Skema Kompetensi : Pariwisata Angin Mamiri

Nama Skema Jenis Skema Kode Skema Nama LSP Bidang Subsektor Jumlah Unit
PEMIMPIN PERJALANAN WISATA (TOUR LEADER) Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/33 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 22 Unit
Daftar Unit : PEMIMPIN PERJALANAN WISATA (TOUR LEADER)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 PAR.TL02.001.01 Melakukan Persiapan Tur
2 PAR.TL02.002.01 Mengkoordinasikan jadwal persiapan
3 PAR.TL02.003.01 Mengembangkan Pengetahuan Destinasi
4 PAR.TL02.004.01 Mengatur saat keberangkatan
5 PAR.TL02.005.01 Mengatur saat transit
6 PAR.TL02.006.01 Mengatur saat tiba
7 PAR.TL02.007.01 Mengatur saat di kendaraan
8 PAR.TL02.008.01 Mengatur saat check in dan check out di hotel
9 PAR.TL02.009.01 Mengatur peserta saat tur
10 PAR.TL02.010.01 Mengelola tur tambahan
11 PAR.TL02.011.01 Mengatur perpindahan moda transportasi
12 PAR.TL02.012.01 Mengelola permasalahan yang tidak terduga
13 PAR.TL02.013.01 Menangani keluhan peserta selama tur
14 PAR.TL02.014.01 Mengelola laporan tur
15 PAR.UJ.01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Wisatawan
16 PAR.UJ.01.002.01 Bekerja dalam Lingkungan Sosial yang bebeda
17 PAR.UJ.01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
18 PAR.UJ.01.004.01 Menangani Situasi Konflik
19 PAR.UJ.01.005.01 Mengembangkan dan Memutakirkan Pengetahuan Pariwisata tentang tempat kepemanduan Otbound populer yang dikunjungi wisatawan
20 PAR.UJ03.001.01 Melakukan komunikasi secara lisan dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
21 PAR.UJ03.002.01 Membaca dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
22 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
TOUR MANAGER Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/28 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 37 Unit
Daftar Unit : TOUR MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HML.CL.10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
2 D2.LAN.CL10.04 Membaca Dan Menulis Menggunakan Bahasa Inggris Pada Tingkat Lanjutan
3 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
4 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
5 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
6 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
8 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
9 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
10 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
11 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
12 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
13 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
14 D2.TCS.CL5.02 Melakukan Asesmen Dan Merencanakan Peluang Pariwisata Untuk Komunitas Lokal
15 D2.TCS.CL5.03 Membangun Dan Memelihara Pendekatan Tim Dalam Penyajian Layanan
16 D2.TCS.CL5.22 Mencari Sumber Dan Membuat Paket Wisata
17 D2.TFA.CL7.02 Melakukan Interpretasi Atas Laporan Keuangan
18 D2.TGA.CL6.06 Mengoperasikan Sistem Informasi Secara Otomatis
19 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
20 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
21 D2.TRM.CL9.18 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
22 D2.TTA.CL2.09 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
23 D2.TTA.CL2.14 Mengoperasikan Sistem Informasi Secara Otomatis
24 D2.TTA.CL2.20 Mencari dan menyediakan informasi dan sarana mengenai daerah tujuan wisata
25 D2.TTG.CL3.01 Bekerja Sebagai Pemandu Wisata
26 D2.TTG.CL3.02 Mengalokasikan Sumber Daya Tur
27 D2.TTG.CL3.03 Mengelola Kegiatan Penafsiran Di Lapangan
28 D2.TTG.CL3.04 Melakukan Pemeriksaan Pra-Keberangkatan
29 D2.TTG.CL3.05 Mengkoordinir Dan Mengoperasikan Sebuah Tur Sehari (Atau Tamasya Singkat)
30 D2.TTG.CL3.08 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
31 D2.TTG.CL3.11 Memimpin Grup Wisatawan Dengan Sikap Yang Bertanggung Jawab
32 D2.TTG.CL3.12 Memelihara Hubungan Dengan Agen
33 D2.TTG.CL3.15 Merencanakan, Menguji Coba Dan Mengimplementasikan Dampak Resiko Minimal Dalam Operasional
34 D2.TTO.CL4.06 Mengembangakan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
35 D2.TTO.CL4.18 Menyediakan Pelayanan Katering Di Area Perkemahan
36 PAR.UJ03.008.01 Menyusun jadwal staf
37 PAR.UJ03.032.01 Memimpin dan mengelola sumber daya manusia
CREDIT MANAGER Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/26 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 28 Unit
Daftar Unit : CREDIT MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
2 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
3 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
4 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
5 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
6 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
7 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
8 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
9 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
10 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
11 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
12 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
13 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
14 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
15 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D2.TCS.CL5.01 Menerapkan Teknik Penanganan Outlet Penjualan
17 D2.TCS.CL5.06 Mengkoordinasikan Pembuatan Brosur Dan Materi Pemasaran
18 D2.TCS.CL5.16 Mengimplementasikan Prosedur Dan Sistem Manajemen Perhelatan
19 D2.TCS.CL5.18 Merencanakan dan Menetapkan Aktifitas Penjualan
20 D2.TCS.CL5.21 Mempromosikan Produk Dan Layanan Wisata
21 D2.TFA.CL7.03 Memelihara Sistem Akuntansi Keuangan Yang Aman
22 D2.TFA.CL7.04 Mengelola Komitmen/Persetujuan Kontrak
23 D2.TGA.CL6.10 Mengembangkan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
24 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
25 D2.TRM.CL9.08 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
26 D2.TRM.CL9.21 Melakukan Penjadwalan Staf
27 PAR.UJ03.032.01 Memimpin dan mengelola sumber daya manusia
28 PAR.UJ03.052.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional tinggi
PRODUCT MANAGER Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/24 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 45 Unit
Daftar Unit : PRODUCT MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.LAN.CL10.03 Membaca Dan Menulis Dalam Bahasa Inggris Di Tingkat Penyelia
2 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
3 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
4 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
5 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
6 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
8 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
9 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
10 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
11 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
12 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
13 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
14 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
15 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
16 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
17 D2.TCC.CL1.16 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
18 D2.TCS.CL5.05 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
19 D2.TCS.CL5.06 Mengkoordinasikan Pembuatan Brosur Dan Materi Pemasaran
20 D2.TCS.CL5.07 Membuat, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Inisiatif Produk Strategis
21 D2.TCS.CL5.08 Mengembangkan Dan Memantau Pariwisata Yang Sesuai Dengan Budaya
22 D2.TCS.CL5.09 Mengembangkan Program Konfrensi
23 D2.TCS.CL5.11 Mengembangkan, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Rencana Wisata Regional
24 D2.TCS.CL5.12 Mengembangkan, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Rencana Sponsor
25 D2.TCS.CL5.13 Mengembangkan, Mengelola Dan Megevaluasi Strategi Pemasaran Lokal
26 D2.TCS.CL5.15 Membangun Dan Menjaga Hubungan Bisnis
27 D2.TCS.CL5.16 Mengimplementasikan Prosedur Dan Sistem Manajemen Perhelatan
28 D2.TCS.CL5.17 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
29 D2.TCS.CL5.19 Menyiapkan Dan Memberikan Presentasi
30 D2.TCS.CL5.21 Mempromosikan Produk Dan Layanan Wisata
31 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
32 D2.TRM.CL9.02 Mengembangkan dan Menerapkan sebuah Rencana Bisnis
33 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
34 D2.TRM.CL9.06 Memimpin Dan Mengelola Tim
35 D2.TRM.CL9.08 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
36 D2.TRM.CL9.10 Mengelola Dan Memonitor Program Dan Proyek Pariwisata Yang Inovatif
37 D2.TRM.CL9.11 Mengelola Aset Fisik Dan Infrasturktur
38 D2.TRM.CL9.15 Memantau Dan Memelihara Sistem Komputer
39 D2.TRM.CL9.19 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
40 D2.TTA.CL2.01 Mengakses Dan Menjelaskan Informasi Produ
41 D2.TTA.CL2.04 Memesan Dan Mengkoordinasikan Pelayanan Pemasok
42 D2.TTA.CL2.19 Mencari Sumber Dan Menyediakan Informasi Dan Saran Tentang Destinasi
43 D2.TTA.CL2.20 Mencari dan menyediakan informasi dan sarana mengenai daerah tujuan wisata
44 D2.TTG.CL3.15 Merencanakan, Menguji Coba Dan Mengimplementasikan Dampak Resiko Minimal Dalam Operasional
45 D2.TTO.CL4.11 Mengelola Resiko Operasional
SALES & MARKETING MANAGER Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/25 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 35 Unit
Daftar Unit : SALES & MARKETING MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
2 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
3 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
4 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
5 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
6 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
7 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
8 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
9 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
10 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
11 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
12 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
13 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
14 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
15 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D2.TCS.CL5.01 Menerapkan Teknik Penanganan Outlet Penjualan
17 D2.TCS.CL5.06 Mengkoordinasikan Pembuatan Brosur Dan Materi Pemasaran
18 D2.TCS.CL5.07 Membuat, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Inisiatif Produk Strategis
19 D2.TCS.CL5.08 Mengembangkan Dan Memantau Pariwisata Yang Sesuai Dengan Budaya
20 D2.TCS.CL5.12 Mengembangkan, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Rencana Sponsor
21 D2.TCS.CL5.16 Mengimplementasikan Prosedur Dan Sistem Manajemen Perhelatan
22 D2.TCS.CL5.21 Mempromosikan Produk Dan Layanan Wisata
23 D2.TFA.CL7.04 Mengelola Komitmen/Persetujuan Kontrak
24 D2.TFA.CL7.05 Mengelola Dan Mengontrol Biaya Operasional
25 D2.TGA.CL6.03 Mengelola Dan Memonitor Program Dan Proyek Pariwisata Yang Inovatif
26 D2.TGA.CL6.04 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
27 D2.TGA.CL6.08 Merencanakan Dan Membuat Sistem Dan Prosedur
28 D2.TGA.CL6.10 Mengembangkan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
29 D2.TRM.CL9.02 Mengembangkan dan Menerapkan sebuah Rencana Bisnis
30 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
31 D2.TRM.CL9.08 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
32 D2.TRM.CL9.10 Mengelola Dan Memonitor Program Dan Proyek Pariwisata Yang Inovatif
33 D2.TRM.CL9.21 Melakukan Penjadwalan Staf
34 PAR.UJ03.032.01 Memimpin dan Mengelola Sumber Daya Manusia
35 PAR.UJ03.052.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional tinggi
TICKETING MANAGER Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/27 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 37 Unit
Daftar Unit : TICKETING MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.LAN.CL10.03 Membaca Dan Menulis Dalam Bahasa Inggris Di Tingkat Penyelia
2 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
3 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
4 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
5 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
6 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
8 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
9 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
10 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
11 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
12 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
13 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
14 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
15 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
16 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
17 D2.TCS.CL5.03 Membangun Dan Memelihara Pendekatan Tim Dalam Penyajian Layanan
18 D2.TCS.CL5.08 Mengembangkan Dan Memantau Pariwisata Yang Sesuai Dengan Budaya
19 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
20 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
21 D2.TRM.CL9.15 Memantau Dan Memelihara Sistem Komputer
22 D2.TRM.CL9.20 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai
23 D2.TTA.CL2.01 Mengakses Dan Menjelaskan Informasi Produ
24 D2.TTA.CL2.02 Melakukan Administrasi Rencana Penagihan Dan Pembayaran
25 D2.TTA.CL2.03 Menerapkan Aturan Dan Prosedur Tarif Penerbangan Lebih Awal
26 D2.TTA.CL2.04 Memesan Dan Mengkoordinasikan Pelayanan Pemasok
27 D2.TTA.CL2.05 Menyusun Dan Menerbitkan Rencanan Perjalanan Non-Udara
28 D2.TTA.CL2.06 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Domestik
29 D2.TTA.CL2.07 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Promosi Pesawat Internasional
30 D2.TTA.CL2.08 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Internasional Reguler
31 D2.TTA.CL2.13 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
32 D2.TTA.CL2.15 Membuat Dokumentasi Perjalanan Menggunakan Komputer
33 D2.TTA.CL2.18 Mencari Sumber Dan Membuat Paket Wisata
34 D2.TTA.CL2.19 Mencari Sumber Dan Menyediakan Informasi Dan Saran Tentang Destinasi
35 D2.TTA.CL2.20 Mencari dan menyediakan informasi dan sarana mengenai daerah tujuan wisata
36 PAR.UJ01.004.01 Menangani Situasi Konflik
37 PAR.UJ03.034.01 Memberikan bimbingan kepada kolega
GENERAL MANAGER TTA 01 Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/29 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 38 Unit
Daftar Unit : GENERAL MANAGER TTA 01
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
2 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
3 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
4 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
5 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
6 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
7 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
8 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
9 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
10 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
11 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
12 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
13 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
14 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
15 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D2.TCC.CL1.16 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
17 D2.TCS.CL5.06 Mengkoordinasikan Pembuatan Brosur Dan Materi Pemasaran
18 D2.TCS.CL5.12 Mengembangkan, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Rencana Sponsor
19 D2.TCS.CL5.14 Mengembangkan/Memantau Kegiatan Pariwisata Ekologi Yang Berkelanjutan
20 D2.TCS.CL5.16 Mengimplementasikan Prosedur Dan Sistem Manajemen Perhelatan
21 D2.TCS.CL5.20 Menyiapkan Dan Menentukan Perhitungan Harga
22 D2.TFA.CL7.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
23 D2.TGA.CL6.08 Merencanakan Dan Membuat Sistem Dan Prosedur
24 D2.TRD.CL8.09 Melakukan Pemantauan Dan Evaluasi Terhadap Efektivitas Pelatihan
25 D2.TRM.CL9.02 Mengembangkan dan Menerapkan sebuah Rencana Bisnis
26 D2.TRM.CL9.04 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
27 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
28 D2.TRM.CL9.08 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
29 D2.TRM.CL9.10 Mengelola Dan Memonitor Program Dan Proyek Pariwisata Yang Inovatif
30 D2.TRM.CL9.11 Mengelola Aset Fisik Dan Infrasturktur
31 D2.TRM.CL9.12 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
32 D2.TRM.CL9.14 Mengelola Dan Menjaga Hubungan Kerja
33 D2.TRM.CL9.20 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai
34 D2.TRM.CL9.21 Melakukan Penjadwalan Staf
35 D2.TTO.CL4.11 Mengelola Resiko Operasional
36 PAR.UJ03.045.01 Membaca dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
37 PAR.UJ03.064.01 Mengelola Sistem Pelatihan dan Sistem Penilaian
38 PAR.UJ03.066.01 Mengembangkan Prosedur Penilaian
KONSULTAN PERJALANAN (TRAVEL CONSULTANT) Okupasi SKM/0271/00014/2/2024/32 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 32 Unit
Daftar Unit : KONSULTAN PERJALANAN (TRAVEL CONSULTANT)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
2 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
3 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
4 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
5 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
6 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
7 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
8 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
9 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
10 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
11 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
12 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
13 D2.TTA.CL2.05 Menyusun Dan Menerbitkan Rencanan Perjalanan Non-Udara
14 D2.TTA.CL2.06 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Domestik
15 D2.TTA.CL2.07 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Promosi Pesawat Internasional
16 D2.TTA.CL2.08 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Internasional Reguler
17 D2.TTA.CL2.11 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
18 D2.TTA.CL2.13 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
19 D2.TTA.CL2.17 Menerima Dan Memproses Reservasi
20 D2.TTA.CL2.18 Mencari Sumber Dan Membuat Paket Wisata
21 D2.TTA.CL2.19 Mencari Sumber Dan Menyediakan Informasi Dan Saran Tentang Destinasi
22 D2.TTA.CL2.20 Mencari dan menyediakan informasi dan sarana mengenai daerah tujuan wisata 2019
23 PAR.UJ.01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Wisatawan 2011
24 PAR.UJ.01.002.01 Bekerja dalam Lingkungan Sosial yang bebeda 2011
25 PAR.UJ.01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja 2011
26 PAR.UJ.01.004.01 Menangani Situasi Konflik 2011
27 PAR.UJ.01.005.01 Mengembangkan dan Memutakirkan Pengetahuan Pariwisata tentang tempat kepemanduan Otbound populer yang dikunjungi wisatawan 2011
28 PAR.UJ.03.043.01 Melakukan komunikasi secara lisan dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
29 PAR.UJ03.001.01 Berkomunikasi melalui telepon 2011
30 PAR.UJ03.002.01 Melakukan prosedur administrasi 2011
31 PAR.UJ03.023.01 Mencari dan mendapatkan data komputer 2011
32 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2011
SENIOR TRAVEL CONSULTANT Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/31 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 24 Unit
Daftar Unit : SENIOR TRAVEL CONSULTANT
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.LAN.CL10.01 Menggunakan Bahasa Inggris Di Tingkat Penyelia
2 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
3 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
4 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
5 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
6 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
8 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
9 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
10 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
11 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
12 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
13 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
14 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
15 D2.TCS.CL5.04 Membangun Dan Menerapkan Riset Produk Pariwisata
16 D2.TCS.CL5.19 Menyiapkan Dan Memberikan Presentasi
17 D2.TTA.CL2.01 Mengakses Dan Menjelaskan Informasi Produ
18 D2.TTA.CL2.03 Menerapkan Aturan Dan Prosedur Tarif Penerbangan Lebih Awal
19 D2.TTA.CL2.04 Memesan Dan Mengkoordinasikan Pelayanan Pemasok
20 D2.TTA.CL2.09 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
21 D2.TTA.CL2.10 Membuat Stan Peraga Untuk Promosi
22 PAR.UJ.01.003.01 Melaksanakan Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja 2014
23 PAR.UJ003.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
24 PAR.UJ03.045.01 Membaca dalam Bahasa Iggris pada Tingkat Operasional Dasar 2011
TOUR GUIDE Okupasi SKM/0271/00014/2/2024/34 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 19 Unit
Daftar Unit : TOUR GUIDE
#Kode UnitNama UnitTahun
1 R.93KPW00.001.2 Menyusun Rencana Perjalanan
2 R.93KPW00.002.2 Menyiapkan Perangkat Perjalanan
3 R.93KPW00.003.2 Menyiapkan Informasi Wisata
4 R.93KPW00.004.2 Memberikan Pelayanan Penjemputan dan Pengantaran
5 R.93KPW00.005.2 Mengomunikasikan Informasi
6 R.93KPW00.006.2 Melakukan Pemanduan di Objek Wisata
7 R.93KPW00.007.2 Memimpin Perjalanan Wisata
8 R.93KPW00.008.2 Melakukan Interpretasi Dalam Pemanduan Wisata
9 R.93KPW00.009.2 Mengelola Wisata yang Diperpanjang Waktunya
10 R.93KPW00.010.2 Membuat Laporan Pemanduan Wisata
11 R.93KPW00.011.2 Menangani Situasi Konflik
12 R.93KPW00.012.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
13 R.93KPW00.013.2 Melakukan Pertolongan Pertama
14 R.93KPW00.014.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Wisatawan
15 R.93KPW00.015.2 Melakukan Pekerjaan Dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda
16 R.93KPW00.016.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
17 R.93KPW00.017.2 Melakukan Prosedur Administrasi
18 R.93KPW00.018.2 Mencari Data di Komputer
19 R.93KPW00.019.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Pariwisata
Pemanduan Outbound / Fasilitator Experiential Learning Klaster SKM/0271/00014/3/2024/39 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 19 Unit
Daftar Unit : Pemanduan Outbound / Fasilitator Experiential Learning
#Kode UnitNama UnitTahun
1 PAR.EL02.001.01 Merencanakan Program Kegiatan Rekreasi
2 PAR.EL02.002.01 Merencanakan Program Kegiatan Pembelajaran
3 PAR.EL02.003.01 Mengatur Sumber Daya Untuk Program
4 PAR.EL02.004.01 Melaksanakan Pemanduan Kegiatan Rekreasi
5 PAR.EL02.005.01 Melaksanakan Program Kegiatan Pembelajaran
6 PAR.EL02.006.01 Memandu Kegiatan Tali Rendah (Low Rope)
7 PAR.EL02.007.01 Memandu Kegiatan Tali Tinggi (High Rope)
8 PAR.EL02.008.01 Menganalisis Resiko Dalam Kegiatan
9 PAR.EL02.009.01 Menolong Korban
10 PAR.UJ.01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Wisatawan
11 PAR.UJ.01.002.01 Bekerja dalam Lingkungan Sosial yang bebeda
12 PAR.UJ.01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
13 PAR.UJ.01.004.01 Menangani Situasi Konflik
14 PAR.UJ.01.005.01 Mengembangkan dan Memutakirkan Pengetahuan Pariwisata tentang tempat kepemanduan Otbound populer yang dikunjungi wisatawan
15 PAR.UJ03.001.01 Berkomunikasi melalui telepon
16 PAR.UJ03.002.01 Melakukan prosedur administrasi
17 PAR.UJ03.023.01 Mencari dan mendapatkan data komputer
18 PAR.UJ03.024.01 Membuat dokumen dalam komputer
19 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
Pemanduan Ekowisata Klaster SKM/0271/00014/3/2024/36 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 24 Unit
Daftar Unit : Pemanduan Ekowisata
#Kode UnitNama UnitTahun
1 N.79KEW00.001.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Ekowisata dan Ruang Lingkupnya
2 N.79KEW00.002.1 Mengelola Materi Interpretasi Pemanduan Ekowisata
3 N.79KEW00.003.1 Menyiapkan Perangkat Kegiatan Pemanduan dan Interpretasi Ekowisata
4 N.79KEW00.004.2 Memutakhirkan Pengetahuan dan Keterampilan Dasar Penggunaan Peralatan dan Aplikasi Digital Terkait Kegiatan Ekowisata
5 N.79KEW00.005.2 Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Inggris atau Bahasa Asing Lainnya dalam Istilah Ekowisata dan Lingkungan
6 N.79KEW00.006.2 Menyusun Aktivitas Ekowisata
7 N.79KEW00.007.1 Mengumpulkan Informasi Terkini untuk Destinasi Ekowisata Terpencil
8 N.79KEW00.008.2 Melakukan Adaptasi dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda
9 N.79KEW00.009.1 Melakukan Persiapan Sebelum Tamu Datang
10 N.79KEW00.010.2 Mengoperasikan Perjalanan Ekowisata
11 N.79KEW00.011.1 Melakukan Interpretasi dalam Pemanduan Ekowisata
12 N.79KEW00.012.1 Mentaati Panduan Wisata Hidupan Liar, Peraturan Kawasan Konservasi, dan Peraturan Adat di Destinasi
13 N.79KEW00.013.2 Mengikuti Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam Pemanduan Ekowisata
14 N.79KEW00.014.2 Menangani Situasi Konflik dalam Pemanduan Ekowisata
15 N.79KEW00.015.2 Mengoperasikan Peralatan dan Aplikasi Digital Tingkat Dasar Terkait Ekowisata
16 N.79KEW00.016.2 Mengoperasikan Peralatan dan Aplikasi Digital Tingkat Lanjutan Terkait Ekowisata
17 N.79KEW00.017.2 Menggunakan Bahasa Inggris atau Bahasa Asing Lainnya dalam Pemanduan Ekowisata
18 N.79KEW00.018.1 Mengelola Perpanjangan Aktivitas jika Terjadi Hal di Luar Rencana
19 N.79KEW00.019.1 Menangani Wisatawan Berkebutuhan Khusus
20 N.79KEW00.020.1 Menangani Ketidakpuasan Wisatawan
21 N.79KEW00.021.1 Mengoordinasi Pemandu Ekowisata di Destinasi
22 N.79KEW00.022.1 Mempromosikan Jasa Pemanduan Ekowisata
23 N.79KEW00.023.1 Melakukan Kaji Ulang Perjalanan Ekowisata
24 N.79KEW00.024.1 Menyusun Laporan Tertulis dan Analisa Aktivitas Pemanduan Ekowisata
Kepemanduan Wisata Panjat Tebing Klaster SKM/0271/00014/3/2024/41 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 21 Unit
Daftar Unit : Kepemanduan Wisata Panjat Tebing
#Kode UnitNama UnitTahun
1 PAR.PT02.001.01 Melakukan Orientasi Sosial Kawasan Pemanjatan.
2 PAR.PT02.002.01 Membedakan karakteristik tebing dan batuan.
3 PAR.PT02.003.01 Mengorganisasi pemanjatan grup.
4 PAR.PT02.004.01 Mengorganisasi Peralatan Pemanjatan.
5 PAR.PT02.005.01 Memanjat jalur tersedia dengan Tingkat Dasar
6 PAR.PT02.006.01 Memanjat Jalur Tersedia dengan Tingkat Menengah
7 PAR.PT02.007.01 Memanjat jalur tersedia dengan Tingkat Lanjutan
8 PAR.PT02.008.01 Memanjat jalur tersedia dengan metode pemanjatan berantai (multi pitch climbing)
9 PAR.PT02.009.01 Melakukan Pemindahan Barang
10 PAR.PT02.010.01 Menolong Korban (Self-Rescue)
11 PAR.PT02.011.01 Mengevaluasi kegiatan kepemanduan
12 PAR.UJ01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Wisatawan
13 PAR.UJ01.002.01 Bekerja dalam Lingkungan Sosial yang berbeda
14 PAR.UJ01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
15 PAR.UJ01.004.01 Menangani Situasi Konflik
16 PAR.UJ01.005.01 Mengembangkan dan Memutakirkan Pengetahuan Pariwisata
17 PAR.UJ03.001.01 Berkomunikasi melalui telepon
18 PAR.UJ03.002.01 Melakukan prosedur administrasi
19 PAR.UJ03.023.01 Mencari dan mendapatkan data komputer
20 PAR.UJ03.024.01 Membuat dokumen di dalam komputer
21 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
Pemanduan Geowisata Klaster SKM/0271/00014/3/2024/37 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 33 Unit
Daftar Unit : Pemanduan Geowisata
#Kode UnitNama UnitTahun
1 N.79PGW00.001.2 Menyusun Rencana Perjalanan Geowisata
2 N.79PGW00.002.1 Mengelola Mitigasi Bencana di Destinasi Geowisata
3 N.79PGW00.003.2 Mempersiapkan Perangkat Perjalanan Geowisata
4 N.79PGW00.004.1 Mengelola Materi Interpretasi Geowisata
5 N.79PGW00.005.1 Merancang Produk Cetakan Panduan Perjalanan Geowisata
6 N.79PGW00.006.2 Melakukan Penjemputan dan Pengantaran Geowisatawan
7 N.79PGW00.007.1 Mengoperasikan Peralatan dan Aplikasi Digital Terkait Geowisata
8 N.79PGW00.008.2 Memimpin Perjalanan Geowisata
9 N.79PGW00.009.2 Melakukan Pemanduan Geowisata
10 N.79PGW00.010.2 Menangani Geowisatawan Berkebutuhan Khusus
11 N.79PGW00.011.1 Melakukan Interpretasi Pemanduan Geowisata Geosite dan Klaster
12 N.79PGW00.012.1 Melakukan Interpretasi Pemanduan Geowisata Kawasan, Regional, dan Nasional
13 N.79PGW00.013.2 Menerapkan Prosedur Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan di Tempat Kerja
14 N.79PGW00.014.2 Melakukan Prosedur Pertolongan Pertama dalam Pemanduan Geowisata
15 N.79PGW00.015.2 Menangani Situasi Konflik dalam Pemanduan Geowisata
16 N.79PGW00.016.2 Mengelola Perubahan Aktivitas Pemanduan Geowisata
17 N.79PGW00.017.2 Mengelola Pemanduan Geowisata Kelompok Rentan
18 N.79PGW00.018.1 Melaksanakan Kegiatan Edukasi Konservasi Alam
19 N.79PGW00.019.1 Melaksanakan Kegiatan Edukasi Konservasi Budaya
20 N.79PGW00.020.2 Menerapkan Praktik Geowisata yang Ramah Lingkungan
21 N.79PGW00.021.2 Mengelola Kerja Sama dalam Pemanduan Geowisata
22 N.79PGW00.022.2 Melakukan Pekerjaan dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda
23 N.79PGW00.023.2 Mengelola Umpan Balik Geowisatawan
24 N.79PGW00.024.2 Melakukan Pelaporan Pemanduan Geowisata
25 N.79PGW00.025.2 Mengelola Promosi Daring Keunggulan Destinasi Geowisata
26 N.79PGW00.026.1 Memutakhirkan Materi Interpretasi Geowisata
27 N.79PGW00.027.2 Meningkatkan Kualitas Paket Geowisata di Destinasi Geowisata
28 N.79PGW00.028.2 Melakukan Percakapan Bahasa Inggris dalam Pemanduan Geowisata
29 N.79PGW00.029.2 Melakukan Presentasi Geowisata
30 N.79PGW00.030.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
31 N.79PGW00.031.2 Melakukan Prosedur Administrasi
32 N.79PGW00.032.2 Memutakhirkan Data Geowisata melalui Sistem Informasi
33 N.79PGW00.033.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Geowisata
Pemandu Wisata Gunung Klaster SKM/0271/00014/3/2024/42 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 37 Unit
Daftar Unit : Pemandu Wisata Gunung
#Kode UnitNama UnitTahun
1 N.79GUN00.002.2 Melakukan Komunikasi Menggunakan Perangkat Elektronik dalam Pemanduan Wisata Gunung
2 N.79GUN00.003.2 Melakukan Kerja Sama Secara Efektif dalam Pemanduan Wisata Gunung
3 N.79GUN00.004.2 Mengelola Keberagaman di Tempat Kerja dalam Pemanduan Wisata Gunung
4 N.79GUN00.005.2 Menangani Situasi Konflik dalam Pemanduan Wisata Gunung
5 N.79GUN00.006.1 Memutakhirkan Pengetahuan Wisata Gunung
6 N.79GUN00.007.2 Melakukan Prosedur Administrasi dalam Pemanduan Wisata Gunung
7 N.79GUN00.010.2 Menggunakan Bahasa Inggris untuk Komunikasi dalam Pemanduan Wisata Gunung
8 N.79GUN00.011.2 Mengimplementasikan Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pemanduan Wisata Gunung
9 N.79GUN00.012.1 Mengidentifikasi Medan Pendakian Gunung
10 N.79GUN00.013.1 Mengidentifikasi Ekosistem Destinasi Wisata Gunung
11 N.79GUN00.015.1 Mengidentifikasi Bahaya pada Wisata Gunung
12 N.79GUN00.018.1 Menganalisis Profil Wisatawan
13 N.79GUN00.019.2 Menganalisis Informasi Rencana Perjalanan
14 N.79GUN00.020.1 Mengelola Resiko Perjalanan Wisata Gunung
15 N.79GUN00.022.2 Mempersiapkan Dokumen Perjalanan Wisata Gunung
16 N.79GUN00.023.1 Mempersiapkan Kegiatan Interpretasi Umum
17 N.79GUN00.027.1 Memperkirakan Cuaca Berdasarkan Informasi yang Bersifat Lokal
18 N.79GUN00.030.1 Mempersiapkan Peralatan Wisata Gunung
19 N.79GUN00.031.1 Mempersiapkan Perbekalan Wisata Gunung
20 N.79GUN00.032.1 Mengoordinasikan Tugas Tim dalam Pemanduan Wisata Gunung
21 N.79GUN00.033.1 Melakukan Pengemasan Peralatan dan Perbekalan Wisata Gunung
22 N.79GUN00.035.1 Mempersiapkan Wisatawan untuk Perjalanan Wisata Gunung
23 N.79GUN00.036.1 Melaksanakan Tugas Pengantaran Wisatawan dalam Pemanduan Wisata Gunung
24 N.79GUN00.039.2 Menyampaikan Petunjuk Perjalanan Wisata Gunung
25 N.79GUN00.040.1 Memimpin Perjalanan Wisata Gunung
26 N.79GUN00.041.1 Menunjukkan Rasa Hormat Terhadap Budaya Asli dalam Pemanduan Wisata Gunung
27 N.79GUN00.042.1 Menerapkan Pedoman Kerja yang Ramah Lingkungan dalam Pemanduan Wisata Gunung
28 N.79GUN00.043.2 Mengelola Komunikasi Lapangan Wisata Gunung
29 N.79GUN00.044.1 Mengantisipasi Akibat Perubahan Cuaca di Destinasi Wisata Gunung
30 N.79GUN00.045.1 Melakukan Pengangkutan Kemasan dalam Wisata Gunung
31 N.79GUN00.056.1 Memonitor Kondisi Perjalanan Wisata Gunung
32 N.79GUN00.057.1 Mengendalikan Biaya Perjalanan Wisata Gunung
33 N.79GUN00.058.1 Menangani Keluhan Wisatawan dalam Pemanduan Wisata Gunung
34 N.79GUN00.063.1 Menangani Keadaan Darurat dalam Wisata Gunung
35 N.79GUN00.064.1 Melakukan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Wisata Gunung
36 N.79GUN00.065.1 Melakukan Operasi Pencarian dan Pertolongan dalam Wisata Gunung
37 N.79GUN00.070.2 Menyusun Laporan Perjalanan Wisata Gunung
ASSISTANT GENERAL MANAGER TTA.02 Okupasi SKM/0271/00019/2/2019/30 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Jasa Perorangan Lainnya Aktivitas Jasa Lainnya 37 Unit
Daftar Unit : ASSISTANT GENERAL MANAGER TTA.02
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HML.CL.10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
2 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
3 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
4 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
5 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
6 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
8 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
9 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
10 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
11 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
12 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
13 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
14 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
15 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
16 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
17 D2.TCC.CL1.16 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
18 D2.TCS.CL5.03 Membangun Dan Memelihara Pendekatan Tim Dalam Penyajian Layanan
19 D2.TCS.CL5.06 Mengkoordinasikan Pembuatan Brosur Dan Materi Pemasaran
20 D2.TCS.CL5.07 Membuat, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Inisiatif Produk Strategis
21 D2.TCS.CL5.14 Mengembangkan/Memantau Kegiatan Pariwisata Ekologi Yang Berkelanjutan
22 D2.TCS.CL5.17 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
23 D2.TGA.CL6.02 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
24 D2.TGA.CL6.04 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
25 D2.TGA.CL6.05 Meminimalkan Resiko Kehilangan
26 D2.TGA.CL6.06 Mengoperasikan Sistem Informasi Secara Otomatis
27 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
28 D2.TRM.CL9.15 Memantau Dan Memelihara Sistem Komputer
29 D2.TRM.CL9.16 Memantau Kinerja Karyawan
30 D2.TTA.CL2.01 Mengakses Dan Menjelaskan Informasi Produ
31 D2.TTA.CL2.13 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
32 D2.TTA.CL2.16 Menyiapkan Dan Menentukan Perhitungan Harga
33 D2.TTO.CL4.06 Mengembangakan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
34 I.55HDR00.184.2 Memantau Kegiatan Kerja
35 PAR.UJ03.008.01 Menyusun jadwal staf
36 PAR.UJ03.026.01 Mengoperasikan sistim informasi secara otomatis
37 PAR.UJ03.043.01* Menyediakan Pertolongan Pertama
Pemanduan Wisata Gua Klaster SKM/0271/00018/3/2024/40 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Olahraga dan Rekreasi Lainnya Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 33 Unit
Daftar Unit : Pemanduan Wisata Gua
#Kode UnitNama UnitTahun
1 R.93GUA00.001.1 Melakukan Persiapan Teknis Kegiatan Rekreasi Penelusuran Gua
2 R.93GUA00.002.1 Melaksanakan Teknik Penelusuran Gua
3 R.93GUA00.003.1 Merencanakan Implementasi Dampak Lingkungan dalam Penelusuran Gua
4 R.93GUA00.004.1 Menginterpretasikan Kondisi Cuaca di Lapangan
5 R.93GUA00.005.1 Menerapkan Teknik Navigasi di Lingkungan Gua
6 R.93GUA00.006.1 Memfasilitasi Kelompok Wisatawan Penelusuran Gua
7 R.93GUA00.007.2 Memandu Kegiatan Rekreasi Luar Ruangan
8 R.93GUA00.008.1 Memandu Penelusuran Gua Horisontal
9 R.93GUA00.009.1 Meminimalisasi Dampak Lingkungan
10 R.93GUA00.010.1 Menerapkan Teknik Penelusuran Gua Vertikal
11 R.93GUA00.011.2 Memandu Wisata Penelusuran Gua Vertikal
12 R.93GUA00.012.2 Memasang Lintasan Tangga (Pitch Ladder)
13 R.93GUA00.013.1 Menerapkan Teknik Naik Turun Tangga
14 R.93GUA00.014.1 Memasang Penambatan dan Tali di Gua
15 R.93GUA00.015.1 Menerapkan Teknik Tali Tunggal (Single Rope Technique) pada Penelusuran Gua
16 R.93GUA00.016.1 Menerapkan Teknik Turun Single Pitch Dalam Penelusuran Gua
17 R.93GUA00.017.1 Memasang Multi Pitch dalam Sistem Penelusuran Gua Vertikal
18 R.93GUA00.018.1 Menggunakan Teknik Gua yang Spesifik untuk Pemasangan Lintasan Terpadu (Rig a Complex Pitch)
19 R.93GUA00.019.1 Memasang Pitch yang Rumit Menggunakan Teknik Khusus Gua
20 R.93GUA00.020.1 Memandu Perjalanan Gua Multi Pitch
21 R.93GUA00.021.1 Mengintruksikan Teknik Penelusuran Gua Multi Pitch
22 R.93GUA00.022.1 Melakukan Teknik Menyelam di dalam Gua
23 R.93GUA00.023.1 Menerapkan Teknik Menyelam Gua Sinkhole
24 R.93GUA00.024.1 Melakukan Penyelaman Gua Sump
25 R.93GUA00.025.1 Melakukan Analisis Risiko Aktivitas Penelusuran Gua
26 R.93GUA00.026.1 Mengelola Risiko Aktivitas Luar Ruangan
27 R.93GUA00.027.1 Merespon Kedaruratan dalam Penelusuran Gua
28 R.93GUA00.028.1 Mengoordinasikan Kejadian Tanggap Darurat
29 R.93GUA00.029.1 Memberikan Pertolongan Pertama di Lokasi yang Sulit Dijangkau
30 R.93GUA00.030.1 Melakukan Penyelamatan di Gua Vertikal
31 R.93GUA00.031.1 Melakukan Penyelamatan di Gua yang Kompleks (Complex Cave Rescue)
32 R.93GUA00.032.1 Melaksanakan Kegiatan Layanan Umum Wisata Gua
33 R.93GUA00.033.1 Melakukan Pendampingan Peningkatan Kapasitas Pemandu Wisata Gua
Pemandu Wisata Selam Klaster SKM/0271/00018/3/2024/38 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Olahraga dan Rekreasi Lainnya Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 9 Unit
Daftar Unit : Pemandu Wisata Selam
#Kode UnitNama UnitTahun
1 R.93PWD01.001.2 Mempresentasikan Keterampilan Dasar Selam
2 R.93PWD01.002.3 Menilai Perlengkapan untuk Keselamatan Penyelaman dan Keadaan Darurat
3 R.93PWD01.003.2 Mengidentifikasi Kondisi Titik Penyelaman Sesuai dengan Klasifikasinya
4 R.93PWD01.004.2 Melakukan Fungsi Administrasi Kegiatan Penyelaman
5 R.93PWD01.005.2 Mengatur Kegiatan Penyelaman
6 R.93PWD01.006.2 Melakukan Penyelaman Orientasi
7 R.93PWD01.007.3 Melaksanakan Prosedur Keadaan Darurat pada Aktivitas Penyelaman
8 R.93PWD01.008.2 Menangani Keluhan dari Wisatawan
9 R.93PWD01.009.2 Melaporkan Kegiatan Penyelaman
ROOM ATTENDANT Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/15 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 14 Unit
Daftar Unit : ROOM ATTENDANT
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.55HDR00.005.2 Melaksanakan Prosedur Klerikal
2 I.55HDR00.010.2 Menyediakan Layanan Housekeeping untuk Tamu
3 I.55HDR00.012.2 Menyiapkan Kamar untuk Tamu
4 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
5 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
6 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
7 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
8 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
9 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
10 I.55HDR00.174.2 Melaksanakan Tabulasi Data Komputer
11 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
12 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
13 I.55HDR00.222.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Menengah
14 I.55HDR00.243.2 Menyediakan Fasilitas Kehilangan dan Penemuan
PUBLIC AREA CLEANER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/16 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 13 Unit
Daftar Unit : PUBLIC AREA CLEANER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.55HDR00.005.2 Melaksanakan Prosedur Klerikal
2 I.55HDR00.010.2 Menyediakan Layanan Housekeeping untuk Tamu
3 I.55HDR00.011.2 Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan
4 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
5 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
6 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
7 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
8 I.55HDR00.162.2 Membersihkan Tempat dan Peralatan Kerja
9 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
10 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
11 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
12 I.55HDR00.222.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Menengah
13 I.55HDR00.243.2 Menyediakan Fasilitas Kehilangan dan Penemuan
RECEPTIONIST Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/10 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 23 Unit
Daftar Unit : RECEPTIONIST
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.55HDR00.001.2 Memproses Reservasi
2 I.55HDR00.002.2 Menyediakan Layanan Akomodasi Reception
3 I.55HDR00.003.2 Memelihara Catatan Keuangan
4 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan
5 I.55HDR00.005.2 Melaksanakan Prosedur Klerikal
6 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
7 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
8 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
9 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
10 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
11 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
12 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
13 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
14 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
15 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
16 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
17 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
18 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
19 I.55HDR00.219.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Industri Pariwisata
20 I.55HDR00.229.2 Membangun dan Memelihara Tempat Kerja yang Aman
21 I.55HDR00.250.2 Mencari dan Mendapatkan Data Komputer
22 I.55HDR00.253.2 Mempersiapkan Laporan Keuangan
23 I.55HDR00.264.2 Memproses Transaksi Untuk Pembelian Barang dan Jasa
FRONT OFFICE SUPERVISOR Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/21 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 36 Unit
Daftar Unit : FRONT OFFICE SUPERVISOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
2 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
3 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
4 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
5 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
6 I.55HDR00.159.2 Mengoordinir Kegiatan Pemasaran dan Promosi
7 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
8 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
9 I.55HDR00.167.2 Mengelola Rapat
10 I.55HDR00.177.2 Melaksanakan Penilaian
11 I.55HDR00.181.2 Melaksanakan Sesi Pelatihan
12 I.55HDR00.182.2 Mengevaluasi Pelatihan dan Sistem Penilaian
13 I.55HDR00.183.2 Mengembangkan Prosedur Penilaian
14 I.55HDR00.184.2 Memantau Kegiatan Kerja
15 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
16 I.55HDR00.187.2 Membangun Tempat Kerja yang Aman
17 I.55HDR00.190.2 Memantau Kinerja Staf
18 I.55HDR00.193.2 Mengelola Keanekaragaman di Tempat Kerja
19 I.55HDR00.194.2 Mengelola Hubungan di Tempat Kerja
20 I.55HDR00.195.2 Memberikan Bimbingan Kepada Staf
21 I.55HDR00.199.2 Memantau Anggaran
22 I.55HDR00.201.2 Mengelola Persediaan
23 I.55HDR00.207.2 Melakukan Percakapan Singkat di Telepon
24 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan
25 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
26 I.55HDR00.219.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Industri Pariwisata
27 I.55HDR00.220.2 Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata
28 I.55HDR00.221.2 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
29 I.55HDR00.227.2 Mengevaluasi Penilaian Kinerja Staf
30 I.55HDR00.228.2 Membaca dan Menulis Bahasa Inggris pada Tingkat Lanjut
31 I.55HDR00.229.2 Membangun dan Memelihara Tempat Kerja yang Aman
32 I.55HDR00.236.2 Menangani Kualitas Pelanggan
33 I.55HDR00.237.2 Mengawasi dan Mengelola Hubungan Tempat Kerja dan Keragamannya
34 I.55HDR00.238.2 Mengawasi Operasi Tempat Kerja Rutin
35 I.55HDR00.240.2 Melakukan Analisa Kebutuhan Pelatihan
36 I.55HDR00.241.2 Merencanakan Penilaian
TELEPHONE OPERATOR Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/11 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 18 Unit
Daftar Unit : TELEPHONE OPERATOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFO.CL2.08 Mengoperasikan Telepon PABX
2 D1.HFO.CL2.09 Menerima Dan Meneruskan Telepon Masuk
3 D1.HFO.CL2.10 Memfasilitasi Layanan Telepon Keluar
4 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional
5 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
6 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
7 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
8 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
9 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
10 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
11 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
12 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
13 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
14 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
15 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
16 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
17 D1.HOT.CL1.15 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
18 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
BELL BOY Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/12 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 15 Unit
Daftar Unit : BELL BOY
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan
2 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
3 I.55HDR00.009.2 Menyediakan Jasa Porter
4 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
5 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
6 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
7 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
8 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
9 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
10 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
11 I.55HDR00.187.2 Membangun Tempat Kerja yang Aman
12 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
13 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
14 I.55HDR00.244.2 Menjaga Keamanan Lingkungan Kerja dan Harta Benda
15 I.55HDR00.250.2 Mencari dan Mendapatkan Data Komputer
EXECUTIVE HOUSEKEEPER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/22 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 25 Unit
Daftar Unit : EXECUTIVE HOUSEKEEPER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
2 I.55HDR00.005.2 Melaksanakan Prosedur Klerikal
3 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
4 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
5 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
6 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
7 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
8 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
9 I.55HDR00.156.2 Membuat Presentasi
10 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
11 I.55HDR00.174.2 Melaksanakan Tabulasi Data Komputer
12 I.55HDR00.177.2 Melaksanakan Penilaian
13 I.55HDR00.178.2 Melatih Kelompok Kecil
14 I.55HDR00.181.2 Melaksanakan Sesi Pelatihan
15 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
16 I.55HDR00.187.2 Membangun Tempat Kerja yang Aman
17 I.55HDR00.188.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Hukum Untuk Keperluan Bisnis
18 I.55HDR00.191.2 Melaksanakan Perekrutan Staf
19 I.55HDR00.192.2 Mengelola Sumber Daya Manusia
20 I.55HDR00.198.2 Mengelola Keuangan Sesuai Anggaran
21 I.55HDR00.199.2 Memantau Anggaran
22 I.55HDR00.200.2 Mengelola Aset Fisik
23 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
24 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
25 I.55HDR00.220.2 Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata

Infrastruktur Kompetensi