Skema Kompetensi : Pariwisata Maestro Indonesia

Nama Skema Jenis Skema Kode Skema Nama LSP Bidang Subsektor Jumlah Unit
SKEMA SERTIFIKASI KLASTER EVENT REGISTRATION - MICE (ADMINISTRASI PENDAFTARAN ACARA) Klaster SKM/1449/00014/3/2023/42 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Ketenagakerjaan Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 8 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KLASTER EVENT REGISTRATION - MICE (ADMINISTRASI PENDAFTARAN ACARA)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 N.82MIC00.009.1 Mengelola Hubungan Bisnis 2018
2 N.82MIC00.066.1 Mencari dan Memberikan Informasi 2018
3 N.82MIC00.067.1 Mengelola Keanekaragaman di Tempat Kerja 2018
4 N.82MIC00.070.2 Memproses Kegiatan Pendaftaran Dalam Suatu Acara 2018
5 N.82MIC00.071.2 Mengatur Pendaftaran Tamu Dalam Suatu Acara 2018
6 N.82MIC00.072.2 Menangani Kegiatan Acara Protokoler 2018
7 N.82MIC00.076.1 Memberikan Layanan Kepada Pelanggan 2018
8 N.82MIC00.080.1 Menampilkan Kepekaan Sosial dan Budaya 2018
BARISTA Okupasi SKM/1449/00009/2/2019/2 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 9 Unit
Daftar Unit : BARISTA
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.563030.001.01 Mengelola Bahan Baku 2013
2 I.563030.002.01 Mengelola Peralatan dan Perlengkapan 2013
3 I.563030.003.01 Mengelola Area Kerja 2013
4 I.563030.004.01 Menangani Pelanggan 2013
5 I.563030.005.01 Mengoperasikan Peralatan 2013
6 I.563030.006.01 Mengembangkan produk minuman kopi 2013
7 PAR.UJ01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan di Tempat Kerja 2014
8 PAR.UJ01.004.01 Menangani Situasi Konflik 2014
9 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
FLOOR SUPERVISOR Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/15 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 12 Unit
Daftar Unit : FLOOR SUPERVISOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
2 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
3 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
4 PAR.HT01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan Dan Keamanan di Tempat Kerja 2016
5 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
6 PAR.HT02.021.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL 2004
7 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
8 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK 2004
9 PAR.HT03.004.01 BERKOUNIKASI MELALUI TELEPON 2004
10 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA 2004
11 PAR.HT03.040.01 MEMBANGUN DAN MEMELIHARA TEMPAT KERJA YANG AMAN 2004
12 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
PUBLIC AREA CLEANER (HOUSEKEEPING) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/9 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 13 Unit
Daftar Unit : PUBLIC AREA CLEANER (HOUSEKEEPING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
2 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
3 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
4 PAR.HT02.021.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL 2004
5 PAR.HT02.026.01 MENYEDIAKAN JASA HOUSEKEEPING UNTUK TAMU 2004
6 PAR.HT02.027.01 MEMBERSIHKAN LOKASI/AREA DAN PERALATAN 2016
7 PAR.HT02.046.01 MENYEDIAKAN FASILITAS KEHILANGAN DAN PENEMUAN BARANG 2004
8 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
9 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK 2004
10 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA 2004
11 PAR.UJ03.002.01 Melakukan prosedur administrasi 2011
12 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
13 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
LAUNDRY ATTENDANT (HOUSEKEEPING) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/10 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 14 Unit
Daftar Unit : LAUNDRY ATTENDANT (HOUSEKEEPING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri 2019
2 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
3 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
4 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
5 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
6 PAR.HT02.021.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL 2004
7 PAR.HT02.029.01 MENANGANI LINEN DAN PAKAIAN TAMU 2004
8 PAR.HT02.046.01 MENYEDIAKAN FASILITAS KEHILANGAN DAN PENEMUAN BARANG 2004
9 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK 2004
10 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER 2004
11 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA 2004
12 PAR.UJ03.002.01 Melakukan prosedur administrasi 2011
13 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
14 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
ROOM ATTENDANT (HOUSEKEEPING) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/8 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 14 Unit
Daftar Unit : ROOM ATTENDANT (HOUSEKEEPING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
2 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
3 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
4 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
5 PAR.HT02.021.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL 2004
6 PAR.HT02.026.01 MENYEDIAKAN JASA HOUSEKEEPING UNTUK TAMU 2004
7 PAR.HT02.046.01 MENYEDIAKAN FASILITAS KEHILANGAN DAN PENEMUAN BARANG 2004
8 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL 2004
9 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK 2004
10 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER 2004
11 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA 2004
12 PAR.PW.02.008.01 Mengembangkan Materi Penafsiran untuk Kegiatan Ekowisata 2009
13 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
14 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
BELL BOY Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/7 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 15 Unit
Daftar Unit : BELL BOY
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
2 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
3 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
4 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
5 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON 2004
6 PAR.HT02.025.01 MENYEDIAKAN JASA PORTER 2004
7 PAR.HT02.038.01 MENGAWAL DAN MEMBAWA BARANG-BARANG BERHARGA 2004
8 PAR.HT02.046.01 MENYEDIAKAN FASILITAS KEHILANGAN DAN PENEMUAN BARANG 2004
9 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
10 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI 2004
11 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER 2004
12 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA 2004
13 PAR.HT03.040.01 MEMBANGUN DAN MEMELIHARA TEMPAT KERJA YANG AMAN 2004
14 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
15 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
BAKER (FOOD PRODUCTION) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/11 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 17 Unit
Daftar Unit : BAKER (FOOD PRODUCTION)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
2 D1.HPA.CL4.09 Menyiapkan Dan Membuat Produk Olahan Ragi 2019
3 D1.HPA.CL4.10 Menyiapkan Produk Bakery (Roti) Untuk Patiseri 2019
4 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan 2019
5 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur 2019
6 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
7 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
8 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
9 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
10 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
11 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
12 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
13 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
14 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
15 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER 2004
16 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
17 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
BUTCHER Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/13 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 17 Unit
Daftar Unit : BUTCHER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
2 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
3 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan 2014
4 PAR.HT01.002.01 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Beragam 2014
5 PAR.HT01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja 2014
6 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
7 PAR.HT02.027.01 MEMBERSIHKAN LOKASI/AREA DAN PERALATAN 2016
8 PAR.HT02.062.01 MENGGUNAKAN METODE DASAR MEMASAK 2004
9 PAR.HT02.070.01 MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIAPKAN DAGING 2004
10 PAR.HT02.074.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KESELAMATAN MAKANAN 2004
11 PAR.HT02.081.01 MENYIAPKAN PORSI POTONGAN DAGING YANG TERKONTROL 2004
12 PAR.HT02.091.01 MENGANGKUT DAN MENYIMPAN MAKANAN DENGAN CARA YANG AMAN DAN BERSIH 2004
13 PAR.HT03.001.01 MENGIKUTI PROSEDUR KEBERSIHAN DI TEMPAT KERJA 2004
14 PAR.HT03.004.01 BERKOUNIKASI MELALUI TELEPON 2004
15 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI 2004
16 PAR.UJ03.003.01 Mengumpulkan dan Menyajikan Informasi 2014
17 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
TELEPHONE OPERATOR Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/1 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 18 Unit
Daftar Unit : TELEPHONE OPERATOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFO.CL2.08 Mengoperasikan Telepon PABX 2019
2 D1.HFO.CL2.09 Menerima Dan Meneruskan Telepon Masuk 2019
3 D1.HFO.CL2.10 Memfasilitasi Layanan Telepon Keluar 2019
4 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel 2019
5 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional 2019
6 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
7 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
8 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
9 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
10 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
11 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON 2004
12 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
13 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI 2004
14 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER 2004
15 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA 2004
16 PAR.HT03.040.01 MEMBANGUN DAN MEMELIHARA TEMPAT KERJA YANG AMAN 2004
17 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
18 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
PEMANDU WISATA (TOUR GUIDE) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/12 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 19 Unit
Daftar Unit : PEMANDU WISATA (TOUR GUIDE)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 R.93KPW00.001.2 Menyusun Rencana Perjalanan 2017
2 R.93KPW00.002.2 Menyiapkan Perangkat Perjalanan 2017
3 R.93KPW00.003.2 Menyiapkan Informasi Wisata 2017
4 R.93KPW00.004.2 Memberikan Pelayanan Penjemputan dan Pengantaran 2017
5 R.93KPW00.005.2 Mengomunikasikan Informasi 2017
6 R.93KPW00.006.2 Melakukan Pemanduan di Objek Wisata 2017
7 R.93KPW00.007.2 Memimpin Perjalanan Wisata 2017
8 R.93KPW00.008.2 Melakukan Interpretasi Dalam Pemanduan Wisata 2017
9 R.93KPW00.009.2 Mengelola Wisata yang Diperpanjang Waktunya 2017
10 R.93KPW00.010.2 Membuat Laporan Pemanduan Wisata 2017
11 R.93KPW00.011.2 Menangani Situasi Konflik 2017
12 R.93KPW00.012.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja 2017
13 R.93KPW00.013.2 Melakukan Pertolongan Pertama 2017
14 R.93KPW00.014.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Wisatawan 2017
15 R.93KPW00.015.2 Melakukan Pekerjaan Dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda 2017
16 R.93KPW00.016.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon 2017
17 R.93KPW00.017.2 Melakukan Prosedur Administrasi 2017
18 R.93KPW00.018.2 Mencari Data di Komputer 2017
19 R.93KPW00.019.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Pariwisata 2017
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/33 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 19 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu 2019
2 D1.HHK.CL3.02 Membersihkan Area Publik, Fasilitas Dan Peralatan 2019
3 D1.HHK.CL3.03 Membersihkan dan menyiapkan kamar untuk tamu 2019
4 D1.HHK.CL3.07 Membersihkan Dan Merawat Area Perlengkapan Kerja Industri 2019
5 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
6 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
7 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
8 D1.HOT.CL1.04 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
9 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
10 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
11 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
12 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata 2019
13 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
14 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
15 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
16 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
17 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti 2019
18 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan 2019
19 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2019
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI COMMIS PASTRY Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/18 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 21 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI COMMIS PASTRY
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan 2019
2 D1.HPA.CL4.02 Menyiapkan Dan Menampilkan Pettit Fours (Kembang Gula Berukuran Kecil Atau Hidangan Yang Pembuka Gurih) 2019
3 D1.HPA.CL4.03 Menyiapkan Dan Menampilkan Sugar Work (DEKORASI YANG TERBUAT DARI LARUTAN GULA) 2019
4 D1.HPA.CL4.04 Menyiapkan Dan Menampilkan Marzipan 2019
5 D1.HPA.CL4.05 Menyiapkan Coklat Dan Memproduksi Produk Coklat 2019
6 D1.HPA.CL4.06 Menghidangkan Makanan Penutup 2019
7 D1.HPA.CL4.07 Menyiapkan Dan Menghidangkan Gateaux, Torten Dan Kue 2019
8 D1.HPA.CL4.08 Menyiapkan Dan Membuat Kue Dan Produk Patiseri 2019
9 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan 2019
10 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur 2019
11 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
12 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
13 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
14 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
15 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
16 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
17 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
18 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
19 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
20 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
21 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI TRAVEL KONSULTAN Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/25 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 21 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI TRAVEL KONSULTAN
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
2 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
3 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan 2019
4 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
5 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata 2019
6 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
7 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
8 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
9 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
10 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
11 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
12 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
13 D2.TTA.CL2.05 Menyusun Dan Menerbitkan Rencanan Perjalanan Non-Udara 2019
14 D2.TTA.CL2.06 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Domestik 2019
15 D2.TTA.CL2.07 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Promosi Pesawat Internasional 2019
16 D2.TTA.CL2.08 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Internasional Reguler 2019
17 D2.TTA.CL2.11 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
18 D2.TTA.CL2.13 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan 2019
19 D2.TTA.CL2.18 Mencari Sumber Dan Membuat Paket Wisata 2019
20 D2.TTA.CL2.19 Mencari Sumber Dan Menyediakan Informasi Dan Saran Tentang Destinasi 2019
21 D2.TTA.CL2.20 Mencari dan menyediakan informasi dan sarana mengenai daerah tujuan wisata 2019
Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Patisserie) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/29 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Unit
Daftar Unit : Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Patisserie)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan 2019
2 D1.HPA.CL4.01 Mengelola Dan Mengoperasikan Coffee Shop 2019
3 D1.HPA.CL4.02 Menyiapkan Dan Menampilkan Pettit Fours (Kembang Gula Berukuran Kecil Atau Hidangan Yang Pembuka Gurih) 2019
4 D1.HPA.CL4.03 Menyiapkan Dan Menampilkan Sugar Work (DEKORASI YANG TERBUAT DARI LARUTAN GULA) 2019
5 D1.HPA.CL4.04 Menyiapkan Dan Menampilkan Marzipan 2019
6 D1.HPA.CL4.06 Menghidangkan Makanan Penutup 2019
7 D1.HPA.CL4.08 Menyiapkan Dan Membuat Kue Dan Produk Patiseri 2019
8 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
9 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan 2019
10 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur 2019
11 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
12 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
13 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
14 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
15 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
16 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
17 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
18 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan 2019
19 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
20 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
21 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
22 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Kantor Depan (FO) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/30 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Kantor Depan (FO)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi 2019
2 D1.HFO.CL2.04 Memelihara Catatan Keuangan Tamu 2019
3 D1.HFO.CL2.05 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan 2019
4 D1.HFO.CL2.07 Menyediakan Layanan Bellboy/Porter 2019
5 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel 2019
6 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
7 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
8 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
9 D1.HOT.CL1.04 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
10 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
11 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
12 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
13 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
14 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
15 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
16 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
17 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
18 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman 2019
19 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP 2019
20 D1.HSS.CL4.07 Menangani Orang Mabuk 2019
21 D1.HSS.CL4.08 Mengantar, Membawa Dan ,Menyimpan Barang Berharga 2019
22 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2019
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) WAITING KKNI SKM/1449/00018/1/2022/36 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) WAITING
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
3 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan 2019
4 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum 2019
5 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman 2019
6 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar 2019
7 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu 2019
8 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering 2019
9 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
10 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
11 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
12 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
13 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
14 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
15 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
16 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
17 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
18 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
19 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
20 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
21 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
22 D1.LAN.CL10.02 Memulai Percakapan Dan Membina Hubungan Yang Baik Dengan Tamu 2019
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) BEVERAGES KKNI SKM/1449/00018/1/2022/37 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) BEVERAGES
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
3 D1.HBS.CL5.06 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Koktail 2019
4 D1.HBS.CL5.07 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Non- Alkohol 2019
5 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan 2019
6 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman 2019
7 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur 2019
8 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu 2019
9 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering 2019
10 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
11 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
12 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
13 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
14 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
15 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
16 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
17 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
18 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
19 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
20 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
21 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
22 D1.LAN.CL10.01 Memberikan Respon Terhadap Insgtruksi Yang Diberikan Dalam Bahasa Inggris 2019
RECEPTIONIST Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/5 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 23 Unit
Daftar Unit : RECEPTIONIST
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.02 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran 2019
2 D1.HGA.CL6.03 Memelihara Sistem Pengarsipan Dan Pengambilan Data Berbasis Kertas 2019
3 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
4 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
5 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
6 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
7 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
8 PAR.HT02.017.01 MENERIMA DAN MEMPROSES RESERVASI 2004
9 PAR.HT02.018.01 MENYEDIAKAN LAYANAN AKOMODASI RECEPTION 2004
10 PAR.HT02.019.01 MEMELIHARA CATATAN KEUANGAN 2004
11 PAR.HT02.020.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN 2004
12 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON 2004
13 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL 2004
14 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
15 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK 2004
16 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI 2004
17 PAR.HT03.016.01 MEMPERSIAPKAN LAPORAN KEUANGAN 2004
18 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER 2004
19 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA 2004
20 PAR.HT03.040.01 MEMBANGUN DAN MEMELIHARA TEMPAT KERJA YANG AMAN 2004
21 PAR.UJ01.005.01 Mengembangkan dan memutakhirkan pengetahuan industri pariwisata 2011
22 PAR.UJ03.003.01 Mengumpulkan dan Menyajikan Informasi 2014
23 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Cookery) KKNI SKM/1449/00009/1/2022/28 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 23 Unit
Daftar Unit : Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Cookery)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial 2019
2 D1.HCC.CL2.02 Melaksanakan Dan Memelihara Jaminan Mutu Dalam Produksi Makanan 2019
3 D1.HCC.CL2.03 Mengidentifikasi Dan Menyiapkan Daging 2019
4 D1.HCC.CL2.04 Menjaga Strategi Untuk Penyimpanan Makanan Yang Aman 2019
5 D1.HCC.CL2.08 Menyiapkan Sandwich 2019
6 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan 2019
7 D1.HCC.CL2.12 Menyiapkan Makanan Pembuka Dan Salad 2019
8 D1.HCC.CL2.15 Menyiapkan Potongan Daging Dengan Porsi Terkontrol 2019
9 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
10 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan 2019
11 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur 2019
12 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
13 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
14 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
15 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
16 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
17 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
18 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
19 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
20 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
21 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
22 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
23 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI EXECUTIVE HOUSEKEEPER Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/27 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 25 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI EXECUTIVE HOUSEKEEPER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.07 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran 2019
2 D1.HFA.CL7.08 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran 2019
3 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
4 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf 2019
5 D1.HHR.CL8.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan 2019
6 D1.HHR.CL8.05 Merencanakan Dan Melaksanakan Rangkaian Acara Pelatihan 2019
7 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
8 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
9 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
10 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
11 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
12 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
13 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
14 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata 2019
15 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
16 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
17 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
18 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
19 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata 2019
20 D1.HRM.CL9.01 Mengelola Secara Efektif Penggunaan Sumber Daya Manusia 2019
21 D1.HRM.CL9.10 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai 2019
22 D1.HRM.CL9.11 Mengelola Aset Fisik Dan Infrasturktur 2019
23 D1.HRM.CL9.14 Mengelola Persyaratan Hukum Untuk Keperluan Bisnis 2019
24 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman 2019
25 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2019
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI DEMI CHEF Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/19 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 26 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI DEMI CHEF
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial 2019
2 D1.HCC.CL2.03 Mengidentifikasi Dan Menyiapkan Daging 2019
3 D1.HCC.CL2.04 Menjaga Strategi Untuk Penyimpanan Makanan Yang Aman 2019
4 D1.HCC.CL2.08 Menyiapkan Sandwich 2019
5 D1.HCC.CL2.09 Menyiapkan Dan Memasak Unggas Dan Binatang Buruan 2019
6 D1.HCC.CL2.10 Menyiapkan Dan Memasak Hidangan Laut 2019
7 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan 2019
8 D1.HCC.CL2.14 Menyiapkan Hidangan Penutup Panas, Dingin, Dan Beku 2019
9 D1.HCC.CL2.15 Menyiapkan Potongan Daging Dengan Porsi Terkontrol 2019
10 D1.HCC.CL2.16 Menyiapkan Sup 2019
11 D1.HCC.CL2.18 Menyiapkan Sayuran, Telur Dan Makanan Yang Terbuat Dari Tepung 2019
12 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
13 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
14 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan 2019
15 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur 2019
16 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
17 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
18 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
19 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
20 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
21 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
22 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
23 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
24 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
25 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
26 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
BARTENDER Okupasi SKM/1449/00009/2/2019/4 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Unit
Daftar Unit : BARTENDER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
3 D1.HBS.CL5.03 Menyediakan Pelayanan Yang Bertanggung Jawab Terhadap Minuman Beralkohol 2019
4 D1.HBS.CL5.04 Mengoperasikan Bar 2019
5 D1.HBS.CL5.05 Mengoperasikan Sistem Cellar/Penyimpanan Minuman Beralkohol 2019
6 D1.HBS.CL5.06 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Koktail 2019
7 D1.HBS.CL5.07 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Non- Alkohol 2019
8 D1.HBS.CL5.08 Memproses Penjualan Minuman Keras Di Fasilitas Bar 2019
9 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan 2019
10 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman 2019
11 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur 2019
12 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan 2019
13 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
14 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
15 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
16 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
17 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
18 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
19 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
20 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
21 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
22 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
23 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan 2019
24 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
25 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
26 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
27 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/3 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 27 Unit
Daftar Unit : WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu 2019
2 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering 2019
3 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
4 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
5 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
6 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
7 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
8 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
9 PAR.HT02.003.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN 2004
10 PAR.HT02.007.01 MENYEDIAKAN ROOM SERVICE 2004
11 PAR.HT02.009.01 MENYIAPKAN DAN MENGHIDANGKAN MINUMAN NON-ALKOHOL 2004
12 PAR.HT02.010.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG MAKANAN DAMINUMAN 2004
13 PAR.HT02.011.01 MENYEDIAKAN PENGHUBUNG ANTARA DAPUR DAN AREA PELAYANAN 2004
14 PAR.HT02.012.01 MENYEDIAKAN SARAN AHLI TENTANG MAKANAN 2004
15 PAR.HT02.013.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MINUMAN ANGGUR 2004
16 PAR.HT02.015.01 MENYEDIAKAN LAYANAN GUERIDON 2004
17 PAR.HT02.016.01 MENYEDIAKAN SILVER SERVICE 2004
18 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON 2004
19 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL 2004
20 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
21 PAR.HT03.001.01 MENGIKUTI PROSEDUR KEBERSIHAN DI TEMPAT KERJA 2004
22 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI 2004
23 PAR.HT03.013.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN 2004
24 PAR.HT03.064.01 MENANGANI KELUHAN 2004
25 PAR.UJ01.002.01 Melakukan Pekerjaan Dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda 2011
26 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
27 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI TOUR LEADER Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/24 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 31 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI TOUR LEADER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
2 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
3 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan 2019
4 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
5 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
6 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata 2019
7 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
8 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
9 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
10 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
11 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
12 D2.TCS.CL5.01 Menerapkan Teknik Penanganan Outlet Penjualan 2019
13 D2.TTA.CL2.06 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Domestik 2019
14 D2.TTA.CL2.08 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Internasional Reguler 2019
15 D2.TTG.CL3.01 Bekerja Sebagai Pemandu Wisata 2019
16 D2.TTG.CL3.02 Mengalokasikan Sumber Daya Tur 2019
17 D2.TTG.CL3.03 Mengelola Kegiatan Penafsiran Di Lapangan 2019
18 D2.TTG.CL3.04 Melakukan Pemeriksaan Pra-Keberangkatan 2019
19 D2.TTG.CL3.05 Mengkoordinir Dan Mengoperasikan Sebuah Tur Sehari (Atau Tamasya Singkat) 2019
20 D2.TTG.CL3.06 Melakukan Demonstrasi / Observasi Penghormatan Terhadap Budaya Asli 2019
21 D2.TTG.CL3.07 Mengembangkan Dan Memantau Pariwisata Yang Sesuai Dengan Budaya 2019
22 D2.TTG.CL3.08 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
23 D2.TTG.CL3.09 Mengemudikan Berbagai Tipe Kendaraan 2019
24 D2.TTG.CL3.11 Memimpin Grup Wisatawan Dengan Sikap Yang Bertanggung Jawab 2019
25 D2.TTG.CL3.12 Memelihara Hubungan Dengan Agen 2019
26 D2.TTG.CL3.13 Mengelola Dan Memfasilitasi Kegiatan Tur Tambahan 2019
27 D2.TTG.CL3.14 Merencanakan, Mengembangkan Dan Mengevaluasi Kegiatan Interpretif 2019
28 D2.TTG.CL3.15 Merencanakan, Menguji Coba Dan Mengimplementasikan Dampak Resiko Minimal Dalam Operasional 2019
29 D2.TTG.CL3.16 Menyiapkan Dan Menyajikan Penjelasan Dalam Tur 2019
30 D2.TTG.CL3.17 Menyediakan Pendampingan Kedatangan Dan Keberangkatan 2019
31 D2.TTO.CL4.03 Membersihkan Area Dan Peralatan Kerja 2019

Infrastruktur Kompetensi