Competency Scheme : Pariwisata Maestro Indonesia

Scheme Name Type of Scheme Scheme Code LSP Name Sector Subsector Unit Count
SKEMA SERTIFIKASI KLASTER EVENT REGISTRATION - MICE (ADMINISTRASI PENDAFTARAN ACARA) Klaster SKM/1449/00014/3/2023/42 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Ketenagakerjaan Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 8 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI KLASTER EVENT REGISTRATION - MICE (ADMINISTRASI PENDAFTARAN ACARA)
#Unit CodeUnit NameYear
1 N.82MIC00.009.1 Mengelola Hubungan Bisnis
2 N.82MIC00.066.1 Mencari dan Memberikan Informasi
3 N.82MIC00.067.1 Mengelola Keanekaragaman di Tempat Kerja
4 N.82MIC00.070.2 Memproses Kegiatan Pendaftaran Dalam Suatu Acara
5 N.82MIC00.071.2 Mengatur Pendaftaran Tamu Dalam Suatu Acara
6 N.82MIC00.072.2 Menangani Kegiatan Acara Protokoler
7 N.82MIC00.076.1 Memberikan Layanan Kepada Pelanggan
8 N.82MIC00.080.1 Menampilkan Kepekaan Sosial dan Budaya
PEMANDU WISATA (TOUR GUIDE) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/12 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 19 Units
List of Units : PEMANDU WISATA (TOUR GUIDE)
#Unit CodeUnit NameYear
1 R.93KPW00.001.2 Menyusun Rencana Perjalanan
2 R.93KPW00.002.2 Menyiapkan Perangkat Perjalanan
3 R.93KPW00.003.2 Menyiapkan Informasi Wisata
4 R.93KPW00.004.2 Memberikan Pelayanan Penjemputan dan Pengantaran
5 R.93KPW00.005.2 Mengomunikasikan Informasi
6 R.93KPW00.006.2 Melakukan Pemanduan di Objek Wisata
7 R.93KPW00.007.2 Memimpin Perjalanan Wisata
8 R.93KPW00.008.2 Melakukan Interpretasi Dalam Pemanduan Wisata
9 R.93KPW00.009.2 Mengelola Wisata yang Diperpanjang Waktunya
10 R.93KPW00.010.2 Membuat Laporan Pemanduan Wisata
11 R.93KPW00.011.2 Menangani Situasi Konflik
12 R.93KPW00.012.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
13 R.93KPW00.013.2 Melakukan Pertolongan Pertama
14 R.93KPW00.014.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Wisatawan
15 R.93KPW00.015.2 Melakukan Pekerjaan Dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda
16 R.93KPW00.016.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
17 R.93KPW00.017.2 Melakukan Prosedur Administrasi
18 R.93KPW00.018.2 Mencari Data di Komputer
19 R.93KPW00.019.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Pariwisata
FLOOR SUPERVISOR Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/15 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 12 Units
List of Units : FLOOR SUPERVISOR
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
2 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
3 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
4 PAR.HT01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan Dan Keamanan di Tempat Kerja
5 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
6 PAR.HT02.021.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL
7 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
8 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK
9 PAR.HT03.004.01 BERKOUNIKASI MELALUI TELEPON
10 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
11 PAR.HT03.040.01 MEMBANGUN DAN MEMELIHARA TEMPAT KERJA YANG AMAN
12 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
TELEPHONE OPERATOR Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/1 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 18 Units
List of Units : TELEPHONE OPERATOR
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HFO.CL2.08 Mengoperasikan Telepon PABX
2 D1.HFO.CL2.09 Menerima Dan Meneruskan Telepon Masuk
3 D1.HFO.CL2.10 Memfasilitasi Layanan Telepon Keluar
4 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel
5 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional
6 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
7 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
8 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
9 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
10 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
11 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON
12 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
13 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI
14 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
15 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
16 PAR.HT03.040.01 MEMBANGUN DAN MEMELIHARA TEMPAT KERJA YANG AMAN
17 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
18 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
FRONT OFFICE SUPERVISOR Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/14 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 32 Units
List of Units : FRONT OFFICE SUPERVISOR
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HFA.CL7.02 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
2 D1.HGA.CL6.03 Memelihara Sistem Pengarsipan Dan Pengambilan Data Berbasis Kertas
3 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
4 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan
5 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
6 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
7 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
8 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
9 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
10 PAR.HT02.017.01 MENERIMA DAN MEMPROSES RESERVASI
11 PAR.HT02.018.01 MENYEDIAKAN LAYANAN AKOMODASI RECEPTION
12 PAR.HT02.020.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN
13 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON
14 PAR.HT02.023.01 MELAKSANAKAN AUDIT MALAM
15 PAR.HT02.034.01 MENANGANI ORANG YANG MABUK
16 PAR.HT02.049.01 MENYEDIAKAN KEAMANAN UNTUK TAMU VIP
17 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL
18 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
19 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK
20 PAR.HT02.060.01 MENERIMA DAN MENYIMPAN PERSEDIAAN
21 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI
22 PAR.HT03.016.01 MEMPERSIAPKAN LAPORAN KEUANGAN
23 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
24 PAR.HT03.037.01 MEMANTAU KEGIATAN KERJA
25 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
26 PAR.HT03.042.01 DAFTAR PERSONIL STAF
27 PAR.HT03.046.01 MENGELOLA KEANEKARAGAMAN DI TEMPAT KERJA
28 PAR.HT03.049.01 MENANGANI KUALITAS LAYANAN PELANGAN
29 PAR.UJ01.005.01 Mengembangkan dan memutakhirkan pengetahuan industri pariwisata
30 PAR.UJ02.021.01 Mengoperasikan sistim penempahan dengan menggunakan komputer (Computer Reservation System).
31 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
32 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
BAKER (FOOD PRODUCTION) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/11 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 17 Units
List of Units : BAKER (FOOD PRODUCTION)
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
2 D1.HPA.CL4.09 Menyiapkan Dan Membuat Produk Olahan Ragi
3 D1.HPA.CL4.10 Menyiapkan Produk Bakery (Roti) Untuk Patiseri
4 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
5 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
6 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
8 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
9 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
10 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
11 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
12 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
13 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
14 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
15 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
16 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
17 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
LAUNDRY ATTENDANT (HOUSEKEEPING) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/10 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 14 Units
List of Units : LAUNDRY ATTENDANT (HOUSEKEEPING)
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri
2 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
3 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
4 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
5 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
6 PAR.HT02.021.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL
7 PAR.HT02.029.01 MENANGANI LINEN DAN PAKAIAN TAMU
8 PAR.HT02.046.01 MENYEDIAKAN FASILITAS KEHILANGAN DAN PENEMUAN BARANG
9 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK
10 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
11 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
12 PAR.UJ03.002.01 Melakukan prosedur administrasi
13 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
14 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
PUBLIC AREA CLEANER (HOUSEKEEPING) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/9 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 13 Units
List of Units : PUBLIC AREA CLEANER (HOUSEKEEPING)
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
2 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
3 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
4 PAR.HT02.021.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL
5 PAR.HT02.026.01 MENYEDIAKAN JASA HOUSEKEEPING UNTUK TAMU
6 PAR.HT02.027.01 MEMBERSIHKAN LOKASI/AREA DAN PERALATAN
7 PAR.HT02.046.01 MENYEDIAKAN FASILITAS KEHILANGAN DAN PENEMUAN BARANG
8 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
9 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK
10 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
11 PAR.UJ03.002.01 Melakukan prosedur administrasi
12 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
13 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
BELL BOY Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/7 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 15 Units
List of Units : BELL BOY
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
2 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
3 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
4 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
5 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON
6 PAR.HT02.025.01 MENYEDIAKAN JASA PORTER
7 PAR.HT02.038.01 MENGAWAL DAN MEMBAWA BARANG-BARANG BERHARGA
8 PAR.HT02.046.01 MENYEDIAKAN FASILITAS KEHILANGAN DAN PENEMUAN BARANG
9 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
10 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI
11 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
12 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
13 PAR.HT03.040.01 MEMBANGUN DAN MEMELIHARA TEMPAT KERJA YANG AMAN
14 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
15 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
ROOM ATTENDANT (HOUSEKEEPING) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/8 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 14 Units
List of Units : ROOM ATTENDANT (HOUSEKEEPING)
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
2 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
3 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
4 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
5 PAR.HT02.021.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KLERIKAL
6 PAR.HT02.026.01 MENYEDIAKAN JASA HOUSEKEEPING UNTUK TAMU
7 PAR.HT02.046.01 MENYEDIAKAN FASILITAS KEHILANGAN DAN PENEMUAN BARANG
8 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL
9 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK
10 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
11 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
12 PAR.PW.02.008.01 Mengembangkan Materi Penafsiran untuk Kegiatan Ekowisata
13 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
14 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
HEAD WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/6 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 32 Units
List of Units : HEAD WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE)
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HCS.CL6.04 Mengorganisasikan Functions
2 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
3 D1.HML.CL10.02 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
4 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
5 D1.HRD.CL9.01 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
6 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
7 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
8 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
9 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
10 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
11 PAR.HT02.003.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN
12 PAR.HT02.010.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG MAKANAN DAMINUMAN
13 PAR.HT02.011.01 MENYEDIAKAN PENGHUBUNG ANTARA DAPUR DAN AREA PELAYANAN
14 PAR.HT02.013.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MINUMAN ANGGUR
15 PAR.HT02.014.01 MENYIAPKAN DAN MENYAJIKANCOCKTAIL
16 PAR.HT02.015.01 MENYEDIAKAN LAYANAN GUERIDON
17 PAR.HT02.016.01 MENYEDIAKAN SILVER SERVICE
18 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON
19 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL
20 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
21 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK
22 PAR.HT03.001.01 MENGIKUTI PROSEDUR KEBERSIHAN DI TEMPAT KERJA
23 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI
24 PAR.HT03.013.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN
25 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
26 PAR.HT03.042.01 DAFTAR PERSONIL STAF
27 PAR.HT03.043.01 MEMANTAU KINERJA STAF
28 PAR.HT03.060.01 MEMULAI PERCAKAPAN DAN MENGEMBANGKAN HUBUNGAN BAIK DENGAN TAMU
29 PAR.HT03.064.01 MENANGANI KELUHAN
30 PAR.UJ.01.002.01 Bekerja dalam Lingkungan Sosial yang bebeda
31 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
32 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/3 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 27 Units
List of Units : WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE)
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu
2 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering
3 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
4 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
5 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
6 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
7 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
8 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
9 PAR.HT02.003.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN
10 PAR.HT02.007.01 MENYEDIAKAN ROOM SERVICE
11 PAR.HT02.009.01 MENYIAPKAN DAN MENGHIDANGKAN MINUMAN NON-ALKOHOL
12 PAR.HT02.010.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG MAKANAN DAMINUMAN
13 PAR.HT02.011.01 MENYEDIAKAN PENGHUBUNG ANTARA DAPUR DAN AREA PELAYANAN
14 PAR.HT02.012.01 MENYEDIAKAN SARAN AHLI TENTANG MAKANAN
15 PAR.HT02.013.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MINUMAN ANGGUR
16 PAR.HT02.015.01 MENYEDIAKAN LAYANAN GUERIDON
17 PAR.HT02.016.01 MENYEDIAKAN SILVER SERVICE
18 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON
19 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL
20 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
21 PAR.HT03.001.01 MENGIKUTI PROSEDUR KEBERSIHAN DI TEMPAT KERJA
22 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI
23 PAR.HT03.013.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN
24 PAR.HT03.064.01 MENANGANI KELUHAN
25 PAR.UJ01.002.01 Melakukan Pekerjaan Dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda
26 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
27 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
BUTCHER Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/13 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 17 Units
List of Units : BUTCHER
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
2 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
3 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
4 PAR.HT01.002.01 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Beragam
5 PAR.HT01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
6 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
7 PAR.HT02.027.01 MEMBERSIHKAN LOKASI/AREA DAN PERALATAN
8 PAR.HT02.062.01 MENGGUNAKAN METODE DASAR MEMASAK
9 PAR.HT02.070.01 MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIAPKAN DAGING
10 PAR.HT02.074.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR KESELAMATAN MAKANAN
11 PAR.HT02.081.01 MENYIAPKAN PORSI POTONGAN DAGING YANG TERKONTROL
12 PAR.HT02.091.01 MENGANGKUT DAN MENYIMPAN MAKANAN DENGAN CARA YANG AMAN DAN BERSIH
13 PAR.HT03.001.01 MENGIKUTI PROSEDUR KEBERSIHAN DI TEMPAT KERJA
14 PAR.HT03.004.01 BERKOUNIKASI MELALUI TELEPON
15 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI
16 PAR.UJ03.003.01 Mengumpulkan dan Menyajikan Informasi
17 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
RECEPTIONIST Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/5 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 23 Units
List of Units : RECEPTIONIST
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HFA.CL7.02 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
2 D1.HGA.CL6.03 Memelihara Sistem Pengarsipan Dan Pengambilan Data Berbasis Kertas
3 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
4 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
5 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
6 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
7 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
8 PAR.HT02.017.01 MENERIMA DAN MEMPROSES RESERVASI
9 PAR.HT02.018.01 MENYEDIAKAN LAYANAN AKOMODASI RECEPTION
10 PAR.HT02.019.01 MEMELIHARA CATATAN KEUANGAN
11 PAR.HT02.020.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN
12 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON
13 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL
14 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
15 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK
16 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI
17 PAR.HT03.016.01 MEMPERSIAPKAN LAPORAN KEUANGAN
18 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
19 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA
20 PAR.HT03.040.01 MEMBANGUN DAN MEMELIHARA TEMPAT KERJA YANG AMAN
21 PAR.UJ01.005.01 Mengembangkan dan memutakhirkan pengetahuan industri pariwisata
22 PAR.UJ03.003.01 Mengumpulkan dan Menyajikan Informasi
23 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Patisserie) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/29 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Units
List of Units : Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Patisserie)
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan
2 D1.HPA.CL4.01 Mengelola Dan Mengoperasikan Coffee Shop
3 D1.HPA.CL4.02 Menyiapkan Dan Menampilkan Pettit Fours (Kembang Gula Berukuran Kecil Atau Hidangan Yang Pembuka Gurih)
4 D1.HPA.CL4.03 Menyiapkan Dan Menampilkan Sugar Work (DEKORASI YANG TERBUAT DARI LARUTAN GULA)
5 D1.HPA.CL4.04 Menyiapkan Dan Menampilkan Marzipan
6 D1.HPA.CL4.06 Menghidangkan Makanan Penutup
7 D1.HPA.CL4.08 Menyiapkan Dan Membuat Kue Dan Produk Patiseri
8 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
9 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
10 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
11 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
12 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
13 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
14 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
15 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
16 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
17 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
18 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan
19 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
20 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
21 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
22 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Kantor Depan (FO) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/30 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Units
List of Units : Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Kantor Depan (FO)
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi
2 D1.HFO.CL2.04 Memelihara Catatan Keuangan Tamu
3 D1.HFO.CL2.05 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
4 D1.HFO.CL2.07 Menyediakan Layanan Bellboy/Porter
5 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel
6 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
7 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
8 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
9 D1.HOT.CL1.04 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
10 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
11 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
12 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
13 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
14 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
15 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
16 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
17 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
18 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
19 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
20 D1.HSS.CL4.07 Menangani Orang Mabuk
21 D1.HSS.CL4.08 Mengantar, Membawa Dan ,Menyimpan Barang Berharga
22 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat IV Bidang Kantor Depan (GUEST SERVICE SUPERVISION) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/31 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 33 Units
List of Units : Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat IV Bidang Kantor Depan (GUEST SERVICE SUPERVISION)
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
2 D1.HFO.CL2.01 Menerima Dan Memproses Reservasi
3 D1.HFO.CL2.02 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
4 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi
5 D1.HFO.CL2.06 Melakukan Audit Malam
6 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel
7 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional
8 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
9 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
10 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
11 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
12 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan
13 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
14 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
15 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
16 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
17 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
18 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
19 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
20 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
21 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
22 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
23 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
24 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
25 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
26 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan
27 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
28 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
29 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
30 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan
31 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
32 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti
33 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG KANTOR DEPAN (SUPERVISION AND ADMINISTRATION) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/32 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 41 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG KANTOR DEPAN (SUPERVISION AND ADMINISTRATION)
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
2 D1.HFO.CL2.02 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
3 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi
4 D1.HFO.CL2.06 Melakukan Audit Malam
5 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel
6 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional
7 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
8 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
9 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
10 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
11 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan
12 D1.HHR.CL8.07 Melakukan Pemantauan Dan Evaluasi Terhadap Efektivitas Pelatihan
13 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
14 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
15 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
16 D1.HOT.CL1.04 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
17 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
18 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
19 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
20 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
21 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
22 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
23 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
24 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
25 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
26 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
27 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
28 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan
29 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
30 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
31 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
32 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan
33 D1.HSM.CL5.03 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
34 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
35 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti
36 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
37 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
38 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi
39 D1.LAN.CL10.06 Membaca Dan Menulis Menggunakan Bahasa Inggris Pada Tingkat Lanjutan
40 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
41 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/33 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 19 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING)
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu
2 D1.HHK.CL3.02 Membersihkan Area Publik, Fasilitas Dan Peralatan
3 D1.HHK.CL3.03 Membersihkan dan menyiapkan kamar untuk tamu
4 D1.HHK.CL3.07 Membersihkan Dan Merawat Area Perlengkapan Kerja Industri
5 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
6 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
7 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
8 D1.HOT.CL1.04 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
9 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
10 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
11 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
12 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
13 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
14 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
15 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
17 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti
18 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan
19 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) GUEST SERVICE SUPERVISION KKNI SKM/1449/00018/1/2022/34 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 32 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) GUEST SERVICE SUPERVISION
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
2 D1.HGA.CL6.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
3 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
4 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu
5 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri
6 D1.HHK.CL3.06 Menyediakan Layanan Valet Untuk Tamu
7 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
8 D1.HHR.CL8.05 Merencanakan Dan Melaksanakan Rangkaian Acara Pelatihan
9 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan
10 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
11 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
12 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
13 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
14 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
15 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
16 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
17 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
18 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
19 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
20 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
21 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
22 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
23 D1.HSM.CL5.03 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
24 D1.HSM.CL5.06 Membangun Dan Menjaga Hubungan Bisnis
25 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
26 D1.HSS.CL4.08 Mengantar, Membawa Dan ,Menyimpan Barang Berharga
27 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan
28 D1.HSS.CL4.10 Merencanakan Dan Melaksanakan Evakuasi Lokasi
29 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
30 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi
31 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
32 D1.LAN.CL10.11 Menyiapkan Dokumen Bisnis dalam Bahasa Inggris Tingkat Lanjut
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) SUPERVISION AND ADMINISTATION KKNI SKM/1449/00018/1/2022/35 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 39 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) SUPERVISION AND ADMINISTATION
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
2 D1.HGA.CL6.01 Merencanakan Dan Membuat Sistem Dan Prosedur
3 D1.HGA.CL6.02 Bekerja Secara Kooperatif Dalam Lingkungan Administrasi Umum
4 D1.HGA.CL6.04 Mengumpulkan Dan Menyajikan Informasi Tentang Produk
5 D1.HGA.CL6.05 Merencanakan, Mengelola Dan Melaksanakan Rapat
6 D1.HGA.CL6.06 Menyiapkan Dokumen Bisnis
7 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
8 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
9 D1.HGA.CL6.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
10 D1.HGA.CL6.10 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
11 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
12 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu
13 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri
14 D1.HHK.CL3.06 Menyediakan Layanan Valet Untuk Tamu
15 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
16 D1.HHR.CL8.08 Mengevaluasi Efektivitas Sisten Penilaian
17 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
18 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
19 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
20 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
21 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
22 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
23 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
24 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
25 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
26 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
27 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
28 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
29 D1.HRM.CL9.02 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja
30 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan
31 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
32 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
33 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan
34 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
35 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi
36 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
37 D1.LAN.CL10.08 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
38 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris
39 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) WAITING KKNI SKM/1449/00018/1/2022/36 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) WAITING
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
3 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
4 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum
5 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
6 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar
7 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu
8 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering
9 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
10 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
11 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
12 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
13 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
14 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
15 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
17 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
18 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
19 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
20 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
21 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
22 D1.LAN.CL10.02 Memulai Percakapan Dan Membina Hubungan Yang Baik Dengan Tamu
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) BEVERAGES KKNI SKM/1449/00018/1/2022/37 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT II BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) BEVERAGES
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
3 D1.HBS.CL5.06 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Koktail
4 D1.HBS.CL5.07 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Non- Alkohol
5 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
6 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
7 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur
8 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu
9 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering
10 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
11 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
12 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
13 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
14 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
15 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
17 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
18 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
19 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
20 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
21 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
22 D1.LAN.CL10.01 Memberikan Respon Terhadap Insgtruksi Yang Diberikan Dalam Bahasa Inggris
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) SUPERVISOR/PENYELIA KKNI SKM/1449/00018/1/2022/38 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 38 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) SUPERVISOR/PENYELIA
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
3 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum
4 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon
5 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
6 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar
7 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service
8 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur
9 D1.HBS.CL5.17 Menangani Orang Mabuk
10 D1.HCS.CL6.03 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
11 D1.HCS.CL6.07 Mengembangkan Produk Dan Layanan Baru
12 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
13 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
14 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
15 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering
16 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
17 D1.HML.CL10.03 Memimpin Dan Mengelola Tim
18 D1.HRD.CL9.01 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
19 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
20 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
21 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
22 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
23 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
24 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
25 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
26 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
27 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
28 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
29 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
30 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
31 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
32 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
33 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
34 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
35 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
36 D1.LAN.CL10.05 Memberikan Presentasi Sungkat Dalam Bahasa Inggris Secara Lisan
37 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
38 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) SUPERVISION AND ADMINISTATION KKNI SKM/1449/00018/1/2022/39 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 46 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) SUPERVISION AND ADMINISTATION
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.03 Menyediakan Pelayanan Yang Bertanggung Jawab Terhadap Minuman Beralkohol
3 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
4 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum
5 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon
6 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
7 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service
8 D1.HBS.CL5.17 Menangani Orang Mabuk
9 D1.HCS.CL6.04 Mengorganisasikan Functions
10 D1.HFI.CL8.01 Mengaudit Prosedur Keuangan
11 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
12 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
13 D1.HFI.CL8.04 Mengelola Catatan Daftar Gaji
14 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
15 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
16 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering
17 D1.HGE.CL7.01 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
18 D1.HGE.CL7.08 Merencanakan, Mengelola Dan Melaksanakan Rapat
19 D1.HGE.CL7.09 Menyiapkan Dokumen Bisnis
20 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
21 D1.HGE.CL7.14 Mengembangkan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
22 D1.HML.CL10.01 Mengembangkan Dan Mengawasi Operasional Usaha
23 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
24 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
25 D1.HRD.CL9.03 Melaksanakan, Memantau Dan Mengevaluasi Prorgam Pelatihan Dan Proram Pengembangan
26 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
27 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
28 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
29 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
30 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
31 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
32 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
33 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
34 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
35 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
36 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
37 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
38 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
39 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
40 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
41 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
42 D1.HRS.CL1.21 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
43 D1.LAN.CL10.05 Memberikan Presentasi Sungkat Dalam Bahasa Inggris Secara Lisan
44 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
45 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris
46 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan

Competency Infrastructure