Skema Kompetensi : AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)

Nama Skema Jenis Skema Kode Skema Nama LSP Bidang Subsektor Jumlah Unit
2D Layout Artist Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/1 AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 10 Unit
Daftar Unit : 2D Layout Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.028.01 Membuat gambar latar 2014
2 J.591120.029.01 Melakukan pewarnaan gambar latar (coloring) 2014
3 J.591120.035.01 Membuat standar produksi desain suasana (environment design) 2014
4 J.591120.039.01 Membuat gambar sketsa latar 2014
5 J.591120.040.01 Membuat gambar sketsa karakter 2014
6 J.59ANM01.020.2 Membuat Standar Produksi Desain Latar Belakang atau Set Location (Environment Production Design)
7 J.59ANM01.022.1 Membuat Layout 2D
8 J.59ANM01.023.2 Membuat Gambar Latar (Background) 2D
9 J.59ANM01.024.2 Melakukan Pewarnaan/Melukis Gambar Latar (Background) 2D
10 J.59ANM02.047.1 Melakukan Pengawasan Bidang Penyutradaraan Karya Animasi (Directing)
3D ANIMATOR Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/6 AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 14 Unit
Daftar Unit : 3D ANIMATOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
2 J.591120.013.01 Membuat pencitraan tekstur permukaan 2014
3 J.591120.014.01 Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) 2014
4 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) 2014
5 J.591120.016.01 Membuat sekuensial gambar gerak utama (keyframing) 2014
6 J.591120.017.01 Membuat gerak digital character 2014
7 J.591120.018.01 Membuat gerak digital puppeteer 2014
8 J.59ANM00.004.1 Membuat Gerak Berulang Karakter (Motion Loop)
9 J.59ANM00.005.1 Membuat Gerak Body Mechanic (Interaction) Karakter
10 J.59ANM00.006.1 Membuat Akting Pergerakan Karakter
11 J.59ANM00.007.1 Membuat Lip Sync Karakter
12 J.59ANM00.008.1 Menguji Coba Sistem Mekanika Gerak Digital (Rigging)
13 J.59ANM03.053.2 Membuat Pencitraan Gambar Digital (Rendering)
14 J.59ANM03.062.2 Membuat Teknik Sambungan Antar Objek 3D Dan Mekanika (Skinning)
3D Ilustration Artist Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/2 AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 22 Unit
Daftar Unit : 3D Ilustration Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
2 J.591120.009.01 Membuat model digital organik 3 dimensi 2014
3 J.591120.011.01 Membuat pencitraan UV mesh 2014
4 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
5 J.591120.013.01 Membuat pencitraan tekstur permukaan 2014
6 J.591120.014.01 Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) 2014
7 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) 2014
8 J.591120.020.01 Membuat pencitraan cahaya digital 2014
9 J.591120.021.01 Membuat pencitraan sifat permukaan (shading) 2014
10 J.591120.031.01 Mempersiapkan sudut pandang kamera digital 2014
11 J.591120.043.01 Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing) 2014
12 J.59ANM01.028.2 Membuat Model 3D Berbasis Hard Surface
13 J.59ANM01.029.2 Membuat Model 3D Berbasis Organic
14 J.59ANM01.032.2 Membuat Projeksi UV Mesh Dari Objek 3D
15 J.59ANM01.033.2 Membuat Pencitraan Tekstur Permukaan 3D (Texturing)
16 J.59ANM01.035.2 Membuat Artistik Sudut Pandang Kamera 3D
17 J.59ANM01.036.2 Membuat Artistik Pencahayaan 3D (Set Lighting)
18 J.59ANM02.047.1 Melakukan Pengawasan Bidang Penyutradaraan Karya Animasi (Directing)
19 J.59ANM03.052.2 Membuat Setting-an Sifat Bahan 3D (Shading)
20 J.59ANM03.053.2 Membuat Pencitraan Gambar Digital (Rendering)
21 J.59ANM03.059.1 Merancang Sistem Mekanika Gerak Digital (Rigging)
22 J.59ANM03.062.2 Membuat Teknik Sambungan Antar Objek 3D Dan Mekanika (Skinning)
3D Low Poly Model Artist Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/4 AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 14 Unit
Daftar Unit : 3D Low Poly Model Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
2 J.591120.009.01 Membuat model digital organik 3 dimensi 2014
3 J.591120.011.01 Membuat pencitraan UV mesh 2014
4 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
5 J.591120.013.01 Membuat pencitraan tekstur permukaan 2014
6 J.591120.014.01 Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) 2014
7 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) 2014
8 J.59ANM01.028.2 Membuat Model 3D Berbasis Hard Surface
9 J.59ANM01.029.2 Membuat Model 3D Berbasis Organic
10 J.59ANM01.032.2 Membuat Projeksi UV Mesh Dari Objek 3D
11 J.59ANM01.033.2 Membuat Pencitraan Tekstur Permukaan 3D (Texturing)
12 J.59ANM03.053.2 Membuat Pencitraan Gambar Digital (Rendering)
13 J.59ANM03.059.1 Merancang Sistem Mekanika Gerak Digital (Rigging)
14 J.59ANM03.062.2 Membuat Teknik Sambungan Antar Objek 3D Dan Mekanika (Skinning)
3D Modeling Artist Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/5 AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 21 Unit
Daftar Unit : 3D Modeling Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.001.01 Melakukan pemindaian digital 2014
2 J.591120.002.01 Melakukan pewarnaan gambar karakter (coloring) 2014
3 J.591120.003.01 Melakukan perekaman rancangan dialog 2014
4 J.591120.004.01 Membuat gerak digital non character 2014
5 J.591120.005.01 Membuat sekuensial gambar gerak sela (inbetween) 2014
6 J.591120.006.01 Melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic /previsualisation) 2014
7 J.591120.007.01 Membuat kumpulan aset digital (layout 3 dimensi) 2014
8 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
9 J.591120.009.01 Membuat model digital organik 3 dimensi 2014
10 J.591120.010.01 Membuat elemen gambar digital puppeteer 2014
11 J.591120.011.01 Membuat pencitraan UV mesh 2014
12 J.59ANM01.028.2 Membuat Model 3D Berbasis Hard Surface
13 J.59ANM01.029.2 Membuat Model 3D Berbasis Organic
14 J.59ANM01.032.2 Membuat Projeksi UV Mesh Dari Objek 3D
15 J.59ANM01.033.2 Membuat Pencitraan Tekstur Permukaan 3D (Texturing)
16 J.59ANM01.035.2 Membuat Artistik Sudut Pandang Kamera 3D
17 J.59ANM01.036.2 Membuat Artistik Pencahayaan 3D (Set Lighting)
18 J.59ANM02.047.1 Melakukan Pengawasan Bidang Penyutradaraan Karya Animasi (Directing)
19 J.59ANM03.052.2 Membuat Setting-an Sifat Bahan 3D (Shading)
20 J.59ANM03.053.2 Membuat Pencitraan Gambar Digital (Rendering)
21 J.59ANM03.062.2 Membuat Teknik Sambungan Antar Objek 3D Dan Mekanika (Skinning)
Motion Graphic Artist Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/3 AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 20 Unit
Daftar Unit : Motion Graphic Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.004.01 Membuat gerak digital non character 2014
2 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
3 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
4 J.591120.019.01 Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing) 2014
5 J.591120.020.01 Membuat pencitraan cahaya digital 2014
6 J.591120.021.01 Membuat pencitraan sifat permukaan (shading) 2014
7 J.591120.022.01 Membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing) 2014
8 J.591120.026.01 Melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing) 2014
9 J.591120.031.01 Mempersiapkan sudut pandang kamera digital 2014
10 J.591120.043.01 Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing) 2014
11 J.59ANM00.003.2 Membuat Pergerakan (Motion) Objek Digital
12 J.59ANM01.028.2 Membuat Model 3D Berbasis Hard Surface
13 J.59ANM01.035.2 Membuat Artistik Sudut Pandang Kamera 3D
14 J.59ANM01.036.2 Membuat Artistik Pencahayaan 3D (Set Lighting)
15 J.59ANM01.038.2 Membuat Penggabungan Aset Visual Teknik Layer 2D (Post 2D Compositing)
16 J.59ANM01.039.2 Membuat Penyusunan Artistik Aset Visual Teknik Layer 3D (Post 3D Compositing)
17 J.59ANM02.047.1 Melakukan Pengawasan Bidang Penyutradaraan Karya Animasi (Directing)
18 J.59ANM02.051.2 Melakukan Penyuntingan Gambar Akhir Animasi (Online Editing)
19 J.59ANM03.052.2 Membuat Setting-an Sifat Bahan 3D (Shading)
20 J.59ANM03.053.2 Membuat Pencitraan Gambar Digital (Rendering)

Infrastruktur Kompetensi