Skema Kompetensi : LSP BDI DENPASAR

Nama Skema Jenis Skema Kode Skema Nama LSP Bidang Subsektor Jumlah Unit
Database Administrator Okupasi SKM/0421/00010/2/2021/14 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Pemrograman, Konsultasi dan kegiatan ybdi Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : Database Administrator
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.620100.003.01 Melakukan Identifikasi Library, Komponen atau Framework yang Diperlukan 2016
2 J.620100.004.02 Menggunakan Struktur Data 2016
3 J.620100.007.01 Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas 2016
4 J.620100.009.01 Menggunakan Spesifikasi Program 2016
5 J.620100.020.02 Menggunakan SQL 2016
6 J.62090.047.01 Merancang dan Mengelola Sistem Backup 2015
7 J.631100.005.01 Menyusun Rencana Pemeliharaan Pusat Data 2015
Desain Grafika Klaster SKM/0421/00010/3/2023/20 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Penerbitan Informasi dan Komunikasi 4 Unit
Daftar Unit : Desain Grafika
#Kode UnitNama UnitTahun
1 M.74100.002.02 Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi 2016
2 M.74100.006.01 Mengorganisasi Informasi Terkait Proyek Desain 2016
3 M.74100.008.02 Menetapkan Konsep Desain 2016
4 M.74100.009.02 Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain 2016
Desainer Grafis Muda (Junior Graphic Designer) Okupasi SKM/0421/00010/2/2021/19 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Penerbitan Informasi dan Komunikasi 5 Unit
Daftar Unit : Desainer Grafis Muda (Junior Graphic Designer)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 M.74100.001.02 Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain 2016
2 M.74100.002.02 Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi 2016
3 M.74100.005.02 Menerapkan Design Brief 2016
4 M.74100.009.02 Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain 2016
5 M.74100.010.01 Menciptakan Karya Desain 2016
Junior Web Programmer Okupasi SKM/0421/00010/2/2021/017/LSP.BDI-DPS/2021 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Pemrograman, Konsultasi dan kegiatan ybdi Informasi dan Komunikasi 8 Unit
Daftar Unit : Junior Web Programmer
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.620100.004.02 Menggunakan Struktur Data 2016
2 J.620100.005.02 Mengimplementasikan User Interface 2016
3 J.620100.011.01 Melakukan Instalasi Software Tools Pemrograman 2016
4 J.620100.016.01 Menulis Kode dengan Prinsip Sesuai Guidelines dan Best Practices 2016
5 J.620100.017.02 Mengimplementasikan Pemrograman Terstruktur 2016
6 J.620100.019.02 Menggunakan Library atau Komponen Pre- Existing 2016
7 J.620100.023.02 Membuat Dokumen Kode Program 2016
8 J.620100.025.02 Melakukan Debugging 2016
PEMASARAN DIGITAL (DIGITAL MARKETING) Klaster SKM/0421/00013/3/2023/022 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Periklanan Aktivitas Profesional, Ilmiah dan Teknis 9 Unit
Daftar Unit : PEMASARAN DIGITAL (DIGITAL MARKETING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.63OPR00.001.2 Menggunakan Perangkat Komputer 2018
2 J.63OPR00.007.2 Menggunakan Penelusur Situs Web (Web Browser) 2018
3 M.70MKT00.001.2 Melaksanakan Komunikasi Efektif 2023
4 M.70MKT00.006.2 Menyusun Elemen Pemasaran Organisasi 2023
5 M.70MKT00.012.1 Menggunakan Media Sosial dan Aplikasi 2023
6 M.70MKT00.013.1 Melaksanakan Kegiatan Analisis di Media Sosial dan Media Bisnis Digital 2023
7 M.70MKT00.014.1 Mempersiapkan Konten Digital 2023
8 M.70MKT00.015.1 Mengoptimalkan Pengelolaan Media Sosial dan Rencana Aplikasi Digital 2023
9 M.70MKT00.017.1 Melaksanakan Kegiatan Promosi Merek 2023
Pemasaran Media Sosial (Social Media Marketing) Klaster SKM/0421/00013/3/2023/021 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Periklanan Aktivitas Profesional, Ilmiah dan Teknis 7 Unit
Daftar Unit : Pemasaran Media Sosial (Social Media Marketing)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 M.70MKT00.012.1 Menggunakan Media Sosial dan Aplikasi 2023
2 M.70MKT00.013.1 Melaksanakan Kegiatan Analisis di Media Sosial dan Media Bisnis Digital 2023
3 M.70MKT00.014.1 Mempersiapkan Konten Digital 2023
4 M.70MKT00.015.1 Mengoptimalkan Pengelolaan Media Sosial dan Rencana Aplikasi Digital 2023
5 M.70MKT00.017.1 Melaksanakan Kegiatan Promosi Merek 2023
6 M.731000.002.01 Mengelola Hubungan dengan Klien 2014
7 M.74100.009.02 Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain 2016
PEMBUATAN ASET ANIMASI 3 DIMENSI Klaster SKM/0421/00010/3/1970/001/LSP.BDI-DPS/2017 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 4 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN ASET ANIMASI 3 DIMENSI
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
2 J.591120.009.01 Membuat model digital organik 3 dimensi 2014
3 J.591120.011.01 Membuat pencitraan UV mesh 2014
4 J.591120.013.01 Membuat pencitraan tekstur permukaan 2014
PEMBUATAN EFEK DIGITAL ANIMASI Klaster SKM/0421/00010/3/1970/004/LSP.BDI-DPS/2015 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 3 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN EFEK DIGITAL ANIMASI
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.023.01 Membuat arahan gerak particle 2014
2 J.591120.024.01 Membuat simulasi dinamis objek digital (cloth/hair) 2014
3 J.591120.025.01 Membuat arahan simulasi gerak digital larutan (liquid/fluid) 2014
Pembuatan Gambar Latar Animasi 2 Dimensi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/SKM 008/LSP.BDI-DPS/2016 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Gambar Latar Animasi 2 Dimensi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.028.01 Membuat gambar latar 2014
2 J.591120.029.01 Melakukan pewarnaan gambar latar (coloring) 2014
Pembuatan Gambar Penceritaan Animasi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/006 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 1 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Gambar Penceritaan Animasi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.030.01 Membuat gambar penceritaan (storyboard drawing) 2014
PEMBUATAN GERAK ANIMASI 2 DIMENSI Klaster SKM/0421/00010/3/1970/009/LSP.BDI-DPS/2016 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 4 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN GERAK ANIMASI 2 DIMENSI
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.005.01 Membuat sekuensial gambar gerak sela (inbetween) 2014
2 J.591120.016.01 Membuat sekuensial gambar gerak utama (keyframing) 2014
3 J.591120.018.01 Membuat gerak digital puppeteer 2014
4 J.591120.040.01 Membuat gambar sketsa karakter 2014
Pembuatan Gerak Animasi 3 Dimensi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/002/LSP.BDI-DPS/2015 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Gerak Animasi 3 Dimensi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.004.01 Membuat gerak digital non character 2014
2 J.591120.017.01 Membuat gerak digital character 2014
PEMBUATAN KOMPOSISI FILM ANIMASI (COMPOSITING) Klaster SKM/0421/00010/3/1970/012/LSP.BDI-DPS/2017 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN KOMPOSISI FILM ANIMASI (COMPOSITING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.019.01 Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing) 2014
2 J.591120.022.01 Membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing) 2014
Pembuatan Layout Animasi 3 Dimensi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/003/LSP.BDI-DPS/2017 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Layout Animasi 3 Dimensi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.007.01 Membuat kumpulan aset digital (layout 3 dimensi) 2014
2 J.591120.031.01 Mempersiapkan sudut pandang kamera digital 2014
PEMBUATAN MEKANISME KERJA DIGITAL (3D CHARACTER SETUP) Klaster SKM/0421/00010/3/1970/013/LSP.BDI-DPS/2017 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN MEKANISME KERJA DIGITAL (3D CHARACTER SETUP)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.014.01 Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) 2014
2 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) 2014
Pembuatan Naskah Film Animasi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/005/LSP.BDI-DPS/2016 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Naskah Film Animasi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.032.01 Membuat skrip penceritaan (script writing) 2014
2 J.591120.033.01 Membuat skenario 2014
PEMBUATAN PENCITRAAN CAHAYA DAN GAMBAR DIGITAL Klaster SKM/0421/00010/3/-0001/7 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN PENCITRAAN CAHAYA DAN GAMBAR DIGITAL
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
2 J.591120.020.01 Membuat pencitraan cahaya digital 2014
PEMBUATAN RIGGING 2 DIMENSI Klaster SKM/0421/00010/3/1970/010/LSP.BDI-DPS/2017 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 1 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN RIGGING 2 DIMENSI
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.010.01 Membuat elemen gambar digital puppeteer 2014
Pemrogram Basisdata (Database Programmer) Okupasi SKM/0421/00010/2/2021/15 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Pemrograman, Konsultasi dan kegiatan ybdi Informasi dan Komunikasi 14 Unit
Daftar Unit : Pemrogram Basisdata (Database Programmer)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.620100.001.01 Menganalisis Tools 2016
2 J.620100.003.01 Melakukan Identifikasi Library, Komponen atau Framework yang Diperlukan 2016
3 J.620100.004.02 Menggunakan Struktur Data 2016
4 J.620100.007.01 Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas 2016
5 J.620100.020.02 Menggunakan SQL 2016
6 J.620100.021.02 Menerapkan Akses Basis Data 2016
7 J.620100.022.02 Mengimplementasikan Algoritma Pemrograman 2016
8 J.620100.025.02 Melakukan Debugging 2016
9 J.620100.032.01 Menerapkan Code Review 2016
10 J.620100.042.01 Melaksanakan Konfigurasi Perangkat Lunak Sesuai Environment (Development, Staging, Production) 2016
11 J.620100.043.01 Menganalisis Dampak Perubahan Terhadap Aplikasi 2016
12 J.620100.045.01 Melakukan Pemantauan Resource yang Digunakan Aplikasi 2016
13 J.620100.047.01 Melakukan Pembaharuan Perangkat Lunak 2016
14 J.62090.011.01 Menerapkan Standar?Standar Keamanan Informasi yang Berlaku 2015
Pemrogram Mobil Pratama (Junior Mobile Programmer) Okupasi SKM/0421/00010/2/2021/018/LSP.BDI-DPS/2021 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Pemrograman, Konsultasi dan kegiatan ybdi Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : Pemrogram Mobil Pratama (Junior Mobile Programmer)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.612000.001.01 Menunjukkan Platform Operating System dan Bahasa Pemrograman di dalam Perangkat Lunak 2015
2 J.612000.003.01 Merancang Database dan Data Persistence pada Mobile Data 2015
3 J.612000.006.01 Menyusun Mobile Location Based Service, GPS dan Mobile Navigation. 2015
4 J.612000.007.01 Merancang Mobile Interface 2015
5 J.612000.008.01 Menjelaskan Dasar-dasar Mobile Security 2015
6 J.612000.022.01 Menjelaskan Mobile Sensor dan Spesifikasi Teknisnya untuk Mobile Computing 2015
7 J.612000.025.01 Menentukan Mobile Seluler Network 2015
Pengembang Web Pratama (Junior Web Developer) Okupasi SKM/0421/00010/2/2021/016/LSP.BDI-DPS/2021 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Pemrograman, Konsultasi dan kegiatan ybdi Informasi dan Komunikasi 6 Unit
Daftar Unit : Pengembang Web Pratama (Junior Web Developer)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.620100.005.02 Mengimplementasikan User Interface 2016
2 J.620100.010.01 Menerapkan Perintah Eksekusi Bahasa Pemrograman Berbasis Teks, Grafik, dan Multimedia 2016
3 J.620100.015.01 Menyusun Fungsi, File atau Sumber Daya Pemrograman yang Lain dalam Organisasi yang Rapi 2016
4 J.620100.016.01 Menulis Kode dengan Prinsip Sesuai Guidelines dan Best Practices 2016
5 J.620100.017.02 Mengimplementasikan Pemrograman Terstruktur 2016
6 J.620100.019.02 Menggunakan Library atau Komponen Pre- Existing 2016
PENYUNTINGAN FILM ANIMASI (EDITOR) Klaster SKM/0421/00010/3/1970/011/LSP.BDI-DPS/2017 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 3 Unit
Daftar Unit : PENYUNTINGAN FILM ANIMASI (EDITOR)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.003.01 Melakukan perekaman rancangan dialog 2014
2 J.591120.006.01 Melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic /previsualisation) 2014
3 J.591120.026.01 Melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing) 2014

Infrastruktur Kompetensi