Skema Kompetensi : Pariwisata Angin Mamiri

Nama Skema Jenis Skema Kode Skema Nama LSP Bidang Subsektor Jumlah Unit
Pemandu Wisata Selam Klaster SKM/0271/00018/3/2024/38 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Olahraga dan Rekreasi Lainnya Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 9 Unit
Daftar Unit : Pemandu Wisata Selam
#Kode UnitNama UnitTahun
1 R.93PWD01.001.2 Mempresentasikan Keterampilan Dasar Selam
2 R.93PWD01.002.3 Menilai Perlengkapan untuk Keselamatan Penyelaman dan Keadaan Darurat
3 R.93PWD01.003.2 Mengidentifikasi Kondisi Titik Penyelaman Sesuai dengan Klasifikasinya
4 R.93PWD01.004.2 Melakukan Fungsi Administrasi Kegiatan Penyelaman
5 R.93PWD01.005.2 Mengatur Kegiatan Penyelaman
6 R.93PWD01.006.2 Melakukan Penyelaman Orientasi
7 R.93PWD01.007.3 Melaksanakan Prosedur Keadaan Darurat pada Aktivitas Penyelaman
8 R.93PWD01.008.2 Menangani Keluhan dari Wisatawan
9 R.93PWD01.009.2 Melaporkan Kegiatan Penyelaman
BARISTA Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/35 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 12 Unit
Daftar Unit : BARISTA
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.55HDR00.122.2 Menyiapkan dan Membuat Bumbu Kari
2 I.55HDR00.129.2 Menyiapkan dan Membuat Dessert Indonesia
3 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
4 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
5 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
6 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
7 I.563030.001.01 Mengelola Bahan Baku
8 I.563030.002.01 Mengelola Peralatan dan Perlengkapan
9 I.563030.003.01 Mengelola Area Kerja
10 I.563030.004.01 Menangani Pelanggan
11 I.563030.005.01 Mengoperasikan Peralatan
12 I.563030.006.01 Mengembangkan produk minuman kopi
PUBLIC AREA CLEANER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/16 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 13 Unit
Daftar Unit : PUBLIC AREA CLEANER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.55HDR00.005.2 Melaksanakan Prosedur Klerikal
2 I.55HDR00.010.2 Menyediakan Layanan Housekeeping untuk Tamu
3 I.55HDR00.011.2 Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan
4 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
5 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
6 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
7 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
8 I.55HDR00.162.2 Membersihkan Tempat dan Peralatan Kerja
9 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
10 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
11 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
12 I.55HDR00.222.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Menengah
13 I.55HDR00.243.2 Menyediakan Fasilitas Kehilangan dan Penemuan
ROOM ATTENDANT Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/15 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 14 Unit
Daftar Unit : ROOM ATTENDANT
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.55HDR00.005.2 Melaksanakan Prosedur Klerikal
2 I.55HDR00.010.2 Menyediakan Layanan Housekeeping untuk Tamu
3 I.55HDR00.012.2 Menyiapkan Kamar untuk Tamu
4 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
5 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
6 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
7 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
8 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
9 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
10 I.55HDR00.174.2 Melaksanakan Tabulasi Data Komputer
11 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
12 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
13 I.55HDR00.222.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Menengah
14 I.55HDR00.243.2 Menyediakan Fasilitas Kehilangan dan Penemuan
BELL BOY Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/12 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 15 Unit
Daftar Unit : BELL BOY
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan
2 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
3 I.55HDR00.009.2 Menyediakan Jasa Porter
4 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
5 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
6 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
7 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
8 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
9 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
10 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
11 I.55HDR00.187.2 Membangun Tempat Kerja yang Aman
12 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
13 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
14 I.55HDR00.244.2 Menjaga Keamanan Lingkungan Kerja dan Harta Benda
15 I.55HDR00.250.2 Mencari dan Mendapatkan Data Komputer
BUTCHER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/9 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 17 Unit
Daftar Unit : BUTCHER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.55HDR00.011.2 Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan
2 I.55HDR00.016.2 Menyediakan Layanan Turn Down
3 I.55HDR00.041.2 Menggunakan Metode Dasar Memasak
4 I.55HDR00.049.2 Mengidentifikasi dan Menyiapkan Daging
5 I.55HDR00.053.2 Melaksanakan Prosedur Keselamatan Makanan
6 I.55HDR00.060.2 Menyiapkan Porsi Potongan Daging yang Terkontrol
7 I.55HDR00.070.2 Mengangkut dan Menyimpan Makanan dengan Cara yang Aman
8 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
9 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
10 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
11 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
12 I.55HDR00.161.2 Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja
13 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
14 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
15 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan
16 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
17 I.55HDR00.220.2 Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata
KOMPETENSI BAKER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/8 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 17 Unit
Daftar Unit : KOMPETENSI BAKER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.55HDR00.011.2 Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan
2 I.55HDR00.016.2 Menyediakan Layanan Turn Down
3 I.55HDR00.041.2 Menggunakan Metode Dasar Memasak
4 I.55HDR00.053.2 Melaksanakan Prosedur Keselamatan Makanan
5 I.55HDR00.070.2 Mengangkut dan Menyimpan Makanan dengan Cara yang Aman
6 I.55HDR00.084.2 Menyiapkan dan Membuat Makanan yang Mengandung Ragi
7 I.55HDR00.085.2 Menyiapkan Produk Roti Untuk Patisserie
8 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
9 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
10 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
11 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
12 I.55HDR00.161.2 Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja
13 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
14 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
15 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan
16 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
17 I.55HDR00.220.2 Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata
TELEPHONE OPERATOR Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/11 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 18 Unit
Daftar Unit : TELEPHONE OPERATOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFO.CL2.08 Mengoperasikan Telepon PABX
2 D1.HFO.CL2.09 Menerima Dan Meneruskan Telepon Masuk
3 D1.HFO.CL2.10 Memfasilitasi Layanan Telepon Keluar
4 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional
5 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
6 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
7 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
8 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
9 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
10 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
11 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
12 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
13 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
14 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
15 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
16 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
17 D1.HOT.CL1.15 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
18 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
TOUR GUIDE Okupasi SKM/0271/00014/2/2024/34 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 19 Unit
Daftar Unit : TOUR GUIDE
#Kode UnitNama UnitTahun
1 R.93KPW00.001.2 Menyusun Rencana Perjalanan
2 R.93KPW00.002.2 Menyiapkan Perangkat Perjalanan
3 R.93KPW00.003.2 Menyiapkan Informasi Wisata
4 R.93KPW00.004.2 Memberikan Pelayanan Penjemputan dan Pengantaran
5 R.93KPW00.005.2 Mengomunikasikan Informasi
6 R.93KPW00.006.2 Melakukan Pemanduan di Objek Wisata
7 R.93KPW00.007.2 Memimpin Perjalanan Wisata
8 R.93KPW00.008.2 Melakukan Interpretasi Dalam Pemanduan Wisata
9 R.93KPW00.009.2 Mengelola Wisata yang Diperpanjang Waktunya
10 R.93KPW00.010.2 Membuat Laporan Pemanduan Wisata
11 R.93KPW00.011.2 Menangani Situasi Konflik
12 R.93KPW00.012.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
13 R.93KPW00.013.2 Melakukan Pertolongan Pertama
14 R.93KPW00.014.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Wisatawan
15 R.93KPW00.015.2 Melakukan Pekerjaan Dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda
16 R.93KPW00.016.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
17 R.93KPW00.017.2 Melakukan Prosedur Administrasi
18 R.93KPW00.018.2 Mencari Data di Komputer
19 R.93KPW00.019.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Pariwisata
Pemanduan Outbound / Fasilitator Experiential Learning Klaster SKM/0271/00014/3/2024/39 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 19 Unit
Daftar Unit : Pemanduan Outbound / Fasilitator Experiential Learning
#Kode UnitNama UnitTahun
1 PAR.EL02.001.01 Merencanakan Program Kegiatan Rekreasi
2 PAR.EL02.002.01 Merencanakan Program Kegiatan Pembelajaran
3 PAR.EL02.003.01 Mengatur Sumber Daya Untuk Program
4 PAR.EL02.004.01 Melaksanakan Pemanduan Kegiatan Rekreasi
5 PAR.EL02.005.01 Melaksanakan Program Kegiatan Pembelajaran
6 PAR.EL02.006.01 Memandu Kegiatan Tali Rendah (Low Rope)
7 PAR.EL02.007.01 Memandu Kegiatan Tali Tinggi (High Rope)
8 PAR.EL02.008.01 Menganalisis Resiko Dalam Kegiatan
9 PAR.EL02.009.01 Menolong Korban
10 PAR.UJ.01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Wisatawan
11 PAR.UJ.01.002.01 Bekerja dalam Lingkungan Sosial yang bebeda
12 PAR.UJ.01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
13 PAR.UJ.01.004.01 Menangani Situasi Konflik
14 PAR.UJ.01.005.01 Mengembangkan dan Memutakirkan Pengetahuan Pariwisata tentang tempat kepemanduan Otbound populer yang dikunjungi wisatawan
15 PAR.UJ03.001.01 Berkomunikasi melalui telepon
16 PAR.UJ03.002.01 Melakukan prosedur administrasi
17 PAR.UJ03.023.01 Mencari dan mendapatkan data komputer
18 PAR.UJ03.024.01 Membuat dokumen dalam komputer
19 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
Kepemanduan Wisata Panjat Tebing Klaster SKM/0271/00014/3/2024/41 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 21 Unit
Daftar Unit : Kepemanduan Wisata Panjat Tebing
#Kode UnitNama UnitTahun
1 PAR.PT02.001.01 Melakukan Orientasi Sosial Kawasan Pemanjatan.
2 PAR.PT02.002.01 Membedakan karakteristik tebing dan batuan.
3 PAR.PT02.003.01 Mengorganisasi pemanjatan grup.
4 PAR.PT02.004.01 Mengorganisasi Peralatan Pemanjatan.
5 PAR.PT02.005.01 Memanjat jalur tersedia dengan Tingkat Dasar
6 PAR.PT02.006.01 Memanjat Jalur Tersedia dengan Tingkat Menengah
7 PAR.PT02.007.01 Memanjat jalur tersedia dengan Tingkat Lanjutan
8 PAR.PT02.008.01 Memanjat jalur tersedia dengan metode pemanjatan berantai (multi pitch climbing)
9 PAR.PT02.009.01 Melakukan Pemindahan Barang
10 PAR.PT02.010.01 Menolong Korban (Self-Rescue)
11 PAR.PT02.011.01 Mengevaluasi kegiatan kepemanduan
12 PAR.UJ01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Wisatawan
13 PAR.UJ01.002.01 Bekerja dalam Lingkungan Sosial yang berbeda
14 PAR.UJ01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
15 PAR.UJ01.004.01 Menangani Situasi Konflik
16 PAR.UJ01.005.01 Mengembangkan dan Memutakirkan Pengetahuan Pariwisata
17 PAR.UJ03.001.01 Berkomunikasi melalui telepon
18 PAR.UJ03.002.01 Melakukan prosedur administrasi
19 PAR.UJ03.023.01 Mencari dan mendapatkan data komputer
20 PAR.UJ03.024.01 Membuat dokumen di dalam komputer
21 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
PEMIMPIN PERJALANAN WISATA (TOUR LEADER) Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/33 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 22 Unit
Daftar Unit : PEMIMPIN PERJALANAN WISATA (TOUR LEADER)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 PAR.TL02.001.01 Melakukan Persiapan Tur
2 PAR.TL02.002.01 Mengkoordinasikan jadwal persiapan
3 PAR.TL02.003.01 Mengembangkan Pengetahuan Destinasi
4 PAR.TL02.004.01 Mengatur saat keberangkatan
5 PAR.TL02.005.01 Mengatur saat transit
6 PAR.TL02.006.01 Mengatur saat tiba
7 PAR.TL02.007.01 Mengatur saat di kendaraan
8 PAR.TL02.008.01 Mengatur saat check in dan check out di hotel
9 PAR.TL02.009.01 Mengatur peserta saat tur
10 PAR.TL02.010.01 Mengelola tur tambahan
11 PAR.TL02.011.01 Mengatur perpindahan moda transportasi
12 PAR.TL02.012.01 Mengelola permasalahan yang tidak terduga
13 PAR.TL02.013.01 Menangani keluhan peserta selama tur
14 PAR.TL02.014.01 Mengelola laporan tur
15 PAR.UJ.01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Wisatawan
16 PAR.UJ.01.002.01 Bekerja dalam Lingkungan Sosial yang bebeda
17 PAR.UJ.01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
18 PAR.UJ.01.004.01 Menangani Situasi Konflik
19 PAR.UJ.01.005.01 Mengembangkan dan Memutakirkan Pengetahuan Pariwisata tentang tempat kepemanduan Otbound populer yang dikunjungi wisatawan
20 PAR.UJ03.001.01 Melakukan komunikasi secara lisan dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
21 PAR.UJ03.002.01 Membaca dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
22 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
FLOOR SUPERVISOR Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/13 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 22 Unit
Daftar Unit : FLOOR SUPERVISOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
2 I.55HDR00.005.2 Melaksanakan Prosedur Klerikal
3 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
4 I.55HDR00.039.2 Menerima dan Menyimpan Persediaan
5 I.55HDR00.069.2 Menyiapkan Paket Bahan Makanan
6 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
7 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
8 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
9 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
10 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
11 I.55HDR00.167.2 Mengelola Rapat
12 I.55HDR00.177.2 Melaksanakan Penilaian
13 I.55HDR00.184.2 Memantau Kegiatan Kerja
14 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
15 I.55HDR00.189.2 Membuat Daftar Personil Staf
16 I.55HDR00.190.2 Memantau Kinerja Staf
17 I.55HDR00.193.2 Mengelola Keanekaragaman di Tempat Kerja
18 I.55HDR00.196.2 Menangani Kualitas Layanan Pelanggan
19 I.55HDR00.201.2 Mengelola Persediaan
20 I.55HDR00.220.2 Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata
21 I.55HDR00.222.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Menengah
22 I.55HDR00.229.2 Membangun dan Memelihara Tempat Kerja yang Aman
RECEPTIONIST Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/10 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 23 Unit
Daftar Unit : RECEPTIONIST
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.55HDR00.001.2 Memproses Reservasi
2 I.55HDR00.002.2 Menyediakan Layanan Akomodasi Reception
3 I.55HDR00.003.2 Memelihara Catatan Keuangan
4 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan
5 I.55HDR00.005.2 Melaksanakan Prosedur Klerikal
6 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
7 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
8 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
9 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
10 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
11 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
12 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
13 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
14 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
15 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
16 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
17 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
18 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
19 I.55HDR00.219.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Industri Pariwisata
20 I.55HDR00.229.2 Membangun dan Memelihara Tempat Kerja yang Aman
21 I.55HDR00.250.2 Mencari dan Mendapatkan Data Komputer
22 I.55HDR00.253.2 Mempersiapkan Laporan Keuangan
23 I.55HDR00.264.2 Memproses Transaksi Untuk Pembelian Barang dan Jasa
SENIOR TRAVEL CONSULTANT Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/31 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 24 Unit
Daftar Unit : SENIOR TRAVEL CONSULTANT
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.LAN.CL10.01 Menggunakan Bahasa Inggris Di Tingkat Penyelia
2 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
3 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
4 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
5 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
6 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
8 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
9 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
10 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
11 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
12 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
13 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
14 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
15 D2.TCS.CL5.04 Membangun Dan Menerapkan Riset Produk Pariwisata
16 D2.TCS.CL5.19 Menyiapkan Dan Memberikan Presentasi
17 D2.TTA.CL2.01 Mengakses Dan Menjelaskan Informasi Produ
18 D2.TTA.CL2.03 Menerapkan Aturan Dan Prosedur Tarif Penerbangan Lebih Awal
19 D2.TTA.CL2.04 Memesan Dan Mengkoordinasikan Pelayanan Pemasok
20 D2.TTA.CL2.09 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
21 D2.TTA.CL2.10 Membuat Stan Peraga Untuk Promosi
22 PAR.UJ.01.003.01 Melaksanakan Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja 2014
23 PAR.UJ003.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
24 PAR.UJ03.045.01 Membaca dalam Bahasa Iggris pada Tingkat Operasional Dasar 2011
Pemanduan Ekowisata Klaster SKM/0271/00014/3/2024/36 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 24 Unit
Daftar Unit : Pemanduan Ekowisata
#Kode UnitNama UnitTahun
1 N.79KEW00.001.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Ekowisata dan Ruang Lingkupnya
2 N.79KEW00.002.1 Mengelola Materi Interpretasi Pemanduan Ekowisata
3 N.79KEW00.003.1 Menyiapkan Perangkat Kegiatan Pemanduan dan Interpretasi Ekowisata
4 N.79KEW00.004.2 Memutakhirkan Pengetahuan dan Keterampilan Dasar Penggunaan Peralatan dan Aplikasi Digital Terkait Kegiatan Ekowisata
5 N.79KEW00.005.2 Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Inggris atau Bahasa Asing Lainnya dalam Istilah Ekowisata dan Lingkungan
6 N.79KEW00.006.2 Menyusun Aktivitas Ekowisata
7 N.79KEW00.007.1 Mengumpulkan Informasi Terkini untuk Destinasi Ekowisata Terpencil
8 N.79KEW00.008.2 Melakukan Adaptasi dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda
9 N.79KEW00.009.1 Melakukan Persiapan Sebelum Tamu Datang
10 N.79KEW00.010.2 Mengoperasikan Perjalanan Ekowisata
11 N.79KEW00.011.1 Melakukan Interpretasi dalam Pemanduan Ekowisata
12 N.79KEW00.012.1 Mentaati Panduan Wisata Hidupan Liar, Peraturan Kawasan Konservasi, dan Peraturan Adat di Destinasi
13 N.79KEW00.013.2 Mengikuti Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam Pemanduan Ekowisata
14 N.79KEW00.014.2 Menangani Situasi Konflik dalam Pemanduan Ekowisata
15 N.79KEW00.015.2 Mengoperasikan Peralatan dan Aplikasi Digital Tingkat Dasar Terkait Ekowisata
16 N.79KEW00.016.2 Mengoperasikan Peralatan dan Aplikasi Digital Tingkat Lanjutan Terkait Ekowisata
17 N.79KEW00.017.2 Menggunakan Bahasa Inggris atau Bahasa Asing Lainnya dalam Pemanduan Ekowisata
18 N.79KEW00.018.1 Mengelola Perpanjangan Aktivitas jika Terjadi Hal di Luar Rencana
19 N.79KEW00.019.1 Menangani Wisatawan Berkebutuhan Khusus
20 N.79KEW00.020.1 Menangani Ketidakpuasan Wisatawan
21 N.79KEW00.021.1 Mengoordinasi Pemandu Ekowisata di Destinasi
22 N.79KEW00.022.1 Mempromosikan Jasa Pemanduan Ekowisata
23 N.79KEW00.023.1 Melakukan Kaji Ulang Perjalanan Ekowisata
24 N.79KEW00.024.1 Menyusun Laporan Tertulis dan Analisa Aktivitas Pemanduan Ekowisata
EXECUTIVE HOUSEKEEPER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/22 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 25 Unit
Daftar Unit : EXECUTIVE HOUSEKEEPER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
2 I.55HDR00.005.2 Melaksanakan Prosedur Klerikal
3 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
4 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
5 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
6 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
7 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
8 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
9 I.55HDR00.156.2 Membuat Presentasi
10 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
11 I.55HDR00.174.2 Melaksanakan Tabulasi Data Komputer
12 I.55HDR00.177.2 Melaksanakan Penilaian
13 I.55HDR00.178.2 Melatih Kelompok Kecil
14 I.55HDR00.181.2 Melaksanakan Sesi Pelatihan
15 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
16 I.55HDR00.187.2 Membangun Tempat Kerja yang Aman
17 I.55HDR00.188.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Hukum Untuk Keperluan Bisnis
18 I.55HDR00.191.2 Melaksanakan Perekrutan Staf
19 I.55HDR00.192.2 Mengelola Sumber Daya Manusia
20 I.55HDR00.198.2 Mengelola Keuangan Sesuai Anggaran
21 I.55HDR00.199.2 Memantau Anggaran
22 I.55HDR00.200.2 Mengelola Aset Fisik
23 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
24 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
25 I.55HDR00.220.2 Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata
KOMPETENSI DEMI CHEF Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/5 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 26 Unit
Daftar Unit : KOMPETENSI DEMI CHEF
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.55HDR00.039.2 Menerima dan Menyimpan Persediaan
2 I.55HDR00.040.2 Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan Dapur
3 I.55HDR00.041.2 Menggunakan Metode Dasar Memasak
4 I.55HDR00.043.2 Menyiapkan Sandwich
5 I.55HDR00.045.2 Menyiapkan Sup
6 I.55HDR00.046.2 Menyiapkan Sayuran, Telur dan Makanan yang Terbuat dari Tepung
7 I.55HDR00.047.2 Menyiapkan dan Memasak Unggas dan Binatang Buruan
8 I.55HDR00.048.2 Menyiapkan dan Memasak Seafood
9 I.55HDR00.049.2 Mengidentifikasi dan Menyiapkan Daging
10 I.55HDR00.050.2 Menyiapkan Makanan Dessert yang Disajikan Panas dan Dingin
11 I.55HDR00.053.2 Melaksanakan Prosedur Keselamatan Makanan
12 I.55HDR00.054.2 Menyiapkan dan Menyajikan Makanan Pola Diet
13 I.55HDR00.060.2 Menyiapkan Porsi Potongan Daging yang Terkontrol
14 I.55HDR00.070.2 Mengangkut dan Menyimpan Makanan dengan Cara yang Aman
15 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
16 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
17 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
18 I.55HDR00.161.2 Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja
19 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
20 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
21 I.55HDR00.174.2 Melaksanakan Tabulasi Data Komputer
22 I.55HDR00.184.2 Memantau Kegiatan Kerja
23 I.55HDR00.210.2 Memberi Pengarahan Dasar Membaca dan Mengikuti Diagram
24 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
25 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
26 I.55HDR00.261.2 Melakukan Percakapan Singkat di Telepon
FOOD & BEVERAGE WAITER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/4 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Unit
Daftar Unit : FOOD & BEVERAGE WAITER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu
3 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan
4 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
5 I.55HDR00.023.2 Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman
6 I.55HDR00.027.2 Menyediakan Room Service
7 I.55HDR00.029.2 Menyajikan Minuman Non-Alkohol
8 I.55HDR00.031.2 Menyediakan Penghubung Antara Area Dapur dan Area Layanan
9 I.55HDR00.032.2 Menyediakan Saran Ahli tentang Makanan
10 I.55HDR00.033.2 Menyediakan Layanan Minuman Anggur
11 I.55HDR00.035.2 Menyediakan Layanan Gueridon
12 I.55HDR00.036.2 Menyediakan Silver Service
13 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
14 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
15 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
16 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
17 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
18 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
19 I.55HDR00.162.2 Membersihkan Tempat dan Peralatan Kerja
20 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
21 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
22 I.55HDR00.168.2 Menerima dan Menyimpan Barang
23 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan
24 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan
25 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
26 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
27 I.55HDR00.264.2 Memproses Transaksi Untuk Pembelian Barang dan Jasa
KOMPETENSI LAUNDRY ATTENDANT Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/14 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Unit
Daftar Unit : KOMPETENSI LAUNDRY ATTENDANT
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu
3 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan
4 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
5 I.55HDR00.023.2 Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman
6 I.55HDR00.027.2 Menyediakan Room Service
7 I.55HDR00.029.2 Menyajikan Minuman Non-Alkohol
8 I.55HDR00.031.2 Menyediakan Penghubung Antara Area Dapur dan Area Layanan
9 I.55HDR00.032.2 Menyediakan Saran Ahli tentang Makanan
10 I.55HDR00.033.2 Menyediakan Layanan Minuman Anggur
11 I.55HDR00.035.2 Menyediakan Layanan Gueridon
12 I.55HDR00.036.2 Menyediakan Silver Service
13 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
14 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
15 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
16 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
17 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
18 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
19 I.55HDR00.162.2 Membersihkan Tempat dan Peralatan Kerja
20 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
21 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
22 I.55HDR00.168.2 Menerima dan Menyimpan Barang
23 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan
24 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan
25 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
26 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
27 I.55HDR00.264.2 Memproses Transaksi Untuk Pembelian Barang dan Jasa
FOOD & BEVERAGE BARTENDER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/3 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Unit
Daftar Unit : FOOD & BEVERAGE BARTENDER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.05 Mengoperasikan Sistem Cellar/Penyimpanan Minuman Beralkohol
3 D1.HBS.CL5.08 Memproses Penjualan Minuman Keras Di Fasilitas Bar
4 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan
5 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
6 I.55HDR00.021.2 Membersihkan dan Merapikan Area Bar
7 I.55HDR00.022.2 Mengoperasikan Bar
8 I.55HDR00.023.2 Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman
9 I.55HDR00.028.2 Menyediakan Pelayanan yang Bertanggung Jawab Terhadap Minuman Beralkohol
10 I.55HDR00.029.2 Menyajikan Minuman Non-Alkohol
11 I.55HDR00.031.2 Menyediakan Penghubung Antara Area Dapur dan Area Layanan
12 I.55HDR00.033.2 Menyediakan Layanan Minuman Anggur
13 I.55HDR00.034.2 Menghidangkan Cocktail
14 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
15 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
16 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
17 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
18 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
19 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
20 I.55HDR00.162.2 Membersihkan Tempat dan Peralatan Kerja
21 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
22 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
23 I.55HDR00.168.2 Menerima dan Menyimpan Barang
24 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan
25 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan
26 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
27 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
CREDIT MANAGER Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/26 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 28 Unit
Daftar Unit : CREDIT MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
2 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
3 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
4 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
5 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
6 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
7 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
8 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
9 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
10 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
11 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
12 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
13 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
14 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
15 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D2.TCS.CL5.01 Menerapkan Teknik Penanganan Outlet Penjualan
17 D2.TCS.CL5.06 Mengkoordinasikan Pembuatan Brosur Dan Materi Pemasaran
18 D2.TCS.CL5.16 Mengimplementasikan Prosedur Dan Sistem Manajemen Perhelatan
19 D2.TCS.CL5.18 Merencanakan dan Menetapkan Aktifitas Penjualan
20 D2.TCS.CL5.21 Mempromosikan Produk Dan Layanan Wisata
21 D2.TFA.CL7.03 Memelihara Sistem Akuntansi Keuangan Yang Aman
22 D2.TFA.CL7.04 Mengelola Komitmen/Persetujuan Kontrak
23 D2.TGA.CL6.10 Mengembangkan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
24 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
25 D2.TRM.CL9.08 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
26 D2.TRM.CL9.21 Melakukan Penjadwalan Staf
27 PAR.UJ03.032.01 Memimpin dan mengelola sumber daya manusia
28 PAR.UJ03.052.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional tinggi
FOOD & BEVERAGE HEAD WAITER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/2 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 32 Unit
Daftar Unit : FOOD & BEVERAGE HEAD WAITER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan
2 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
3 I.55HDR00.023.2 Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman
4 I.55HDR00.030.2 Memperbaharui Pengetahuan Makanan dan Minuman
5 I.55HDR00.031.2 Menyediakan Penghubung Antara Area Dapur dan Area Layanan
6 I.55HDR00.033.2 Menyediakan Layanan Minuman Anggur
7 I.55HDR00.034.2 Menghidangkan Cocktail
8 I.55HDR00.035.2 Menyediakan Layanan Gueridon
9 I.55HDR00.036.2 Menyediakan Silver Service
10 I.55HDR00.039.2 Menerima dan Menyimpan Persediaan
11 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
12 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
13 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
14 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
15 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
16 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
17 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
18 I.55HDR00.161.2 Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja
19 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
20 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
21 I.55HDR00.175.2 Membuat Dokumen di Dalam Komputer
22 I.55HDR00.178.2 Melatih Kelompok Kecil
23 I.55HDR00.189.2 Membuat Daftar Personil Staf
24 I.55HDR00.190.2 Memantau Kinerja Staf
25 I.55HDR00.196.2 Menangani Kualitas Layanan Pelanggan
26 I.55HDR00.206.2 Memulai Percakapan dan Mengembangkan Hubungan Baik dengan Tamu
27 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan
28 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan
29 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
30 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
31 I.55HDR00.238.2 Mengawasi Operasi Tempat Kerja Rutin
32 I.55HDR00.244.2 Menjaga Keamanan Lingkungan Kerja dan Harta Benda
KONSULTAN PERJALANAN (TRAVEL CONSULTANT) Okupasi SKM/0271/00014/2/2024/32 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 32 Unit
Daftar Unit : KONSULTAN PERJALANAN (TRAVEL CONSULTANT)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
2 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
3 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
4 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
5 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
6 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
7 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
8 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
9 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
10 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
11 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
12 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
13 D2.TTA.CL2.05 Menyusun Dan Menerbitkan Rencanan Perjalanan Non-Udara
14 D2.TTA.CL2.06 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Domestik
15 D2.TTA.CL2.07 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Promosi Pesawat Internasional
16 D2.TTA.CL2.08 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Internasional Reguler
17 D2.TTA.CL2.11 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
18 D2.TTA.CL2.13 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
19 D2.TTA.CL2.17 Menerima Dan Memproses Reservasi
20 D2.TTA.CL2.18 Mencari Sumber Dan Membuat Paket Wisata
21 D2.TTA.CL2.19 Mencari Sumber Dan Menyediakan Informasi Dan Saran Tentang Destinasi
22 D2.TTA.CL2.20 Mencari dan menyediakan informasi dan sarana mengenai daerah tujuan wisata 2019
23 PAR.UJ.01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Wisatawan 2011
24 PAR.UJ.01.002.01 Bekerja dalam Lingkungan Sosial yang bebeda 2011
25 PAR.UJ.01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja 2011
26 PAR.UJ.01.004.01 Menangani Situasi Konflik 2011
27 PAR.UJ.01.005.01 Mengembangkan dan Memutakirkan Pengetahuan Pariwisata tentang tempat kepemanduan Otbound populer yang dikunjungi wisatawan 2011
28 PAR.UJ.03.043.01 Melakukan komunikasi secara lisan dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
29 PAR.UJ03.001.01 Berkomunikasi melalui telepon 2011
30 PAR.UJ03.002.01 Melakukan prosedur administrasi 2011
31 PAR.UJ03.023.01 Mencari dan mendapatkan data komputer 2011
32 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2011
Pemanduan Geowisata Klaster SKM/0271/00014/3/2024/37 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 33 Unit
Daftar Unit : Pemanduan Geowisata
#Kode UnitNama UnitTahun
1 N.79PGW00.001.2 Menyusun Rencana Perjalanan Geowisata
2 N.79PGW00.002.1 Mengelola Mitigasi Bencana di Destinasi Geowisata
3 N.79PGW00.003.2 Mempersiapkan Perangkat Perjalanan Geowisata
4 N.79PGW00.004.1 Mengelola Materi Interpretasi Geowisata
5 N.79PGW00.005.1 Merancang Produk Cetakan Panduan Perjalanan Geowisata
6 N.79PGW00.006.2 Melakukan Penjemputan dan Pengantaran Geowisatawan
7 N.79PGW00.007.1 Mengoperasikan Peralatan dan Aplikasi Digital Terkait Geowisata
8 N.79PGW00.008.2 Memimpin Perjalanan Geowisata
9 N.79PGW00.009.2 Melakukan Pemanduan Geowisata
10 N.79PGW00.010.2 Menangani Geowisatawan Berkebutuhan Khusus
11 N.79PGW00.011.1 Melakukan Interpretasi Pemanduan Geowisata Geosite dan Klaster
12 N.79PGW00.012.1 Melakukan Interpretasi Pemanduan Geowisata Kawasan, Regional, dan Nasional
13 N.79PGW00.013.2 Menerapkan Prosedur Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan di Tempat Kerja
14 N.79PGW00.014.2 Melakukan Prosedur Pertolongan Pertama dalam Pemanduan Geowisata
15 N.79PGW00.015.2 Menangani Situasi Konflik dalam Pemanduan Geowisata
16 N.79PGW00.016.2 Mengelola Perubahan Aktivitas Pemanduan Geowisata
17 N.79PGW00.017.2 Mengelola Pemanduan Geowisata Kelompok Rentan
18 N.79PGW00.018.1 Melaksanakan Kegiatan Edukasi Konservasi Alam
19 N.79PGW00.019.1 Melaksanakan Kegiatan Edukasi Konservasi Budaya
20 N.79PGW00.020.2 Menerapkan Praktik Geowisata yang Ramah Lingkungan
21 N.79PGW00.021.2 Mengelola Kerja Sama dalam Pemanduan Geowisata
22 N.79PGW00.022.2 Melakukan Pekerjaan dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda
23 N.79PGW00.023.2 Mengelola Umpan Balik Geowisatawan
24 N.79PGW00.024.2 Melakukan Pelaporan Pemanduan Geowisata
25 N.79PGW00.025.2 Mengelola Promosi Daring Keunggulan Destinasi Geowisata
26 N.79PGW00.026.1 Memutakhirkan Materi Interpretasi Geowisata
27 N.79PGW00.027.2 Meningkatkan Kualitas Paket Geowisata di Destinasi Geowisata
28 N.79PGW00.028.2 Melakukan Percakapan Bahasa Inggris dalam Pemanduan Geowisata
29 N.79PGW00.029.2 Melakukan Presentasi Geowisata
30 N.79PGW00.030.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
31 N.79PGW00.031.2 Melakukan Prosedur Administrasi
32 N.79PGW00.032.2 Memutakhirkan Data Geowisata melalui Sistem Informasi
33 N.79PGW00.033.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Geowisata

Infrastruktur Kompetensi