Skema Kompetensi : BDI Denpasar

Nama Skema Jenis Skema Kode Skema Nama LSP Bidang Subsektor Jumlah Unit
Pembuatan Gambar Latar Animasi 2 Dimensi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/SKM 008/LSP.BDI-DPS/2016 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Gambar Latar Animasi 2 Dimensi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.028.01 Membuat gambar latar
2 J.591120.029.01 Melakukan pewarnaan gambar latar (coloring)
Pembuatan Gambar Penceritaan Animasi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/006 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 1 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Gambar Penceritaan Animasi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.030.01 Membuat gambar penceritaan (storyboard drawing)
Pembuatan Naskah Film Animasi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/005/LSP.BDI-DPS/2016 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Naskah Film Animasi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.032.01 Membuat skrip penceritaan (script writing)
2 J.591120.033.01 Membuat skenario
PEMBUATAN GERAK ANIMASI 2 DIMENSI Klaster SKM/0421/00010/3/1970/009/LSP.BDI-DPS/2016 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 4 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN GERAK ANIMASI 2 DIMENSI
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.005.01 Membuat sekuensial gambar gerak sela (inbetween)
2 J.591120.016.01 Membuat sekuensial gambar gerak utama (keyframing)
3 J.591120.018.01 Membuat gerak digital puppeteer
4 J.591120.040.01 Membuat gambar sketsa karakter
PEMBUATAN EFEK DIGITAL ANIMASI Klaster SKM/0421/00010/3/1970/004/LSP.BDI-DPS/2015 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 3 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN EFEK DIGITAL ANIMASI
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.023.01 Membuat arahan gerak particle
2 J.591120.024.01 Membuat simulasi dinamis objek digital (cloth/hair)
3 J.591120.025.01 Membuat arahan simulasi gerak digital larutan (liquid/fluid)
PEMBUATAN ASET ANIMASI 3 DIMENSI Klaster SKM/0421/00010/3/1970/001/LSP.BDI-DPS/2017 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 4 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN ASET ANIMASI 3 DIMENSI
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi
2 J.591120.009.01 Membuat model digital organik 3 dimensi
3 J.591120.011.01 Membuat pencitraan UV mesh
4 J.591120.013.01 Membuat pencitraan tekstur permukaan
PEMBUATAN RIGGING 2 DIMENSI Klaster SKM/0421/00010/3/1970/010/LSP.BDI-DPS/2017 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 1 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN RIGGING 2 DIMENSI
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.010.01 Membuat elemen gambar digital puppeteer
PENYUNTINGAN FILM ANIMASI (EDITOR) Klaster SKM/0421/00010/3/1970/011/LSP.BDI-DPS/2017 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 3 Unit
Daftar Unit : PENYUNTINGAN FILM ANIMASI (EDITOR)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.003.01 Melakukan perekaman rancangan dialog
2 J.591120.006.01 Melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic /previsualisation)
3 J.591120.026.01 Melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing)
PEMBUATAN MEKANISME KERJA DIGITAL (3D CHARACTER SETUP) Klaster SKM/0421/00010/3/1970/013/LSP.BDI-DPS/2017 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN MEKANISME KERJA DIGITAL (3D CHARACTER SETUP)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.014.01 Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning)
2 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging)
Pembuatan Gerak Animasi 3 Dimensi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/002/LSP.BDI-DPS/2015 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Gerak Animasi 3 Dimensi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.004.01 Membuat gerak digital non character
2 J.591120.017.01 Membuat gerak digital character
Pembuatan Layout Animasi 3 Dimensi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/003/LSP.BDI-DPS/2017 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Layout Animasi 3 Dimensi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.007.01 Membuat kumpulan aset digital (layout 3 dimensi)
2 J.591120.031.01 Mempersiapkan sudut pandang kamera digital
PEMBUATAN KOMPOSISI FILM ANIMASI (COMPOSITING) Klaster SKM/0421/00010/3/1970/012/LSP.BDI-DPS/2017 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN KOMPOSISI FILM ANIMASI (COMPOSITING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.019.01 Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing)
2 J.591120.022.01 Membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing)
PEMBUATAN PENCITRAAN CAHAYA DAN GAMBAR DIGITAL Klaster SKM/0421/00010/3/-0001/7 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN PENCITRAAN CAHAYA DAN GAMBAR DIGITAL
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering)
2 J.591120.020.01 Membuat pencitraan cahaya digital
Database Administrator Okupasi SKM/0421/00010/2/2021/14 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Pemrograman, Konsultasi dan kegiatan ybdi Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : Database Administrator
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.620100.003.01 Melakukan Identifikasi Library, Komponen atau Framework yang Diperlukan
2 J.620100.004.02 Menggunakan Struktur Data
3 J.620100.007.01 Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas
4 J.620100.009.01 Menggunakan Spesifikasi Program
5 J.620100.020.02 Menggunakan SQL
6 J.62090.047.01 Merancang dan Mengelola Sistem Backup
7 J.631100.005.01 Menyusun Rencana Pemeliharaan Pusat Data
Pemrogram Basisdata (Database Programmer) Okupasi SKM/0421/00010/2/2021/15 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Pemrograman, Konsultasi dan kegiatan ybdi Informasi dan Komunikasi 14 Unit
Daftar Unit : Pemrogram Basisdata (Database Programmer)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.620100.001.01 Menganalisis Tools
2 J.620100.003.01 Melakukan Identifikasi Library, Komponen atau Framework yang Diperlukan
3 J.620100.004.02 Menggunakan Struktur Data
4 J.620100.007.01 Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas
5 J.620100.020.02 Menggunakan SQL
6 J.620100.021.02 Menerapkan Akses Basis Data
7 J.620100.022.02 Mengimplementasikan Algoritma Pemrograman
8 J.620100.025.02 Melakukan Debugging
9 J.620100.032.01 Menerapkan Code Review
10 J.620100.042.01 Melaksanakan Konfigurasi Perangkat Lunak Sesuai Environment (Development, Staging, Production)
11 J.620100.043.01 Menganalisis Dampak Perubahan Terhadap Aplikasi
12 J.620100.045.01 Melakukan Pemantauan Resource yang Digunakan Aplikasi
13 J.620100.047.01 Melakukan Pembaharuan Perangkat Lunak
14 J.62090.011.01 Menerapkan Standar?Standar Keamanan Informasi yang Berlaku
Desainer Grafis Muda (Junior Graphic Designer) Okupasi SKM/0421/00010/2/2021/19 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Penerbitan Informasi dan Komunikasi 5 Unit
Daftar Unit : Desainer Grafis Muda (Junior Graphic Designer)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 M.74100.001.02 Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain
2 M.74100.002.02 Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi
3 M.74100.005.02 Menerapkan Design Brief
4 M.74100.009.02 Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain
5 M.74100.010.01 Menciptakan Karya Desain
Pengembang Web Pratama (Junior Web Developer) Okupasi SKM/0421/00010/2/2021/016/LSP.BDI-DPS/2021 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Pemrograman, Konsultasi dan kegiatan ybdi Informasi dan Komunikasi 6 Unit
Daftar Unit : Pengembang Web Pratama (Junior Web Developer)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.620100.005.02 Mengimplementasikan User Interface
2 J.620100.010.01 Menerapkan Perintah Eksekusi Bahasa Pemrograman Berbasis Teks, Grafik, dan Multimedia
3 J.620100.015.01 Menyusun Fungsi, File atau Sumber Daya Pemrograman yang Lain dalam Organisasi yang Rapi
4 J.620100.016.01 Menulis Kode dengan Prinsip Sesuai Guidelines dan Best Practices
5 J.620100.017.02 Mengimplementasikan Pemrograman Terstruktur
6 J.620100.019.02 Menggunakan Library atau Komponen Pre- Existing
Junior Web Programmer Okupasi SKM/0421/00010/2/2021/017/LSP.BDI-DPS/2021 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Pemrograman, Konsultasi dan kegiatan ybdi Informasi dan Komunikasi 8 Unit
Daftar Unit : Junior Web Programmer
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.620100.004.02 Menggunakan Struktur Data
2 J.620100.005.02 Mengimplementasikan User Interface
3 J.620100.011.01 Melakukan Instalasi Software Tools Pemrograman
4 J.620100.016.01 Menulis Kode dengan Prinsip Sesuai Guidelines dan Best Practices
5 J.620100.017.02 Mengimplementasikan Pemrograman Terstruktur
6 J.620100.019.02 Menggunakan Library atau Komponen Pre- Existing
7 J.620100.023.02 Membuat Dokumen Kode Program
8 J.620100.025.02 Melakukan Debugging
Pemrogram Mobil Pratama (Junior Mobile Programmer) Okupasi SKM/0421/00010/2/2021/018/LSP.BDI-DPS/2021 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Pemrograman, Konsultasi dan kegiatan ybdi Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : Pemrogram Mobil Pratama (Junior Mobile Programmer)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.612000.001.01 Menunjukkan Platform Operating System dan Bahasa Pemrograman di dalam Perangkat Lunak
2 J.612000.003.01 Merancang Database dan Data Persistence pada Mobile Data
3 J.612000.006.01 Menyusun Mobile Location Based Service, GPS dan Mobile Navigation.
4 J.612000.007.01 Merancang Mobile Interface
5 J.612000.008.01 Menjelaskan Dasar-dasar Mobile Security
6 J.612000.022.01 Menjelaskan Mobile Sensor dan Spesifikasi Teknisnya untuk Mobile Computing
7 J.612000.025.01 Menentukan Mobile Seluler Network
Desain Grafika Klaster SKM/0421/00010/3/2023/20 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Penerbitan Informasi dan Komunikasi 4 Unit
Daftar Unit : Desain Grafika
#Kode UnitNama UnitTahun
1 M.74100.002.02 Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi
2 M.74100.006.01 Mengorganisasi Informasi Terkait Proyek Desain
3 M.74100.008.02 Menetapkan Konsep Desain
4 M.74100.009.02 Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain
Pemasaran Media Sosial (Social Media Marketing) Klaster SKM/0421/00013/3/2023/021 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Periklanan Aktivitas Profesional, Ilmiah dan Teknis 14 Unit
Daftar Unit : Pemasaran Media Sosial (Social Media Marketing)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 M.70MKT00.012.1 Menggunakan Media Sosial dan Aplikasi
2 M.70MKT00.012.1 Menggunakan Media Sosial dan Aplikasi
3 M.70MKT00.013.1 Melaksanakan Kegiatan Analisis di Media Sosial dan Media Bisnis Digital
4 M.70MKT00.013.1 Melaksanakan Kegiatan Analisis di Media Sosial dan Media Bisnis Digital
5 M.70MKT00.014.1 Mempersiapkan Konten Digital
6 M.70MKT00.014.1 Mempersiapkan Konten Digital
7 M.70MKT00.015.1 Mengoptimalkan Pengelolaan Media Sosial dan Rencana Aplikasi Digital
8 M.70MKT00.015.1 Mengoptimalkan Pengelolaan Media Sosial dan Rencana Aplikasi Digital
9 M.70MKT00.017.1 Melaksanakan Kegiatan Promosi Merek
10 M.70MKT00.017.1 Melaksanakan Kegiatan Promosi Merek
11 M.731000.002.01 Mengelola Hubungan dengan Klien
12 M.73ADV00.002.1 Mengembangkan Hubungan dengan Calon Klien dalam Pengembangan Usaha Perusahaan Periklanan
13 M.74100.009.02 Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain
14 M.74DKV13.010.3 Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain
PEMASARAN DIGITAL (DIGITAL MARKETING) Klaster SKM/0421/00013/3/2023/022 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Periklanan Aktivitas Profesional, Ilmiah dan Teknis 9 Unit
Daftar Unit : PEMASARAN DIGITAL (DIGITAL MARKETING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.63OPR00.001.2 Menggunakan Perangkat Komputer
2 J.63OPR00.007.2 Menggunakan Penelusur Situs Web (Web Browser)
3 M.70MKT00.001.2 Melaksanakan Komunikasi Efektif
4 M.70MKT00.006.2 Menyusun Elemen Pemasaran Organisasi
5 M.70MKT00.012.1 Menggunakan Media Sosial dan Aplikasi
6 M.70MKT00.013.1 Melaksanakan Kegiatan Analisis di Media Sosial dan Media Bisnis Digital
7 M.70MKT00.014.1 Mempersiapkan Konten Digital
8 M.70MKT00.015.1 Mengoptimalkan Pengelolaan Media Sosial dan Rencana Aplikasi Digital
9 M.70MKT00.017.1 Melaksanakan Kegiatan Promosi Merek
Junior 3D Animator Okupasi SKM/0421/00010/2/2024/23 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 8 Unit
Daftar Unit : Junior 3D Animator
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.59ANM00.003.2 Membuat Pergerakan (Motion) Objek Digital
2 J.59ANM00.005.1 Membuat Gerak Body Mechanic (Interaction) Karakter
3 J.59ANM00.007.1 Membuat Lip Sync Karakter
4 J.59ANM00.008.1 Menguji Coba Sistem Mekanika Gerak Digital (Rigging)
5 J.59ANM00.010.1 Membaca Shot/Scene/Sequences Storyboard
6 J.59ANM03.067.1 Mengoperasikan Perangkat Kerja Produksi Animasi
7 J.59ANM04.079.1 Melakukan Prosedur Kesehatan/Keselamantan Kerja dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
8 J.59ANM04.080.1 Melakukan Komunikasi/Kerjasama dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
Junior 3D Modeler Okupasi SKM/0421/00010/2/2024/24 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 6 Unit
Daftar Unit : Junior 3D Modeler
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.59ANM01.028.2 Membuat Model 3D Berbasis Hard Surface
2 J.59ANM01.032.2 Membuat Projeksi UV Mesh Dari Objek 3D
3 J.59ANM01.033.2 Membuat Pencitraan Tekstur Permukaan 3D (Texturing)
4 J.59ANM03.067.1 Mengoperasikan Perangkat Kerja Produksi Animasi
5 J.59ANM04.079.1 Melakukan Prosedur Kesehatan/Keselamantan Kerja dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
6 J.59ANM04.080.1 Melakukan Komunikasi/Kerjasama dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
Junior 2D Animator Okupasi SKM/0421/00010/2/2024/025 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : Junior 2D Animator
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.59ANM00.002.2 Membuat 2D Sekuensial Gambar Gerak Sela (Inbetween)
2 J.59ANM00.009.1 Membaca Tabel Dope/Exposure/Time Sheet
3 J.59ANM00.010.1 Membaca Shot/Scene/Sequences Storyboard
4 J.59ANM01.026.2 Melakukan Clean Up Gambar Keypose 2D
5 J.59ANM03.067.1 Mengoperasikan Perangkat Kerja Produksi Animasi
6 J.59ANM04.079.1 Melakukan Prosedur Kesehatan/Keselamantan Kerja dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
7 J.59ANM04.080.1 Melakukan Komunikasi/Kerjasama dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi

Infrastruktur Kompetensi