Skema Kompetensi : BDI Denpasar

Nama Skema Jenis Skema Kode Skema Nama LSP Bidang Subsektor Jumlah Unit
Pembuatan Gambar Penceritaan Animasi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/006 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 1 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Gambar Penceritaan Animasi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.030.01 Membuat gambar penceritaan (storyboard drawing)
PEMBUATAN RIGGING 2 DIMENSI Klaster SKM/0421/00010/3/1970/010/LSP.BDI-DPS/2017 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 1 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN RIGGING 2 DIMENSI
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.010.01 Membuat elemen gambar digital puppeteer
Pembuatan Gambar Latar Animasi 2 Dimensi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/SKM 008/LSP.BDI-DPS/2016 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Gambar Latar Animasi 2 Dimensi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.028.01 Membuat gambar latar
2 J.591120.029.01 Melakukan pewarnaan gambar latar (coloring)
Pembuatan Naskah Film Animasi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/005/LSP.BDI-DPS/2016 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Naskah Film Animasi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.032.01 Membuat skrip penceritaan (script writing)
2 J.591120.033.01 Membuat skenario
PEMBUATAN MEKANISME KERJA DIGITAL (3D CHARACTER SETUP) Klaster SKM/0421/00010/3/1970/013/LSP.BDI-DPS/2017 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN MEKANISME KERJA DIGITAL (3D CHARACTER SETUP)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.014.01 Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning)
2 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging)
Pembuatan Gerak Animasi 3 Dimensi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/002/LSP.BDI-DPS/2015 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Gerak Animasi 3 Dimensi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.004.01 Membuat gerak digital non character
2 J.591120.017.01 Membuat gerak digital character
Pembuatan Layout Animasi 3 Dimensi Klaster SKM/0421/00010/3/1970/003/LSP.BDI-DPS/2017 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : Pembuatan Layout Animasi 3 Dimensi
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.007.01 Membuat kumpulan aset digital (layout 3 dimensi)
2 J.591120.031.01 Mempersiapkan sudut pandang kamera digital
PEMBUATAN KOMPOSISI FILM ANIMASI (COMPOSITING) Klaster SKM/0421/00010/3/1970/012/LSP.BDI-DPS/2017 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN KOMPOSISI FILM ANIMASI (COMPOSITING)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.019.01 Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing)
2 J.591120.022.01 Membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing)
PEMBUATAN PENCITRAAN CAHAYA DAN GAMBAR DIGITAL Klaster SKM/0421/00010/3/-0001/7 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 2 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN PENCITRAAN CAHAYA DAN GAMBAR DIGITAL
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering)
2 J.591120.020.01 Membuat pencitraan cahaya digital
PEMBUATAN EFEK DIGITAL ANIMASI Klaster SKM/0421/00010/3/1970/004/LSP.BDI-DPS/2015 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 3 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN EFEK DIGITAL ANIMASI
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.023.01 Membuat arahan gerak particle
2 J.591120.024.01 Membuat simulasi dinamis objek digital (cloth/hair)
3 J.591120.025.01 Membuat arahan simulasi gerak digital larutan (liquid/fluid)
PENYUNTINGAN FILM ANIMASI (EDITOR) Klaster SKM/0421/00010/3/1970/011/LSP.BDI-DPS/2017 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 3 Unit
Daftar Unit : PENYUNTINGAN FILM ANIMASI (EDITOR)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.003.01 Melakukan perekaman rancangan dialog
2 J.591120.006.01 Melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic /previsualisation)
3 J.591120.026.01 Melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing)
PEMBUATAN GERAK ANIMASI 2 DIMENSI Klaster SKM/0421/00010/3/1970/009/LSP.BDI-DPS/2016 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 4 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN GERAK ANIMASI 2 DIMENSI
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.005.01 Membuat sekuensial gambar gerak sela (inbetween)
2 J.591120.016.01 Membuat sekuensial gambar gerak utama (keyframing)
3 J.591120.018.01 Membuat gerak digital puppeteer
4 J.591120.040.01 Membuat gambar sketsa karakter
PEMBUATAN ASET ANIMASI 3 DIMENSI Klaster SKM/0421/00010/3/1970/001/LSP.BDI-DPS/2017 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 4 Unit
Daftar Unit : PEMBUATAN ASET ANIMASI 3 DIMENSI
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi
2 J.591120.009.01 Membuat model digital organik 3 dimensi
3 J.591120.011.01 Membuat pencitraan UV mesh
4 J.591120.013.01 Membuat pencitraan tekstur permukaan
Desain Grafika Klaster SKM/0421/00010/3/2023/20 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Penerbitan Informasi dan Komunikasi 4 Unit
Daftar Unit : Desain Grafika
#Kode UnitNama UnitTahun
1 M.74100.002.02 Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi
2 M.74100.006.01 Mengorganisasi Informasi Terkait Proyek Desain
3 M.74100.008.02 Menetapkan Konsep Desain
4 M.74100.009.02 Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain
Desainer Grafis Muda (Junior Graphic Designer) Okupasi SKM/0421/00010/2/2021/19 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Penerbitan Informasi dan Komunikasi 5 Unit
Daftar Unit : Desainer Grafis Muda (Junior Graphic Designer)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 M.74100.001.02 Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain
2 M.74100.002.02 Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi
3 M.74100.005.02 Menerapkan Design Brief
4 M.74100.009.02 Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain
5 M.74100.010.01 Menciptakan Karya Desain
Pengembang Web Pratama (Junior Web Developer) Okupasi SKM/0421/00010/2/2021/016/LSP.BDI-DPS/2021 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Pemrograman, Konsultasi dan kegiatan ybdi Informasi dan Komunikasi 6 Unit
Daftar Unit : Pengembang Web Pratama (Junior Web Developer)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.620100.005.02 Mengimplementasikan User Interface
2 J.620100.010.01 Menerapkan Perintah Eksekusi Bahasa Pemrograman Berbasis Teks, Grafik, dan Multimedia
3 J.620100.015.01 Menyusun Fungsi, File atau Sumber Daya Pemrograman yang Lain dalam Organisasi yang Rapi
4 J.620100.016.01 Menulis Kode dengan Prinsip Sesuai Guidelines dan Best Practices
5 J.620100.017.02 Mengimplementasikan Pemrograman Terstruktur
6 J.620100.019.02 Menggunakan Library atau Komponen Pre- Existing
Junior 3D Modeler Okupasi SKM/0421/00010/2/2024/24 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 6 Unit
Daftar Unit : Junior 3D Modeler
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.59ANM01.028.2 Membuat Model 3D Berbasis Hard Surface
2 J.59ANM01.032.2 Membuat Projeksi UV Mesh Dari Objek 3D
3 J.59ANM01.033.2 Membuat Pencitraan Tekstur Permukaan 3D (Texturing)
4 J.59ANM03.067.1 Mengoperasikan Perangkat Kerja Produksi Animasi
5 J.59ANM04.079.1 Melakukan Prosedur Kesehatan/Keselamantan Kerja dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
6 J.59ANM04.080.1 Melakukan Komunikasi/Kerjasama dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
2D Layout Artist Okupasi SKM/0421/00010/2/2024/028 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 6 Unit
Daftar Unit : 2D Layout Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.59ANM00.010.1 Membaca Shot/Scene/Sequences Storyboard
2 J.59ANM01.022.1 Membuat Layout 2D
3 J.59ANM03.067.1 Mengoperasikan Perangkat Kerja Produksi Animasi
4 J.59ANM04.078.1 Membuat Progress Report
5 J.59ANM04.079.1 Melakukan Prosedur Kesehatan/Keselamantan Kerja dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
6 J.59ANM04.080.1 Melakukan Komunikasi/Kerjasama dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
Visual Storyteller Okupasi SKM/0421/00010/2/2024/032 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 6 Unit
Daftar Unit : Visual Storyteller
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.59ANM02.046.2 Membuat Gambar Penceritaan Animasi (Storyboard)
2 J.59ANM02.049.2 Membuat Animatic
3 J.59ANM03.067.1 Mengoperasikan Perangkat Kerja Produksi Animasi
4 J.59ANM04.078.1 Membuat Progress Report
5 J.59ANM04.079.1 Melakukan Prosedur Kesehatan/Keselamantan Kerja dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
6 J.59ANM04.080.1 Melakukan Komunikasi/Kerjasama dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
Database Administrator Okupasi SKM/0421/00010/2/2021/14 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Pemrograman, Konsultasi dan kegiatan ybdi Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : Database Administrator
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.620100.003.01 Melakukan Identifikasi Library, Komponen atau Framework yang Diperlukan
2 J.620100.004.02 Menggunakan Struktur Data
3 J.620100.007.01 Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas
4 J.620100.009.01 Menggunakan Spesifikasi Program
5 J.620100.020.02 Menggunakan SQL
6 J.62090.047.01 Merancang dan Mengelola Sistem Backup
7 J.631100.005.01 Menyusun Rencana Pemeliharaan Pusat Data
Pemrogram Mobil Pratama (Junior Mobile Programmer) Okupasi SKM/0421/00010/2/2021/018/LSP.BDI-DPS/2021 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Pemrograman, Konsultasi dan kegiatan ybdi Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : Pemrogram Mobil Pratama (Junior Mobile Programmer)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.612000.001.01 Menunjukkan Platform Operating System dan Bahasa Pemrograman di dalam Perangkat Lunak
2 J.612000.003.01 Merancang Database dan Data Persistence pada Mobile Data
3 J.612000.006.01 Menyusun Mobile Location Based Service, GPS dan Mobile Navigation.
4 J.612000.007.01 Merancang Mobile Interface
5 J.612000.008.01 Menjelaskan Dasar-dasar Mobile Security
6 J.612000.022.01 Menjelaskan Mobile Sensor dan Spesifikasi Teknisnya untuk Mobile Computing
7 J.612000.025.01 Menentukan Mobile Seluler Network
Junior 2D Animator Okupasi SKM/0421/00010/2/2024/025 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : Junior 2D Animator
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.59ANM00.002.2 Membuat 2D Sekuensial Gambar Gerak Sela (Inbetween)
2 J.59ANM00.009.1 Membaca Tabel Dope/Exposure/Time Sheet
3 J.59ANM00.010.1 Membaca Shot/Scene/Sequences Storyboard
4 J.59ANM01.026.2 Melakukan Clean Up Gambar Keypose 2D
5 J.59ANM03.067.1 Mengoperasikan Perangkat Kerja Produksi Animasi
6 J.59ANM04.079.1 Melakukan Prosedur Kesehatan/Keselamantan Kerja dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
7 J.59ANM04.080.1 Melakukan Komunikasi/Kerjasama dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
VFX Artist Okupasi SKM/0421/00010/2/2024/027 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : VFX Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.59ANM03.067.1 Mengoperasikan Perangkat Kerja Produksi Animasi
2 J.59ANM04.079.1 Melakukan Prosedur Kesehatan/Keselamantan Kerja dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
3 J.59ANM04.080.1 Melakukan Komunikasi/Kerjasama dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
4 R.90VFX00.009.1 Menyelaraskan Camera Tracking Dengan Rencana Objek Digital
5 R.90VFX00.017.1 Mengerjakan Clean Up
6 R.90VFX00.018.1 Mengerjakan Rotoscoping
7 R.90VFX00.020.1 Mengerjakan Composite
Junior 2D Rigger Artist Okupasi SKM/0421/00010/2/2024/029 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : Junior 2D Rigger Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.59ANM01.026.2 Melakukan Clean Up Gambar Keypose 2D
2 J.59ANM03.059.1 Merancang Sistem Mekanika Gerak Digital (Rigging)
3 J.59ANM03.061.1 Membuat Struktur Mekanik Ekspresi & Controller Wajah (Facial Rigging)
4 J.59ANM03.063.1 Membuat Struktur Teknik Sambungan Antar Objek 2D Dan Mekanika Tulangan (Rigging/Peg)
5 J.59ANM03.067.1 Mengoperasikan Perangkat Kerja Produksi Animasi
6 J.59ANM04.079.1 Melakukan Prosedur Kesehatan/Keselamantan Kerja dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
7 J.59ANM04.080.1 Melakukan Komunikasi/Kerjasama dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
2D Motion Graphic Artist Okupasi SKM/0421/00010/2/2024/26 BDI Denpasar
Kota Denpasar
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : 2D Motion Graphic Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.59ANM00.003.2 Membuat Pergerakan (Motion) Objek Digital
2 J.59ANM01.038.2 Membuat Penggabungan Aset Visual Teknik Layer 2D (Post 2D Compositing)
3 J.59ANM02.051.2 Melakukan Penyuntingan Gambar Akhir Animasi (Online Editing)
4 J.59ANM03.067.1 Mengoperasikan Perangkat Kerja Produksi Animasi
5 J.59ANM04.079.1 Melakukan Prosedur Kesehatan/Keselamantan Kerja dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
6 J.59ANM04.080.1 Melakukan Komunikasi/Kerjasama dalam Lingkup Kerja Produksi Animasi
7 J.59MTM00.011.1 Membuat Aset Visual Berdasarkan Langkah Kerja yang Telah Ditetapkan

Infrastruktur Kompetensi