Daftar Skema Kompetensi

Nama Skema Jenis Skema Kode Skema Nama LSP Bidang Subsektor Jumlah Unit
Pembuatan Gambar Penceritaan Animasi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/006 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 1 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Gambar Penceritaan Animasi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.030.01 Membuat gambar penceritaan (storyboard drawing) 2014
Pembuatan Naskah Film Animasi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/005/LSP.BDI-DPS/2016 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Naskah Film Animasi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.032.01 Membuat skrip penceritaan (script writing) 2014
2 J.591120.033.01 Membuat skenario 2014
PEMBUATAN GERAK ANIMASI 2 DIMENSI Klaster SKM/0421/00010/3/1970/009/LSP.BDI-DPS/2016 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 4 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN GERAK ANIMASI 2 DIMENSI
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.005.01 Membuat sekuensial gambar gerak sela (inbetween) 2014
2 J.591120.016.01 Membuat sekuensial gambar gerak utama (keyframing) 2014
3 J.591120.018.01 Membuat gerak digital puppeteer 2014
4 J.591120.040.01 Membuat gambar sketsa karakter 2014
PEMBUATAN EFEK DIGITAL ANIMASI Klaster SKM/0421/00010/3/1970/004/LSP.BDI-DPS/2015 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 3 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN EFEK DIGITAL ANIMASI
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.023.01 Membuat arahan gerak particle 2014
2 J.591120.024.01 Membuat simulasi dinamis objek digital (cloth/hair) 2014
3 J.591120.025.01 Membuat arahan simulasi gerak digital larutan (liquid/fluid) 2014
PEMBUATAN ASET ANIMASI 3 DIMENSI Klaster SKM/0421/00010/3/1970/001/LSP.BDI-DPS/2017 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 4 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN ASET ANIMASI 3 DIMENSI
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
2 J.591120.009.01 Membuat model digital organik 3 dimensi 2014
3 J.591120.011.01 Membuat pencitraan UV mesh 2014
4 J.591120.013.01 Membuat pencitraan tekstur permukaan 2014
PEMBUATAN RIGGING 2 DIMENSI Klaster SKM/0421/00010/3/1970/010/LSP.BDI-DPS/2017 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 1 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN RIGGING 2 DIMENSI
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.010.01 Membuat elemen gambar digital puppeteer 2014
PENYUNTINGAN FILM ANIMASI (EDITOR) Klaster SKM/0421/00010/3/1970/011/LSP.BDI-DPS/2017 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 3 Unit
Daftar Unit : PENYUNTINGAN FILM ANIMASI (EDITOR)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.003.01 Melakukan perekaman rancangan dialog 2014
2 J.591120.006.01 Melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic /previsualisation) 2014
3 J.591120.026.01 Melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing) 2014
PEMBUATAN MEKANISME KERJA DIGITAL (3D CHARACTER SETUP) Klaster SKM/0421/00010/3/1970/013/LSP.BDI-DPS/2017 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN MEKANISME KERJA DIGITAL (3D CHARACTER SETUP)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.014.01 Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) 2014
2 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) 2014
Pembuatan Gerak Animasi 3 Dimensi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/002/LSP.BDI-DPS/2015 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Gerak Animasi 3 Dimensi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.004.01 Membuat gerak digital non character 2014
2 J.591120.017.01 Membuat gerak digital character 2014
Pembuatan Layout Animasi 3 Dimensi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/003/LSP.BDI-DPS/2017 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Layout Animasi 3 Dimensi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.007.01 Membuat kumpulan aset digital (layout 3 dimensi) 2014
2 J.591120.031.01 Mempersiapkan sudut pandang kamera digital 2014
PEMBUATAN KOMPOSISI FILM ANIMASI (COMPOSITING) Klaster SKM/0421/00010/3/1970/012/LSP.BDI-DPS/2017 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN KOMPOSISI FILM ANIMASI (COMPOSITING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.019.01 Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing) 2014
2 J.591120.022.01 Membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing) 2014
PEMBUATAN PENCITRAAN CAHAYA DAN GAMBAR DIGITAL Klaster SKM/0421/00010/3/-0001/7 LSP BDI DENPASAR
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN PENCITRAAN CAHAYA DAN GAMBAR DIGITAL
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
2 J.591120.020.01 Membuat pencitraan cahaya digital 2014
3D Low Poly Model Artist Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/4 LSP AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : 3D Low Poly Model Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
2 J.591120.009.01 Membuat model digital organik 3 dimensi 2014
3 J.591120.011.01 Membuat pencitraan UV mesh 2014
4 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
5 J.591120.013.01 Membuat pencitraan tekstur permukaan 2014
6 J.591120.014.01 Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) 2014
7 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) 2014
3D Ilustration Artist Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/2 LSP AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 11 Unit
Daftar Unit : 3D Ilustration Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
2 J.591120.009.01 Membuat model digital organik 3 dimensi 2014
3 J.591120.011.01 Membuat pencitraan UV mesh 2014
4 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
5 J.591120.013.01 Membuat pencitraan tekstur permukaan 2014
6 J.591120.014.01 Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) 2014
7 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) 2014
8 J.591120.020.01 Membuat pencitraan cahaya digital 2014
9 J.591120.021.01 Membuat pencitraan sifat permukaan (shading) 2014
10 J.591120.031.01 Mempersiapkan sudut pandang kamera digital 2014
11 J.591120.043.01 Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing) 2014
2D Layout Artist Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/1 LSP AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 5 Unit
Daftar Unit : 2D Layout Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.028.01 Membuat gambar latar 2014
2 J.591120.029.01 Melakukan pewarnaan gambar latar (coloring) 2014
3 J.591120.035.01 Membuat standar produksi desain suasana (environment design) 2014
4 J.591120.039.01 Membuat gambar sketsa latar 2014
5 J.591120.040.01 Membuat gambar sketsa karakter 2014
3D Modeling Artist Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/5 LSP AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 11 Unit
Daftar Unit : 3D Modeling Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.001.01 Melakukan pemindaian digital 2014
2 J.591120.002.01 Melakukan pewarnaan gambar karakter (coloring) 2014
3 J.591120.003.01 Melakukan perekaman rancangan dialog 2014
4 J.591120.004.01 Membuat gerak digital non character 2014
5 J.591120.005.01 Membuat sekuensial gambar gerak sela (inbetween) 2014
6 J.591120.006.01 Melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic /previsualisation) 2014
7 J.591120.007.01 Membuat kumpulan aset digital (layout 3 dimensi) 2014
8 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
9 J.591120.009.01 Membuat model digital organik 3 dimensi 2014
10 J.591120.010.01 Membuat elemen gambar digital puppeteer 2014
11 J.591120.011.01 Membuat pencitraan UV mesh 2014
3D ANIMATOR Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/6 LSP AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : 3D ANIMATOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
2 J.591120.013.01 Membuat pencitraan tekstur permukaan 2014
3 J.591120.014.01 Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) 2014
4 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) 2014
5 J.591120.016.01 Membuat sekuensial gambar gerak utama (keyframing) 2014
6 J.591120.017.01 Membuat gerak digital character 2014
7 J.591120.018.01 Membuat gerak digital puppeteer 2014
Motion Graphic Artist Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/3 LSP AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 10 Unit
Daftar Unit : Motion Graphic Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.004.01 Membuat gerak digital non character 2014
2 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
3 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
4 J.591120.019.01 Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing) 2014
5 J.591120.020.01 Membuat pencitraan cahaya digital 2014
6 J.591120.021.01 Membuat pencitraan sifat permukaan (shading) 2014
7 J.591120.022.01 Membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing) 2014
8 J.591120.026.01 Melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing) 2014
9 J.591120.031.01 Mempersiapkan sudut pandang kamera digital 2014
10 J.591120.043.01 Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing) 2014
SKEMA SERTIFIKASI KKNI LEVEL IV PADA KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA KKNI SKM/0661/00010/1/2017/11 LSP P2 PPPPTK Bidang Mesin dan Teknik Industri
Kota Cimahi
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 46 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI LEVEL IV PADA KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.001.01 Melakukan pemindaian digital 2014
2 J.591120.003.01 Melakukan perekaman rancangan dialog 2014
3 J.591120.006.01 Melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic /previsualisation) 2014
4 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
5 J.591120.013.01 Membuat pencitraan tekstur permukaan 2014
6 J.591120.019.01 Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing) 2014
7 J.591120.020.01 Membuat pencitraan cahaya digital 2014
8 J.591120.021.01 Membuat pencitraan sifat permukaan (shading) 2014
9 J.591120.028.01 Membuat gambar latar 2014
10 J.591120.029.01 Melakukan pewarnaan gambar latar (coloring) 2014
11 J.591120.030.01 Membuat gambar penceritaan (storyboard drawing) 2014
12 J.591120.031.01 Mempersiapkan sudut pandang kamera digital 2014
13 J.591120.038.01 Membuat gambar sketsa property 2014
14 J.591120.040.01 Membuat gambar sketsa karakter 2014
15 M.74100.001.02 Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain 2016
16 M.74100.007.01 Menetapkan Strategi Desain 2016
17 TIK.MM01.003.01 Memeriksa, Merawat, Dan Memperbaiki Peralatan 2011
18 TIK.MM01.004.01 Memperagakan pengetahuan dan syarat syarat multimedia 2007
19 TIK.MM01.005.01 Mengidentifikasi komponen multimedia 2007
20 TIK.MM01.006.01 Menyiapkan multimedia untuk platform yang berbeda 2007
21 TIK.MM01.007.01 Memilih dan memakai software dan hardware untuk multimedia 2007
22 TIK.MM01.008.01 Menerapkan prinsip prinsip rancangan visual 2007
23 TIK.MM01.012.01 Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja 2007
24 TIK.MM02.001.01 Menulis sebuah sekuen interaktif untuk multimedia 2007
25 TIK.MM02.012.01 Membuat tata letak gambar untuk animasi 2007
26 TIK.MM02.016.01 Mengembangkan dan membuat rancangan pencahayaan 2007
27 TIK.MM02.029.01 Merancang dan membuat interface multimedia 2007
28 TIK.MM02.030.01 Merancang navigasi pada sebuah produk multimedia 2007
29 TIK.MM02.031.01 Menggabung, merancang, dan menyunting video digital 2007
30 TIK.MM02.032.01 Membuat, memanipulasi, dan menggabung gambar 2D 2007
31 TIK.MM02.034.01 Mengembangkan sebuah naskah multimedia 2007
32 TIK.MM02.046.01 Mengkoordinir produksi animasi 2007
33 TIK.MM02.047.01 Membuat gambar kunci untuk animasi 2007
34 TIK.MM02.052.01 Membuat rekaman gambar berurutan untuk animasi 2007
35 TIK.MM02.053.01 Membuat dan memanipulasi gambar-gambar digital 2007
36 TIK.MM02.054.01 Membuat animasi digital 2D 2007
37 TIK.MM02.055.01 Membuat animasi digital 3D 2007
38 TIK.MM02.056.01 Membuat gambar dan model 3D 2007
39 TIK.MM02.061.01 Membuat keputusan teknis dan kreatif untuk editing (penyuntingan) 2007
40 TIK.MM02.062.01 Menyiapkan bahan dan dokumen untuk editing 2007
41 TIK.MM02.063.01 Mengoperasikan peralatan editing video 2007
42 TIK.MM02.069.01 Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia 2007
43 TIK.MM02.071.01 Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia 2007
44 TIK.MM02.072.01 Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia 2007
45 TIK.MM02.073.01 Menggabungkan animasi kedalam sajian multimedia 2007
46 TIK.MM02.074.01 Menggabungkan video kedalam sajian multimedia 2007
Intermediate Animator Okupasi SKM/0018/00010/2/2020/111 TIK Indonesia
Kota Surabaya
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 9 Unit
Daftar Unit : Intermediate Animator
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.004.01 Membuat gerak digital non character 2014
2 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
3 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
4 J.591120.019.01 Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing) 2014
5 J.591120.020.01 Membuat pencitraan cahaya digital 2014
6 J.591120.021.01 Membuat pencitraan sifat permukaan (shading) 2014
7 J.591120.022.01 Membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing) 2014
8 J.591120.031.01 Mempersiapkan sudut pandang kamera digital 2014
9 J.59MTM00.011.1 Membuat Aset Visual Berdasarkan Langkah Kerja yang Telah Ditetapkan 2018
Technical 3D Illustration Artist Okupasi SKM/0018/00010/2/2020/66 TIK Indonesia
Kota Surabaya
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 11 Unit
Daftar Unit : Technical 3D Illustration Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
2 J.591120.009.01 Membuat model digital organik 3 dimensi 2014
3 J.591120.011.01 Membuat pencitraan UV mesh 2014
4 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
5 J.591120.013.01 Membuat pencitraan tekstur permukaan 2014
6 J.591120.014.01 Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) 2014
7 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) 2014
8 J.591120.020.01 Membuat pencitraan cahaya digital 2014
9 J.591120.021.01 Membuat pencitraan sifat permukaan (shading) 2014
10 J.591120.031.01 Mempersiapkan sudut pandang kamera digital 2014
11 J.591120.043.01 Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing) 2014
Technical Motion Graphic Artist Okupasi SKM/0018/00010/2/2020/65 TIK Indonesia
Kota Surabaya
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 10 Unit
Daftar Unit : Technical Motion Graphic Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.004.01 Membuat gerak digital non character 2014
2 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
3 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
4 J.591120.019.01 Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing) 2014
5 J.591120.020.01 Membuat pencitraan cahaya digital 2014
6 J.591120.021.01 Membuat pencitraan sifat permukaan (shading) 2014
7 J.591120.022.01 Membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing) 2014
8 J.591120.026.01 Melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing) 2014
9 J.591120.031.01 Mempersiapkan sudut pandang kamera digital 2014
10 J.591120.043.01 Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing) 2014
Technical 3D Low Poly Model Artist Okupasi SKM/0018/00010/2/2020/64 TIK Indonesia
Kota Surabaya
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : Technical 3D Low Poly Model Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
2 J.591120.009.01 Membuat model digital organik 3 dimensi 2014
3 J.591120.011.01 Membuat pencitraan UV mesh 2014
4 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
5 J.591120.013.01 Membuat pencitraan tekstur permukaan 2014
6 J.591120.014.01 Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) 2014
7 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) 2014
Technical 2D Layout Artist Okupasi SKM/0018/00010/2/2020/63 TIK Indonesia
Kota Surabaya
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 5 Unit
Daftar Unit : Technical 2D Layout Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.028.01 Membuat gambar latar 2014
2 J.591120.029.01 Melakukan pewarnaan gambar latar (coloring) 2014
3 J.591120.035.01 Membuat standar produksi desain suasana (environment design) 2014
4 J.591120.039.01 Membuat gambar sketsa latar 2014
5 J.591120.043.01 Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing) 2014
3D Animation Klaster SKM/0018/00010/3/2020/62 TIK Indonesia
Kota Surabaya
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : 3D Animation
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.004.01 Membuat gerak digital non character 2014
2 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
3 J.591120.014.01 Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) 2014
4 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) 2014
5 J.591120.017.01 Membuat gerak digital character 2014
6 J.591120.022.01 Membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing) 2014
7 J.591120.031.01 Mempersiapkan sudut pandang kamera digital 2014

Infrastruktur Kompetensi