Competency Scheme : Pariwisata Angin Mamiri

Scheme Name Type of Scheme Scheme Code LSP Name Sector Subsector Unit Count
ROOM ATTENDANT Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/15 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 14 Units
List of Units : ROOM ATTENDANT
#Unit CodeUnit NameYear
1 I.55HDR00.005.2 Melaksanakan Prosedur Klerikal
2 I.55HDR00.010.2 Menyediakan Layanan Housekeeping untuk Tamu
3 I.55HDR00.012.2 Menyiapkan Kamar untuk Tamu
4 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
5 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
6 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
7 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
8 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
9 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
10 I.55HDR00.174.2 Melaksanakan Tabulasi Data Komputer
11 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
12 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
13 I.55HDR00.222.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Menengah
14 I.55HDR00.243.2 Menyediakan Fasilitas Kehilangan dan Penemuan
PUBLIC AREA CLEANER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/16 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 13 Units
List of Units : PUBLIC AREA CLEANER
#Unit CodeUnit NameYear
1 I.55HDR00.005.2 Melaksanakan Prosedur Klerikal
2 I.55HDR00.010.2 Menyediakan Layanan Housekeeping untuk Tamu
3 I.55HDR00.011.2 Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan
4 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
5 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
6 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
7 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
8 I.55HDR00.162.2 Membersihkan Tempat dan Peralatan Kerja
9 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
10 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
11 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
12 I.55HDR00.222.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Menengah
13 I.55HDR00.243.2 Menyediakan Fasilitas Kehilangan dan Penemuan
RECEPTIONIST Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/10 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 23 Units
List of Units : RECEPTIONIST
#Unit CodeUnit NameYear
1 I.55HDR00.001.2 Memproses Reservasi
2 I.55HDR00.002.2 Menyediakan Layanan Akomodasi Reception
3 I.55HDR00.003.2 Memelihara Catatan Keuangan
4 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan
5 I.55HDR00.005.2 Melaksanakan Prosedur Klerikal
6 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
7 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
8 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
9 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
10 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
11 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
12 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
13 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
14 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
15 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
16 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
17 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
18 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
19 I.55HDR00.219.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Industri Pariwisata
20 I.55HDR00.229.2 Membangun dan Memelihara Tempat Kerja yang Aman
21 I.55HDR00.250.2 Mencari dan Mendapatkan Data Komputer
22 I.55HDR00.253.2 Mempersiapkan Laporan Keuangan
23 I.55HDR00.264.2 Memproses Transaksi Untuk Pembelian Barang dan Jasa
BUTCHER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/9 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 17 Units
List of Units : BUTCHER
#Unit CodeUnit NameYear
1 I.55HDR00.011.2 Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan
2 I.55HDR00.016.2 Menyediakan Layanan Turn Down
3 I.55HDR00.041.2 Menggunakan Metode Dasar Memasak
4 I.55HDR00.049.2 Mengidentifikasi dan Menyiapkan Daging
5 I.55HDR00.053.2 Melaksanakan Prosedur Keselamatan Makanan
6 I.55HDR00.060.2 Menyiapkan Porsi Potongan Daging yang Terkontrol
7 I.55HDR00.070.2 Mengangkut dan Menyimpan Makanan dengan Cara yang Aman
8 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
9 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
10 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
11 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
12 I.55HDR00.161.2 Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja
13 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
14 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
15 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan
16 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
17 I.55HDR00.220.2 Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata
KOMPETENSI BAKER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/8 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 17 Units
List of Units : KOMPETENSI BAKER
#Unit CodeUnit NameYear
1 I.55HDR00.011.2 Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan
2 I.55HDR00.016.2 Menyediakan Layanan Turn Down
3 I.55HDR00.041.2 Menggunakan Metode Dasar Memasak
4 I.55HDR00.053.2 Melaksanakan Prosedur Keselamatan Makanan
5 I.55HDR00.070.2 Mengangkut dan Menyimpan Makanan dengan Cara yang Aman
6 I.55HDR00.084.2 Menyiapkan dan Membuat Makanan yang Mengandung Ragi
7 I.55HDR00.085.2 Menyiapkan Produk Roti Untuk Patisserie
8 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
9 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
10 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
11 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
12 I.55HDR00.161.2 Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja
13 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
14 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
15 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan
16 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
17 I.55HDR00.220.2 Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata
FOOD & BEVERAGE HEAD WAITER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/2 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 32 Units
List of Units : FOOD & BEVERAGE HEAD WAITER
#Unit CodeUnit NameYear
1 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan
2 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
3 I.55HDR00.023.2 Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman
4 I.55HDR00.030.2 Memperbaharui Pengetahuan Makanan dan Minuman
5 I.55HDR00.031.2 Menyediakan Penghubung Antara Area Dapur dan Area Layanan
6 I.55HDR00.033.2 Menyediakan Layanan Minuman Anggur
7 I.55HDR00.034.2 Menghidangkan Cocktail
8 I.55HDR00.035.2 Menyediakan Layanan Gueridon
9 I.55HDR00.036.2 Menyediakan Silver Service
10 I.55HDR00.039.2 Menerima dan Menyimpan Persediaan
11 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
12 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
13 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
14 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
15 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
16 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
17 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
18 I.55HDR00.161.2 Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja
19 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
20 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
21 I.55HDR00.175.2 Membuat Dokumen di Dalam Komputer
22 I.55HDR00.178.2 Melatih Kelompok Kecil
23 I.55HDR00.189.2 Membuat Daftar Personil Staf
24 I.55HDR00.190.2 Memantau Kinerja Staf
25 I.55HDR00.196.2 Menangani Kualitas Layanan Pelanggan
26 I.55HDR00.206.2 Memulai Percakapan dan Mengembangkan Hubungan Baik dengan Tamu
27 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan
28 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan
29 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
30 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
31 I.55HDR00.238.2 Mengawasi Operasi Tempat Kerja Rutin
32 I.55HDR00.244.2 Menjaga Keamanan Lingkungan Kerja dan Harta Benda
KOMPETENSI DEMI CHEF Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/5 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 26 Units
List of Units : KOMPETENSI DEMI CHEF
#Unit CodeUnit NameYear
1 I.55HDR00.039.2 Menerima dan Menyimpan Persediaan
2 I.55HDR00.040.2 Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan Dapur
3 I.55HDR00.041.2 Menggunakan Metode Dasar Memasak
4 I.55HDR00.043.2 Menyiapkan Sandwich
5 I.55HDR00.045.2 Menyiapkan Sup
6 I.55HDR00.046.2 Menyiapkan Sayuran, Telur dan Makanan yang Terbuat dari Tepung
7 I.55HDR00.047.2 Menyiapkan dan Memasak Unggas dan Binatang Buruan
8 I.55HDR00.048.2 Menyiapkan dan Memasak Seafood
9 I.55HDR00.049.2 Mengidentifikasi dan Menyiapkan Daging
10 I.55HDR00.050.2 Menyiapkan Makanan Dessert yang Disajikan Panas dan Dingin
11 I.55HDR00.053.2 Melaksanakan Prosedur Keselamatan Makanan
12 I.55HDR00.054.2 Menyiapkan dan Menyajikan Makanan Pola Diet
13 I.55HDR00.060.2 Menyiapkan Porsi Potongan Daging yang Terkontrol
14 I.55HDR00.070.2 Mengangkut dan Menyimpan Makanan dengan Cara yang Aman
15 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
16 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
17 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
18 I.55HDR00.161.2 Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja
19 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
20 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
21 I.55HDR00.174.2 Melaksanakan Tabulasi Data Komputer
22 I.55HDR00.184.2 Memantau Kegiatan Kerja
23 I.55HDR00.210.2 Memberi Pengarahan Dasar Membaca dan Mengikuti Diagram
24 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
25 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
26 I.55HDR00.261.2 Melakukan Percakapan Singkat di Telepon
FRONT OFFICE SUPERVISOR Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/21 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 36 Units
List of Units : FRONT OFFICE SUPERVISOR
#Unit CodeUnit NameYear
1 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
2 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
3 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
4 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
5 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
6 I.55HDR00.159.2 Mengoordinir Kegiatan Pemasaran dan Promosi
7 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
8 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
9 I.55HDR00.167.2 Mengelola Rapat
10 I.55HDR00.177.2 Melaksanakan Penilaian
11 I.55HDR00.181.2 Melaksanakan Sesi Pelatihan
12 I.55HDR00.182.2 Mengevaluasi Pelatihan dan Sistem Penilaian
13 I.55HDR00.183.2 Mengembangkan Prosedur Penilaian
14 I.55HDR00.184.2 Memantau Kegiatan Kerja
15 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
16 I.55HDR00.187.2 Membangun Tempat Kerja yang Aman
17 I.55HDR00.190.2 Memantau Kinerja Staf
18 I.55HDR00.193.2 Mengelola Keanekaragaman di Tempat Kerja
19 I.55HDR00.194.2 Mengelola Hubungan di Tempat Kerja
20 I.55HDR00.195.2 Memberikan Bimbingan Kepada Staf
21 I.55HDR00.199.2 Memantau Anggaran
22 I.55HDR00.201.2 Mengelola Persediaan
23 I.55HDR00.207.2 Melakukan Percakapan Singkat di Telepon
24 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan
25 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
26 I.55HDR00.219.2 Mengembangkan dan Memutakhirkan Pengetahuan Industri Pariwisata
27 I.55HDR00.220.2 Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata
28 I.55HDR00.221.2 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
29 I.55HDR00.227.2 Mengevaluasi Penilaian Kinerja Staf
30 I.55HDR00.228.2 Membaca dan Menulis Bahasa Inggris pada Tingkat Lanjut
31 I.55HDR00.229.2 Membangun dan Memelihara Tempat Kerja yang Aman
32 I.55HDR00.236.2 Menangani Kualitas Pelanggan
33 I.55HDR00.237.2 Mengawasi dan Mengelola Hubungan Tempat Kerja dan Keragamannya
34 I.55HDR00.238.2 Mengawasi Operasi Tempat Kerja Rutin
35 I.55HDR00.240.2 Melakukan Analisa Kebutuhan Pelatihan
36 I.55HDR00.241.2 Merencanakan Penilaian
BARISTA Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/35 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 12 Units
List of Units : BARISTA
#Unit CodeUnit NameYear
1 I.55HDR00.122.2 Menyiapkan dan Membuat Bumbu Kari
2 I.55HDR00.129.2 Menyiapkan dan Membuat Dessert Indonesia
3 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
4 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
5 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
6 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
7 I.563030.001.01 Mengelola Bahan Baku
8 I.563030.002.01 Mengelola Peralatan dan Perlengkapan
9 I.563030.003.01 Mengelola Area Kerja
10 I.563030.004.01 Menangani Pelanggan
11 I.563030.005.01 Mengoperasikan Peralatan
12 I.563030.006.01 Mengembangkan produk minuman kopi
PEMIMPIN PERJALANAN WISATA (TOUR LEADER) Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/33 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 22 Units
List of Units : PEMIMPIN PERJALANAN WISATA (TOUR LEADER)
#Unit CodeUnit NameYear
1 PAR.TL02.001.01 Melakukan Persiapan Tur
2 PAR.TL02.002.01 Mengkoordinasikan jadwal persiapan
3 PAR.TL02.003.01 Mengembangkan Pengetahuan Destinasi
4 PAR.TL02.004.01 Mengatur saat keberangkatan
5 PAR.TL02.005.01 Mengatur saat transit
6 PAR.TL02.006.01 Mengatur saat tiba
7 PAR.TL02.007.01 Mengatur saat di kendaraan
8 PAR.TL02.008.01 Mengatur saat check in dan check out di hotel
9 PAR.TL02.009.01 Mengatur peserta saat tur
10 PAR.TL02.010.01 Mengelola tur tambahan
11 PAR.TL02.011.01 Mengatur perpindahan moda transportasi
12 PAR.TL02.012.01 Mengelola permasalahan yang tidak terduga
13 PAR.TL02.013.01 Menangani keluhan peserta selama tur
14 PAR.TL02.014.01 Mengelola laporan tur
15 PAR.UJ.01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Wisatawan
16 PAR.UJ.01.002.01 Bekerja dalam Lingkungan Sosial yang bebeda
17 PAR.UJ.01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
18 PAR.UJ.01.004.01 Menangani Situasi Konflik
19 PAR.UJ.01.005.01 Mengembangkan dan Memutakirkan Pengetahuan Pariwisata tentang tempat kepemanduan Otbound populer yang dikunjungi wisatawan
20 PAR.UJ03.001.01 Melakukan komunikasi secara lisan dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
21 PAR.UJ03.002.01 Membaca dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
22 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
ASSISTANT GENERAL MANAGER TTA.02 Okupasi SKM/0271/00019/2/2019/30 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Jasa Perorangan Lainnya Aktivitas Jasa Lainnya 37 Units
List of Units : ASSISTANT GENERAL MANAGER TTA.02
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HML.CL.10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
2 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
3 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
4 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
5 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
6 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
8 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
9 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
10 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
11 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
12 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
13 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
14 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
15 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
16 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
17 D2.TCC.CL1.16 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
18 D2.TCS.CL5.03 Membangun Dan Memelihara Pendekatan Tim Dalam Penyajian Layanan
19 D2.TCS.CL5.06 Mengkoordinasikan Pembuatan Brosur Dan Materi Pemasaran
20 D2.TCS.CL5.07 Membuat, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Inisiatif Produk Strategis
21 D2.TCS.CL5.14 Mengembangkan/Memantau Kegiatan Pariwisata Ekologi Yang Berkelanjutan
22 D2.TCS.CL5.17 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
23 D2.TGA.CL6.02 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
24 D2.TGA.CL6.04 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
25 D2.TGA.CL6.05 Meminimalkan Resiko Kehilangan
26 D2.TGA.CL6.06 Mengoperasikan Sistem Informasi Secara Otomatis
27 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
28 D2.TRM.CL9.15 Memantau Dan Memelihara Sistem Komputer
29 D2.TRM.CL9.16 Memantau Kinerja Karyawan
30 D2.TTA.CL2.01 Mengakses Dan Menjelaskan Informasi Produ
31 D2.TTA.CL2.13 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
32 D2.TTA.CL2.16 Menyiapkan Dan Menentukan Perhitungan Harga
33 D2.TTO.CL4.06 Mengembangakan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
34 I.55HDR00.184.2 Memantau Kegiatan Kerja
35 PAR.UJ03.008.01 Menyusun jadwal staf
36 PAR.UJ03.026.01 Mengoperasikan sistim informasi secara otomatis
37 PAR.UJ03.043.01* Menyediakan Pertolongan Pertama
TOUR MANAGER Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/28 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 37 Units
List of Units : TOUR MANAGER
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HML.CL.10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
2 D2.LAN.CL10.04 Membaca Dan Menulis Menggunakan Bahasa Inggris Pada Tingkat Lanjutan
3 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
4 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
5 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
6 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
8 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
9 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
10 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
11 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
12 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
13 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
14 D2.TCS.CL5.02 Melakukan Asesmen Dan Merencanakan Peluang Pariwisata Untuk Komunitas Lokal
15 D2.TCS.CL5.03 Membangun Dan Memelihara Pendekatan Tim Dalam Penyajian Layanan
16 D2.TCS.CL5.22 Mencari Sumber Dan Membuat Paket Wisata
17 D2.TFA.CL7.02 Melakukan Interpretasi Atas Laporan Keuangan
18 D2.TGA.CL6.06 Mengoperasikan Sistem Informasi Secara Otomatis
19 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
20 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
21 D2.TRM.CL9.18 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
22 D2.TTA.CL2.09 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
23 D2.TTA.CL2.14 Mengoperasikan Sistem Informasi Secara Otomatis
24 D2.TTA.CL2.20 Mencari dan menyediakan informasi dan sarana mengenai daerah tujuan wisata
25 D2.TTG.CL3.01 Bekerja Sebagai Pemandu Wisata
26 D2.TTG.CL3.02 Mengalokasikan Sumber Daya Tur
27 D2.TTG.CL3.03 Mengelola Kegiatan Penafsiran Di Lapangan
28 D2.TTG.CL3.04 Melakukan Pemeriksaan Pra-Keberangkatan
29 D2.TTG.CL3.05 Mengkoordinir Dan Mengoperasikan Sebuah Tur Sehari (Atau Tamasya Singkat)
30 D2.TTG.CL3.08 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
31 D2.TTG.CL3.11 Memimpin Grup Wisatawan Dengan Sikap Yang Bertanggung Jawab
32 D2.TTG.CL3.12 Memelihara Hubungan Dengan Agen
33 D2.TTG.CL3.15 Merencanakan, Menguji Coba Dan Mengimplementasikan Dampak Resiko Minimal Dalam Operasional
34 D2.TTO.CL4.06 Mengembangakan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
35 D2.TTO.CL4.18 Menyediakan Pelayanan Katering Di Area Perkemahan
36 PAR.UJ03.008.01 Menyusun jadwal staf
37 PAR.UJ03.032.01 Memimpin dan mengelola sumber daya manusia
FOOD & BEVERAGE WAITER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/4 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Units
List of Units : FOOD & BEVERAGE WAITER
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu
3 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan
4 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
5 I.55HDR00.023.2 Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman
6 I.55HDR00.027.2 Menyediakan Room Service
7 I.55HDR00.029.2 Menyajikan Minuman Non-Alkohol
8 I.55HDR00.031.2 Menyediakan Penghubung Antara Area Dapur dan Area Layanan
9 I.55HDR00.032.2 Menyediakan Saran Ahli tentang Makanan
10 I.55HDR00.033.2 Menyediakan Layanan Minuman Anggur
11 I.55HDR00.035.2 Menyediakan Layanan Gueridon
12 I.55HDR00.036.2 Menyediakan Silver Service
13 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
14 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
15 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
16 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
17 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
18 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
19 I.55HDR00.162.2 Membersihkan Tempat dan Peralatan Kerja
20 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
21 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
22 I.55HDR00.168.2 Menerima dan Menyimpan Barang
23 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan
24 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan
25 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
26 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
27 I.55HDR00.264.2 Memproses Transaksi Untuk Pembelian Barang dan Jasa
CREDIT MANAGER Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/26 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 28 Units
List of Units : CREDIT MANAGER
#Unit CodeUnit NameYear
1 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
2 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
3 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
4 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
5 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
6 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
7 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
8 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
9 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
10 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
11 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
12 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
13 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
14 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
15 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D2.TCS.CL5.01 Menerapkan Teknik Penanganan Outlet Penjualan
17 D2.TCS.CL5.06 Mengkoordinasikan Pembuatan Brosur Dan Materi Pemasaran
18 D2.TCS.CL5.16 Mengimplementasikan Prosedur Dan Sistem Manajemen Perhelatan
19 D2.TCS.CL5.18 Merencanakan dan Menetapkan Aktifitas Penjualan
20 D2.TCS.CL5.21 Mempromosikan Produk Dan Layanan Wisata
21 D2.TFA.CL7.03 Memelihara Sistem Akuntansi Keuangan Yang Aman
22 D2.TFA.CL7.04 Mengelola Komitmen/Persetujuan Kontrak
23 D2.TGA.CL6.10 Mengembangkan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
24 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
25 D2.TRM.CL9.08 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
26 D2.TRM.CL9.21 Melakukan Penjadwalan Staf
27 PAR.UJ03.032.01 Memimpin dan mengelola sumber daya manusia
28 PAR.UJ03.052.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional tinggi
TELEPHONE OPERATOR Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/11 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 18 Units
List of Units : TELEPHONE OPERATOR
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HFO.CL2.08 Mengoperasikan Telepon PABX
2 D1.HFO.CL2.09 Menerima Dan Meneruskan Telepon Masuk
3 D1.HFO.CL2.10 Memfasilitasi Layanan Telepon Keluar
4 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional
5 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
6 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
7 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
8 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
9 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
10 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
11 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
12 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
13 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
14 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
15 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
16 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
17 D1.HOT.CL1.15 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
18 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
BELL BOY Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/12 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 15 Units
List of Units : BELL BOY
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan
2 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
3 I.55HDR00.009.2 Menyediakan Jasa Porter
4 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
5 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
6 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
7 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
8 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
9 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
10 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
11 I.55HDR00.187.2 Membangun Tempat Kerja yang Aman
12 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
13 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
14 I.55HDR00.244.2 Menjaga Keamanan Lingkungan Kerja dan Harta Benda
15 I.55HDR00.250.2 Mencari dan Mendapatkan Data Komputer
EXECUTIVE HOUSEKEEPER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/22 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 25 Units
List of Units : EXECUTIVE HOUSEKEEPER
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
2 I.55HDR00.005.2 Melaksanakan Prosedur Klerikal
3 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
4 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
5 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
6 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
7 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
8 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
9 I.55HDR00.156.2 Membuat Presentasi
10 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
11 I.55HDR00.174.2 Melaksanakan Tabulasi Data Komputer
12 I.55HDR00.177.2 Melaksanakan Penilaian
13 I.55HDR00.178.2 Melatih Kelompok Kecil
14 I.55HDR00.181.2 Melaksanakan Sesi Pelatihan
15 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
16 I.55HDR00.187.2 Membangun Tempat Kerja yang Aman
17 I.55HDR00.188.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Hukum Untuk Keperluan Bisnis
18 I.55HDR00.191.2 Melaksanakan Perekrutan Staf
19 I.55HDR00.192.2 Mengelola Sumber Daya Manusia
20 I.55HDR00.198.2 Mengelola Keuangan Sesuai Anggaran
21 I.55HDR00.199.2 Memantau Anggaran
22 I.55HDR00.200.2 Mengelola Aset Fisik
23 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
24 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
25 I.55HDR00.220.2 Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata
LAUNDRY MANAGER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/23 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 35 Units
List of Units : LAUNDRY MANAGER
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
2 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan
3 I.55HDR00.005.2 Melaksanakan Prosedur Klerikal
4 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
5 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
6 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
7 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
8 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
9 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
10 I.55HDR00.156.2 Membuat Presentasi
11 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
12 I.55HDR00.168.2 Menerima dan Menyimpan Barang
13 I.55HDR00.169.2 Melaksanakan Pengadaan Barang
14 I.55HDR00.177.2 Melaksanakan Penilaian
15 I.55HDR00.178.2 Melatih Kelompok Kecil
16 I.55HDR00.181.2 Melaksanakan Sesi Pelatihan
17 I.55HDR00.184.2 Memantau Kegiatan Kerja
18 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
19 I.55HDR00.187.2 Membangun Tempat Kerja yang Aman
20 I.55HDR00.188.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Hukum Untuk Keperluan Bisnis
21 I.55HDR00.189.2 Membuat Daftar Personil Staf
22 I.55HDR00.190.2 Memantau Kinerja Staf
23 I.55HDR00.191.2 Melaksanakan Perekrutan Staf
24 I.55HDR00.192.2 Mengelola Sumber Daya Manusia
25 I.55HDR00.193.2 Mengelola Keanekaragaman di Tempat Kerja
26 I.55HDR00.196.2 Menangani Kualitas Layanan Pelanggan
27 I.55HDR00.199.2 Memantau Anggaran
28 I.55HDR00.201.2 Mengelola Persediaan
29 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
30 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
31 I.55HDR00.220.2 Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata
32 I.55HDR00.225.2 Merencanakan Rapat
33 I.55HDR00.230.2 Membaca Bahasa Inggris tingkat Lanjut
34 I.55HDR00.232.2 Mempersiapkan dan Mengawasi Anggaran Operasional.
35 I.55HDR00.250.2 Mencari dan Mendapatkan Data Komputer
FLOOR SUPERVISOR Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/13 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 22 Units
List of Units : FLOOR SUPERVISOR
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
2 I.55HDR00.005.2 Melaksanakan Prosedur Klerikal
3 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
4 I.55HDR00.039.2 Menerima dan Menyimpan Persediaan
5 I.55HDR00.069.2 Menyiapkan Paket Bahan Makanan
6 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
7 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
8 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
9 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
10 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
11 I.55HDR00.167.2 Mengelola Rapat
12 I.55HDR00.177.2 Melaksanakan Penilaian
13 I.55HDR00.184.2 Memantau Kegiatan Kerja
14 I.55HDR00.185.2 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
15 I.55HDR00.189.2 Membuat Daftar Personil Staf
16 I.55HDR00.190.2 Memantau Kinerja Staf
17 I.55HDR00.193.2 Mengelola Keanekaragaman di Tempat Kerja
18 I.55HDR00.196.2 Menangani Kualitas Layanan Pelanggan
19 I.55HDR00.201.2 Mengelola Persediaan
20 I.55HDR00.220.2 Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata
21 I.55HDR00.222.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Menengah
22 I.55HDR00.229.2 Membangun dan Memelihara Tempat Kerja yang Aman
KOMPETENSI LAUNDRY ATTENDANT Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/14 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Units
List of Units : KOMPETENSI LAUNDRY ATTENDANT
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu
3 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan
4 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
5 I.55HDR00.023.2 Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman
6 I.55HDR00.027.2 Menyediakan Room Service
7 I.55HDR00.029.2 Menyajikan Minuman Non-Alkohol
8 I.55HDR00.031.2 Menyediakan Penghubung Antara Area Dapur dan Area Layanan
9 I.55HDR00.032.2 Menyediakan Saran Ahli tentang Makanan
10 I.55HDR00.033.2 Menyediakan Layanan Minuman Anggur
11 I.55HDR00.035.2 Menyediakan Layanan Gueridon
12 I.55HDR00.036.2 Menyediakan Silver Service
13 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
14 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
15 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
16 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
17 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
18 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
19 I.55HDR00.162.2 Membersihkan Tempat dan Peralatan Kerja
20 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
21 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
22 I.55HDR00.168.2 Menerima dan Menyimpan Barang
23 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan
24 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan
25 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
26 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
27 I.55HDR00.264.2 Memproses Transaksi Untuk Pembelian Barang dan Jasa
PRODUCT MANAGER Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/24 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 45 Units
List of Units : PRODUCT MANAGER
#Unit CodeUnit NameYear
1 D2.LAN.CL10.03 Membaca Dan Menulis Dalam Bahasa Inggris Di Tingkat Penyelia
2 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
3 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
4 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
5 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
6 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
8 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
9 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
10 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
11 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
12 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
13 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
14 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
15 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
16 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
17 D2.TCC.CL1.16 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
18 D2.TCS.CL5.05 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
19 D2.TCS.CL5.06 Mengkoordinasikan Pembuatan Brosur Dan Materi Pemasaran
20 D2.TCS.CL5.07 Membuat, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Inisiatif Produk Strategis
21 D2.TCS.CL5.08 Mengembangkan Dan Memantau Pariwisata Yang Sesuai Dengan Budaya
22 D2.TCS.CL5.09 Mengembangkan Program Konfrensi
23 D2.TCS.CL5.11 Mengembangkan, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Rencana Wisata Regional
24 D2.TCS.CL5.12 Mengembangkan, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Rencana Sponsor
25 D2.TCS.CL5.13 Mengembangkan, Mengelola Dan Megevaluasi Strategi Pemasaran Lokal
26 D2.TCS.CL5.15 Membangun Dan Menjaga Hubungan Bisnis
27 D2.TCS.CL5.16 Mengimplementasikan Prosedur Dan Sistem Manajemen Perhelatan
28 D2.TCS.CL5.17 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
29 D2.TCS.CL5.19 Menyiapkan Dan Memberikan Presentasi
30 D2.TCS.CL5.21 Mempromosikan Produk Dan Layanan Wisata
31 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
32 D2.TRM.CL9.02 Mengembangkan dan Menerapkan sebuah Rencana Bisnis
33 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
34 D2.TRM.CL9.06 Memimpin Dan Mengelola Tim
35 D2.TRM.CL9.08 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
36 D2.TRM.CL9.10 Mengelola Dan Memonitor Program Dan Proyek Pariwisata Yang Inovatif
37 D2.TRM.CL9.11 Mengelola Aset Fisik Dan Infrasturktur
38 D2.TRM.CL9.15 Memantau Dan Memelihara Sistem Komputer
39 D2.TRM.CL9.19 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
40 D2.TTA.CL2.01 Mengakses Dan Menjelaskan Informasi Produ
41 D2.TTA.CL2.04 Memesan Dan Mengkoordinasikan Pelayanan Pemasok
42 D2.TTA.CL2.19 Mencari Sumber Dan Menyediakan Informasi Dan Saran Tentang Destinasi
43 D2.TTA.CL2.20 Mencari dan menyediakan informasi dan sarana mengenai daerah tujuan wisata
44 D2.TTG.CL3.15 Merencanakan, Menguji Coba Dan Mengimplementasikan Dampak Resiko Minimal Dalam Operasional
45 D2.TTO.CL4.11 Mengelola Resiko Operasional
SALES & MARKETING MANAGER Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/25 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 35 Units
List of Units : SALES & MARKETING MANAGER
#Unit CodeUnit NameYear
1 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
2 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
3 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
4 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
5 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
6 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
7 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
8 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
9 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
10 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
11 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
12 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
13 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
14 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
15 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D2.TCS.CL5.01 Menerapkan Teknik Penanganan Outlet Penjualan
17 D2.TCS.CL5.06 Mengkoordinasikan Pembuatan Brosur Dan Materi Pemasaran
18 D2.TCS.CL5.07 Membuat, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Inisiatif Produk Strategis
19 D2.TCS.CL5.08 Mengembangkan Dan Memantau Pariwisata Yang Sesuai Dengan Budaya
20 D2.TCS.CL5.12 Mengembangkan, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Rencana Sponsor
21 D2.TCS.CL5.16 Mengimplementasikan Prosedur Dan Sistem Manajemen Perhelatan
22 D2.TCS.CL5.21 Mempromosikan Produk Dan Layanan Wisata
23 D2.TFA.CL7.04 Mengelola Komitmen/Persetujuan Kontrak
24 D2.TFA.CL7.05 Mengelola Dan Mengontrol Biaya Operasional
25 D2.TGA.CL6.03 Mengelola Dan Memonitor Program Dan Proyek Pariwisata Yang Inovatif
26 D2.TGA.CL6.04 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
27 D2.TGA.CL6.08 Merencanakan Dan Membuat Sistem Dan Prosedur
28 D2.TGA.CL6.10 Mengembangkan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
29 D2.TRM.CL9.02 Mengembangkan dan Menerapkan sebuah Rencana Bisnis
30 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
31 D2.TRM.CL9.08 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
32 D2.TRM.CL9.10 Mengelola Dan Memonitor Program Dan Proyek Pariwisata Yang Inovatif
33 D2.TRM.CL9.21 Melakukan Penjadwalan Staf
34 PAR.UJ03.032.01 Memimpin dan Mengelola Sumber Daya Manusia
35 PAR.UJ03.052.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional tinggi
TICKETING MANAGER Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/27 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 37 Units
List of Units : TICKETING MANAGER
#Unit CodeUnit NameYear
1 D2.LAN.CL10.03 Membaca Dan Menulis Dalam Bahasa Inggris Di Tingkat Penyelia
2 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
3 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
4 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
5 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
6 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
8 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
9 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
10 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
11 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
12 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
13 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
14 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
15 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
16 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
17 D2.TCS.CL5.03 Membangun Dan Memelihara Pendekatan Tim Dalam Penyajian Layanan
18 D2.TCS.CL5.08 Mengembangkan Dan Memantau Pariwisata Yang Sesuai Dengan Budaya
19 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
20 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
21 D2.TRM.CL9.15 Memantau Dan Memelihara Sistem Komputer
22 D2.TRM.CL9.20 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai
23 D2.TTA.CL2.01 Mengakses Dan Menjelaskan Informasi Produ
24 D2.TTA.CL2.02 Melakukan Administrasi Rencana Penagihan Dan Pembayaran
25 D2.TTA.CL2.03 Menerapkan Aturan Dan Prosedur Tarif Penerbangan Lebih Awal
26 D2.TTA.CL2.04 Memesan Dan Mengkoordinasikan Pelayanan Pemasok
27 D2.TTA.CL2.05 Menyusun Dan Menerbitkan Rencanan Perjalanan Non-Udara
28 D2.TTA.CL2.06 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Domestik
29 D2.TTA.CL2.07 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Promosi Pesawat Internasional
30 D2.TTA.CL2.08 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Internasional Reguler
31 D2.TTA.CL2.13 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
32 D2.TTA.CL2.15 Membuat Dokumentasi Perjalanan Menggunakan Komputer
33 D2.TTA.CL2.18 Mencari Sumber Dan Membuat Paket Wisata
34 D2.TTA.CL2.19 Mencari Sumber Dan Menyediakan Informasi Dan Saran Tentang Destinasi
35 D2.TTA.CL2.20 Mencari dan menyediakan informasi dan sarana mengenai daerah tujuan wisata
36 PAR.UJ01.004.01 Menangani Situasi Konflik
37 PAR.UJ03.034.01 Memberikan bimbingan kepada kolega
GENERAL MANAGER TTA 01 Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/29 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 38 Units
List of Units : GENERAL MANAGER TTA 01
#Unit CodeUnit NameYear
1 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
2 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
3 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
4 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
5 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
6 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
7 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
8 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
9 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
10 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
11 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
12 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
13 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
14 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
15 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
16 D2.TCC.CL1.16 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
17 D2.TCS.CL5.06 Mengkoordinasikan Pembuatan Brosur Dan Materi Pemasaran
18 D2.TCS.CL5.12 Mengembangkan, Mengimplementasikan Dan Mengevaluasi Rencana Sponsor
19 D2.TCS.CL5.14 Mengembangkan/Memantau Kegiatan Pariwisata Ekologi Yang Berkelanjutan
20 D2.TCS.CL5.16 Mengimplementasikan Prosedur Dan Sistem Manajemen Perhelatan
21 D2.TCS.CL5.20 Menyiapkan Dan Menentukan Perhitungan Harga
22 D2.TFA.CL7.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
23 D2.TGA.CL6.08 Merencanakan Dan Membuat Sistem Dan Prosedur
24 D2.TRD.CL8.09 Melakukan Pemantauan Dan Evaluasi Terhadap Efektivitas Pelatihan
25 D2.TRM.CL9.02 Mengembangkan dan Menerapkan sebuah Rencana Bisnis
26 D2.TRM.CL9.04 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
27 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
28 D2.TRM.CL9.08 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
29 D2.TRM.CL9.10 Mengelola Dan Memonitor Program Dan Proyek Pariwisata Yang Inovatif
30 D2.TRM.CL9.11 Mengelola Aset Fisik Dan Infrasturktur
31 D2.TRM.CL9.12 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
32 D2.TRM.CL9.14 Mengelola Dan Menjaga Hubungan Kerja
33 D2.TRM.CL9.20 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai
34 D2.TRM.CL9.21 Melakukan Penjadwalan Staf
35 D2.TTO.CL4.11 Mengelola Resiko Operasional
36 PAR.UJ03.045.01 Membaca dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
37 PAR.UJ03.064.01 Mengelola Sistem Pelatihan dan Sistem Penilaian
38 PAR.UJ03.066.01 Mengembangkan Prosedur Penilaian
FOOD & BEVERAGE OUTLET MANAGER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/1 Pariwisata Angin Mamiri
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 47 Units
List of Units : FOOD & BEVERAGE OUTLET MANAGER
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HCS.CL6.04 Mengorganisasikan Functions
2 D1.HML.CL10.02 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
3 D1.HML.CL10.08 Mengelola Acara Khusus
4 D1.HML.CL10.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
5 D1.HML.CL10.10 Mengelola Sumber Daya Manusia Dengan Efektif
6 D1.HML.CL10.11 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja
7 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
8 D1.HRD.CL9.01 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
9 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
10 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan
11 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
12 I.55HDR00.023.2 Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman
13 I.55HDR00.030.2 Memperbaharui Pengetahuan Makanan dan Minuman
14 I.55HDR00.031.2 Menyediakan Penghubung Antara Area Dapur dan Area Layanan
15 I.55HDR00.065.2 Memonitor Pendapatan dan Biaya Jasa Boga
16 I.55HDR00.093.2 Merencanakan dan Mengoperasikan Coffee Shop
17 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
18 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam
19 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
20 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan
21 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal
22 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan
23 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik
24 I.55HDR00.160.2 Membangun Hubungan Bisnis
25 I.55HDR00.161.2 Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja
26 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama
27 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi
28 I.55HDR00.168.2 Menerima dan Menyimpan Barang
29 I.55HDR00.174.2 Melaksanakan Tabulasi Data Komputer
30 I.55HDR00.180.2 Merencanakan Sejumlah Sesi Pelatihan
31 I.55HDR00.188.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Hukum Untuk Keperluan Bisnis
32 I.55HDR00.189.2 Membuat Daftar Personil Staf
33 I.55HDR00.190.2 Memantau Kinerja Staf
34 I.55HDR00.191.2 Melaksanakan Perekrutan Staf
35 I.55HDR00.197.2 Mengembangkan Strategi Pemasaran
36 I.55HDR00.198.2 Mengelola Keuangan Sesuai Anggaran
37 I.55HDR00.199.2 Memantau Anggaran
38 I.55HDR00.200.2 Mengelola Aset Fisik
39 I.55HDR00.203.2 Melaksanakan Pemantauan Rencana Bisnis
40 I.55HDR00.208.2 Menggunakan Bahasa Lisan untuk Negosiasi Pertukaran Informasi yang Kompleks Dalam Jenis Konteks Hotel dan Restoran
41 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan
42 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan
43 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
44 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata
45 I.55HDR00.228.2 Membaca dan Menulis Bahasa Inggris pada Tingkat Lanjut
46 I.55HDR00.233.2 Memantau dan Mengevaluasi Efektivitas Hasil Pelatihan
47 I.55HDR00.253.2 Mempersiapkan Laporan Keuangan

Competency Infrastructure