Daftar Skema Kompetensi

Nama Skema Jenis Skema Kode Skema Nama LSP Bidang Subsektor Jumlah Unit
Skema Sertifikasi Klaser Perencanaan Wisata (Tour Planner) Klaster SKM/1302/00014/3/2022/35 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 5 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi Klaser Perencanaan Wisata (Tour Planner)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 PAR.UJ01.001.01 Bekerjasama dengan Lingkungan Sosial yang Berbeda 2013
2 PAR.UJ01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan di Tempat Kerja 2014
3 PAR.UJ02.016.01 Mencari dan menyediakan informasi dan saran mengenai daerah tujuan wisata 2004
4 PAR.UJ02.018.01 Menjual produk dan jasa pariwisata 2004
5 PAR.UJ02.019.01 Menerima dan memproses sistim penempahan (Reservation System) 2004
Skema Sertifikasi Klaster Pengadministrasian Pendaftaran Acara (MICE) Klaster SKM/1302/00014/3/2022/40 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Aktivitas Administrasi Kantor, Aktivitas Penunjang Kantor dan Aktivitas Penunjang Usaha Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 8 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi Klaster Pengadministrasian Pendaftaran Acara (MICE)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 N.82MIC00.009.1 Mengelola Hubungan Bisnis 2018
2 N.82MIC00.066.1 Mencari dan Memberikan Informasi 2018
3 N.82MIC00.067.1 Mengelola Keanekaragaman di Tempat Kerja 2018
4 N.82MIC00.070.2 Memproses Kegiatan Pendaftaran Dalam Suatu Acara 2018
5 N.82MIC00.071.2 Mengatur Pendaftaran Tamu Dalam Suatu Acara 2018
6 N.82MIC00.072.2 Menangani Kegiatan Acara Protokoler 2018
7 N.82MIC00.076.1 Memberikan Layanan Kepada Pelanggan 2018
8 N.82MIC00.080.1 Menampilkan Kepekaan Sosial dan Budaya 2018
Skema Sertifikasi Klaster Pelaksanaan Pemasaran dan Promosi (MICE) Klaster SKM/1302/00014/3/2022/41 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Aktivitas Administrasi Kantor, Aktivitas Penunjang Kantor dan Aktivitas Penunjang Usaha Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 12 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi Klaster Pelaksanaan Pemasaran dan Promosi (MICE)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 N.82MIC00.001.2 Merencanakan Konsep Kegiatan MICE 2018
2 N.82MIC00.011.1 Menyusun dan Memantau Anggaran 2018
3 N.82MIC00.032.1 Mengkoordinasi Produksi Brosur dan Bahan-Bahan Pemasaran 2018
4 N.82MIC00.036.1 Mengembangkan dan Mengelola Strategi Kehumasan 2018
5 N.82MIC00.053.1 Membuat Presentasi 2018
6 N.82MIC00.054.1 Melaksanakan dan Memantau Kegiatan Pemasaran Langsung (Direct Marketing) 2018
7 N.82MIC00.056.1 Menempatkan atau Menentukan Pasar 2018
8 N.82MIC00.066.1 Mencari dan Memberikan Informasi 2018
9 N.82MIC00.076.1 Memberikan Layanan Kepada Pelanggan 2018
10 N.82MIC00.080.1 Menampilkan Kepekaan Sosial dan Budaya 2018
11 N.82MIC00.082.1 Mengelola Pertemuan 2018
12 N.82MIC00.092.1 Membangun dan Memelihara Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja 2018
Skema Sertifikasi Klaster Perencanaan Kegiatan MICE Klaster SKM/1302/00014/3/2022/42 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Aktivitas Administrasi Kantor, Aktivitas Penunjang Kantor dan Aktivitas Penunjang Usaha Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 14 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi Klaster Perencanaan Kegiatan MICE
#Kode UnitNama UnitTahun
1 N.82MIC00.001.2 Merencanakan Konsep Kegiatan MICE 2018
2 N.82MIC00.003.2 Mengembangkan Proposal Penawaran (BID) 2018
3 N.82MIC00.011.1 Menyusun dan Memantau Anggaran 2018
4 N.82MIC00.013.1 Merencanakan Kegiatan Internal untuk Event atau Function 2018
5 N.82MIC00.019.1 Mengembangkan Rencana Event Multi Event 2018
6 N.82MIC00.024.2 Mengelola Resiko Dalam Bisnis MICE 2018
7 N.82MIC00.029.1 Memilih dan Menempatkan Personil Untuk Kegiatan Event MICE 2018
8 N.82MIC00.046.1 Pengelolaan Penyelenggaraan Acara 2018
9 N.82MIC00.052.1 Mengembangkan dan Menerapkan Rencana Manajemen Acara 2018
10 N.82MIC00.055.1 Memproses dan Memantau Pendaftaran Kegiatan 2018
11 N.82MIC00.058.2 Menangani Perizinan Kegiatan 2018
12 N.82MIC00.067.1 Mengelola Keanekaragaman di Tempat Kerja 2018
13 N.82MIC00.072.2 Menangani Kegiatan Acara Protokoler 2018
14 N.82MIC00.089.1 Mempertahankan dan Menerapkan Pengetahuan Industri Meeting, Incentive, Convention & Exhibition (MICE) 2018
Skema Sertifikasi Pemandu Wisata Selam Okupasi SKM/1302/00018/2/2018/14 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Aktivitas Olahraga dan Rekreasi Lainnya Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 10 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi Pemandu Wisata Selam
#Kode UnitNama UnitTahun
1 R.932420.001.1 Menerapkan Pengetahuan Dasar Selam 2017
2 R.932420.002.1 Menunjukkan Keterampilan Dasar Selam 2017
3 R.932420.003.2 Melakukan Pemeriksaan Perlengkapan untuk Keselamatan Penyelaman dan Keadaan Darurat 2017
4 R.932420.004.1 Memiliki Pengetahuan tentang Kondisi Titik Penyelaman sesuai dengan Klasifikasinya 2017
5 R.932420.005.1 Mengatur Kegiatan Penyelaman 2017
6 R.932420.006.2 Menjalankan Prosedur Keadaan Darurat pada Aktivitas Penyelaman 2017
7 R.932420.007.1 Melakukan Fungsi Administrasi 2017
8 R.932420.008.1 Melakukan Penyelaman Orientasi 2017
9 R.932420.009.1 Menangani keluhan dari wisatawan 2017
10 R.932420.010.1 Melaporkan Kegiatan Penyelaman 2017
Pembahanan (Rough Mill) Furnitur Kayu Klaster SKM/1401/00003/3/2018/1 LSP MEBEL KRIYA INDONESIA
Kota Yogyakarta
Industri Furniture Industri Pengolahan 4 Unit
Daftar Unit : Pembahanan (Rough Mill) Furnitur Kayu
#Kode UnitNama UnitTahun
1 C.310010.001.01 Mengoperasikan Mesin Pemotongan (Sawing) Komponen 2014
2 C.310010.002.01 Mengoperasikan Mesin Pembelahan (Splitting) Komponen 2014
3 C.310010.003.01 Mengoperasikan Mesin Pengetaman (Raeping) Komponen 2014
4 C.310010.004.01 Melaminasi Komponen 2014
KONTRUKSI FURNITUR KAYU Klaster SKM/1401/00003/3/2018/2 LSP MEBEL KRIYA INDONESIA
Kota Yogyakarta
Industri Furniture Industri Pengolahan 6 Unit
Daftar Unit : KONTRUKSI FURNITUR KAYU
#Kode UnitNama UnitTahun
1 C.310010.005.01 Mengoperasikan Mesin Pembuatan Lubang (Boring) Pada Komponen 2014
2 C.310010.006.01 Mengoperasikan Mesin Pembuatan Purus (Tenon) Pada Komponen 2014
3 C.310010.007.01 Mengoperasikan Mesin Pembuatan Bobok (Mortiser) Pada komponen 2014
4 C.310010.008.01 Mengoperasikan Mesin Pembuatan Profil (Moulding) Komponen 2014
5 C.310010.009.01 Mengoperasikan Mesin Pembuatan Jointing Komponen 2014
6 C.310010.010.01 Mengoperasikan Mesin Pengamplasan (Sanding) Komponen 2014
PERAKITAN FURNITUR KAYU Klaster SKM/1401/00003/3/2018/3 LSP MEBEL KRIYA INDONESIA
Kota Yogyakarta
Industri Furniture Industri Pengolahan 3 Unit
Daftar Unit : PERAKITAN FURNITUR KAYU
#Kode UnitNama UnitTahun
1 C.310010.011.01 Melaksanakan Pekerjaan Perekatan 2014
2 C.310010.012.01 Melaksanakan Pekerjaan Perakitan 2014
3 C.310010.013.01 Merapikan Pekerjaan Perakitan 2014
PENYIAPAN FINISHING FURNITUR KAYU Klaster SKM/1401/00003/3/2018/4 LSP MEBEL KRIYA INDONESIA
Kota Yogyakarta
Industri Pengolahan 2 Unit
Daftar Unit : PENYIAPAN FINISHING FURNITUR KAYU
#Kode UnitNama UnitTahun
1 C.310010.014.01 Menyiapkan Pekerjaan Finishing 2014
2 C.310010.015.01 Menyiapkan Permukaan Komponen/Produk Untuk Finishing 2014
FINISHING FURNITUR KAYU DENGAN TEKNIK OLES Klaster SKM/1401/00003/3/2018/5 LSP MEBEL KRIYA INDONESIA
Kota Yogyakarta
Industri Furniture Industri Pengolahan 4 Unit
Daftar Unit : FINISHING FURNITUR KAYU DENGAN TEKNIK OLES
#Kode UnitNama UnitTahun
1 C.310010.014.01 Menyiapkan Pekerjaan Finishing 2014
2 C.310010.015.01 Menyiapkan Permukaan Komponen/Produk Untuk Finishing 2014
3 C.310010.016.01 Menyesuaikan Warna Finishing Sesuai Spesifikasi 2014
4 C.310010.017.01 Mengerjakan Finishing Dengan Teknik Oles 2014
FINISHING FURNITUR KAYU DENGAN TEKNIK SEMPROT Klaster SKM/1401/00003/3/2018/6 LSP MEBEL KRIYA INDONESIA
Kota Yogyakarta
Industri Furniture Industri Pengolahan 4 Unit
Daftar Unit : FINISHING FURNITUR KAYU DENGAN TEKNIK SEMPROT
#Kode UnitNama UnitTahun
1 C.310010.014.01 Menyiapkan Pekerjaan Finishing 2014
2 C.310010.015.01 Menyiapkan Permukaan Komponen/Produk Untuk Finishing 2014
3 C.310010.016.01 Menyesuaikan Warna Finishing Sesuai Spesifikasi 2014
4 C.310010.018.01 Mengerjakan Finishing Dengan Teknik Semprot 2014
2D Layout Artist Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/1 LSP AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 5 Unit
Daftar Unit : 2D Layout Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.028.01 Membuat gambar latar 2014
2 J.591120.029.01 Melakukan pewarnaan gambar latar (coloring) 2014
3 J.591120.035.01 Membuat standar produksi desain suasana (environment design) 2014
4 J.591120.039.01 Membuat gambar sketsa latar 2014
5 J.591120.040.01 Membuat gambar sketsa karakter 2014
3D Ilustration Artist Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/2 LSP AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 11 Unit
Daftar Unit : 3D Ilustration Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
2 J.591120.009.01 Membuat model digital organik 3 dimensi 2014
3 J.591120.011.01 Membuat pencitraan UV mesh 2014
4 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
5 J.591120.013.01 Membuat pencitraan tekstur permukaan 2014
6 J.591120.014.01 Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) 2014
7 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) 2014
8 J.591120.020.01 Membuat pencitraan cahaya digital 2014
9 J.591120.021.01 Membuat pencitraan sifat permukaan (shading) 2014
10 J.591120.031.01 Mempersiapkan sudut pandang kamera digital 2014
11 J.591120.043.01 Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing) 2014
Motion Graphic Artist Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/3 LSP AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 10 Unit
Daftar Unit : Motion Graphic Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.004.01 Membuat gerak digital non character 2014
2 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
3 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
4 J.591120.019.01 Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing) 2014
5 J.591120.020.01 Membuat pencitraan cahaya digital 2014
6 J.591120.021.01 Membuat pencitraan sifat permukaan (shading) 2014
7 J.591120.022.01 Membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing) 2014
8 J.591120.026.01 Melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing) 2014
9 J.591120.031.01 Mempersiapkan sudut pandang kamera digital 2014
10 J.591120.043.01 Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing) 2014
3D Low Poly Model Artist Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/4 LSP AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : 3D Low Poly Model Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
2 J.591120.009.01 Membuat model digital organik 3 dimensi 2014
3 J.591120.011.01 Membuat pencitraan UV mesh 2014
4 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
5 J.591120.013.01 Membuat pencitraan tekstur permukaan 2014
6 J.591120.014.01 Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) 2014
7 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) 2014
3D Modeling Artist Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/5 LSP AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 11 Unit
Daftar Unit : 3D Modeling Artist
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.001.01 Melakukan pemindaian digital 2014
2 J.591120.002.01 Melakukan pewarnaan gambar karakter (coloring) 2014
3 J.591120.003.01 Melakukan perekaman rancangan dialog 2014
4 J.591120.004.01 Membuat gerak digital non character 2014
5 J.591120.005.01 Membuat sekuensial gambar gerak sela (inbetween) 2014
6 J.591120.006.01 Melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic /previsualisation) 2014
7 J.591120.007.01 Membuat kumpulan aset digital (layout 3 dimensi) 2014
8 J.591120.008.01 Membuat model digital hardsurface 3 dimensi 2014
9 J.591120.009.01 Membuat model digital organik 3 dimensi 2014
10 J.591120.010.01 Membuat elemen gambar digital puppeteer 2014
11 J.591120.011.01 Membuat pencitraan UV mesh 2014
3D ANIMATOR Okupasi SKM/1435/00010/2/2019/6 LSP AINAKI (PT SERTIFIKASI ANIMASI KREATIF INDONESIA)
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Aktivitas Produksi gambar bergerak, video dan program televisi, rekaman suara dan penerbitan musik Informasi dan Komunikasi 7 Unit
Daftar Unit : 3D ANIMATOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.591120.012.01 Membuat pencitraan gambar digital (rendering) 2014
2 J.591120.013.01 Membuat pencitraan tekstur permukaan 2014
3 J.591120.014.01 Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) 2014
4 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) 2014
5 J.591120.016.01 Membuat sekuensial gambar gerak utama (keyframing) 2014
6 J.591120.017.01 Membuat gerak digital character 2014
7 J.591120.018.01 Membuat gerak digital puppeteer 2014
Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Cookery) KKNI SKM/1449/00009/1/2022/28 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 23 Unit
Daftar Unit : Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Cookery)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.01 Menerapkan Metode Dasar Memasak Komersial 2019
2 D1.HCC.CL2.02 Melaksanakan Dan Memelihara Jaminan Mutu Dalam Produksi Makanan 2019
3 D1.HCC.CL2.03 Mengidentifikasi Dan Menyiapkan Daging 2019
4 D1.HCC.CL2.04 Menjaga Strategi Untuk Penyimpanan Makanan Yang Aman 2019
5 D1.HCC.CL2.08 Menyiapkan Sandwich 2019
6 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan 2019
7 D1.HCC.CL2.12 Menyiapkan Makanan Pembuka Dan Salad 2019
8 D1.HCC.CL2.15 Menyiapkan Potongan Daging Dengan Porsi Terkontrol 2019
9 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
10 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan 2019
11 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur 2019
12 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
13 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
14 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
15 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
16 D1.HRS.CL1.09 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
17 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
18 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
19 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
20 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
21 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
22 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
23 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
BARISTA Okupasi SKM/1449/00009/2/2019/2 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 9 Unit
Daftar Unit : BARISTA
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.563030.001.01 Mengelola Bahan Baku 2013
2 I.563030.002.01 Mengelola Peralatan dan Perlengkapan 2013
3 I.563030.003.01 Mengelola Area Kerja 2013
4 I.563030.004.01 Menangani Pelanggan 2013
5 I.563030.005.01 Mengoperasikan Peralatan 2013
6 I.563030.006.01 Mengembangkan produk minuman kopi 2013
7 PAR.UJ01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan di Tempat Kerja 2014
8 PAR.UJ01.004.01 Menangani Situasi Konflik 2014
9 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
BARTENDER Okupasi SKM/1449/00009/2/2019/4 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Unit
Daftar Unit : BARTENDER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
3 D1.HBS.CL5.03 Menyediakan Pelayanan Yang Bertanggung Jawab Terhadap Minuman Beralkohol 2019
4 D1.HBS.CL5.04 Mengoperasikan Bar 2019
5 D1.HBS.CL5.05 Mengoperasikan Sistem Cellar/Penyimpanan Minuman Beralkohol 2019
6 D1.HBS.CL5.06 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Koktail 2019
7 D1.HBS.CL5.07 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Non- Alkohol 2019
8 D1.HBS.CL5.08 Memproses Penjualan Minuman Keras Di Fasilitas Bar 2019
9 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan 2019
10 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman 2019
11 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur 2019
12 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan 2019
13 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
14 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
15 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
16 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
17 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
18 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
19 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
20 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
21 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
22 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
23 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan 2019
24 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
25 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
26 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
27 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
SKEMA SERTIFIKASI KLASTER EVENT REGISTRATION - MICE (ADMINISTRASI PENDAFTARAN ACARA) Klaster SKM/1449/00014/3/2023/42 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Ketenagakerjaan Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 8 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KLASTER EVENT REGISTRATION - MICE (ADMINISTRASI PENDAFTARAN ACARA)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 N.82MIC00.009.1 Mengelola Hubungan Bisnis 2018
2 N.82MIC00.066.1 Mencari dan Memberikan Informasi 2018
3 N.82MIC00.067.1 Mengelola Keanekaragaman di Tempat Kerja 2018
4 N.82MIC00.070.2 Memproses Kegiatan Pendaftaran Dalam Suatu Acara 2018
5 N.82MIC00.071.2 Mengatur Pendaftaran Tamu Dalam Suatu Acara 2018
6 N.82MIC00.072.2 Menangani Kegiatan Acara Protokoler 2018
7 N.82MIC00.076.1 Memberikan Layanan Kepada Pelanggan 2018
8 N.82MIC00.080.1 Menampilkan Kepekaan Sosial dan Budaya 2018
Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Patisserie) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/29 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Unit
Daftar Unit : Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Tata Boga (Patisserie)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCC.CL2.11 Menyiapkan Dan Menyimpan Makanan 2019
2 D1.HPA.CL4.01 Mengelola Dan Mengoperasikan Coffee Shop 2019
3 D1.HPA.CL4.02 Menyiapkan Dan Menampilkan Pettit Fours (Kembang Gula Berukuran Kecil Atau Hidangan Yang Pembuka Gurih) 2019
4 D1.HPA.CL4.03 Menyiapkan Dan Menampilkan Sugar Work (DEKORASI YANG TERBUAT DARI LARUTAN GULA) 2019
5 D1.HPA.CL4.04 Menyiapkan Dan Menampilkan Marzipan 2019
6 D1.HPA.CL4.06 Menghidangkan Makanan Penutup 2019
7 D1.HPA.CL4.08 Menyiapkan Dan Membuat Kue Dan Produk Patiseri 2019
8 D1.HRS.CL1.01 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
9 D1.HRS.CL1.02 Melaksanakan Prosedur Keamanan Makanan 2019
10 D1.HRS.CL1.03 Membersihkan Dan Memelihara Area Dan Peralatan Dapur 2019
11 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
12 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
13 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
14 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
15 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
16 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
17 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
18 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan 2019
19 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
20 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
21 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
22 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Kantor Depan (FO) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/30 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 22 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat II Bidang Kantor Depan (FO)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi 2019
2 D1.HFO.CL2.04 Memelihara Catatan Keuangan Tamu 2019
3 D1.HFO.CL2.05 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan 2019
4 D1.HFO.CL2.07 Menyediakan Layanan Bellboy/Porter 2019
5 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel 2019
6 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
7 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
8 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
9 D1.HOT.CL1.04 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
10 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
11 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
12 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
13 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
14 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
15 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
16 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
17 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
18 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman 2019
19 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP 2019
20 D1.HSS.CL4.07 Menangani Orang Mabuk 2019
21 D1.HSS.CL4.08 Mengantar, Membawa Dan ,Menyimpan Barang Berharga 2019
22 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2019
Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat IV Bidang Kantor Depan (GUEST SERVICE SUPERVISION) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/31 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 33 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat IV Bidang Kantor Depan (GUEST SERVICE SUPERVISION)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan 2019
2 D1.HFO.CL2.01 Menerima Dan Memproses Reservasi 2019
3 D1.HFO.CL2.02 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan 2019
4 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi 2019
5 D1.HFO.CL2.06 Melakukan Audit Malam 2019
6 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel 2019
7 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional 2019
8 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer 2019
9 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan 2019
10 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
11 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain 2019
12 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan 2019
13 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
14 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
15 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
16 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
17 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
18 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
19 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
20 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata 2019
21 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
22 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
23 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
24 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
25 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
26 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan 2019
27 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis 2019
28 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu 2019
29 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
30 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan 2019
31 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman 2019
32 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti 2019
33 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2019
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG KANTOR DEPAN (SUPERVISION AND ADMINISTRATION) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/32 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 41 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT V BIDANG KANTOR DEPAN (SUPERVISION AND ADMINISTRATION)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan 2019
2 D1.HFO.CL2.02 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan 2019
3 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi 2019
4 D1.HFO.CL2.06 Melakukan Audit Malam 2019
5 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel 2019
6 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional 2019
7 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer 2019
8 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan 2019
9 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
10 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain 2019
11 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan 2019
12 D1.HHR.CL8.07 Melakukan Pemantauan Dan Evaluasi Terhadap Efektivitas Pelatihan 2019
13 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
14 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
15 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
16 D1.HOT.CL1.04 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
17 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
18 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
19 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
20 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
21 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata 2019
22 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
23 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
24 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
25 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
26 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata 2019
27 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
28 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan 2019
29 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis 2019
30 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu 2019
31 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
32 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan 2019
33 D1.HSM.CL5.03 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan 2019
34 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman 2019
35 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti 2019
36 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP 2019
37 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2019
38 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi 2019
39 D1.LAN.CL10.06 Membaca Dan Menulis Menggunakan Bahasa Inggris Pada Tingkat Lanjutan 2019
40 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media 2019
41 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan 2019

Infrastruktur Kompetensi