Skema Kompetensi : Pariwisata Maestro Indonesia

Nama Skema Jenis Skema Kode Skema Nama LSP Bidang Subsektor Jumlah Unit
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI SOUS CHEF Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/26 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 38 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI SOUS CHEF
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial
2 D1.HCC.CL2.02 Melaksanakan Dan Memelihara Jaminan Mutu Dalam Produksi Makanan
3 D1.HCC.CL2.04 Menjaga Strategi Untuk Penyimpanan Makanan Yang Aman
4 D1.HCC.CL2.07 Merencanakan, Menyiapkan Dan Menampilkan Pelayanan Buffet
5 D1.HCC.CL2.08 Menyiapkan Sandwich
6 D1.HCC.CL2.09 Menyiapkan Dan Memasak Unggas Dan Binatang Buruan
7 D1.HCC.CL2.10 Menyiapkan Dan Memasak Hidangan Laut
8 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan
9 D1.HCC.CL2.12 Menyiapkan Makanan Pembuka Dan Salad
10 D1.HCC.CL2.13 Menyiapkan Coklat Dan Memproduksi Produk Coklat
11 D1.HCC.CL2.14 Menyiapkan Hidangan Penutup Panas, Dingin, Dan Beku
12 D1.HCC.CL2.15 Menyiapkan Potongan Daging Dengan Porsi Terkontrol
13 D1.HCC.CL2.16 Menyiapkan Sup
14 D1.HCC.CL2.18 Menyiapkan Sayuran, Telur Dan Makanan Yang Terbuat Dari Tepung
15 D1.HCC.CL2.19 Menyajikan Dan Menampilkan Produk Makanan
16 D1.HGE.CL7.06 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
17 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
18 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
19 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
20 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
21 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
22 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
23 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
24 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
25 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
26 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
27 D1.HRS.CL1.10 Mengorganisir Dan Menyiapkan Produk Dan Layanan Makanan
28 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
29 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
30 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
31 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
32 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan
33 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
34 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
35 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
36 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
37 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
38 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI TRAVEL KONSULTAN Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/25 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 21 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI TRAVEL KONSULTAN
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
2 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
3 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
4 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
5 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
6 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
7 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
8 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
9 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
10 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
11 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
12 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
13 D2.TTA.CL2.05 Menyusun Dan Menerbitkan Rencanan Perjalanan Non-Udara
14 D2.TTA.CL2.06 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Domestik
15 D2.TTA.CL2.07 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Promosi Pesawat Internasional
16 D2.TTA.CL2.08 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Internasional Reguler
17 D2.TTA.CL2.11 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
18 D2.TTA.CL2.13 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
19 D2.TTA.CL2.18 Mencari Sumber Dan Membuat Paket Wisata
20 D2.TTA.CL2.19 Mencari Sumber Dan Menyediakan Informasi Dan Saran Tentang Destinasi
21 D2.TTA.CL2.20 Mencari dan menyediakan informasi dan sarana mengenai daerah tujuan wisata
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI EXECUTIVE HOUSEKEEPER Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/27 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 25 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI EXECUTIVE HOUSEKEEPER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.07 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
2 D1.HFA.CL7.08 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
3 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
4 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
5 D1.HHR.CL8.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan
6 D1.HHR.CL8.05 Merencanakan Dan Melaksanakan Rangkaian Acara Pelatihan
7 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
8 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
9 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
10 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
11 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
12 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
13 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
14 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
15 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
16 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
17 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
18 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
19 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
20 D1.HRM.CL9.01 Mengelola Secara Efektif Penggunaan Sumber Daya Manusia
21 D1.HRM.CL9.10 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai
22 D1.HRM.CL9.11 Mengelola Aset Fisik Dan Infrasturktur
23 D1.HRM.CL9.14 Mengelola Persyaratan Hukum Untuk Keperluan Bisnis
24 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
25 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Cookery) KKNI SKM/1449/00009/1/2022/28 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 23 Unit
Daftar Unit : Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Cookery)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial
2 D1.HCC.CL2.02 Melaksanakan Dan Memelihara Jaminan Mutu Dalam Produksi Makanan
3 D1.HCC.CL2.03 Mengidentifikasi Dan Menyiapkan Daging
4 D1.HCC.CL2.04 Menjaga Strategi Untuk Penyimpanan Makanan Yang Aman
5 D1.HCC.CL2.08 Menyiapkan Sandwich
6 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan
7 D1.HCC.CL2.12 Menyiapkan Makanan Pembuka Dan Salad
8 D1.HCC.CL2.15 Menyiapkan Potongan Daging Dengan Porsi Terkontrol
9 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
10 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
11 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
12 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
13 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
14 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
15 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
16 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
17 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
18 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
19 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
20 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
21 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
22 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
23 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Patisserie) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/29 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Unit
Daftar Unit : Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Patisserie)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan
2 D1.HPA.CL4.01 Mengelola Dan Mengoperasikan Coffee Shop
3 D1.HPA.CL4.02 Menyiapkan Dan Menampilkan Pettit Fours (Kembang Gula Berukuran Kecil Atau Hidangan Yang Pembuka Gurih)
4 D1.HPA.CL4.03 Menyiapkan Dan Menampilkan Sugar Work (DEKORASI YANG TERBUAT DARI LARUTAN GULA)
5 D1.HPA.CL4.04 Menyiapkan Dan Menampilkan Marzipan
6 D1.HPA.CL4.06 Menghidangkan Makanan Penutup
7 D1.HPA.CL4.08 Menyiapkan Dan Membuat Kue Dan Produk Patiseri
8 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
9 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
10 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
11 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
12 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
13 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
14 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
15 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
16 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
17 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
18 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan
19 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
20 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
21 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
22 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Kantor Depan (FO) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/30 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Kantor Depan (FO)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi
2 D1.HFO.CL2.04 Memelihara Catatan Keuangan Tamu
3 D1.HFO.CL2.05 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
4 D1.HFO.CL2.07 Menyediakan Layanan Bellboy/Porter
5 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel
6 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
7 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
8 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
9 D1.HOT.CL1.04 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
10 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
11 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
12 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
13 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
14 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
15 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
16 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
17 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
18 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
19 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
20 D1.HSS.CL4.07 Menangani Orang Mabuk
21 D1.HSS.CL4.08 Mengantar, Membawa Dan ,Menyimpan Barang Berharga
22 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat IV Bidang Kantor Depan (GUEST SERVICE SUPERVISION) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/31 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 33 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat IV Bidang Kantor Depan (GUEST SERVICE SUPERVISION)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
2 D1.HFO.CL2.01 Menerima Dan Memproses Reservasi
3 D1.HFO.CL2.02 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
4 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi
5 D1.HFO.CL2.06 Melakukan Audit Malam
6 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel
7 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional
8 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
9 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
10 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
11 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
12 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan
13 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
14 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
15 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
16 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
17 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
18 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
19 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
20 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
21 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
22 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
23 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
24 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
25 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
26 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan
27 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
28 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
29 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
30 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan
31 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
32 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti
33 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG KANTOR DEPAN (SUPERVISION AND ADMINISTRATION) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/32 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 41 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG KANTOR DEPAN (SUPERVISION AND ADMINISTRATION)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
2 D1.HFO.CL2.02 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
3 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi
4 D1.HFO.CL2.06 Melakukan Audit Malam
5 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel
6 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional
7 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
8 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
9 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
10 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
11 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan
12 D1.HHR.CL8.07 Melakukan Pemantauan Dan Evaluasi Terhadap Efektivitas Pelatihan
13 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
14 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
15 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
16 D1.HOT.CL1.04 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
17 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
18 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
19 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
20 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
21 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
22 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
23 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
24 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
25 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
26 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
27 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
28 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan
29 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
30 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
31 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
32 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan
33 D1.HSM.CL5.03 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
34 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
35 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti
36 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
37 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
38 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi
39 D1.LAN.CL10.06 Membaca Dan Menulis Menggunakan Bahasa Inggris Pada Tingkat Lanjutan
40 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
41 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/33 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 19 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu
2 D1.HHK.CL3.02 Membersihkan Area Publik, Fasilitas Dan Peralatan
3 D1.HHK.CL3.03 Membersihkan dan menyiapkan kamar untuk tamu
4 D1.HHK.CL3.07 Membersihkan Dan Merawat Area Perlengkapan Kerja Industri
5 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
6 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
7 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
8 D1.HOT.CL1.04 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
9 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
10 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
11 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
12 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
13 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
14 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
15 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
17 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti
18 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan
19 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) GUEST SERVICE SUPERVISION KKNI SKM/1449/00018/1/2022/34 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 32 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) GUEST SERVICE SUPERVISION
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
2 D1.HGA.CL6.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
3 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
4 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu
5 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri
6 D1.HHK.CL3.06 Menyediakan Layanan Valet Untuk Tamu
7 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
8 D1.HHR.CL8.05 Merencanakan Dan Melaksanakan Rangkaian Acara Pelatihan
9 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan
10 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
11 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
12 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
13 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
14 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
15 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
16 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
17 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
18 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
19 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
20 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
21 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
22 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
23 D1.HSM.CL5.03 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
24 D1.HSM.CL5.06 Membangun Dan Menjaga Hubungan Bisnis
25 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
26 D1.HSS.CL4.08 Mengantar, Membawa Dan ,Menyimpan Barang Berharga
27 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan
28 D1.HSS.CL4.10 Merencanakan Dan Melaksanakan Evakuasi Lokasi
29 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
30 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi
31 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
32 D1.LAN.CL10.11 Menyiapkan Dokumen Bisnis dalam Bahasa Inggris Tingkat Lanjut
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) SUPERVISION AND ADMINISTATION KKNI SKM/1449/00018/1/2022/35 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 39 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) SUPERVISION AND ADMINISTATION
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
2 D1.HGA.CL6.01 Merencanakan Dan Membuat Sistem Dan Prosedur
3 D1.HGA.CL6.02 Bekerja Secara Kooperatif Dalam Lingkungan Administrasi Umum
4 D1.HGA.CL6.04 Mengumpulkan Dan Menyajikan Informasi Tentang Produk
5 D1.HGA.CL6.05 Merencanakan, Mengelola Dan Melaksanakan Rapat
6 D1.HGA.CL6.06 Menyiapkan Dokumen Bisnis
7 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
8 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
9 D1.HGA.CL6.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
10 D1.HGA.CL6.10 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
11 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
12 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu
13 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri
14 D1.HHK.CL3.06 Menyediakan Layanan Valet Untuk Tamu
15 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
16 D1.HHR.CL8.08 Mengevaluasi Efektivitas Sisten Penilaian
17 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
18 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
19 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
20 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
21 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
22 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
23 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
24 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
25 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
26 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
27 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
28 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
29 D1.HRM.CL9.02 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja
30 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan
31 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
32 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
33 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan
34 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
35 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi
36 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
37 D1.LAN.CL10.08 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
38 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris
39 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) WAITING KKNI SKM/1449/00018/1/2022/36 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) WAITING
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
3 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
4 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum
5 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
6 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar
7 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu
8 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering
9 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
10 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
11 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
12 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
13 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
14 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
15 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
17 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
18 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
19 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
20 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
21 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
22 D1.LAN.CL10.02 Memulai Percakapan Dan Membina Hubungan Yang Baik Dengan Tamu
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) BEVERAGES KKNI SKM/1449/00018/1/2022/37 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) BEVERAGES
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
3 D1.HBS.CL5.06 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Koktail
4 D1.HBS.CL5.07 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Non- Alkohol
5 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
6 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
7 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur
8 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu
9 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering
10 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
11 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
12 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
13 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
14 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
15 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
17 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
18 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
19 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
20 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
21 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
22 D1.LAN.CL10.01 Memberikan Respon Terhadap Insgtruksi Yang Diberikan Dalam Bahasa Inggris
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) SUPERVISOR/PENYELIA KKNI SKM/1449/00018/1/2022/38 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 38 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) SUPERVISOR/PENYELIA
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
3 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum
4 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon
5 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
6 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar
7 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service
8 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur
9 D1.HBS.CL5.17 Menangani Orang Mabuk
10 D1.HCS.CL6.03 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
11 D1.HCS.CL6.07 Mengembangkan Produk Dan Layanan Baru
12 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
13 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
14 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
15 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering
16 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
17 D1.HML.CL10.03 Memimpin Dan Mengelola Tim
18 D1.HRD.CL9.01 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
19 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
20 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
21 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
22 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
23 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
24 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
25 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
26 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
27 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
28 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
29 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
30 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
31 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
32 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
33 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
34 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
35 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
36 D1.LAN.CL10.05 Memberikan Presentasi Sungkat Dalam Bahasa Inggris Secara Lisan
37 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
38 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) SUPERVISION AND ADMINISTATION KKNI SKM/1449/00018/1/2022/39 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 46 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) SUPERVISION AND ADMINISTATION
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.03 Menyediakan Pelayanan Yang Bertanggung Jawab Terhadap Minuman Beralkohol
3 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
4 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum
5 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon
6 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
7 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service
8 D1.HBS.CL5.17 Menangani Orang Mabuk
9 D1.HCS.CL6.04 Mengorganisasikan Functions
10 D1.HFI.CL8.01 Mengaudit Prosedur Keuangan
11 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
12 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
13 D1.HFI.CL8.04 Mengelola Catatan Daftar Gaji
14 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
15 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
16 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering
17 D1.HGE.CL7.01 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
18 D1.HGE.CL7.08 Merencanakan, Mengelola Dan Melaksanakan Rapat
19 D1.HGE.CL7.09 Menyiapkan Dokumen Bisnis
20 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
21 D1.HGE.CL7.14 Mengembangkan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
22 D1.HML.CL10.01 Mengembangkan Dan Mengawasi Operasional Usaha
23 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
24 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
25 D1.HRD.CL9.03 Melaksanakan, Memantau Dan Mengevaluasi Prorgam Pelatihan Dan Proram Pengembangan
26 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
27 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
28 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
29 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
30 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
31 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
32 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
33 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
34 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
35 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
36 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
37 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
38 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
39 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
40 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
41 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
42 D1.HRS.CL1.21 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
43 D1.LAN.CL10.05 Memberikan Presentasi Sungkat Dalam Bahasa Inggris Secara Lisan
44 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
45 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris
46 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA BOGA (PATISSERIE) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/40 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 38 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA BOGA (PATISSERIE)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCA.CL3.03 Mendesain Menu Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Diet Khusus Atau Kebutuhan Budaya
2 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial
3 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan
4 D1.HCC.CL2.19 Menyajikan Dan Menampilkan Produk Makanan
5 D1.HGE.CL7.01 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
6 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
7 D1.HML.CL10.01 Mengembangkan Dan Mengawasi Operasional Usaha
8 D1.HML.CL10.03 Memimpin Dan Mengelola Tim
9 D1.HPA.CL4.01 Mengelola Dan Mengoperasikan Coffee Shop
10 D1.HPA.CL4.02 Menyiapkan Dan Menampilkan Pettit Fours (Kembang Gula Berukuran Kecil Atau Hidangan Yang Pembuka Gurih)
11 D1.HPA.CL4.03 Menyiapkan Dan Menampilkan Sugar Work (DEKORASI YANG TERBUAT DARI LARUTAN GULA)
12 D1.HPA.CL4.04 Menyiapkan Dan Menampilkan Marzipan
13 D1.HPA.CL4.05 Menyiapkan Coklat Dan Memproduksi Produk Coklat
14 D1.HPA.CL4.06 Menghidangkan Makanan Penutup
15 D1.HPA.CL4.07 Menyiapkan Dan Menghidangkan Gateaux, Torten Dan Kue
16 D1.HPA.CL4.08 Menyiapkan Dan Membuat Kue Dan Produk Patiseri
17 D1.HPA.CL4.09 Menyiapkan Dan Membuat Produk Olahan Ragi
18 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan
19 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
20 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
21 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
22 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
23 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
24 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
25 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
26 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
27 D1.HRS.CL1.10 Mengorganisir Dan Menyiapkan Produk Dan Layanan Makanan
28 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
29 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
30 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
31 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
32 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan
33 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
34 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
35 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
36 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
37 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
38 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris

Infrastruktur Kompetensi