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata 2019
43 D1.LAN.CL10.05 Memberikan Presentasi Sungkat Dalam Bahasa Inggris Secara Lisan 2019
44 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media 2019
45 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris 2019
46 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan 2019
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA BOGA (PATISSERIE) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/40 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 38 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA BOGA (PATISSERIE)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCA.CL3.03 Mendesain Menu Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Diet Khusus Atau Kebutuhan Budaya 2019
2 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial 2019
3 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan 2019
4 D1.HCC.CL2.19 Menyajikan Dan Menampilkan Produk Makanan 2019
5 D1.HGE.CL7.01 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan 2019
6 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
7 D1.HML.CL10.01 Mengembangkan Dan Mengawasi Operasional Usaha 2019
8 D1.HML.CL10.03 Memimpin Dan Mengelola Tim 2019
9 D1.HPA.CL4.01 Mengelola Dan Mengoperasikan Coffee Shop 2019
10 D1.HPA.CL4.02 Menyiapkan Dan Menampilkan Pettit Fours (Kembang Gula Berukuran Kecil Atau Hidangan Yang Pembuka Gurih) 2019
11 D1.HPA.CL4.03 Menyiapkan Dan Menampilkan Sugar Work (DEKORASI YANG TERBUAT DARI LARUTAN GULA) 2019
12 D1.HPA.CL4.04 Menyiapkan Dan Menampilkan Marzipan 2019
13 D1.HPA.CL4.05 Menyiapkan Coklat Dan Memproduksi Produk Coklat 2019
14 D1.HPA.CL4.06 Menghidangkan Makanan Penutup 2019
15 D1.HPA.CL4.07 Menyiapkan Dan Menghidangkan Gateaux, Torten Dan Kue 2019
16 D1.HPA.CL4.08 Menyiapkan Dan Membuat Kue Dan Produk Patiseri 2019
17 D1.HPA.CL4.09 Menyiapkan Dan Membuat Produk Olahan Ragi 2019
18 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan 2019
19 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
20 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan 2019
21 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur 2019
22 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
23 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
24 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
25 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
26 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
27 D1.HRS.CL1.10 Mengorganisir Dan Menyiapkan Produk Dan Layanan Makanan 2019
28 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
29 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
30 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
31 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan 2019
32 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan 2019
33 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
34 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
35 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
36 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
37 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media 2019
38 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris 2019
PEMANDU WISATA (TOUR GUIDE) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/12 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 19 Unit
Daftar Unit : PEMANDU WISATA (TOUR GUIDE)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 R.93KPW00.001.2 Menyusun Rencana Perjalanan 2017
2 R.93KPW00.002.2 Menyiapkan Perangkat Perjalanan 2017
3 R.93KPW00.003.2 Menyiapkan Informasi Wisata 2017
4 R.93KPW00.004.2 Memberikan Pelayanan Penjemputan dan Pengantaran 2017
5 R.93KPW00.005.2 Mengomunikasikan Informasi 2017
6 R.93KPW00.006.2 Melakukan Pemanduan di Objek Wisata 2017
7 R.93KPW00.007.2 Memimpin Perjalanan Wisata 2017
8 R.93KPW00.008.2 Melakukan Interpretasi Dalam Pemanduan Wisata 2017
9 R.93KPW00.009.2 Mengelola Wisata yang Diperpanjang Waktunya 2017
10 R.93KPW00.010.2 Membuat Laporan Pemanduan Wisata 2017
11 R.93KPW00.011.2 Menangani Situasi Konflik 2017
12 R.93KPW00.012.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja 2017
13 R.93KPW00.013.2 Melakukan Pertolongan Pertama 2017
14 R.93KPW00.014.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Wisatawan 2017
15 R.93KPW00.015.2 Melakukan Pekerjaan Dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda 2017
16 R.93KPW00.016.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon 2017
17 R.93KPW00.017.2 Melakukan Prosedur Administrasi 2017
18 R.93KPW00.018.2 Mencari Data di Komputer 2017
19 R.93KPW00.019.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Pariwisata 2017
FLOOR SUPERVISOR Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/15 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 12 Unit
Daftar Unit : FLOOR SUPERVISOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
2 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
3 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
4 PAR.HT01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan Dan Keamanan di Tempat Kerja 2016
5 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
6 PAR.HT02.021.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL 2004
7 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
8 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK 2004
9 PAR.HT03.004.01 BERKOUNIKASI MELALUI TELEPON 2004
10 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA 2004
11 PAR.HT03.040.01 MEMBANGUN DAN MEMELIHARA TEMPAT KERJA YANG AMAN 2004
12 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
TELEPHONE OPERATOR Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/1 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 18 Unit
Daftar Unit : TELEPHONE OPERATOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFO.CL2.08 Mengoperasikan Telepon PABX 2019
2 D1.HFO.CL2.09 Menerima Dan Meneruskan Telepon Masuk 2019
3 D1.HFO.CL2.10 Memfasilitasi Layanan Telepon Keluar 2019
4 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel 2019
5 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional 2019
6 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
7 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
8 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
9 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
10 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
11 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON 2004
12 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
13 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI 2004
14 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER 2004
15 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA 2004
16 PAR.HT03.040.01 MEMBANGUN DAN MEMELIHARA TEMPAT KERJA YANG AMAN 2004
17 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
18 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
BARTENDER Okupasi SKM/1449/00009/2/2019/4 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Unit
Daftar Unit : BARTENDER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
3 D1.HBS.CL5.03 Menyediakan Pelayanan Yang Bertanggung Jawab Terhadap Minuman Beralkohol 2019
4 D1.HBS.CL5.04 Mengoperasikan Bar 2019
5 D1.HBS.CL5.05 Mengoperasikan Sistem Cellar/Penyimpanan Minuman Beralkohol 2019
6 D1.HBS.CL5.06 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Koktail 2019
7 D1.HBS.CL5.07 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Non- Alkohol 2019
8 D1.HBS.CL5.08 Memproses Penjualan Minuman Keras Di Fasilitas Bar 2019
9 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan 2019
10 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman 2019
11 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur 2019
12 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan 2019
13 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
14 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
15 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
16 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
17 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
18 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
19 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
20 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
21 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
22 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
23 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan 2019
24 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
25 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
26 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
27 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
FRONT OFFICE SUPERVISOR Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/14 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 32 Unit
Daftar Unit : FRONT OFFICE SUPERVISOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.02 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran 2019
2 D1.HGA.CL6.03 Memelihara Sistem Pengarsipan Dan Pengambilan Data Berbasis Kertas 2019
3 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
4 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan 2019
5 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
6 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata 2019
7 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
8 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
9 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
10 PAR.HT02.017.01 MENERIMA DAN MEMPROSES RESERVASI 2004
11 PAR.HT02.018.01 MENYEDIAKAN LAYANAN AKOMODASI RECEPTION 2004
12 PAR.HT02.020.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN 2004
13 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON 2004
14 PAR.HT02.023.01 MELAKSANAKAN AUDIT MALAM 2004
15 PAR.HT02.034.01 MENANGANI ORANG YANG MABUK 2004
16 PAR.HT02.049.01 MENYEDIAKAN KEAMANAN UNTUK TAMU VIP 2004
17 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL 2004
18 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
19 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK 2004
20 PAR.HT02.060.01 MENERIMA DAN MENYIMPAN PERSEDIAAN 2004
21 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI 2004
22 PAR.HT03.016.01 MEMPERSIAPKAN LAPORAN KEUANGAN 2004
23 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER 2004
24 PAR.HT03.037.01 MEMANTAU KEGIATAN KERJA 2004
25 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA 2004
26 PAR.HT03.042.01 DAFTAR PERSONIL STAF 2004
27 PAR.HT03.046.01 MENGELOLA KEANEKARAGAMAN DI TEMPAT KERJA 2004
28 PAR.HT03.049.01 MENANGANI KUALITAS LAYANAN PELANGAN 2004
29 PAR.UJ01.005.01 Mengembangkan dan memutakhirkan pengetahuan industri pariwisata 2011
30 PAR.UJ02.021.01 Mengoperasikan sistim penempahan dengan menggunakan komputer (Computer Reservation System). 2004
31 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
32 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
BAKER (FOOD PRODUCTION) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/11 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 17 Unit
Daftar Unit : BAKER (FOOD PRODUCTION)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
2 D1.HPA.CL4.09 Menyiapkan Dan Membuat Produk Olahan Ragi 2019
3 D1.HPA.CL4.10 Menyiapkan Produk Bakery (Roti) Untuk Patiseri 2019
4 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan 2019
5 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur 2019
6 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
7 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
8 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
9 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
10 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
11 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
12 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
13 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
14 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
15 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER 2004
16 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
17 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
LAUNDRY ATTENDANT (HOUSEKEEPING) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/10 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 14 Unit
Daftar Unit : LAUNDRY ATTENDANT (HOUSEKEEPING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri 2019
2 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
3 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
4 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
5 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
6 PAR.HT02.021.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL 2004
7 PAR.HT02.029.01 MENANGANI LINEN DAN PAKAIAN TAMU 2004
8 PAR.HT02.046.01 MENYEDIAKAN FASILITAS KEHILANGAN DAN PENEMUAN BARANG 2004
9 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK 2004
10 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER 2004
11 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA 2004
12 PAR.UJ03.002.01 Melakukan prosedur administrasi 2011
13 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
14 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
PUBLIC AREA CLEANER (HOUSEKEEPING) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/9 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 13 Unit
Daftar Unit : PUBLIC AREA CLEANER (HOUSEKEEPING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
2 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
3 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
4 PAR.HT02.021.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL 2004
5 PAR.HT02.026.01 MENYEDIAKAN JASA HOUSEKEEPING UNTUK TAMU 2004
6 PAR.HT02.027.01 MEMBERSIHKAN LOKASI/AREA DAN PERALATAN 2016
7 PAR.HT02.046.01 MENYEDIAKAN FASILITAS KEHILANGAN DAN PENEMUAN BARANG 2004
8 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
9 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK 2004
10 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA 2004
11 PAR.UJ03.002.01 Melakukan prosedur administrasi 2011
12 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
13 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
BELL BOY Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/7 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 15 Unit
Daftar Unit : BELL BOY
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
2 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
3 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
4 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
5 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON 2004
6 PAR.HT02.025.01 MENYEDIAKAN JASA PORTER 2004
7 PAR.HT02.038.01 MENGAWAL DAN MEMBAWA BARANG-BARANG BERHARGA 2004
8 PAR.HT02.046.01 MENYEDIAKAN FASILITAS KEHILANGAN DAN PENEMUAN BARANG 2004
9 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
10 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI 2004
11 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER 2004
12 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA 2004
13 PAR.HT03.040.01 MEMBANGUN DAN MEMELIHARA TEMPAT KERJA YANG AMAN 2004
14 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
15 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
ROOM ATTENDANT (HOUSEKEEPING) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/8 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 14 Unit
Daftar Unit : ROOM ATTENDANT (HOUSEKEEPING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
2 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
3 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
4 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
5 PAR.HT02.021.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL 2004
6 PAR.HT02.026.01 MENYEDIAKAN JASA HOUSEKEEPING UNTUK TAMU 2004
7 PAR.HT02.046.01 MENYEDIAKAN FASILITAS KEHILANGAN DAN PENEMUAN BARANG 2004
8 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL 2004
9 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK 2004
10 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER 2004
11 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA 2004
12 PAR.PW.02.008.01 Mengembangkan Materi Penafsiran untuk Kegiatan Ekowisata 2009
13 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
14 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
HEAD WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/6 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 32 Unit
Daftar Unit : HEAD WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCS.CL6.04 Mengorganisasikan Functions 2019
2 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
3 D1.HML.CL10.02 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman 2019
4 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
5 D1.HRD.CL9.01 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain 2019
6 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
7 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
8 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
9 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
10 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
11 PAR.HT02.003.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN 2004
12 PAR.HT02.010.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG MAKANAN DAMINUMAN 2004
13 PAR.HT02.011.01 MENYEDIAKAN PENGHUBUNG ANTARA DAPUR DAN AREA PELAYANAN 2004
14 PAR.HT02.013.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MINUMAN ANGGUR 2004
15 PAR.HT02.014.01 MENYIAPKAN DAN MENYAJIKANCOCKTAIL 2004
16 PAR.HT02.015.01 MENYEDIAKAN LAYANAN GUERIDON 2004
17 PAR.HT02.016.01 MENYEDIAKAN SILVER SERVICE 2004
18 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON 2004
19 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL 2004
20 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
21 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK 2004
22 PAR.HT03.001.01 MENGIKUTI PROSEDUR KEBERSIHAN DI TEMPAT KERJA 2004
23 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI 2004
24 PAR.HT03.013.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN 2004
25 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER 2004
26 PAR.HT03.042.01 DAFTAR PERSONIL STAF 2004
27 PAR.HT03.043.01 MEMANTAU KINERJA STAF 2004
28 PAR.HT03.060.01 MEMULAI PERCAKAPAN DAN MENGEMBANGKAN HUBUNGAN BAIK DENGAN TAMU 2004
29 PAR.HT03.064.01 MENANGANI KELUHAN 2004
30 PAR.UJ.01.002.01 Bekerja dalam Lingkungan Sosial yang bebeda 2011
31 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
32 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/3 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 27 Unit
Daftar Unit : WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu 2019
2 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering 2019
3 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
4 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
5 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
6 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
7 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
8 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
9 PAR.HT02.003.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN 2004
10 PAR.HT02.007.01 MENYEDIAKAN ROOM SERVICE 2004
11 PAR.HT02.009.01 MENYIAPKAN DAN MENGHIDANGKAN MINUMAN NON-ALKOHOL 2004
12 PAR.HT02.010.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG MAKANAN DAMINUMAN 2004
13 PAR.HT02.011.01 MENYEDIAKAN PENGHUBUNG ANTARA DAPUR DAN AREA PELAYANAN 2004
14 PAR.HT02.012.01 MENYEDIAKAN SARAN AHLI TENTANG MAKANAN 2004
15 PAR.HT02.013.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MINUMAN ANGGUR 2004
16 PAR.HT02.015.01 MENYEDIAKAN LAYANAN GUERIDON 2004
17 PAR.HT02.016.01 MENYEDIAKAN SILVER SERVICE 2004
18 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON 2004
19 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL 2004
20 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
21 PAR.HT03.001.01 MENGIKUTI PROSEDUR KEBERSIHAN DI TEMPAT KERJA 2004
22 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI 2004
23 PAR.HT03.013.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN 2004
24 PAR.HT03.064.01 MENANGANI KELUHAN 2004
25 PAR.UJ01.002.01 Melakukan Pekerjaan Dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda 2011
26 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
27 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014

Infrastruktur Kompetensi