Competency Scheme : Pariwisata Maestro Indonesia

Scheme Name Type of Scheme Scheme Code LSP Name Sector Subsector Unit Count
HEAD WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/6 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 32 Units
List of Units : HEAD WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE)
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HCS.CL6.04 Mengorganisasikan Functions
2 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
3 D1.HML.CL10.02 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
4 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
5 D1.HRD.CL9.01 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
6 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
7 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
8 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan
9 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA
10 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN
11 PAR.HT02.003.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN
12 PAR.HT02.010.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG MAKANAN DAMINUMAN
13 PAR.HT02.011.01 MENYEDIAKAN PENGHUBUNG ANTARA DAPUR DAN AREA PELAYANAN
14 PAR.HT02.013.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MINUMAN ANGGUR
15 PAR.HT02.014.01 MENYIAPKAN DAN MENYAJIKANCOCKTAIL
16 PAR.HT02.015.01 MENYEDIAKAN LAYANAN GUERIDON
17 PAR.HT02.016.01 MENYEDIAKAN SILVER SERVICE
18 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON
19 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL
20 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN
21 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK
22 PAR.HT03.001.01 MENGIKUTI PROSEDUR KEBERSIHAN DI TEMPAT KERJA
23 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI
24 PAR.HT03.013.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN
25 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER
26 PAR.HT03.042.01 DAFTAR PERSONIL STAF
27 PAR.HT03.043.01 MEMANTAU KINERJA STAF
28 PAR.HT03.060.01 MEMULAI PERCAKAPAN DAN MENGEMBANGKAN HUBUNGAN BAIK DENGAN TAMU
29 PAR.HT03.064.01 MENANGANI KELUHAN
30 PAR.UJ.01.002.01 Bekerja dalam Lingkungan Sosial yang bebeda
31 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
32 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) GUEST SERVICE SUPERVISION KKNI SKM/1449/00018/1/2022/34 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 32 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) GUEST SERVICE SUPERVISION
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
2 D1.HGA.CL6.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
3 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
4 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu
5 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri
6 D1.HHK.CL3.06 Menyediakan Layanan Valet Untuk Tamu
7 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
8 D1.HHR.CL8.05 Merencanakan Dan Melaksanakan Rangkaian Acara Pelatihan
9 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan
10 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
11 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
12 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
13 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
14 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
15 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
16 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
17 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
18 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
19 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
20 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
21 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
22 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
23 D1.HSM.CL5.03 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
24 D1.HSM.CL5.06 Membangun Dan Menjaga Hubungan Bisnis
25 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
26 D1.HSS.CL4.08 Mengantar, Membawa Dan ,Menyimpan Barang Berharga
27 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan
28 D1.HSS.CL4.10 Merencanakan Dan Melaksanakan Evakuasi Lokasi
29 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
30 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi
31 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
32 D1.LAN.CL10.11 Menyiapkan Dokumen Bisnis dalam Bahasa Inggris Tingkat Lanjut
Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat IV Bidang Kantor Depan (GUEST SERVICE SUPERVISION) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/31 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 33 Units
List of Units : Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat IV Bidang Kantor Depan (GUEST SERVICE SUPERVISION)
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
2 D1.HFO.CL2.01 Menerima Dan Memproses Reservasi
3 D1.HFO.CL2.02 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
4 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi
5 D1.HFO.CL2.06 Melakukan Audit Malam
6 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel
7 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional
8 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
9 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
10 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
11 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
12 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan
13 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
14 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
15 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
16 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
17 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
18 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
19 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
20 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
21 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
22 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
23 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
24 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
25 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
26 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan
27 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
28 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
29 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
30 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan
31 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
32 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti
33 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI LAUNDRY MANAGER Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/22 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 35 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI LAUNDRY MANAGER
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HFA.CL7.07 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
2 D1.HGA.CL6.05 Merencanakan, Mengelola Dan Melaksanakan Rapat
3 D1.HGA.CL6.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
4 D1.HGA.CL6.10 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
5 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
6 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
7 D1.HHR.CL8.02 Melaksanakan, Memantau Dan Mengevaluasi Prorgam Pelatihan Dan Proram Pengembangan
8 D1.HHR.CL8.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan
9 D1.HHR.CL8.05 Merencanakan Dan Melaksanakan Rangkaian Acara Pelatihan
10 D1.HHR.CL8.07 Melakukan Pemantauan Dan Evaluasi Terhadap Efektivitas Pelatihan
11 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
12 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
13 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
14 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
15 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
16 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
17 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
18 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
19 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
20 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
21 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
22 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
23 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
24 D1.HRM.CL9.01 Mengelola Secara Efektif Penggunaan Sumber Daya Manusia
25 D1.HRM.CL9.02 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja
26 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
27 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan
28 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
29 D1.HRM.CL9.09 Melakukan Penjadwalan Staf
30 D1.HRM.CL9.10 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai
31 D1.HRM.CL9.12 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
32 D1.HRM.CL9.14 Mengelola Persyaratan Hukum Untuk Keperluan Bisnis
33 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
34 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
35 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI FRONT OFFICE MANAGER Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/16 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 36 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI FRONT OFFICE MANAGER
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
2 D1.HFA.CL7.07 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
3 D1.HFA.CL7.08 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
4 D1.HGA.CL6.01 Merencanakan Dan Membuat Sistem Dan Prosedur
5 D1.HGA.CL6.05 Merencanakan, Mengelola Dan Melaksanakan Rapat
6 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
7 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
8 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
9 D1.HHR.CL8.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan
10 D1.HHR.CL8.08 Mengevaluasi Efektivitas Sisten Penilaian
11 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
12 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
13 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
14 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
15 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
16 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
17 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
18 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
19 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
20 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
21 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
22 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
23 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
24 D1.HRM.CL9.01 Mengelola Secara Efektif Penggunaan Sumber Daya Manusia
25 D1.HRM.CL9.02 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja
26 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan
27 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
28 D1.HRM.CL9.10 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai
29 D1.HRM.CL9.12 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
30 D1.HRM.CL9.14 Mengelola Persyaratan Hukum Untuk Keperluan Bisnis
31 D1.HSM.CL5.04 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
32 D1.HSM.CL5.06 Membangun Dan Menjaga Hubungan Bisnis
33 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
34 D1.HSS.CL4.10 Merencanakan Dan Melaksanakan Evakuasi Lokasi
35 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
36 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) SUPERVISOR/PENYELIA KKNI SKM/1449/00018/1/2022/38 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 38 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) SUPERVISOR/PENYELIA
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
3 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum
4 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon
5 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
6 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar
7 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service
8 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur
9 D1.HBS.CL5.17 Menangani Orang Mabuk
10 D1.HCS.CL6.03 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
11 D1.HCS.CL6.07 Mengembangkan Produk Dan Layanan Baru
12 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
13 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
14 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
15 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering
16 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
17 D1.HML.CL10.03 Memimpin Dan Mengelola Tim
18 D1.HRD.CL9.01 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
19 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
20 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
21 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
22 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
23 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
24 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
25 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
26 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
27 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
28 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
29 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
30 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
31 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
32 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
33 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
34 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
35 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
36 D1.LAN.CL10.05 Memberikan Presentasi Sungkat Dalam Bahasa Inggris Secara Lisan
37 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
38 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA BOGA (PATISSERIE) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/40 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 38 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA BOGA (PATISSERIE)
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HCA.CL3.03 Mendesain Menu Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Diet Khusus Atau Kebutuhan Budaya
2 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial
3 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan
4 D1.HCC.CL2.19 Menyajikan Dan Menampilkan Produk Makanan
5 D1.HGE.CL7.01 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
6 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
7 D1.HML.CL10.01 Mengembangkan Dan Mengawasi Operasional Usaha
8 D1.HML.CL10.03 Memimpin Dan Mengelola Tim
9 D1.HPA.CL4.01 Mengelola Dan Mengoperasikan Coffee Shop
10 D1.HPA.CL4.02 Menyiapkan Dan Menampilkan Pettit Fours (Kembang Gula Berukuran Kecil Atau Hidangan Yang Pembuka Gurih)
11 D1.HPA.CL4.03 Menyiapkan Dan Menampilkan Sugar Work (DEKORASI YANG TERBUAT DARI LARUTAN GULA)
12 D1.HPA.CL4.04 Menyiapkan Dan Menampilkan Marzipan
13 D1.HPA.CL4.05 Menyiapkan Coklat Dan Memproduksi Produk Coklat
14 D1.HPA.CL4.06 Menghidangkan Makanan Penutup
15 D1.HPA.CL4.07 Menyiapkan Dan Menghidangkan Gateaux, Torten Dan Kue
16 D1.HPA.CL4.08 Menyiapkan Dan Membuat Kue Dan Produk Patiseri
17 D1.HPA.CL4.09 Menyiapkan Dan Membuat Produk Olahan Ragi
18 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan
19 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
20 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
21 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
22 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
23 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
24 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
25 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
26 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
27 D1.HRS.CL1.10 Mengorganisir Dan Menyiapkan Produk Dan Layanan Makanan
28 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
29 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
30 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
31 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
32 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan
33 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
34 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
35 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
36 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
37 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
38 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI SOUS CHEF Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/26 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 38 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI SOUS CHEF
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial
2 D1.HCC.CL2.02 Melaksanakan Dan Memelihara Jaminan Mutu Dalam Produksi Makanan
3 D1.HCC.CL2.04 Menjaga Strategi Untuk Penyimpanan Makanan Yang Aman
4 D1.HCC.CL2.07 Merencanakan, Menyiapkan Dan Menampilkan Pelayanan Buffet
5 D1.HCC.CL2.08 Menyiapkan Sandwich
6 D1.HCC.CL2.09 Menyiapkan Dan Memasak Unggas Dan Binatang Buruan
7 D1.HCC.CL2.10 Menyiapkan Dan Memasak Hidangan Laut
8 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan
9 D1.HCC.CL2.12 Menyiapkan Makanan Pembuka Dan Salad
10 D1.HCC.CL2.13 Menyiapkan Coklat Dan Memproduksi Produk Coklat
11 D1.HCC.CL2.14 Menyiapkan Hidangan Penutup Panas, Dingin, Dan Beku
12 D1.HCC.CL2.15 Menyiapkan Potongan Daging Dengan Porsi Terkontrol
13 D1.HCC.CL2.16 Menyiapkan Sup
14 D1.HCC.CL2.18 Menyiapkan Sayuran, Telur Dan Makanan Yang Terbuat Dari Tepung
15 D1.HCC.CL2.19 Menyajikan Dan Menampilkan Produk Makanan
16 D1.HGE.CL7.06 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
17 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
18 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
19 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
20 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
21 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
22 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
23 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
24 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
25 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
26 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
27 D1.HRS.CL1.10 Mengorganisir Dan Menyiapkan Produk Dan Layanan Makanan
28 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
29 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
30 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
31 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
32 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan
33 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
34 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
35 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
36 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
37 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
38 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) SUPERVISION AND ADMINISTATION KKNI SKM/1449/00018/1/2022/35 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 39 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) SUPERVISION AND ADMINISTATION
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
2 D1.HGA.CL6.01 Merencanakan Dan Membuat Sistem Dan Prosedur
3 D1.HGA.CL6.02 Bekerja Secara Kooperatif Dalam Lingkungan Administrasi Umum
4 D1.HGA.CL6.04 Mengumpulkan Dan Menyajikan Informasi Tentang Produk
5 D1.HGA.CL6.05 Merencanakan, Mengelola Dan Melaksanakan Rapat
6 D1.HGA.CL6.06 Menyiapkan Dokumen Bisnis
7 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
8 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
9 D1.HGA.CL6.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
10 D1.HGA.CL6.10 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
11 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
12 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu
13 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri
14 D1.HHK.CL3.06 Menyediakan Layanan Valet Untuk Tamu
15 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
16 D1.HHR.CL8.08 Mengevaluasi Efektivitas Sisten Penilaian
17 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
18 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
19 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
20 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
21 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
22 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
23 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
24 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
25 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
26 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
27 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
28 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
29 D1.HRM.CL9.02 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja
30 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan
31 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
32 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
33 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan
34 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
35 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi
36 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
37 D1.LAN.CL10.08 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
38 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris
39 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG KANTOR DEPAN (SUPERVISION AND ADMINISTRATION) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/32 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 41 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG KANTOR DEPAN (SUPERVISION AND ADMINISTRATION)
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
2 D1.HFO.CL2.02 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan
3 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi
4 D1.HFO.CL2.06 Melakukan Audit Malam
5 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel
6 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional
7 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer
8 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
9 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
10 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
11 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan
12 D1.HHR.CL8.07 Melakukan Pemantauan Dan Evaluasi Terhadap Efektivitas Pelatihan
13 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
14 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
15 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
16 D1.HOT.CL1.04 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
17 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal
18 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
19 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon
20 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
21 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
22 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
23 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
24 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
25 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
26 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
27 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
28 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan
29 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
30 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
31 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
32 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan
33 D1.HSM.CL5.03 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
34 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
35 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti
36 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP
37 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
38 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi
39 D1.LAN.CL10.06 Membaca Dan Menulis Menggunakan Bahasa Inggris Pada Tingkat Lanjutan
40 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
41 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI CHEF DE PARTIE Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/17 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 43 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI CHEF DE PARTIE
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial
2 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan
3 D1.HCC.CL2.19 Menyajikan Dan Menampilkan Produk Makanan
4 D1.HCS.CL6.03 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
5 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
6 D1.HFI.CL8.05 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
7 D1.HGE.CL7.06 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
8 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
9 D1.HML.CL10.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
10 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
11 D1.HML.CL10.13 Memantau Kinerja Karyawan
12 D1.HML.CL10.16 Melakukan Penjadwalan Staf
13 D1.HPA.CL4.02 Menyiapkan Dan Menampilkan Pettit Fours (Kembang Gula Berukuran Kecil Atau Hidangan Yang Pembuka Gurih)
14 D1.HPA.CL4.03 Menyiapkan Dan Menampilkan Sugar Work (DEKORASI YANG TERBUAT DARI LARUTAN GULA)
15 D1.HPA.CL4.04 Menyiapkan Dan Menampilkan Marzipan
16 D1.HPA.CL4.05 Menyiapkan Coklat Dan Memproduksi Produk Coklat
17 D1.HPA.CL4.06 Menghidangkan Makanan Penutup
18 D1.HPA.CL4.07 Menyiapkan Dan Menghidangkan Gateaux, Torten Dan Kue
19 D1.HPA.CL4.08 Menyiapkan Dan Membuat Kue Dan Produk Patiseri
20 D1.HPA.CL4.09 Menyiapkan Dan Membuat Produk Olahan Ragi
21 D1.HPA.CL4.10 Menyiapkan Produk Bakery (Roti) Untuk Patiseri
22 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
23 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
24 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
25 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
26 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
27 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
28 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
29 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
30 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
31 D1.HRS.CL1.10 Mengorganisir Dan Menyiapkan Produk Dan Layanan Makanan
32 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
33 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
34 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
35 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
36 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
37 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan
38 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
39 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
40 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
41 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
42 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
43 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
SERTIFIKASI OKUPASI FOOD & BEVERAGE DIRECTOR Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/21 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 44 Units
List of Units : SERTIFIKASI OKUPASI FOOD & BEVERAGE DIRECTOR
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
3 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
4 D1.HCS.CL6.01 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
5 D1.HCS.CL6.03 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
6 D1.HCS.CL6.06 Menyiapkan Dan Memberikan Presentasi
7 D1.HFI.CL8.01 Mengaudit Prosedur Keuangan
8 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
9 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
10 D1.HFI.CL8.05 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
11 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
12 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
13 D1.HGE.CL7.01 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
14 D1.HGE.CL7.02 Mengumpulkan Dan Menyajikan Informasi Tentang Produk
15 D1.HGE.CL7.03 Memelihara Sistem Pengarsipan Dan Pengambilan Data Berbasis Kertas
16 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
17 D1.HGE.CL7.13 Bekerja Secara Kooperatif Dalam Lingkungan Administrasi Umum
18 D1.HML.CL10.01 Mengembangkan Dan Mengawasi Operasional Usaha
19 D1.HML.CL10.03 Memimpin Dan Mengelola Tim
20 D1.HML.CL10.06 Mengelola Aset Fisik Dan Infrasturktur
21 D1.HML.CL10.13 Memantau Kinerja Karyawan
22 D1.HML.CL10.15 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai
23 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
24 D1.HRD.CL9.03 Melaksanakan, Memantau Dan Mengevaluasi Prorgam Pelatihan Dan Proram Pengembangan
25 D1.HRD.CL9.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan
26 D1.HRM.CL9.14 Mengelola Persyaratan Hukum Untuk Keperluan Bisnis
27 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
28 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
29 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
30 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
31 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
32 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
33 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
34 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
35 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
36 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
37 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
38 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
39 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
40 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
41 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
42 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
43 D1.HRS.CL1.21 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
44 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) SUPERVISION AND ADMINISTATION KKNI SKM/1449/00018/1/2022/39 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 46 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG TATA HIDANG (FOOD AND BEVERAGES SERVICE) SUPERVISION AND ADMINISTATION
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.03 Menyediakan Pelayanan Yang Bertanggung Jawab Terhadap Minuman Beralkohol
3 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
4 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum
5 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon
6 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
7 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service
8 D1.HBS.CL5.17 Menangani Orang Mabuk
9 D1.HCS.CL6.04 Mengorganisasikan Functions
10 D1.HFI.CL8.01 Mengaudit Prosedur Keuangan
11 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan
12 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
13 D1.HFI.CL8.04 Mengelola Catatan Daftar Gaji
14 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
15 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
16 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering
17 D1.HGE.CL7.01 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan
18 D1.HGE.CL7.08 Merencanakan, Mengelola Dan Melaksanakan Rapat
19 D1.HGE.CL7.09 Menyiapkan Dokumen Bisnis
20 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
21 D1.HGE.CL7.14 Mengembangkan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
22 D1.HML.CL10.01 Mengembangkan Dan Mengawasi Operasional Usaha
23 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
24 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
25 D1.HRD.CL9.03 Melaksanakan, Memantau Dan Mengevaluasi Prorgam Pelatihan Dan Proram Pengembangan
26 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
27 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
28 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
29 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
30 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
31 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
32 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
33 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
34 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
35 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
36 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
37 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
38 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
39 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
40 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
41 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
42 D1.HRS.CL1.21 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
43 D1.LAN.CL10.05 Memberikan Presentasi Sungkat Dalam Bahasa Inggris Secara Lisan
44 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
45 D1.LAN.CL10.09 Menulis Pesan Singkat Dalam Bahasa Inggris
46 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI OUTLET MANAGER Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/23 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 47 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI OUTLET MANAGER
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman
2 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan
3 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman
4 D1.HCS.CL6.01 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
5 D1.HCS.CL6.03 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
6 D1.HCS.CL6.04 Mengorganisasikan Functions
7 D1.HCS.CL6.06 Menyiapkan Dan Memberikan Presentasi
8 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
9 D1.HFI.CL8.05 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
10 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan
11 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan
12 D1.HFI.CL8.09 Memonitor Pendapatan dan Biaya Jasa Boga
13 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
14 D1.HHR.CL8.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan
15 D1.HML.CL10.02 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
16 D1.HML.CL10.06 Mengelola Aset Fisik Dan Infrasturktur
17 D1.HML.CL10.08 Mengelola Acara Khusus
18 D1.HML.CL10.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
19 D1.HML.CL10.10 Mengelola Sumber Daya Manusia Dengan Efektif
20 D1.HML.CL10.11 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja
21 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja
22 D1.HML.CL10.13 Memantau Kinerja Karyawan
23 D1.HML.CL10.15 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai
24 D1.HML.CL10.16 Melakukan Penjadwalan Staf
25 D1.HPA.CL4.01 Mengelola Dan Mengoperasikan Coffee Shop
26 D1.HRD.CL9.01 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
27 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
28 D1.HRD.CL9.03 Melaksanakan, Memantau Dan Mengevaluasi Prorgam Pelatihan Dan Proram Pengembangan
29 D1.HRM.CL9.14 Mengelola Persyaratan Hukum Untuk Keperluan Bisnis
30 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
31 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
32 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
33 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
34 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
35 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
36 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
37 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
38 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
39 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
40 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
41 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
42 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
43 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
44 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
45 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
46 D1.LAN.CL10.05 Memberikan Presentasi Sungkat Dalam Bahasa Inggris Secara Lisan
47 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI TOUR MANAGER Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/24 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 49 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI TOUR MANAGER
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HRM.CL9.09 Melakukan Penjadwalan Staf
2 D2.LAN.CL10.04 Membaca Dan Menulis Menggunakan Bahasa Inggris Pada Tingkat Lanjutan
3 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
4 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
5 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan
6 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon
7 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
8 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata
9 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal
10 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
11 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
12 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum
13 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
14 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
15 D2.TCS.CL5.01 Menerapkan Teknik Penanganan Outlet Penjualan 2019
16 D2.TCS.CL5.02 Melakukan Asesmen Dan Merencanakan Peluang Pariwisata Untuk Komunitas Lokal
17 D2.TCS.CL5.03 Membangun Dan Memelihara Pendekatan Tim Dalam Penyajian Layanan
18 D2.TCS.CL5.22 Mencari Sumber Dan Membuat Paket Wisata
19 D2.TFA.CL7.02 Melakukan Interpretasi Atas Laporan Keuangan
20 D2.TGA.CL6.06 Mengoperasikan Sistem Informasi Secara Otomatis
21 D2.TRD.CL8.02 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain
22 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim
23 D2.TRM.CL9.07 Memimpin dan Mengelolan Sumber Daya Manusia
24 D2.TRM.CL9.17 Memantau Kinerja Staff
25 D2.TRM.CL9.18 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
26 D2.TTA.CL2.06 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Domestik 2019
27 D2.TTA.CL2.08 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Internasional Reguler 2019
28 D2.TTA.CL2.09 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
29 D2.TTA.CL2.14 Mengoperasikan Sistem Informasi Secara Otomatis
30 D2.TTA.CL2.20 Mencari dan menyediakan informasi dan sarana mengenai daerah tujuan wisata
31 D2.TTG.CL3.01 Bekerja Sebagai Pemandu Wisata
32 D2.TTG.CL3.02 Mengalokasikan Sumber Daya Tur
33 D2.TTG.CL3.03 Mengelola Kegiatan Penafsiran Di Lapangan
34 D2.TTG.CL3.04 Melakukan Pemeriksaan Pra-Keberangkatan
35 D2.TTG.CL3.05 Mengkoordinir Dan Mengoperasikan Sebuah Tur Sehari (Atau Tamasya Singkat)
36 D2.TTG.CL3.06 Melakukan Demonstrasi / Observasi Penghormatan Terhadap Budaya Asli 2019
37 D2.TTG.CL3.07 Mengembangkan Dan Memantau Pariwisata Yang Sesuai Dengan Budaya 2019
38 D2.TTG.CL3.08 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal
39 D2.TTG.CL3.09 Mengemudikan Berbagai Tipe Kendaraan 2019
40 D2.TTG.CL3.11 Memimpin Grup Wisatawan Dengan Sikap Yang Bertanggung Jawab
41 D2.TTG.CL3.12 Memelihara Hubungan Dengan Agen
42 D2.TTG.CL3.13 Mengelola Dan Memfasilitasi Kegiatan Tur Tambahan 2019
43 D2.TTG.CL3.14 Merencanakan, Mengembangkan Dan Mengevaluasi Kegiatan Interpretif 2019
44 D2.TTG.CL3.15 Merencanakan, Menguji Coba Dan Mengimplementasikan Dampak Resiko Minimal Dalam Operasional
45 D2.TTG.CL3.16 Menyiapkan Dan Menyajikan Penjelasan Dalam Tur 2019
46 D2.TTG.CL3.17 Menyediakan Pendampingan Kedatangan Dan Keberangkatan 2019
47 D2.TTO.CL4.03 Membersihkan Area Dan Peralatan Kerja 2019
48 D2.TTO.CL4.06 Mengembangakan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional
49 D2.TTO.CL4.18 Menyediakan Pelayanan Katering Di Area Perkemahan
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI EXECUTIVE CHEF Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/20 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 52 Units
List of Units : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI EXECUTIVE CHEF
#Unit CodeUnit NameYear
1 D1.HCA.CL3.01 Menerapkan Prinsip Dan Prosedur Pengendalian Catering
2 D1.HCA.CL3.03 Mendesain Menu Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Diet Khusus Atau Kebutuhan Budaya
3 D1.HCA.CL3.04 Menciptakan Menu Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Pasar Khusus
4 D1.HCA.CL3.07 Memilih Sistem Katering
5 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial
6 D1.HCC.CL2.02 Melaksanakan Dan Memelihara Jaminan Mutu Dalam Produksi Makanan
7 D1.HCC.CL2.05 Mengorganisir Operasional Pelayanan Makanan
8 D1.HCC.CL2.06 Merencanakan Dan Mengelola Catering Berbasis Menu
9 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan
10 D1.HCC.CL2.19 Menyajikan Dan Menampilkan Produk Makanan
11 D1.HCS.CL6.01 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan
12 D1.HCS.CL6.03 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu
13 D1.HFI.CL8.03 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran
14 D1.HFI.CL8.05 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran
15 D1.HFI.CL8.09 Memonitor Pendapatan dan Biaya Jasa Boga
16 D1.HGE.CL7.05 Memantau Dan Memelihara Sistem Komputer
17 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan
18 D1.HHR.CL8.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan
19 D1.HHR.CL8.07 Melakukan Pemantauan Dan Evaluasi Terhadap Efektivitas Pelatihan
20 D1.HML.CL10.01 Mengembangkan Dan Mengawasi Operasional Usaha
21 D1.HML.CL10.05 Mengelola Persyaratan Hukum Untuk Keperluan Bisnis
22 D1.HML.CL10.08 Mengelola Acara Khusus
23 D1.HML.CL10.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris
24 D1.HML.CL10.10 Mengelola Sumber Daya Manusia Dengan Efektif
25 D1.HML.CL10.11 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja
26 D1.HML.CL10.14 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis
27 D1.HML.CL10.16 Melakukan Penjadwalan Staf
28 D1.HRD.CL9.02 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf
29 D1.HRD.CL9.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan
30 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer
31 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan
32 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur
33 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon
34 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja
35 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
36 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan
37 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik
38 D1.HRS.CL1.10 Mengorganisir Dan Menyiapkan Produk Dan Layanan Makanan
39 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal
40 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama
41 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan
42 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram
43 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan
44 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan
45 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar
46 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega
47 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda
48 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata
49 D1.HRS.CL1.21 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata
50 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman
51 D1.LAN.CL10.05 Memberikan Presentasi Sungkat Dalam Bahasa Inggris Secara Lisan
52 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media

Competency Infrastructure