| Data Engineer |
|
|
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
|
|
10 Unit |
Daftar Unit : Data Engineer
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.62DMS00.001.1 |
Mengidentifikasi Kebutuhan Pengelolaan Data untuk Proses Bisnis |
|
| 2 |
J.62DMS00.002.1 |
Merencanakan Manajemen Data |
|
| 3 |
J.62DMS00.003.1 |
Merencanakan Arsitektur Data |
|
| 4 |
J.62DMS00.004.1 |
Merencanakan Integrasi Data |
|
| 5 |
J.62DMS00.005.1 |
Merencanakan Media Penyimpanan Data |
|
| 6 |
J.62DMS00.007.1 |
Merancangbangun Big Data |
|
| 7 |
J.62DMS00.008.1 |
Mengelola Reference and Master Data |
|
| 8 |
J.62DMS00.009.1 |
Mengelola Metadata |
|
| 9 |
J.62DMS00.012.1 |
Mengelola Kualitas Data |
|
| 10 |
J.62DMS00.014.1 |
Membuat Data Warehouse |
|
|
| Network Technician |
|
|
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
|
|
4 Unit |
Daftar Unit : Network Technician
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.611000.008.02 |
Menyiapkan Kabel Jaringan |
|
| 2 |
J.611000.009.02 |
Memasang Kabel Jaringan |
|
| 3 |
J.611000.010.02 |
Memasang Jaringan Nirkabel |
|
| 4 |
J.611000.019.01 |
Mengganti Perangkat Jaringan yang Rusak |
|
|
| Engineer Perangkat IoT |
|
|
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
|
|
7 Unit |
Daftar Unit : Engineer Perangkat IoT
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.61IOT01.004.1 |
Mengintegrasikan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak (Firmware) untuk Device IoT |
|
| 2 |
J.61IOT01.010.1 |
Menguji Coba Aplikasi IoT |
|
| 3 |
J.61IOT01.019.1 |
Melakukan Instalasi Firmware pada Perangkat (Device) Secara Over The Air (OTA) |
|
| 4 |
J.61IOT01.022.1 |
Menggelar Aplikasi IoT Berbasis Web |
|
| 5 |
J.61IOT01.023.1 |
Mengimplementasi Aplikasi IoT Berbasis Mobile |
|
| 6 |
J.61IOT01.026.1 |
Menerapkan Perimeter Keamanan pada Perangkat IoT |
|
| 7 |
J.61IOT01.041.1 |
Mengaplikasikan Patch Keamanan pada Perangkat IoT |
|
|
| Engineer Platform IoT |
|
|
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
|
|
9 Unit |
Daftar Unit : Engineer Platform IoT
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.61IOT01.002.1 |
Menguji Coba Desain Platform IoT |
|
| 2 |
J.61IOT01.007.1 |
Menggunakan Protokol Komunikasi IoT pada Aplikasi Berbasis Mobile |
|
| 3 |
J.61IOT01.008.1 |
Membuat Program Visual Antarmuka pada Perangkat Berbasis Web yang Terintegrasi dengan Mikrokontroler |
|
| 4 |
J.61IOT01.009.1 |
Menggunakan Protokol Komunikasi IoT pada Aplikasi Berbasis Web |
|
| 5 |
J.61IOT01.010.1 |
Menguji Coba Aplikasi IoT |
|
| 6 |
J.61IOT01.015.1 |
Membuat dan Mengoperasikan IoT On Premise dan Hybrid |
|
| 7 |
J.61IOT01.019.1 |
Melakukan Instalasi Firmware pada Perangkat (Device) Secara Over The Air (OTA) |
|
| 8 |
J.61IOT01.022.1 |
Menggelar Aplikasi IoT Berbasis Web |
|
| 9 |
J.61IOT01.023.1 |
Mengimplementasi Aplikasi IoT Berbasis Mobile |
|
|
| BUSINESS INTELLIGENCE ANALYST |
|
|
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
|
|
7 Unit |
Daftar Unit : BUSINESS INTELLIGENCE ANALYST
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.62DMI00.004.1 |
Mengumpulkan Data |
|
| 2 |
J.62DMI00.005.1 |
Menelaah Data |
|
| 3 |
J.62DMI00.006.1 |
Memvalidasi Data |
|
| 4 |
J.62DMI00.007.1 |
Menentukan Objek Data |
|
| 5 |
J.62DMI00.009.1 |
Mengkonstruksi Data |
|
| 6 |
J.62DMI00.011.1 |
Mengintegrasikan Data |
|
| 7 |
J.62DMS00.015.1 |
Membuat Business Intelligence |
|
|
| Systems Administrator |
|
|
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
|
|
25 Unit |
Daftar Unit : Systems Administrator
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.63SAM00.001.2 |
Mengumpulkan kebutuhan pengguna |
|
| 2 |
J.63SAM00.002.2 |
Mengidentifikasikan System Environtment dengan teknologi yang sesuai |
|
| 3 |
J.63SAM00.003.2 |
Merancang arsitektur server environtment |
|
| 4 |
J.63SAM00.004.2 |
Merancang sistem keamanan Server Environment |
|
| 5 |
J.63SAM00.005.1 |
Merancang skenario pengujian server |
|
| 6 |
J.63SAM00.006.1 |
Menginstall sistem operasi server |
|
| 7 |
J.63SAM00.007.2 |
Menginstall sumber daya berbagi pakai pada server environment |
|
| 8 |
J.63SAM00.008.1 |
Mengupgrade server |
|
| 9 |
J.63SAM00.009.1 |
Memigrasi server |
|
| 10 |
J.63SAM00.010.1 |
Menginstall virtual server |
|
| 11 |
J.63SAM00.011.2 |
Menginstall common network services pada server |
|
| 12 |
J.63SAM00.012.2 |
Menginstall common application services pada server |
|
| 13 |
J.63SAM00.013.1 |
Mnegkonfigurasi sistem operasi server |
|
| 14 |
J.63SAM00.014.2 |
Mengkonfigurasi common network services pada server |
|
| 15 |
J.63SAM00.015.2 |
Mengkonfigurasi common application services pada server |
|
| 16 |
J.63SAM00.016.1 |
Mengkonfigurasi virtual server |
|
| 17 |
J.63SAM00.017.2 |
Membuat kode program untuk keperluan adminostrasi sistem |
|
| 18 |
J.63SAM00.018.2 |
Mengimplementasikan keamanan sistem server |
|
| 19 |
J.63SAM00.019.1 |
Memantau ketersediaan sistem |
|
| 20 |
J.63SAM00.020.1 |
Memantau kinerja sistem |
|
| 21 |
J.63SAM00.021.2 |
Memantau keamanan sistem |
|
| 22 |
J.63SAM00.022.1 |
Menginvestigasi kerusakan sistem |
|
| 23 |
J.63SAM00.023.1 |
Memperbaiki kerusakan sistem |
|
| 24 |
J.63SAM00.024.1 |
Mengevaluasi sistem untuk pengembangan masa depan |
|
| 25 |
J.63SAM00.025.2 |
Melakukan restore sistem |
|
|
| Digital Transformation Planner 4.0 |
|
|
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
|
|
9 Unit |
Daftar Unit : Digital Transformation Planner 4.0
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
C.29TDI01.001.1 |
Merumuskan Aspirasi Transformasi Industri 4.0 |
|
| 2 |
C.29TDI01.002.1 |
Merumuskan Peluang Penerapan Transformasi Industri 4.0 |
|
| 3 |
C.29TDI01.003.1 |
Merencanakan Transformasi Industri 4.0 |
|
| 4 |
J.620200.001.01 |
Menentukan Metode Pemodelan Arsitektur Bisnis dan Business Building Block yang Diperlukan |
|
| 5 |
J.620200.002.01 |
Menetapkan Matriks, Diagram, dan Jenis Kebutuhan (Requirements) yang Diperlukan pada Arsitektur Bisnis |
|
| 6 |
J.620200.003.01 |
Menetapkan Baseline dan Target Arsitektur Bisnis, serta Kesenjangan antara Baseline dan Target Arsitektur Bisnis |
|
| 7 |
J.620200.004.01 |
Menyusun Roadmap Arsitektur Bisnis |
|
| 8 |
J.620200.005.01 |
Mengevaluasi Artefak Arsitektur dalam Architecture Landscape yang Terkait dengan Arsitektur Bisnis |
|
| 9 |
J.620200.006.01 |
Memfinalisasikan Arsitektur Bisnis |
|
|
| Staff Operasi Pusat Data |
|
|
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
|
|
6 Unit |
Daftar Unit : Staff Operasi Pusat Data
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.631100.009.01 |
Mengelola Keselamatan Kerja |
|
| 2 |
J.631100.010.01 |
Mengelola Keamanan Fisik Pusat Data |
|
| 3 |
J.631100.011.01 |
Mengelola Kegiatan Operasi Pusat Data Harian |
|
| 4 |
J.631100.012.01 |
Mengelola Kegiatan Pembersihan Pusat Data |
|
| 5 |
J.631100.013.01 |
Mengelola Siklus Hidup Peralatan dan Perangkat Pusat Data |
|
| 6 |
J.631100.014.01 |
Mengelola Kegiatan Perawatan Pusat Data |
|
|
| UI/UX Designer |
|
|
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
|
|
6 Unit |
Daftar Unit : UI/UX Designer
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.62SAD00.013.1 |
Merancang User Interface (UI) |
|
| 2 |
J.62SAD00.014.1 |
Merancang User Experience (UX) |
|
| 3 |
M.74DKV13.002.3 |
Menerapkan Prinsip Desain |
|
| 4 |
M.74DKV13.003.3 |
Menerapkan Prinsip Komunikasi |
|
| 5 |
M.74DKV13.010.3 |
Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain |
|
| 6 |
M.74DKV13.012.2 |
Menciptakan Karya Desain |
|
|
| Web Developer |
|
|
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
|
|
22 Unit |
Daftar Unit : Web Developer
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.620100.001.01 |
Menganalisis Tools |
|
| 2 |
J.620100.002.01 |
Menganalisis Skalabilitas Perangkat Lunak |
|
| 3 |
J.620100.003.01 |
Melakukan Identifikasi Library, Komponen atau Framework yang Diperlukan |
|
| 4 |
J.620100.020.02 |
Menggunakan SQL |
|
| 5 |
J.620100.022.02 |
Mengimplementasikan Algoritma Pemrograman |
|
| 6 |
J.620100.024.02 |
Melakukan Migrasi Ke Teknologi Baru |
|
| 7 |
J.620100.025.02 |
Melakukan Debugging |
|
| 8 |
J.620100.028.02 |
Menerapkan Pemrograman Real Time |
|
| 9 |
J.620100.029.02 |
Menerapkan Pemrograman Paralel |
|
| 10 |
J.620100.030.02 |
Menerapkan Pemrograman Multimedia |
|
| 11 |
J.620100.038.01 |
Melaksanakan Pengujian Oleh Pengguna (UAT) |
|
| 12 |
J.620100.039.02 |
Memberikan Petunjuk Teknis Kepada Pelanggan |
|
| 13 |
J.620100.041.01 |
Melaksanakan Cutover Aplikasi |
|
| 14 |
J.620100.043.01 |
Menganalisis Dampak Perubahan Terhadap Aplikasi |
|
| 15 |
J.620100.044.01 |
Menerapkan Alert Notification Jika Aplikasi Bermasalah |
|
| 16 |
J.620100.045.01 |
Melakukan Pemantauan Resource yang Digunakan Aplikasi |
|
| 17 |
J.620100.047.01 |
Melakukan Pembaharuan Perangkat Lunak |
|
| 18 |
J.62090.018.01 |
Mengelola Risiko Keamanan Informasi |
|
| 19 |
M.702090.001.01 |
Mengelola Proyek Secara Terintegrasi (Project Integration Management) |
|
| 20 |
M.702090.002.01 |
Mengelola Ruang Lingkup Proyek (Project Scope Management) |
|
| 21 |
M.702090.005.01 |
Mengelola Kualitas Proyek (Project Quality Management) |
|
| 22 |
TIK.SM03.001.01 |
Menentukan Arsitektur Perangkat Keras |
|
|
| Cyber Security Analyst |
|
|
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
|
|
11 Unit |
Daftar Unit : Cyber Security Analyst
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.62090.001.01 |
Menerapkan Prinsip Perlindungan Informasi |
|
| 2 |
J.62090.003.01 |
Menerapkan Prinsip Keamanan Informasi untuk Penggunaan Jaringan Internet |
|
| 3 |
J.62090.004.01 |
Menerapkan Prinsip Keamanan Informasi pada Transaksi Elektronik |
|
| 4 |
J.62090.005.01 |
Menyusun Dokumen Kebijakan Keamanan Informasi |
|
| 5 |
J.62090.006.01 |
Melaksanakan Kebijakan Keamanan Informasi |
|
| 6 |
J.62090.012.01 |
Mengaplikasikan Ketentuan/Persyaratan Keamanan Informasi |
|
| 7 |
J.62090.020.01 |
Mengelola Log |
|
| 8 |
J.62090.024.01 |
Melaksanakan Pencatatan Asset |
|
| 9 |
J.62090.032.01 |
Menerapkan Kontrol Akses Berdasarkan Konsep/Metodologi yang Telah Ditetapkan |
|
| 10 |
J.62090.033.01 |
Mengidentifikasi Serangan-Serangan Terhadap Kontrol Akses |
|
| 11 |
J.620900.026.02 |
Melakukan Instalasi Software Aplikasi |
|
|
| Full Stack Developer |
|
|
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
|
|
12 Unit |
Daftar Unit : Full Stack Developer
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.620100.005.02 |
Mengimplementasikan User Interface |
|
| 2 |
J.620100.010.01 |
Menerapkan Perintah Eksekusi Bahasa Pemrograman Berbasis Teks, Grafik, dan Multimedia |
|
| 3 |
J.620100.013.01 |
Menerapkan Pemecahan Permasalahan Menjadi Subrutin |
|
| 4 |
J.620100.019.02 |
Menggunakan Library atau Komponen Pre- Existing |
|
| 5 |
J.620100.021.02 |
Menerapkan Akses Basis Data |
|
| 6 |
J.620100.025.02 |
Melakukan Debugging |
|
| 7 |
J.620100.033.02 |
Melaksanakan Pengujian Unit Program |
|
| 8 |
J.62SAD00.006.1 |
Membuat Kebutuhan Dokumentasi Spesifikasi Perangkat Lunak |
|
| 9 |
J.62SAD00.008.1 |
Membuat Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak |
|
| 10 |
J.62SAD00.009.1 |
Meninjau ulang (review) Kebutuhan Perangkat Lunak |
|
| 11 |
J.62SAD00.010.1 |
Melakukan Validasi Spesifikasi dan Menyusun Uji Penerimaan Pengguna Kebutuhan Perangkat Lunak |
|
| 12 |
J.62SAD00.011.1 |
Merancang Struktur Perangkat Lunak |
|
|
| Social Media Marketing |
KKNI |
SKM/1565/00010/1/2021/39 |
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
Aktivitas jasa Informasi |
Informasi dan Komunikasi |
14 Unit |
Daftar Unit : Social Media Marketing
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.63OPR00.010.2 |
Menggunakan Aplikasi Media Sosial |
2018 |
| 2 |
M.702090.006.01 |
Menyusun rencana aktifitas penjualan |
2013 |
| 3 |
M.70MKT00.009.2 |
Merencanakan Riset Terhadap Sebuah Produk dan/atau Merek |
|
| 4 |
M.70MKT00.012.1 |
Menggunakan Media Sosial dan Aplikasi Daring (Online Tools) |
|
| 5 |
M.70MKT00.013.1 |
Melaksanakan Kegiatan Analisis di Media Sosial dan Media Bisnis Digital |
|
| 6 |
M.70MKT00.014.1 |
Mempersiapkan Konten Digital |
|
| 7 |
M.70MKT00.015.1 |
Mengoptimalkan Pengelolaan Media Sosial dan Rencana Aplikasi Digital |
|
| 8 |
M.70MKT00.033.1 |
Mengembangkan Pengetahuan Produk (Barang/Jasa) |
|
| 9 |
M.731000.001.01 |
Membuat Perencanaan Periklanan |
2014 |
| 10 |
M.731000.002.01 |
Mengelola Hubungan dengan Klien |
2014 |
| 11 |
M.731000.004.01 |
Merancang Strategi dan Pembelian Media |
2014 |
| 12 |
M.73ADV00.038.1 |
Melaksanakan Optimasi Periklanan Digital |
|
| 13 |
M.74100.009.02 |
Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain |
2016 |
| 14 |
M.74100.010.01 |
Menciptakan Karya Desain |
2016 |
|
| 3D Illustration Artist |
KKNI |
SKM/1565/00010/1/2021/57 |
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik |
Informasi dan Komunikasi |
11 Unit |
Daftar Unit : 3D Illustration Artist
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.591120.008.01 |
Membuat model digital hardsurface 3 dimensi |
2014 |
| 2 |
J.591120.009.01 |
Membuat model digital organik 3 dimensi |
2014 |
| 3 |
J.591120.011.01 |
Membuat pencitraan UV mesh |
2014 |
| 4 |
J.591120.012.01 |
Membuat pencitraan gambar digital (rendering) |
2014 |
| 5 |
J.591120.013.01 |
Membuat pencitraan tekstur permukaan |
2014 |
| 6 |
J.591120.014.01 |
Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) |
2014 |
| 7 |
J.591120.015.01 |
Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) |
2014 |
| 8 |
J.591120.020.01 |
Membuat pencitraan cahaya digital |
2014 |
| 9 |
J.591120.021.01 |
Membuat pencitraan sifat permukaan (shading) |
2014 |
| 10 |
J.591120.031.01 |
Mempersiapkan sudut pandang kamera digital |
2014 |
| 11 |
J.591120.043.01 |
Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing) |
2014 |
|
| Desainer Multimedia Madya |
Okupasi |
SKM/1565/00010/2/2017/53 |
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik |
Informasi dan Komunikasi |
9 Unit |
Daftar Unit : Desainer Multimedia Madya
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.59MTM00.002.1 |
Melakukan Riset Kreatif Multimedia |
2018 |
| 2 |
J.59MTM00.006.1 |
Membuat Arahan Visual |
2018 |
| 3 |
J.59MTM00.007.1 |
Mengevaluasi Output Visual |
2018 |
| 4 |
J.59MTM00.013.1 |
Mengevaluasi Hasil Pembuatan Aset Audio |
2018 |
| 5 |
J.59MTM00.015.1 |
Membuat Aset Audio Berdasarkan Langkah Kerja Yang Telah Ditetapkan |
2018 |
| 6 |
J.59MTM00.016.1 |
Merencanakan Arah Kebutuhan Teknik |
2018 |
| 7 |
J.59MTM00.017.1 |
Menentukan Kebutuhan Aset Teknik |
2018 |
| 8 |
J.59MTM00.023.1 |
Membuat Pemrograman Interaktif Berdasarkan Langkah Kerja |
2018 |
| 9 |
J.59MTM00.026.1 |
Memvalidasi Hasil Evaluasi Sesuai dengan Brief |
2018 |
|
| OPERATOR KOMPUTER MUDA |
Okupasi |
SKM/1565/00010/2/2019/1 |
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
Aktivitas jasa Informasi |
Informasi dan Komunikasi |
11 Unit |
Daftar Unit : OPERATOR KOMPUTER MUDA
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.63OPR00.002.2 |
Menggunakan Sistem Operasi |
2018 |
| 2 |
J.63OPR00.002.2 |
Menggunakan Sistem Operasi |
|
| 3 |
J.63OPR00.003.2 |
Menggunakan Peralatan Peripheral |
2018 |
| 4 |
J.63OPR00.003.2 |
Menggunakan Peralatan Peripheral |
|
| 5 |
J.63OPR00.004.2 |
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Dasar |
2018 |
| 6 |
J.63OPR00.004.2 |
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Dasar |
|
| 7 |
J.63OPR00.005.2 |
Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Spreadsheet) Tingkat Dasar |
2018 |
| 8 |
J.63OPR00.005.2 |
Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Spreadsheet) Tingkat Dasar |
|
| 9 |
J.63OPR00.006.2 |
Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi Tingkat Dasar |
2018 |
| 10 |
J.63OPR00.006.2 |
Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi Tingkat Dasar |
|
| 11 |
J.63OPR00.009.2 |
Menggunakan Aplikasi Berbasis Internet (Internet Based Applications Literacy) |
|
|
| DESAINER MULTIMEDIA MADYA |
Okupasi |
SKM/1565/00010/2/2019/10 |
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
Aktivitas jasa Informasi |
Informasi dan Komunikasi |
21 Unit |
Daftar Unit : DESAINER MULTIMEDIA MADYA
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.59MTM00.002.1 |
Melakukan Riset Kreatif Multimedia |
|
| 2 |
J.59MTM00.006.1 |
Membuat Arahan Visual |
|
| 3 |
J.59MTM00.007.1 |
Mengevaluasi Output Visual |
|
| 4 |
J.59MTM00.013.1 |
Mengevaluasi Hasil Pembuatan Aset Audio |
|
| 5 |
J.59MTM00.015.1 |
Membuat Aset Audio Berdasarkan Langkah Kerja Yang Telah Ditetapkan |
|
| 6 |
J.59MTM00.016.1 |
Merencanakan Arah Kebutuhan Teknik |
|
| 7 |
J.59MTM00.017.1 |
Menentukan Kebutuhan Aset Teknik |
|
| 8 |
J.59MTM00.023.1 |
Membuat Pemrograman Interaktif Berdasarkan Langkah Kerja |
|
| 9 |
J.59MTM00.026.1 |
Memvalidasi Hasil Evaluasi Sesuai dengan Brief |
|
| 10 |
M.74100.002.02 |
Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi |
2016 |
| 11 |
TIK.MM01.005.01 |
Mengidentifikasi komponen multimedia |
2007 |
| 12 |
TIK.MM01.007.01 |
Memilih dan memakai software dan hardware untuk multimedia |
2007 |
| 13 |
TIK.MM01.008.01 |
Menerapkan prinsip prinsip rancangan visual |
2007 |
| 14 |
TIK.MM01.009.01 |
Menerapkan prinsip - prinsip rancangan instruksional |
2007 |
| 15 |
TIK.MM02.027.01 |
Membuat sebuah produk multimedia |
2007 |
| 16 |
TIK.MM02.031.01 |
Menggabung, merancang, dan menyunting video digital |
2007 |
| 17 |
TIK.MM02.062.01 |
Menyiapkan bahan dan dokumen untuk editing |
2007 |
| 18 |
TIK.MM02.069.01 |
Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia |
2007 |
| 19 |
TIK.MM02.071.01 |
Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia |
2007 |
| 20 |
TIK.MM02.073.01 |
Menggabungkan animasi kedalam sajian multimedia |
2007 |
| 21 |
TIK.MM02.076.01 |
Menguji produk multimedia |
2007 |
|
| Desainer Multimedia Utama |
Okupasi |
SKM/1565/00010/2/2019/11 |
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
Aktivitas jasa Informasi |
Informasi dan Komunikasi |
24 Unit |
Daftar Unit : Desainer Multimedia Utama
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.59MTM00.001.1 |
Menyusun Anggaran Proyek Multimedia |
|
| 2 |
J.59MTM00.003.1 |
Menyusun Proposal Project Multimedia |
|
| 3 |
J.59MTM00.004.1 |
Menyusun Creative Brief |
|
| 4 |
J.59MTM00.005.1 |
Menyusun Technical Brief |
|
| 5 |
J.59MTM00.024.1 |
Mengelola Pekerjaan Pemrograman |
|
| 6 |
J.59MTM00.025.1 |
Mengevaluasi Hasil Pemrograman dan User Experience (UX) |
|
| 7 |
J.59MTM00.027.1 |
Mengumpulkan Asset Multimedia |
|
| 8 |
J.59MTM00.028.1 |
Membuat Data based Multimedia |
|
| 9 |
J.59MTM00.029.1 |
Mendistribusikan Asset Multimedia |
|
| 10 |
TIK.MM01.003.01 |
Memeriksa, merawat dan memperbaiki peralatan |
2007 |
| 11 |
TIK.MM01.008.01 |
Menerapkan prinsip prinsip rancangan visual |
2007 |
| 12 |
TIK.MM01.009.01 |
Menerapkan prinsip - prinsip rancangan instruksional |
2007 |
| 13 |
TIK.MM02.029.01 |
Merancang dan membuat interface multimedia |
2007 |
| 14 |
TIK.MM02.030.01 |
Merancang navigasi pada sebuah produk multimedia |
2007 |
| 15 |
TIK.MM02.031.01 |
Menggabung, merancang, dan menyunting video digital |
2007 |
| 16 |
TIK.MM02.053.01 |
Membuat dan memanipulasi gambar-gambar digital |
2007 |
| 17 |
TIK.MM02.060.01 |
Bekerja sama dengan editor untuk finalisasi produksi |
2007 |
| 18 |
TIK.MM02.061.01 |
Membuat keputusan teknis dan kreatif untuk editing (penyuntingan) |
2007 |
| 19 |
TIK.MM02.062.01 |
Menyiapkan bahan dan dokumen untuk editing |
2007 |
| 20 |
TIK.MM02.063.01 |
Mengoperasikan peralatan editing video |
2007 |
| 21 |
TIK.MM02.064.01 |
Menjalankan system editing non-linear |
2007 |
| 22 |
TIK.MM02.065.01 |
Menyiapkan daftar keputusan edit |
2007 |
| 23 |
TIK.MM02.066.01 |
Menyunting suara dan bunyi |
2007 |
| 24 |
TIK.MM02.076.01 |
Menguji produk multimedia |
2007 |
|
| Animator Muda |
Okupasi |
SKM/1565/00010/2/2019/12 |
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
Aktivitas jasa Informasi |
Informasi dan Komunikasi |
13 Unit |
Daftar Unit : Animator Muda
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.59ANM00.001.2 |
Membuat 2D Sekuensial Gambar Gerak Utama (Keyframing) |
|
| 2 |
J.59ANM00.003.2 |
Membuat Pergerakan (Motion) Objek Digital |
|
| 3 |
J.59ANM00.006.1 |
Membuat Akting Pergerakan Karakter |
|
| 4 |
J.59ANM01.033.2 |
Membuat Pencitraan Tekstur Permukaan 3D (Texturing) |
|
| 5 |
J.59ANM03.053.2 |
Membuat Pencitraan Gambar Digital (Rendering) |
|
| 6 |
J.59ANM03.059.1 |
Merancang Sistem Mekanika Gerak Digital (Rigging) |
|
| 7 |
J.59ANM03.062.2 |
Membuat Teknik Sambungan Antar Objek 3D Dan Mekanika (Skinning) |
|
| 8 |
TIK.MM01.008.01 |
Menerapkan prinsip prinsip rancangan visual |
2007 |
| 9 |
TIK.MM01.009.01 |
Menerapkan prinsip - prinsip rancangan instruksional |
2007 |
| 10 |
TIK.MM01.011.01 |
Menjual produk dan jasa |
2007 |
| 11 |
TIK.MM01.012.01 |
Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja |
2007 |
| 12 |
TIK.MM02.032.01 |
Membuat, memanipulasi, dan menggabung gambar 2D |
2007 |
| 13 |
TIK.MM02.053.01 |
Membuat dan memanipulasi gambar-gambar digital |
2007 |
|
| Animator Madya |
Okupasi |
SKM/1565/00010/2/2019/13 |
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
Aktivitas jasa Informasi |
Informasi dan Komunikasi |
18 Unit |
Daftar Unit : Animator Madya
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.59ANM00.003.2 |
Membuat Pergerakan (Motion) Objek Digital |
|
| 2 |
J.59ANM01.028.2 |
Membuat Model 3D Berbasis Hard Surface |
|
| 3 |
J.59ANM01.034.2 |
Membuat Susunan (Layout) Aset Pada Bidang 3D |
|
| 4 |
J.59ANM01.035.2 |
Membuat Artistik Sudut Pandang Kamera 3D |
|
| 5 |
J.59ANM01.036.2 |
Membuat Artistik Pencahayaan 3D (Set Lighting) |
|
| 6 |
J.59ANM01.038.2 |
Membuat Penggabungan Aset Visual Teknik Layer 2D (Post 2D Compositing) |
|
| 7 |
J.59ANM02.051.2 |
Melakukan Penyuntingan Gambar Akhir Animasi (Online Editing) |
|
| 8 |
M.74100.001.02 |
Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain |
|
| 9 |
M.74100.002.02 |
Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi |
|
| 10 |
TIK.MM01.008.01 |
Menerapkan prinsip prinsip rancangan visual |
2007 |
| 11 |
TIK.MM01.009.01 |
Menerapkan prinsip - prinsip rancangan instruksional |
2007 |
| 12 |
TIK.MM01.011.01 |
Menjual produk dan jasa |
2007 |
| 13 |
TIK.MM01.012.01 |
Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja |
2007 |
| 14 |
TIK.MM02.050.01 |
Membuat animasi stop-motion (bidang datar) |
2007 |
| 15 |
TIK.MM02.051.01 |
Membuat animasi stop- motion (modeling) |
2007 |
| 16 |
TIK.MM02.052.01 |
Membuat rekaman gambar berurutan untuk animasi |
2007 |
| 17 |
TIK.MM02.055.01 |
Membuat animasi digital 3D |
2007 |
| 18 |
TIK.MM02.058.01 |
Mengelola aset multimedia |
2007 |
|
| Teknisi Audiovisual |
Okupasi |
SKM/1565/00010/2/2019/14 |
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
Aktivitas jasa Informasi |
Informasi dan Komunikasi |
24 Unit |
Daftar Unit : Teknisi Audiovisual
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.59AVE00.003.1 |
Membuat Breakdown Naskah Produksi Program Televisi |
|
| 2 |
J.59AVE00.004.1 |
Menerapkan Floor Plan Sesuai dengan Tugas pada Area Pekerjaan Masing- masing |
|
| 3 |
J.59AVE00.005.1 |
Melakukan Pendataan Kebutuhan Peralatan |
|
| 4 |
J.59AVE00.006.1 |
Menata Letak dan Penempatan Microphone |
|
| 5 |
J.59AVE00.007.1 |
Menata Letak dan Penempatan Peralatan Visual |
|
| 6 |
J.59AVE00.008.1 |
Menata Letak dan Penempatan Peralatan Tata Cahaya |
|
| 7 |
J.59AVE00.009.1 |
Melakukan Check line Sesuai Bidang Pekerjaan Masing-Masing |
|
| 8 |
J.59AVE00.010.1 |
Melakukan Adjustment Peralatan |
|
| 9 |
J.59AVE00.011.1 |
Memastikan Penataan Cahaya |
|
| 10 |
J.59AVE00.012.1 |
Melakukan Perekaman Audio |
|
| 11 |
J.59AVE00.013.1 |
Melakukan Perekaman Gambar |
|
| 12 |
J.59AVE00.014.1 |
Membuat Laporan Penggunaan Alat |
|
| 13 |
TIK.MM01.004.01 |
Memperagakan pengetahuan dan syarat syarat multimedia |
2007 |
| 14 |
TIK.MM01.005.01 |
Mengidentifikasi komponen multimedia |
2007 |
| 15 |
TIK.MM01.010.01 |
Mengkoordinir pemindahan dan perakitan peralatan efek khusus |
2007 |
| 16 |
TIK.MM02.010.01 |
Men-set-up sebuah kamera |
2007 |
| 17 |
TIK.MM02.017.01 |
Membuat dan merealisasikan rancangan pencahayaan |
2007 |
| 18 |
TIK.MM02.039.01 |
Men-set-up dan mengoperasikan kamera video dasar |
2007 |
| 19 |
TIK.MM02.058.01 |
Mengelola aset multimedia |
2007 |
| 20 |
TIK.MM02.062.01 |
Menyiapkan bahan dan dokumen untuk editing |
2007 |
| 21 |
TIK.MM02.063.01 |
Mengoperasikan peralatan editing video |
2007 |
| 22 |
TIK.MM02.064.01 |
Menjalankan system editing non-linear |
2007 |
| 23 |
TIK.MM02.065.01 |
Menyiapkan daftar keputusan edit |
2007 |
| 24 |
TIK.OP02.001.01 |
Mengoperasikan komputer personal yang berdiri sendiri (PC stand alone) |
2005 |
|
| Big Data Scientist |
Okupasi |
SKM/1565/00010/2/2019/16 |
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
Aktivitas jasa Informasi |
Informasi dan Komunikasi |
15 Unit |
Daftar Unit : Big Data Scientist
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
ICADBS503B |
Create a Data Warehouse (Membuat sebuah Gudang Data) |
2019 |
| 2 |
ICADBS602A |
Develop a Knowledge Management Strategy (Mengembangkan Strategi Manajemen Pengetahuan) |
2019 |
| 3 |
ICADMT401A |
Create Visual Design Components for Digital Media (Membuat Komponen Desain Visual Untuk MediaDigital) |
2019 |
| 4 |
ICAICT509A |
Mengumpulkan data untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis |
2020 |
| 5 |
ICTTEN5204A |
Membuat solusi teknis dari spesifikasi bisnis |
2019 |
| 6 |
J.62DMS00.001.1 |
Mengidentifikasi Kebutuhan Pengelolaan Data untuk Proses Bisnis |
|
| 7 |
J.62DMS00.002.1 |
Merencanakan Manajemen Data |
|
| 8 |
J.62DMS00.003.1 |
Merencanakan Arsitektur Data |
|
| 9 |
J.62DMS00.004.1 |
Merencanakan Integrasi Data |
|
| 10 |
J.62DMS00.005.1 |
Merencanakan Media Penyimpanan Data |
|
| 11 |
J.62DMS00.007.1 |
Merancangbangun Big Data |
|
| 12 |
J.62DMS00.008.1 |
Mengelola Reference and Master Data |
|
| 13 |
J.62DMS00.009.1 |
Mengelola Metadata |
|
| 14 |
J.62DMS00.012.1 |
Mengelola Kualitas Data |
|
| 15 |
J.62DMS00.014.1 |
Membuat Data Warehouse |
|
|
| JUNIOR MOBILE PROGRAMMER |
Okupasi |
SKM/1565/00010/2/2019/17 |
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
Aktivitas jasa Informasi |
Informasi dan Komunikasi |
7 Unit |
Daftar Unit : JUNIOR MOBILE PROGRAMMER
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.612000.001.01 |
Menunjukkan Platform Operating System dan Bahasa Pemrograman di dalam Perangkat Lunak |
|
| 2 |
J.612000.003.01 |
Merancang Database dan Data Persistence pada Mobile Data |
|
| 3 |
J.612000.006.01 |
Menyusun Mobile Location Based Service, GPS dan Mobile Navigation. |
|
| 4 |
J.612000.007.01 |
Merancang Mobile Interface |
|
| 5 |
J.612000.008.01 |
Menjelaskan Dasar-dasar Mobile Security |
|
| 6 |
J.612000.022.01 |
Menjelaskan Mobile Sensor dan Spesifikasi Teknisnya untuk Mobile Computing |
|
| 7 |
J.612000.025.01 |
Menentukan Mobile Seluler Network |
|
|
| Database Programmer |
Okupasi |
SKM/1565/00010/2/2019/18 |
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
Aktivitas Pemrograman, Konsultasi dan kegiatan ybdi |
Informasi dan Komunikasi |
14 Unit |
Daftar Unit : Database Programmer
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.620100.001.01 |
Menganalisis Tools |
|
| 2 |
J.620100.003.01 |
Melakukan Identifikasi Library, Komponen atau Framework yang Diperlukan |
|
| 3 |
J.620100.004.02 |
Menggunakan Struktur Data |
|
| 4 |
J.620100.007.01 |
Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas |
|
| 5 |
J.620100.020.02 |
Menggunakan SQL |
|
| 6 |
J.620100.021.02 |
Menerapkan Akses Basis Data |
|
| 7 |
J.620100.022.02 |
Mengimplementasikan Algoritma Pemrograman |
|
| 8 |
J.620100.025.02 |
Melakukan Debugging |
|
| 9 |
J.620100.032.01 |
Menerapkan Code Review |
|
| 10 |
J.620100.042.01 |
Melaksanakan Konfigurasi Perangkat Lunak Sesuai Environment (Development, Staging, Production) |
|
| 11 |
J.620100.043.01 |
Menganalisis Dampak Perubahan Terhadap Aplikasi |
|
| 12 |
J.620100.045.01 |
Melakukan Pemantauan Resource yang Digunakan Aplikasi |
|
| 13 |
J.620100.047.01 |
Melakukan Pembaharuan Perangkat Lunak |
|
| 14 |
J.62090.011.01 |
Menerapkan Standar?Standar Keamanan Informasi yang Berlaku |
|
|
| Analisis Sistem |
Okupasi |
SKM/1565/00010/2/2019/19 |
LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta |
Aktivitas Pemrograman, Konsultasi dan kegiatan ybdi |
Informasi dan Komunikasi |
13 Unit |
Daftar Unit : Analisis Sistem
| # | Kode Unit | Nama Unit | Tahun |
| 1 |
J.62SAD00.001.1 |
Mengaplikasikan Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak |
|
| 2 |
J.62SAD00.002.1 |
Melakukan Identifikasi Sumber Kebutuhan Perangkat Lunak |
|
| 3 |
J.62SAD00.003.1 |
Menentukan Teknik Elisitasi yang Sesuai |
|
| 4 |
J.62SAD00.004.1 |
Melakukan Klasifikasi dan Alokasi Kebutuhan Perangkat Lunak |
|
| 5 |
J.62SAD00.005.1 |
Melakukan Negosiasi Kebutuhan Perangkat Lunak |
|
| 6 |
J.62SAD00.006.1 |
Membuat Kebutuhan Dokumentasi Spesifikasi Perangkat Lunak |
|
| 7 |
J.62SAD00.007.1 |
Menyusun Spesifikasi Kebutuhan Software Environment |
|
| 8 |
J.62SAD00.008.1 |
Membuat Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak |
|
| 9 |
J.62SAD00.009.1 |
Meninjau ulang (review) Kebutuhan Perangkat Lunak |
|
| 10 |
J.62SAD00.010.1 |
Melakukan Validasi Spesifikasi dan Menyusun Uji Penerimaan Pengguna Kebutuhan Perangkat Lunak |
|
| 11 |
J.62SAD00.011.1 |
Merancang Struktur Perangkat Lunak |
|
| 12 |
J.62SAD00.012.1 |
Merancang Komponen Perangkat Lunak |
|
| 13 |
J.62SAD00.013.1 |
Merancang User Interface (UI) |
|
|