Skema Kompetensi : Pariwisata Angin Mamiri

Nama Skema Jenis Skema Kode Skema Nama LSP Bidang Subsektor Jumlah Unit
Pemanduan Wisata Gua Klaster SKM/0271/00018/3/2024/40 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Olahraga dan Rekreasi Lainnya Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 33 Unit
Daftar Unit : Pemanduan Wisata Gua
#Kode UnitNama UnitTahun
1 R.93GUA00.001.1 Melakukan Persiapan Teknis Kegiatan Rekreasi Penelusuran Gua
2 R.93GUA00.002.1 Melaksanakan Teknik Penelusuran Gua
3 R.93GUA00.003.1 Merencanakan Implementasi Dampak Lingkungan dalam Penelusuran Gua
4 R.93GUA00.004.1 Menginterpretasikan Kondisi Cuaca di Lapangan
5 R.93GUA00.005.1 Menerapkan Teknik Navigasi di Lingkungan Gua
6 R.93GUA00.006.1 Memfasilitasi Kelompok Wisatawan Penelusuran Gua
7 R.93GUA00.007.2 Memandu Kegiatan Rekreasi Luar Ruangan
8 R.93GUA00.008.1 Memandu Penelusuran Gua Horisontal
9 R.93GUA00.009.1 Meminimalisasi Dampak Lingkungan
10 R.93GUA00.010.1 Menerapkan Teknik Penelusuran Gua Vertikal
11 R.93GUA00.011.2 Memandu Wisata Penelusuran Gua Vertikal
12 R.93GUA00.012.2 Memasang Lintasan Tangga (Pitch Ladder)
13 R.93GUA00.013.1 Menerapkan Teknik Naik Turun Tangga
14 R.93GUA00.014.1 Memasang Penambatan dan Tali di Gua
15 R.93GUA00.015.1 Menerapkan Teknik Tali Tunggal (Single Rope Technique) pada Penelusuran Gua
16 R.93GUA00.016.1 Menerapkan Teknik Turun Single Pitch Dalam Penelusuran Gua
17 R.93GUA00.017.1 Memasang Multi Pitch dalam Sistem Penelusuran Gua Vertikal
18 R.93GUA00.018.1 Menggunakan Teknik Gua yang Spesifik untuk Pemasangan Lintasan Terpadu (Rig a Complex Pitch)
19 R.93GUA00.019.1 Memasang Pitch yang Rumit Menggunakan Teknik Khusus Gua
20 R.93GUA00.020.1 Memandu Perjalanan Gua Multi Pitch
21 R.93GUA00.021.1 Mengintruksikan Teknik Penelusuran Gua Multi Pitch
22 R.93GUA00.022.1 Melakukan Teknik Menyelam di dalam Gua
23 R.93GUA00.023.1 Menerapkan Teknik Menyelam Gua Sinkhole
24 R.93GUA00.024.1 Melakukan Penyelaman Gua Sump
25 R.93GUA00.025.1 Melakukan Analisis Risiko Aktivitas Penelusuran Gua
26 R.93GUA00.026.1 Mengelola Risiko Aktivitas Luar Ruangan
27 R.93GUA00.027.1 Merespon Kedaruratan dalam Penelusuran Gua
28 R.93GUA00.028.1 Mengoordinasikan Kejadian Tanggap Darurat
29 R.93GUA00.029.1 Memberikan Pertolongan Pertama di Lokasi yang Sulit Dijangkau
30 R.93GUA00.030.1 Melakukan Penyelamatan di Gua Vertikal
31 R.93GUA00.031.1 Melakukan Penyelamatan di Gua yang Kompleks (Complex Cave Rescue)
32 R.93GUA00.032.1 Melaksanakan Kegiatan Layanan Umum Wisata Gua
33 R.93GUA00.033.1 Melakukan Pendampingan Peningkatan Kapasitas Pemandu Wisata Gua
LAUNDRY MANAGER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/23 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 35 Unit
Daftar Unit : LAUNDRY MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
2 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan
3 I.55HDR00.005.2 Melaksanakan Prosedur Klerikal
4 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
5 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
6 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
7 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
8 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
9 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
10 I.55HDR00.156.2 Membuat Presentasi
11 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
12 I.55HDR00.168.2 Menerima dan Menyimpan Barang
13 I.55HDR00.169.2 Melaksanakan Pengadaan Barang
14 I.55HDR00.177.2 Melaksanakan Penilaian
15 I.55HDR00.178.2 Melatih Kelompok Kecil
16 I.55HDR00.181.2 Melaksanakan Sesi Pelatihan
17 I.55HDR00.184.2 Memantau Kegiatan Kerja
18 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
19 I.55HDR00.187.2 Membangun Tempat Kerja yang Aman
20 I.55HDR00.188.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Hukum Untuk Keperluan Bisnis
21 I.55HDR00.189.2 Membuat Daftar Personil Staf
22 I.55HDR00.190.2 Memantau Kinerja Staf
23 I.55HDR00.191.2 Melaksanakan Perekrutan Staf
24 I.55HDR00.192.2 Mengelola Sumber Daya Manusia
25 I.55HDR00.193.2 Mengelola Keanekaragaman di Tempat Kerja
26 I.55HDR00.196.2 Menangani Kualitas Layanan Pelanggan
27 I.55HDR00.199.2 Memantau Anggaran
28 I.55HDR00.201.2 Mengelola Persediaan
29 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
30 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
31 I.55HDR00.220.2 Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata
32 I.55HDR00.225.2 Merencanakan Rapat
33 I.55HDR00.230.2 Membaca Bahasa Inggris tingkat Lanjut
34 I.55HDR00.232.2 Mempersiapkan dan Mengawasi Anggaran Operasional.
35 I.55HDR00.250.2 Mencari dan Mendapatkan Data Komputer
SALES & MARKETING MANAGER Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/25 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 35 Unit
Daftar Unit : SALES & MARKETING MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
2 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
3 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
4 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
5 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
6 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
7 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
8 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
9 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
10 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
11 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
12 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
13 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
14 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
15 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D2.TCS.CL5.01 Menerapkan Teknik Penanganan Outlet Penjualan
17 D2.TCS.CL5.06 Mengkoordinasikan Pembuatan Brosur Dan Materi Pemasaran
18 D2.TCS.CL5.07 Membuat, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Inisiatif Produk Strategis
19 D2.TCS.CL5.08 Mengembangkan Dan Memantau Pariwisata Yang Sesuai Dengan Budaya
20 D2.TCS.CL5.12 Mengembangkan, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Rencana Sponsor
21 D2.TCS.CL5.16 Mengimplementasikan Prosedur Dan Sistem Manajemen Perhelatan
22 D2.TCS.CL5.21 Mempromosikan Produk Dan Layanan Wisata
23 D2.TFA.CL7.04 Mengelola Komitmen/Persetujuan Kontrak
24 D2.TFA.CL7.05 Mengelola Dan Mengontrol Biaya Operasional
25 D2.TGA.CL6.03 Mengelola Dan Memonitor Program Dan Proyek Pariwisata Yang Inovatif
26 D2.TGA.CL6.04 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
27 D2.TGA.CL6.08 Merencanakan Dan Membuat Sistem Dan Prosedur
28 D2.TGA.CL6.10 Mengembangkan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
29 D2.TRM.CL9.02 Mengembangkan dan Menerapkan sebuah Rencana Bisnis
30 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
31 D2.TRM.CL9.08 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
32 D2.TRM.CL9.10 Mengelola Dan Memonitor Program Dan Proyek Pariwisata Yang Inovatif
33 D2.TRM.CL9.21 Melakukan Penjadwalan Staf
34 PAR.UJ03.032.01 Memimpin dan Mengelola Sumber Daya Manusia
35 PAR.UJ03.052.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional tinggi
FRONT OFFICE SUPERVISOR Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/21 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 36 Unit
Daftar Unit : FRONT OFFICE SUPERVISOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
2 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
3 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
4 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
5 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
6 I.55HDR00.159.2 Mengoordinir Kegiatan Pemasaran dan Promosi
7 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
8 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
9 I.55HDR00.167.2 Mengelola Rapat
10 I.55HDR00.177.2 Melaksanakan Penilaian
11 I.55HDR00.181.2 Melaksanakan Sesi Pelatihan
12 I.55HDR00.182.2 Mengevaluasi Pelatihan dan Sistem Penilaian
13 I.55HDR00.183.2 Mengembangkan Prosedur Penilaian
14 I.55HDR00.184.2 Memantau Kegiatan Kerja
15 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
16 I.55HDR00.187.2 Membangun Tempat Kerja yang Aman
17 I.55HDR00.190.2 Memantau Kinerja Staf
18 I.55HDR00.193.2 Mengelola Keanekaragaman di Tempat Kerja
19 I.55HDR00.194.2 Mengelola Hubungan di Tempat Kerja
20 I.55HDR00.195.2 Memberikan Bimbingan Kepada Staf
21 I.55HDR00.199.2 Memantau Anggaran
22 I.55HDR00.201.2 Mengelola Persediaan
23 I.55HDR00.207.2 Melakukan Percakapan Singkat di Telepon
24 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan
25 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
26 I.55HDR00.219.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Industri Pariwisata
27 I.55HDR00.220.2 Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata
28 I.55HDR00.221.2 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
29 I.55HDR00.227.2 Mengevaluasi Penilaian Kinerja Staf
30 I.55HDR00.228.2 Membaca dan Menulis Bahasa Inggris pada Tingkat Lanjut
31 I.55HDR00.229.2 Membangun dan Memelihara Tempat Kerja yang Aman
32 I.55HDR00.236.2 Menangani Kualitas Pelanggan
33 I.55HDR00.237.2 Mengawasi dan Mengelola Hubungan Tempat Kerja dan Keragamannya
34 I.55HDR00.238.2 Mengawasi Operasi Tempat Kerja Rutin
35 I.55HDR00.240.2 Melakukan Analisa Kebutuhan Pelatihan
36 I.55HDR00.241.2 Merencanakan Penilaian
FRONT OFFICE MANAGER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/20 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 36 Unit
Daftar Unit : FRONT OFFICE MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
2 I.55HDR00.003.2 Memelihara Catatan Keuangan
3 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
4 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
5 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
6 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
7 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
8 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
9 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
10 I.55HDR00.156.2 Membuat Presentasi
11 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
12 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
13 I.55HDR00.167.2 Mengelola Rapat
14 I.55HDR00.170.2 Merencanakan dan Menetapkan Sistem dan Prosedur
15 I.55HDR00.180.2 Merencanakan Sejumlah Sesi Pelatihan
16 I.55HDR00.181.2 Melaksanakan Sesi Pelatihan
17 I.55HDR00.182.2 Mengevaluasi Pelatihan dan Sistem Penilaian
18 I.55HDR00.183.2 Mengembangkan Prosedur Penilaian
19 I.55HDR00.187.2 Membangun Tempat Kerja yang Aman
20 I.55HDR00.188.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Hukum Untuk Keperluan Bisnis
21 I.55HDR00.190.2 Memantau Kinerja Staf
22 I.55HDR00.191.2 Melaksanakan Perekrutan Staf
23 I.55HDR00.192.2 Mengelola Sumber Daya Manusia
24 I.55HDR00.193.2 Mengelola Keanekaragaman di Tempat Kerja
25 I.55HDR00.196.2 Menangani Kualitas Layanan Pelanggan
26 I.55HDR00.199.2 Memantau Anggaran
27 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
28 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
29 I.55HDR00.219.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Industri Pariwisata
30 I.55HDR00.220.2 Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata
31 I.55HDR00.221.2 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
32 I.55HDR00.228.2 Membaca dan Menulis Bahasa Inggris pada Tingkat Lanjut
33 I.55HDR00.237.2 Mengawasi dan Mengelola Hubungan Tempat Kerja dan Keragamannya
34 I.55HDR00.242.2 Mengawasi dan Memesan Barang
35 I.55HDR00.250.2 Mencari dan Mendapatkan Data Komputer
36 I.55HDR00.259.2 Merencanakan dan Melaksanakan Evakuasi Lokasi
KOMPETENSI SOUS CHEF/ ASSISTANT HEAD CHEF Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/19 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 36 Unit
Daftar Unit : KOMPETENSI SOUS CHEF/ ASSISTANT HEAD CHEF
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
2 I.55HDR00.037.2 Mengorganisir dan Menyiapkan Makanan
3 I.55HDR00.038.2 Menyajikan Makanan
4 I.55HDR00.039.2 Menerima dan Menyimpan Persediaan
5 I.55HDR00.040.2 Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan Dapur
6 I.55HDR00.041.2 Menggunakan Metode Dasar Memasak
7 I.55HDR00.042.2 Menyiapkan Appetizer dan Salad
8 I.55HDR00.043.2 Menyiapkan Sandwich
9 I.55HDR00.045.2 Menyiapkan Sup
10 I.55HDR00.046.2 Menyiapkan Sayuran, Telur dan Makanan yang Terbuat dari Tepung
11 I.55HDR00.047.2 Menyiapkan dan Memasak Unggas dan Binatang Buruan
12 I.55HDR00.048.2 Menyiapkan dan Memasak Seafood
13 I.55HDR00.050.2 Menyiapkan Makanan Dessert yang Disajikan Panas dan Dingin
14 I.55HDR00.052.2 Merencanakan dan Menyiapkan Makanan Untuk Buffet
15 I.55HDR00.053.2 Melaksanakan Prosedur Keselamatan Makanan
16 I.55HDR00.060.2 Menyiapkan Porsi Potongan Daging yang Terkontrol
17 I.55HDR00.062.2 Menyiapkan Coklat dan Permen Coklat
18 I.55HDR00.066.2 Membina dan Menjaga Kendali Mutu
19 I.55HDR00.070.2 Mengangkut dan Menyimpan Makanan dengan Cara yang Aman
20 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
21 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
22 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
23 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
24 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
25 I.55HDR00.161.2 Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja
26 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
27 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
28 I.55HDR00.174.2 Melaksanakan Tabulasi Data Komputer
29 I.55HDR00.184.2 Memantau Kegiatan Kerja
30 I.55HDR00.187.2 Membangun Tempat Kerja yang Aman
31 I.55HDR00.199.2 Memantau Anggaran
32 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan
33 I.55HDR00.210.2 Memberi Pengarahan Dasar Membaca dan Mengikuti Diagram
34 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
35 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
36 I.55HDR00.261.2 Melakukan Percakapan Singkat di Telepon
ASSISTANT GENERAL MANAGER TTA.02 Okupasi SKM/0271/00019/2/2019/30 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Jasa Perorangan Lainnya Aktivitas Jasa Lainnya 37 Unit
Daftar Unit : ASSISTANT GENERAL MANAGER TTA.02
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HML.CL.10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
2 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
3 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
4 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
5 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
6 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
8 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
9 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
10 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
11 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
12 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
13 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
14 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
15 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
16 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
17 D2.TCC.CL1.16 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
18 D2.TCS.CL5.03 Membangun Dan Memelihara Pendekatan Tim Dalam Penyajian Layanan
19 D2.TCS.CL5.06 Mengkoordinasikan Pembuatan Brosur Dan Materi Pemasaran
20 D2.TCS.CL5.07 Membuat, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Inisiatif Produk Strategis
21 D2.TCS.CL5.14 Mengembangkan/Memantau Kegiatan Pariwisata Ekologi Yang Berkelanjutan
22 D2.TCS.CL5.17 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
23 D2.TGA.CL6.02 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
24 D2.TGA.CL6.04 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
25 D2.TGA.CL6.05 Meminimalkan Resiko Kehilangan
26 D2.TGA.CL6.06 Mengoperasikan Sistem Informasi Secara Otomatis
27 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
28 D2.TRM.CL9.15 Memantau Dan Memelihara Sistem Komputer
29 D2.TRM.CL9.16 Memantau Kinerja Karyawan
30 D2.TTA.CL2.01 Mengakses Dan Menjelaskan Informasi Produ
31 D2.TTA.CL2.13 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
32 D2.TTA.CL2.16 Menyiapkan Dan Menentukan Perhitungan Harga
33 D2.TTO.CL4.06 Mengembangakan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
34 I.55HDR00.184.2 Memantau Kegiatan Kerja
35 PAR.UJ03.008.01 Menyusun jadwal staf
36 PAR.UJ03.026.01 Mengoperasikan sistim informasi secara otomatis
37 PAR.UJ03.043.01* Menyediakan Pertolongan Pertama
TOUR MANAGER Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/28 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 37 Unit
Daftar Unit : TOUR MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HML.CL.10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
2 D2.LAN.CL10.04 Membaca Dan Menulis Menggunakan Bahasa Inggris Pada Tingkat Lanjutan
3 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
4 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
5 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
6 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
8 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
9 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
10 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
11 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
12 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
13 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
14 D2.TCS.CL5.02 Melakukan Asesmen Dan Merencanakan Peluang Pariwisata Untuk Komunitas Lokal
15 D2.TCS.CL5.03 Membangun Dan Memelihara Pendekatan Tim Dalam Penyajian Layanan
16 D2.TCS.CL5.22 Mencari Sumber Dan Membuat Paket Wisata
17 D2.TFA.CL7.02 Melakukan Interpretasi Atas Laporan Keuangan
18 D2.TGA.CL6.06 Mengoperasikan Sistem Informasi Secara Otomatis
19 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
20 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
21 D2.TRM.CL9.18 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
22 D2.TTA.CL2.09 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
23 D2.TTA.CL2.14 Mengoperasikan Sistem Informasi Secara Otomatis
24 D2.TTA.CL2.20 Mencari dan menyediakan informasi dan sarana mengenai daerah tujuan wisata
25 D2.TTG.CL3.01 Bekerja Sebagai Pemandu Wisata
26 D2.TTG.CL3.02 Mengalokasikan Sumber Daya Tur
27 D2.TTG.CL3.03 Mengelola Kegiatan Penafsiran Di Lapangan
28 D2.TTG.CL3.04 Melakukan Pemeriksaan Pra-Keberangkatan
29 D2.TTG.CL3.05 Mengkoordinir Dan Mengoperasikan Sebuah Tur Sehari (Atau Tamasya Singkat)
30 D2.TTG.CL3.08 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
31 D2.TTG.CL3.11 Memimpin Grup Wisatawan Dengan Sikap Yang Bertanggung Jawab
32 D2.TTG.CL3.12 Memelihara Hubungan Dengan Agen
33 D2.TTG.CL3.15 Merencanakan, Menguji Coba Dan Mengimplementasikan Dampak Resiko Minimal Dalam Operasional
34 D2.TTO.CL4.06 Mengembangakan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
35 D2.TTO.CL4.18 Menyediakan Pelayanan Katering Di Area Perkemahan
36 PAR.UJ03.008.01 Menyusun jadwal staf
37 PAR.UJ03.032.01 Memimpin dan mengelola sumber daya manusia
TICKETING MANAGER Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/27 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 37 Unit
Daftar Unit : TICKETING MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.LAN.CL10.03 Membaca Dan Menulis Dalam Bahasa Inggris Di Tingkat Penyelia
2 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
3 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
4 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
5 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
6 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
8 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
9 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
10 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
11 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
12 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
13 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
14 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
15 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
16 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
17 D2.TCS.CL5.03 Membangun Dan Memelihara Pendekatan Tim Dalam Penyajian Layanan
18 D2.TCS.CL5.08 Mengembangkan Dan Memantau Pariwisata Yang Sesuai Dengan Budaya
19 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
20 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
21 D2.TRM.CL9.15 Memantau Dan Memelihara Sistem Komputer
22 D2.TRM.CL9.20 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai
23 D2.TTA.CL2.01 Mengakses Dan Menjelaskan Informasi Produ
24 D2.TTA.CL2.02 Melakukan Administrasi Rencana Penagihan Dan Pembayaran
25 D2.TTA.CL2.03 Menerapkan Aturan Dan Prosedur Tarif Penerbangan Lebih Awal
26 D2.TTA.CL2.04 Memesan Dan Mengkoordinasikan Pelayanan Pemasok
27 D2.TTA.CL2.05 Menyusun Dan Menerbitkan Rencanan Perjalanan Non-Udara
28 D2.TTA.CL2.06 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Domestik
29 D2.TTA.CL2.07 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Promosi Pesawat Internasional
30 D2.TTA.CL2.08 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Internasional Reguler
31 D2.TTA.CL2.13 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
32 D2.TTA.CL2.15 Membuat Dokumentasi Perjalanan Menggunakan Komputer
33 D2.TTA.CL2.18 Mencari Sumber Dan Membuat Paket Wisata
34 D2.TTA.CL2.19 Mencari Sumber Dan Menyediakan Informasi Dan Saran Tentang Destinasi
35 D2.TTA.CL2.20 Mencari dan menyediakan informasi dan sarana mengenai daerah tujuan wisata
36 PAR.UJ01.004.01 Menangani Situasi Konflik
37 PAR.UJ03.034.01 Memberikan bimbingan kepada kolega
Pemandu Wisata Gunung Klaster SKM/0271/00014/3/2024/42 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 37 Unit
Daftar Unit : Pemandu Wisata Gunung
#Kode UnitNama UnitTahun
1 N.79GUN00.002.2 Melakukan Komunikasi Menggunakan Perangkat Elektronik dalam Pemanduan Wisata Gunung
2 N.79GUN00.003.2 Melakukan Kerja Sama Secara Efektif dalam Pemanduan Wisata Gunung
3 N.79GUN00.004.2 Mengelola Keberagaman di Tempat Kerja dalam Pemanduan Wisata Gunung
4 N.79GUN00.005.2 Menangani Situasi Konflik dalam Pemanduan Wisata Gunung
5 N.79GUN00.006.1 Memutakhirkan Pengetahuan Wisata Gunung
6 N.79GUN00.007.2 Melakukan Prosedur Administrasi dalam Pemanduan Wisata Gunung
7 N.79GUN00.010.2 Menggunakan Bahasa Inggris untuk Komunikasi dalam Pemanduan Wisata Gunung
8 N.79GUN00.011.2 Mengimplementasikan Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pemanduan Wisata Gunung
9 N.79GUN00.012.1 Mengidentifikasi Medan Pendakian Gunung
10 N.79GUN00.013.1 Mengidentifikasi Ekosistem Destinasi Wisata Gunung
11 N.79GUN00.015.1 Mengidentifikasi Bahaya pada Wisata Gunung
12 N.79GUN00.018.1 Menganalisis Profil Wisatawan
13 N.79GUN00.019.2 Menganalisis Informasi Rencana Perjalanan
14 N.79GUN00.020.1 Mengelola Resiko Perjalanan Wisata Gunung
15 N.79GUN00.022.2 Mempersiapkan Dokumen Perjalanan Wisata Gunung
16 N.79GUN00.023.1 Mempersiapkan Kegiatan Interpretasi Umum
17 N.79GUN00.027.1 Memperkirakan Cuaca Berdasarkan Informasi yang Bersifat Lokal
18 N.79GUN00.030.1 Mempersiapkan Peralatan Wisata Gunung
19 N.79GUN00.031.1 Mempersiapkan Perbekalan Wisata Gunung
20 N.79GUN00.032.1 Mengoordinasikan Tugas Tim dalam Pemanduan Wisata Gunung
21 N.79GUN00.033.1 Melakukan Pengemasan Peralatan dan Perbekalan Wisata Gunung
22 N.79GUN00.035.1 Mempersiapkan Wisatawan untuk Perjalanan Wisata Gunung
23 N.79GUN00.036.1 Melaksanakan Tugas Pengantaran Wisatawan dalam Pemanduan Wisata Gunung
24 N.79GUN00.039.2 Menyampaikan Petunjuk Perjalanan Wisata Gunung
25 N.79GUN00.040.1 Memimpin Perjalanan Wisata Gunung
26 N.79GUN00.041.1 Menunjukkan Rasa Hormat Terhadap Budaya Asli dalam Pemanduan Wisata Gunung
27 N.79GUN00.042.1 Menerapkan Pedoman Kerja yang Ramah Lingkungan dalam Pemanduan Wisata Gunung
28 N.79GUN00.043.2 Mengelola Komunikasi Lapangan Wisata Gunung
29 N.79GUN00.044.1 Mengantisipasi Akibat Perubahan Cuaca di Destinasi Wisata Gunung
30 N.79GUN00.045.1 Melakukan Pengangkutan Kemasan dalam Wisata Gunung
31 N.79GUN00.056.1 Memonitor Kondisi Perjalanan Wisata Gunung
32 N.79GUN00.057.1 Mengendalikan Biaya Perjalanan Wisata Gunung
33 N.79GUN00.058.1 Menangani Keluhan Wisatawan dalam Pemanduan Wisata Gunung
34 N.79GUN00.063.1 Menangani Keadaan Darurat dalam Wisata Gunung
35 N.79GUN00.064.1 Melakukan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Wisata Gunung
36 N.79GUN00.065.1 Melakukan Operasi Pencarian dan Pertolongan dalam Wisata Gunung
37 N.79GUN00.070.2 Menyusun Laporan Perjalanan Wisata Gunung
GENERAL MANAGER TTA 01 Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/29 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 38 Unit
Daftar Unit : GENERAL MANAGER TTA 01
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
2 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
3 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
4 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
5 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
6 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
7 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
8 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
9 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
10 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
11 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
12 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
13 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
14 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
15 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D2.TCC.CL1.16 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
17 D2.TCS.CL5.06 Mengkoordinasikan Pembuatan Brosur Dan Materi Pemasaran
18 D2.TCS.CL5.12 Mengembangkan, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Rencana Sponsor
19 D2.TCS.CL5.14 Mengembangkan/Memantau Kegiatan Pariwisata Ekologi Yang Berkelanjutan
20 D2.TCS.CL5.16 Mengimplementasikan Prosedur Dan Sistem Manajemen Perhelatan
21 D2.TCS.CL5.20 Menyiapkan Dan Menentukan Perhitungan Harga
22 D2.TFA.CL7.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
23 D2.TGA.CL6.08 Merencanakan Dan Membuat Sistem Dan Prosedur
24 D2.TRD.CL8.09 Melakukan Pemantauan Dan Evaluasi Terhadap Efektivitas Pelatihan
25 D2.TRM.CL9.02 Mengembangkan dan Menerapkan sebuah Rencana Bisnis
26 D2.TRM.CL9.04 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
27 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
28 D2.TRM.CL9.08 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
29 D2.TRM.CL9.10 Mengelola Dan Memonitor Program Dan Proyek Pariwisata Yang Inovatif
30 D2.TRM.CL9.11 Mengelola Aset Fisik Dan Infrasturktur
31 D2.TRM.CL9.12 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
32 D2.TRM.CL9.14 Mengelola Dan Menjaga Hubungan Kerja
33 D2.TRM.CL9.20 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai
34 D2.TRM.CL9.21 Melakukan Penjadwalan Staf
35 D2.TTO.CL4.11 Mengelola Resiko Operasional
36 PAR.UJ03.045.01 Membaca dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
37 PAR.UJ03.064.01 Mengelola Sistem Pelatihan dan Sistem Penilaian
38 PAR.UJ03.066.01 Mengembangkan Prosedur Penilaian
PRODUCT MANAGER Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/24 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 45 Unit
Daftar Unit : PRODUCT MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.LAN.CL10.03 Membaca Dan Menulis Dalam Bahasa Inggris Di Tingkat Penyelia
2 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
3 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
4 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
5 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
6 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
8 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
9 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
10 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
11 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
12 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
13 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
14 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
15 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
16 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
17 D2.TCC.CL1.16 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
18 D2.TCS.CL5.05 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
19 D2.TCS.CL5.06 Mengkoordinasikan Pembuatan Brosur Dan Materi Pemasaran
20 D2.TCS.CL5.07 Membuat, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Inisiatif Produk Strategis
21 D2.TCS.CL5.08 Mengembangkan Dan Memantau Pariwisata Yang Sesuai Dengan Budaya
22 D2.TCS.CL5.09 Mengembangkan Program Konfrensi
23 D2.TCS.CL5.11 Mengembangkan, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Rencana Wisata Regional
24 D2.TCS.CL5.12 Mengembangkan, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Rencana Sponsor
25 D2.TCS.CL5.13 Mengembangkan, Mengelola Dan Megevaluasi Strategi Pemasaran Lokal
26 D2.TCS.CL5.15 Membangun Dan Menjaga Hubungan Bisnis
27 D2.TCS.CL5.16 Mengimplementasikan Prosedur Dan Sistem Manajemen Perhelatan
28 D2.TCS.CL5.17 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
29 D2.TCS.CL5.19 Menyiapkan Dan Memberikan Presentasi
30 D2.TCS.CL5.21 Mempromosikan Produk Dan Layanan Wisata
31 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
32 D2.TRM.CL9.02 Mengembangkan dan Menerapkan sebuah Rencana Bisnis
33 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
34 D2.TRM.CL9.06 Memimpin Dan Mengelola Tim
35 D2.TRM.CL9.08 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
36 D2.TRM.CL9.10 Mengelola Dan Memonitor Program Dan Proyek Pariwisata Yang Inovatif
37 D2.TRM.CL9.11 Mengelola Aset Fisik Dan Infrasturktur
38 D2.TRM.CL9.15 Memantau Dan Memelihara Sistem Komputer
39 D2.TRM.CL9.19 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
40 D2.TTA.CL2.01 Mengakses Dan Menjelaskan Informasi Produ
41 D2.TTA.CL2.04 Memesan Dan Mengkoordinasikan Pelayanan Pemasok
42 D2.TTA.CL2.19 Mencari Sumber Dan Menyediakan Informasi Dan Saran Tentang Destinasi
43 D2.TTA.CL2.20 Mencari dan menyediakan informasi dan sarana mengenai daerah tujuan wisata
44 D2.TTG.CL3.15 Merencanakan, Menguji Coba Dan Mengimplementasikan Dampak Resiko Minimal Dalam Operasional
45 D2.TTO.CL4.11 Mengelola Resiko Operasional
FOOD & BEVERAGE OUTLET MANAGER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/1 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 47 Unit
Daftar Unit : FOOD & BEVERAGE OUTLET MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCS.CL6.04 Mengorganisasikan Functions
2 D1.HML.CL10.02 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
3 D1.HML.CL10.08 Mengelola Acara Khusus
4 D1.HML.CL10.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
5 D1.HML.CL10.10 Mengelola Sumber Daya Manusia Dengan Efektif
6 D1.HML.CL10.11 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja
7 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
8 D1.HRD.CL9.01 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
9 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
10 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan
11 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
12 I.55HDR00.023.2 Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman
13 I.55HDR00.030.2 Memperbaharui Pengetahuan Makanan dan Minuman
14 I.55HDR00.031.2 Menyediakan Penghubung Antara Area Dapur dan Area Layanan
15 I.55HDR00.065.2 Memonitor Pendapatan dan Biaya Jasa Boga
16 I.55HDR00.093.2 Merencanakan dan Mengoperasikan Coffee Shop
17 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
18 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
19 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
20 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
21 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
22 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
23 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
24 I.55HDR00.160.2 Membangun Hubungan Bisnis
25 I.55HDR00.161.2 Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja
26 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
27 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
28 I.55HDR00.168.2 Menerima dan Menyimpan Barang
29 I.55HDR00.174.2 Melaksanakan Tabulasi Data Komputer
30 I.55HDR00.180.2 Merencanakan Sejumlah Sesi Pelatihan
31 I.55HDR00.188.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Hukum Untuk Keperluan Bisnis
32 I.55HDR00.189.2 Membuat Daftar Personil Staf
33 I.55HDR00.190.2 Memantau Kinerja Staf
34 I.55HDR00.191.2 Melaksanakan Perekrutan Staf
35 I.55HDR00.197.2 Mengembangkan Strategi Pemasaran
36 I.55HDR00.198.2 Mengelola Keuangan Sesuai Anggaran
37 I.55HDR00.199.2 Memantau Anggaran
38 I.55HDR00.200.2 Mengelola Aset Fisik
39 I.55HDR00.203.2 Melaksanakan Pemantauan Rencana Bisnis
40 I.55HDR00.208.2 Menggunakan Bahasa Lisan untuk Negosiasi Pertukaran Informasi yang Kompleks Dalam Jenis Konteks Hotel dan Restoran
41 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan
42 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan
43 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
44 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
45 I.55HDR00.228.2 Membaca dan Menulis Bahasa Inggris pada Tingkat Lanjut
46 I.55HDR00.233.2 Memantau dan Mengevaluasi Efektivitas Hasil Pelatihan
47 I.55HDR00.253.2 Mempersiapkan Laporan Keuangan
KOMPETENSI CHEF DE PARTIE Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/6 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 50 Unit
Daftar Unit : KOMPETENSI CHEF DE PARTIE
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.04 Menjaga Strategi Untuk Penyimpanan Makanan Yang Aman
2 D1.HGE.CL7.06 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
3 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
4 I.55HDR00.037.2 Mengorganisir dan Menyiapkan Makanan
5 I.55HDR00.038.2 Menyajikan Makanan
6 I.55HDR00.039.2 Menerima dan Menyimpan Persediaan
7 I.55HDR00.040.2 Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan Dapur
8 I.55HDR00.041.2 Menggunakan Metode Dasar Memasak
9 I.55HDR00.043.2 Menyiapkan Sandwich
10 I.55HDR00.045.2 Menyiapkan Sup
11 I.55HDR00.046.2 Menyiapkan Sayuran, Telur dan Makanan yang Terbuat dari Tepung
12 I.55HDR00.047.2 Menyiapkan dan Memasak Unggas dan Binatang Buruan
13 I.55HDR00.048.2 Menyiapkan dan Memasak Seafood
14 I.55HDR00.049.2 Mengidentifikasi dan Menyiapkan Daging
15 I.55HDR00.053.2 Melaksanakan Prosedur Keselamatan Makanan
16 I.55HDR00.060.2 Menyiapkan Porsi Potongan Daging yang Terkontrol
17 I.55HDR00.062.2 Menyiapkan Coklat dan Permen Coklat
18 I.55HDR00.070.2 Mengangkut dan Menyimpan Makanan dengan Cara yang Aman
19 I.55HDR00.083.2 Menyiapkan dan Membuat Kue
20 I.55HDR00.084.2 Menyiapkan dan Membuat Makanan yang Mengandung Ragi
21 I.55HDR00.085.2 Menyiapkan Produk Roti Untuk Patisserie
22 I.55HDR00.086.2 Menyiapkan dan Menyajikan Gateaux, Torte dan Kue
23 I.55HDR00.087.2 Menyajikan Dessert
24 I.55HDR00.088.2 Menyiapkan dan Menampilkan Petit Four
25 I.55HDR00.089.2 Menyiapkan dan Membentuk Marzipan
26 I.55HDR00.091.2 Menyiapkan dan Menampilkan Sugar Work
27 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
28 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
29 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
30 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
31 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
32 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
33 I.55HDR00.161.2 Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja
34 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
35 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
36 I.55HDR00.174.2 Melaksanakan Tabulasi Data Komputer
37 I.55HDR00.177.2 Melaksanakan Penilaian
38 I.55HDR00.187.2 Membangun Tempat Kerja yang Aman
39 I.55HDR00.189.2 Membuat Daftar Personil Staf
40 I.55HDR00.190.2 Memantau Kinerja Staf
41 I.55HDR00.196.2 Menangani Kualitas Layanan Pelanggan
42 I.55HDR00.199.2 Memantau Anggaran
43 I.55HDR00.200.2 Mengelola Aset Fisik
44 I.55HDR00.201.2 Mengelola Persediaan
45 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan
46 I.55HDR00.210.2 Memberi Pengarahan Dasar Membaca dan Mengikuti Diagram
47 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
48 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
49 I.55HDR00.221.2 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
50 I.55HDR00.261.2 Melakukan Percakapan Singkat di Telepon
COMMIS PASTRY/CHEF Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/7 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 51 Unit
Daftar Unit : COMMIS PASTRY/CHEF
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.04 Menjaga Strategi Untuk Penyimpanan Makanan Yang Aman
2 D1.HGE.CL7.06 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
3 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
4 I.55HDR00.037.2 Mengorganisir dan Menyiapkan Makanan
5 I.55HDR00.038.2 Menyajikan Makanan
6 I.55HDR00.039.2 Menerima dan Menyimpan Persediaan
7 I.55HDR00.040.2 Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan Dapur
8 I.55HDR00.041.2 Menggunakan Metode Dasar Memasak
9 I.55HDR00.043.2 Menyiapkan Sandwich
10 I.55HDR00.045.2 Menyiapkan Sup
11 I.55HDR00.046.2 Menyiapkan Sayuran, Telur dan Makanan yang Terbuat dari Tepung
12 I.55HDR00.047.2 Menyiapkan dan Memasak Unggas dan Binatang Buruan
13 I.55HDR00.048.2 Menyiapkan dan Memasak Seafood
14 I.55HDR00.049.2 Mengidentifikasi dan Menyiapkan Daging
15 I.55HDR00.053.2 Melaksanakan Prosedur Keselamatan Makanan
16 I.55HDR00.060.2 Menyiapkan Porsi Potongan Daging yang Terkontrol
17 I.55HDR00.062.2 Menyiapkan Coklat dan Permen Coklat
18 I.55HDR00.070.2 Mengangkut dan Menyimpan Makanan dengan Cara yang Aman
19 I.55HDR00.082.2 Menyiapkan dan Membuat Pastry
20 I.55HDR00.083.2 Menyiapkan dan Membuat Kue
21 I.55HDR00.084.2 Menyiapkan dan Membuat Makanan yang Mengandung Ragi
22 I.55HDR00.085.2 Menyiapkan Produk Roti Untuk Patisserie
23 I.55HDR00.086.2 Menyiapkan dan Menyajikan Gateaux, Torte dan Kue
24 I.55HDR00.087.2 Menyajikan Dessert
25 I.55HDR00.088.2 Menyiapkan dan Menampilkan Petit Four
26 I.55HDR00.089.2 Menyiapkan dan Membentuk Marzipan
27 I.55HDR00.091.2 Menyiapkan dan Menampilkan Sugar Work
28 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
29 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
30 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
31 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
32 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
33 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
34 I.55HDR00.161.2 Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja
35 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
36 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
37 I.55HDR00.174.2 Melaksanakan Tabulasi Data Komputer
38 I.55HDR00.177.2 Melaksanakan Penilaian
39 I.55HDR00.187.2 Membangun Tempat Kerja yang Aman
40 I.55HDR00.189.2 Membuat Daftar Personil Staf
41 I.55HDR00.190.2 Memantau Kinerja Staf
42 I.55HDR00.196.2 Menangani Kualitas Layanan Pelanggan
43 I.55HDR00.199.2 Memantau Anggaran
44 I.55HDR00.200.2 Mengelola Aset Fisik
45 I.55HDR00.201.2 Mengelola Persediaan
46 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan
47 I.55HDR00.210.2 Memberi Pengarahan Dasar Membaca dan Mengikuti Diagram
48 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
49 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
50 I.55HDR00.221.2 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
51 I.55HDR00.261.2 Melakukan Percakapan Singkat di Telepon
EXECUTIVE CHEF Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/18 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 52 Unit
Daftar Unit : EXECUTIVE CHEF
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HML.CL10.08 Mengelola Acara Khusus
2 I.55HDR00.037.2 Mengorganisir dan Menyiapkan Makanan
3 I.55HDR00.038.2 Menyajikan Makanan
4 I.55HDR00.039.2 Menerima dan Menyimpan Persediaan
5 I.55HDR00.040.2 Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan Dapur
6 I.55HDR00.041.2 Menggunakan Metode Dasar Memasak
7 I.55HDR00.053.2 Melaksanakan Prosedur Keselamatan Makanan
8 I.55HDR00.055.2 Merencanakan dan Mengontrol Jasa Boga Berdasarkan Menu
9 I.55HDR00.057.2 Mengelola Operasional Layanan Makanan
10 I.55HDR00.066.2 Membina dan Menjaga Kendali Mutu
11 I.55HDR00.068.2 Menyiapkan Makanan Berdasarkan Diet Khusus dan Kebutuhan Budaya
12 I.55HDR00.070.2 Mengangkut dan Menyimpan Makanan dengan Cara yang Aman
13 I.55HDR00.072.2 Menerapkan Proses Produksi Cook-chill
14 I.55HDR00.073.2 Menerapkan Prinsip-prinsip Kontrol Jasa Boga
15 I.55HDR00.076.2 Memilih Sistem Jasa Boga
16 I.55HDR00.080.2 Merancang Menu untuk Memenuhi Kebutuhan Pasar
17 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
18 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
19 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
20 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
21 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
22 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
23 I.55HDR00.159.2 Mengoordinir Kegiatan Pemasaran dan Promosi
24 I.55HDR00.161.2 Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja
25 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
26 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
27 I.55HDR00.174.2 Melaksanakan Tabulasi Data Komputer
28 I.55HDR00.177.2 Melaksanakan Penilaian
29 I.55HDR00.178.2 Melatih Kelompok Kecil
30 I.55HDR00.181.2 Melaksanakan Sesi Pelatihan
31 I.55HDR00.182.2 Mengevaluasi Pelatihan dan Sistem Penilaian
32 I.55HDR00.187.2 Membangun Tempat Kerja yang Aman
33 I.55HDR00.188.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Hukum Untuk Keperluan Bisnis
34 I.55HDR00.189.2 Membuat Daftar Personil Staf
35 I.55HDR00.191.2 Melaksanakan Perekrutan Staf
36 I.55HDR00.192.2 Mengelola Sumber Daya Manusia
37 I.55HDR00.193.2 Mengelola Keanekaragaman di Tempat Kerja
38 I.55HDR00.195.2 Memberikan Bimbingan Kepada Staf
39 I.55HDR00.196.2 Menangani Kualitas Layanan Pelanggan
40 I.55HDR00.199.2 Memantau Anggaran
41 I.55HDR00.201.2 Mengelola Persediaan
42 I.55HDR00.202.2 Memelihara Sistem Komputerisasi
43 I.55HDR00.208.2 Menggunakan Bahasa Lisan untuk Negosiasi Pertukaran Informasi yang Kompleks Dalam Jenis Konteks Hotel dan Restoran
44 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan
45 I.55HDR00.210.2 Memberi Pengarahan Dasar Membaca dan Mengikuti Diagram
46 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
47 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
48 I.55HDR00.220.2 Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata
49 I.55HDR00.221.2 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
50 I.55HDR00.228.2 Membaca dan Menulis Bahasa Inggris pada Tingkat Lanjut
51 I.55HDR00.231.2 Mengembangkan, Melaksanakan, dan Mengevaluasi Rencana Operasional
52 I.55HDR00.261.2 Melakukan Percakapan Singkat di Telepon
FOOD AND BEVERAGE DIRECTOR Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/17 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 79 Unit
Daftar Unit : FOOD AND BEVERAGE DIRECTOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan 2019
3 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman 2019
4 D1.HCS.CL6.01 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan 2019
5 D1.HCS.CL6.02 Membangun Dan Menjaga Hubungan Bisnis 2019
6 D1.HCS.CL6.05 Mengembangkan dan Menerapkan sebuah Rencana Bisnis 2019
7 D1.HFA.CL7.07 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran 2019
8 D1.HFI.CL8.01 Mengaudit Prosedur Keuangan 2019
9 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan 2019
10 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran 2019
11 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan 2019
12 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan 2019
13 D1.HGE.CL7.01 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan 2019
14 D1.HGE.CL7.02 Mengumpulkan Dan Menyajikan Informasi Tentang Produk 2019
15 D1.HGE.CL7.03 Memelihara Sistem Pengarsipan Dan Pengambilan Data Berbasis Kertas 2019
16 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
17 D1.HGE.CL7.13 Bekerja Secara Kooperatif Dalam Lingkungan Administrasi Umum 2019
18 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain 2019
19 D1.HML.CL10.01 Mengembangkan Dan Mengawasi Operasional Usaha 2019
20 D1.HML.CL10.13 Memantau Kinerja Karyawan 2019
21 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf 2019
22 D1.HRM.CL9.01 Mengelola Secara Efektif Penggunaan Sumber Daya Manusia 2019
23 D1.HRM.CL9.10 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai 2019
24 D1.HRM.CL9.11 Mengelola Aset Fisik Dan Infrasturktur 2019
25 D1.HRM.CL9.14 Mengelola Persyaratan Hukum Untuk Keperluan Bisnis 2019
26 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
27 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
28 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
29 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
30 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
31 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
32 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
33 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
34 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
35 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
36 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
37 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan 2019
38 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
39 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
40 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
41 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media 2019
42 I.55HDR00.003.2 Memelihara Catatan Keuangan 2018
43 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan 2018
44 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon 2018
45 I.55HDR00.023.2 Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman 2018
46 I.55HDR00.030.2 Memperbaharui Pengetahuan Makanan dan Minuman 2018
47 I.55HDR00.031.2 Menyediakan Penghubung Antara Area Dapur dan Area Layanan 2018
48 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan 2018
49 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam 2018
50 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja 2018
51 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan 2018
52 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal 2018
53 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan 2018
54 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik 2018
55 I.55HDR00.160.2 Membangun Hubungan Bisnis 2018
56 I.55HDR00.161.2 Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja 2018
57 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama 2018
58 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi 2018
59 I.55HDR00.168.2 Menerima dan Menyimpan Barang 2018
60 I.55HDR00.175.2 Membuat Dokumen di Dalam Komputer 2018
61 I.55HDR00.181.2 Melaksanakan Sesi Pelatihan 2018
62 I.55HDR00.188.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Hukum Untuk Keperluan Bisnis 2018
63 I.55HDR00.190.2 Memantau Kinerja Staf 2018
64 I.55HDR00.191.2 Melaksanakan Perekrutan Staf 2018
65 I.55HDR00.192.2 Mengelola Sumber Daya Manusia 2018
66 I.55HDR00.197.2 Mengembangkan Strategi Pemasaran 2018
67 I.55HDR00.198.2 Mengelola Keuangan Sesuai Anggaran 2018
68 I.55HDR00.199.2 Memantau Anggaran 2018
69 I.55HDR00.200.2 Mengelola Aset Fisik 2018
70 I.55HDR00.203.2 Melaksanakan Pemantauan Rencana Bisnis 2018
71 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan 2018
72 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan 2018
73 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2018
74 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata 2018
75 I.55HDR00.227.2 Mengevaluasi Penilaian Kinerja Staf 2018
76 I.55HDR00.228.2 Membaca dan Menulis Bahasa Inggris pada Tingkat Lanjut 2018
77 I.55HDR00.233.2 Memantau dan Mengevaluasi Efektivitas Hasil Pelatihan 2018
78 I.55HDR00.252.2 Mengaudit Prosedur Keuangan 2018
79 I.55HDR00.253.2 Mempersiapkan Laporan Keuangan 2018

Infrastruktur Kompetensi