Daftar Skema Kompetensi

Nama Skema Jenis Skema Kode Skema Nama LSP Bidang Subsektor Jumlah Unit
SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI LAUNDRY MANAGER Okupasi SKM/1449/00018/2/2022/22 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 35 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI LAUNDRY MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.07 Menyiapkan Dan Memonitor Anggaran 2019
2 D1.HGA.CL6.05 Merencanakan, Mengelola Dan Melaksanakan Rapat 2019
3 D1.HGA.CL6.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris 2019
4 D1.HGA.CL6.10 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
5 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
6 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf 2019
7 D1.HHR.CL8.02 Melaksanakan, Memantau Dan Mengevaluasi Prorgam Pelatihan Dan Proram Pengembangan 2019
8 D1.HHR.CL8.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan 2019
9 D1.HHR.CL8.05 Merencanakan Dan Melaksanakan Rangkaian Acara Pelatihan 2019
10 D1.HHR.CL8.07 Melakukan Pemantauan Dan Evaluasi Terhadap Efektivitas Pelatihan 2019
11 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
12 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
13 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
14 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
15 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
16 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
17 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
18 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata 2019
19 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
20 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
21 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
22 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
23 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata 2019
24 D1.HRM.CL9.01 Mengelola Secara Efektif Penggunaan Sumber Daya Manusia 2019
25 D1.HRM.CL9.02 Mengelola Keanekaragaman Di Tempat Kerja 2019
26 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
27 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan 2019
28 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu 2019
29 D1.HRM.CL9.09 Melakukan Penjadwalan Staf 2019
30 D1.HRM.CL9.10 Merekrut Dan Menyeleksi Pegawai 2019
31 D1.HRM.CL9.12 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris 2019
32 D1.HRM.CL9.14 Mengelola Persyaratan Hukum Untuk Keperluan Bisnis 2019
33 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman 2019
34 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2019
35 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media 2019
Rekayasa Komponen dan Mesin Industri KKNI SKM/0078/00003/1/2019/7 LSP Politeknik ATMI Surakarta
Kab. Karanganyar
Industri Barang Logam, bukan mesin dan peralatannya Industri Pengolahan 34 Unit
Daftar Unit : Rekayasa Komponen dan Mesin Industri
#Kode UnitNama UnitTahun
1 LOG.OO01.002.01 Menerapkan Prinsip-Prinsip Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Lingkungan Kerja 2004
2 LOG.OO01.003.01 Menerapkan Prosedur-Prosedur Mutu 2004
3 LOG.OO01.004.01 Merencanakan Tugas Rutin 2004
4 LOG.OO02.007.01 Melakukan Penghitungan Dasar 2004
5 LOG.OO02.010.01 Mengoperasikan Komputer 2004
6 LOG.OO03.001.01 Produksi Perakitan Manual 2004
7 LOG.OO05.004.01 Melakukan Rutinitas Las Oksigen-Asetilen (Las Karbit) 2004
8 LOG.OO05.012.01 Melakukan Rutinitas Pengelasan Menggunakan Las Busur Manual Dan/Atau Las Gas (Metal) 2004
9 LOG.OO06.003.01 Melakukan perlakuan panas 2004
10 LOG.OO06.004.01 Memilih Proses Perlakuan Panas Dan Menguji Hasilnya 2004
11 LOG.OO06.007.01 Melakukan Proses Pemanasan/Quenching, Tempering Dan Annealing Dasar 2004
12 LOG.OO07.006.00 Bekerja dengan mesin bubut 2004
13 LOG.OO07.007.00 Melakukan pekerjaan dengan mesin frais 2004
14 LOG.OO07.008.00 Melakukan pekerjaan dengan mesin gerinda 2004
15 LOG.OO07.010.00 Menggerinda pahat dan alat potong 2004
16 LOG.OO07.011.00 Memfrais (kompleks) 2004
17 LOG.OO07.012.00 Menggerinda (kompleks) 2004
18 LOG.OO07.014.00 Mengoperasikan Mesin EDM 2004
19 LOG.OO07.017.00 Memprogram mesin NC/CNC (dasar) 2004
20 LOG.OO07.018.00 Memprogram Mesin NC/CNC Machining Centre 2004
21 LOG.OO07.019.00 Memprogram mesin NC/CNC machining center multi spindle dan/atau multi axis 2004
22 LOG.OO07.020.00 Mempergunakan mesin bubut (kompleks) 2004
23 LOG.OO07.027.00 Mengoperasikan Mesin NC/CNC (Dasar) 2004
24 LOG.OO07.031.00 Menggunakan Mesin untuk Operasi Dasar 2004
25 LOG.OO09.002.00 Membaca Gambar Teknik 2004
26 LOG.OO09.005.01 Merancang Gambar Tehnik Secara Rinci (Dasar) 2004
27 LOG.OO09.009.01 Menggambar 2D Dengan Sistem CAD 2004
28 LOG.OO09.010.01 Membuat Model 3D Dengan Sistem CAD 2004
29 LOG.OO12.001.01 Menggunakan Peralatan Pembandingan Dan/Atau Alat Ukur Dasar 2004
30 LOG.OO12.002.00 Mengukur listrik/elektronik 2004
31 LOG.OO12.003.01 Mengukur Dengan Alat Ukur Mekanik Presisi 2004
32 LOG.OO14.002.01 Merencanakan Proses Tingkat Dasar 2004
33 LOG.OO15.003.01 Melakukan Pemeriksaan (Dasar) 2004
34 LOG.OO18.001.01 Menggunakan Perkakas Tangan 2004
Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat IV Bidang Kantor Depan (GUEST SERVICE SUPERVISION) KKNI SKM/1449/00018/1/2022/31 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 33 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi KKNI Sertifikat IV Bidang Kantor Depan (GUEST SERVICE SUPERVISION)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.03 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan 2019
2 D1.HFO.CL2.01 Menerima Dan Memproses Reservasi 2019
3 D1.HFO.CL2.02 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan 2019
4 D1.HFO.CL2.03 Menyediakan Lauyanan Resepsionis Untuk Akomodasi 2019
5 D1.HFO.CL2.06 Melakukan Audit Malam 2019
6 D1.HFO.CL2.11 Menyediakan Layanan Informasi Pelayanan Hotel 2019
7 D1.HFO.CL2.12 Menyediakan Pelayanan Telepon Internasional 2019
8 D1.HGA.CL6.07 Menyusun Dokumen, Laporan, Dan Lembar Kerja Pada Komputer 2019
9 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan 2019
10 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
11 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain 2019
12 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan 2019
13 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
14 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
15 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
16 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
17 D1.HOT.CL1.06 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
18 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
19 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
20 D1.HOT.CL1.09 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata 2019
21 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
22 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
23 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
24 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
25 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
26 D1.HRM.CL9.04 Memantau Kinerja Karyawan 2019
27 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis 2019
28 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu 2019
29 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
30 D1.HSM.CL5.02 Merencanakan dan Menerapkan Aktivitas Penjualan 2019
31 D1.HSS.CL4.01 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman 2019
32 D1.HSS.CL4.02 Menjaga Keamanan Lokasi Dan Properti 2019
33 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2019
Skema Sertifikat III Bidang Tata Hidang (Food and Beverage Service) - Waiting KKNI SKM/1302/00009/1/2018/021 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 33 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikat III Bidang Tata Hidang (Food and Beverage Service) - Waiting
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
3 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan 2019
4 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum 2019
5 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon 2019
6 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman 2019
7 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar 2019
8 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service 2019
9 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu 2019
10 D1.HCS.CL6.03 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu 2019
11 D1.HCS.CL6.07 Mengembangkan Produk Dan Layanan Baru 2019
12 D1.HFI.CL8.02 Memelihara Catatan Dan Standar Keuangan 2019
13 D1.HFI.CL8.06 Menyiapkan Laporan Keuangan 2019
14 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan 2019
15 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
16 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
17 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
18 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
19 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
20 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
21 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
22 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
23 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
24 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
25 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan 2019
26 D1.HRS.CL1.16 Meneriman Dan Menyimpan Bahan Persediaan Makanan 2019
27 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
28 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
29 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
30 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
31 D1.LAN.CL10.02 Memulai Percakapan Dan Membina Hubungan Yang Baik Dengan Tamu 2019
32 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi 2019
33 D1.LAN.CL10.10 Menyiapkan Surat Bisnis Dalam Bahasa Inggris Pada Level Tingkat Lanjutan 2019
FOOD & BEVERAGE HEAD WAITER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/2 LSP PARIWISATA ANGIN MAMMIRI
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 32 Unit
Daftar Unit : FOOD & BEVERAGE HEAD WAITER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan 2018
2 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon 2018
3 I.55HDR00.023.2 Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman 2018
4 I.55HDR00.030.2 Memperbaharui Pengetahuan Makanan dan Minuman 2018
5 I.55HDR00.031.2 Menyediakan Penghubung Antara Area Dapur dan Area Layanan 2018
6 I.55HDR00.033.2 Menyediakan Layanan Minuman Anggur 2018
7 I.55HDR00.034.2 Menghidangkan Cocktail 2018
8 I.55HDR00.035.2 Menyediakan Layanan Gueridon 2018
9 I.55HDR00.036.2 Menyediakan Silver Service 2018
10 I.55HDR00.039.2 Menerima dan Menyimpan Persediaan 2018
11 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan 2018
12 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam 2018
13 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja 2018
14 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan 2018
15 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal 2018
16 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan 2018
17 I.55HDR00.155.2 Menangani Situasi Konflik 2018
18 I.55HDR00.161.2 Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja 2018
19 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama 2018
20 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi 2018
21 I.55HDR00.175.2 Membuat Dokumen di Dalam Komputer 2018
22 I.55HDR00.178.2 Melatih Kelompok Kecil 2018
23 I.55HDR00.189.2 Membuat Daftar Personil Staf 2018
24 I.55HDR00.190.2 Memantau Kinerja Staf 2018
25 I.55HDR00.196.2 Menangani Kualitas Layanan Pelanggan 2018
26 I.55HDR00.206.2 Memulai Percakapan dan Mengembangkan Hubungan Baik dengan Tamu 2018
27 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan 2018
28 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan 2018
29 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2018
30 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata 2018
31 I.55HDR00.238.2 Mengawasi Operasi Tempat Kerja Rutin 2018
32 I.55HDR00.244.2 Menjaga Keamanan Lingkungan Kerja dan Harta Benda 2018
FRONT OFFICE SUPERVISOR Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/14 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 32 Unit
Daftar Unit : FRONT OFFICE SUPERVISOR
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.02 Mengelola Kinerja Keuangan Dalam Anggaran 2019
2 D1.HGA.CL6.03 Memelihara Sistem Pengarsipan Dan Pengambilan Data Berbasis Kertas 2019
3 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
4 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan 2019
5 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
6 D1.HOT.CL1.14 Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak-Anak Di Daerah Tujuan Wisata 2019
7 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
8 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
9 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
10 PAR.HT02.017.01 MENERIMA DAN MEMPROSES RESERVASI 2004
11 PAR.HT02.018.01 MENYEDIAKAN LAYANAN AKOMODASI RECEPTION 2004
12 PAR.HT02.020.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN 2004
13 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON 2004
14 PAR.HT02.023.01 MELAKSANAKAN AUDIT MALAM 2004
15 PAR.HT02.034.01 MENANGANI ORANG YANG MABUK 2004
16 PAR.HT02.049.01 MENYEDIAKAN KEAMANAN UNTUK TAMU VIP 2004
17 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL 2004
18 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
19 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK 2004
20 PAR.HT02.060.01 MENERIMA DAN MENYIMPAN PERSEDIAAN 2004
21 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI 2004
22 PAR.HT03.016.01 MEMPERSIAPKAN LAPORAN KEUANGAN 2004
23 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER 2004
24 PAR.HT03.037.01 MEMANTAU KEGIATAN KERJA 2004
25 PAR.HT03.038.01 MENERAPKAN PROSES KESEHATAN, KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA 2004
26 PAR.HT03.042.01 DAFTAR PERSONIL STAF 2004
27 PAR.HT03.046.01 MENGELOLA KEANEKARAGAMAN DI TEMPAT KERJA 2004
28 PAR.HT03.049.01 MENANGANI KUALITAS LAYANAN PELANGAN 2004
29 PAR.UJ01.005.01 Mengembangkan dan memutakhirkan pengetahuan industri pariwisata 2011
30 PAR.UJ02.021.01 Mengoperasikan sistim penempahan dengan menggunakan komputer (Computer Reservation System). 2004
31 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
32 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
HEAD WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/6 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 32 Unit
Daftar Unit : HEAD WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HCS.CL6.04 Mengorganisasikan Functions 2019
2 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
3 D1.HML.CL10.02 Menciptakan Dan Menjaga Tempat Kerja Yang Aman Dan Aman 2019
4 D1.HML.CL10.12 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
5 D1.HRD.CL9.01 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain 2019
6 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
7 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
8 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
9 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
10 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
11 PAR.HT02.003.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN 2004
12 PAR.HT02.010.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG MAKANAN DAMINUMAN 2004
13 PAR.HT02.011.01 MENYEDIAKAN PENGHUBUNG ANTARA DAPUR DAN AREA PELAYANAN 2004
14 PAR.HT02.013.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MINUMAN ANGGUR 2004
15 PAR.HT02.014.01 MENYIAPKAN DAN MENYAJIKANCOCKTAIL 2004
16 PAR.HT02.015.01 MENYEDIAKAN LAYANAN GUERIDON 2004
17 PAR.HT02.016.01 MENYEDIAKAN SILVER SERVICE 2004
18 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON 2004
19 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL 2004
20 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
21 PAR.HT02.052.01 MENANGANI SITUASI KONFLIK 2004
22 PAR.HT03.001.01 MENGIKUTI PROSEDUR KEBERSIHAN DI TEMPAT KERJA 2004
23 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI 2004
24 PAR.HT03.013.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN 2004
25 PAR.HT03.018.01 MENCARI DAN MENDAPATKAN DATA KOMPUTER 2004
26 PAR.HT03.042.01 DAFTAR PERSONIL STAF 2004
27 PAR.HT03.043.01 MEMANTAU KINERJA STAF 2004
28 PAR.HT03.060.01 MEMULAI PERCAKAPAN DAN MENGEMBANGKAN HUBUNGAN BAIK DENGAN TAMU 2004
29 PAR.HT03.064.01 MENANGANI KELUHAN 2004
30 PAR.UJ.01.002.01 Bekerja dalam Lingkungan Sosial yang bebeda 2011
31 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
32 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
KONSULTAN PERJALANAN (TRAVEL CONSULTANT) Okupasi SKM/0271/00014/2/2024/32 LSP PARIWISATA ANGIN MAMMIRI
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 32 Unit
Daftar Unit : KONSULTAN PERJALANAN (TRAVEL CONSULTANT)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
2 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
3 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan 2019
4 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
5 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata 2019
6 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
7 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
8 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
9 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
10 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
11 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
12 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
13 D2.TTA.CL2.05 Menyusun Dan Menerbitkan Rencanan Perjalanan Non-Udara 2019
14 D2.TTA.CL2.06 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Domestik 2019
15 D2.TTA.CL2.07 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Promosi Pesawat Internasional 2019
16 D2.TTA.CL2.08 Menyusun Dan Menerbitkan Tiket Pesawat Internasional Reguler 2019
17 D2.TTA.CL2.11 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
18 D2.TTA.CL2.13 Mengoperasikan Sistem Komputer Pemesanan 2019
19 D2.TTA.CL2.17 Menerima Dan Memproses Reservasi 2019
20 D2.TTA.CL2.18 Mencari Sumber Dan Membuat Paket Wisata 2019
21 D2.TTA.CL2.19 Mencari Sumber Dan Menyediakan Informasi Dan Saran Tentang Destinasi 2019
22 D2.TTA.CL2.20 Mencari dan menyediakan informasi dan sarana mengenai daerah tujuan wisata 2019
23 PAR.UJ.01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Wisatawan 2011
24 PAR.UJ.01.002.01 Bekerja dalam Lingkungan Sosial yang bebeda 2011
25 PAR.UJ.01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja 2011
26 PAR.UJ.01.004.01 Menangani Situasi Konflik 2011
27 PAR.UJ.01.005.01 Mengembangkan dan Memutakirkan Pengetahuan Pariwisata tentang tempat kepemanduan Otbound populer yang dikunjungi wisatawan 2011
28 PAR.UJ.03.043.01 Melakukan komunikasi secara lisan dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
29 PAR.UJ03.001.01 Berkomunikasi melalui telepon 2011
30 PAR.UJ03.002.01 Melakukan prosedur administrasi 2011
31 PAR.UJ03.023.01 Mencari dan mendapatkan data komputer 2011
32 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2011
SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) GUEST SERVICE SUPERVISION KKNI SKM/1449/00018/1/2022/34 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 32 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI SERTIFIKAT IV BIDANG TATA GRAHA (HOUSEKEEPING) GUEST SERVICE SUPERVISION
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan 2019
2 D1.HGA.CL6.09 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris 2019
3 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
4 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu 2019
5 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri 2019
6 D1.HHK.CL3.06 Menyediakan Layanan Valet Untuk Tamu 2019
7 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf 2019
8 D1.HHR.CL8.05 Merencanakan Dan Melaksanakan Rangkaian Acara Pelatihan 2019
9 D1.HHR.CL8.06 Mengelola Sistem Asesmen Untuk Pelatihan 2019
10 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
11 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
12 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
13 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
14 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
15 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
16 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
17 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
18 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
19 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
20 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
21 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis 2019
22 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu 2019
23 D1.HSM.CL5.03 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan 2019
24 D1.HSM.CL5.06 Membangun Dan Menjaga Hubungan Bisnis 2019
25 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP 2019
26 D1.HSS.CL4.08 Mengantar, Membawa Dan ,Menyimpan Barang Berharga 2019
27 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan 2019
28 D1.HSS.CL4.10 Merencanakan Dan Melaksanakan Evakuasi Lokasi 2019
29 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2019
30 D1.LAN.CL10.04 Menggunakan Bahasa Inggris Lisan Untuk Berdiskusi 2019
31 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media 2019
32 D1.LAN.CL10.11 Menyiapkan Dokumen Bisnis dalam Bahasa Inggris Tingkat Lanjut 2019
Sertifikat IV Bidang Tata Graha (Housekeeping) - Guest Services Supervision KKNI SKM/1302/00009/1/2018/019 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 32 Unit
Daftar Unit : Sertifikat IV Bidang Tata Graha (Housekeeping) - Guest Services Supervision
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HFA.CL7.04 Menyiapkan Laporan Keuangan 2019
2 D1.HGA.CL6.04 Mengumpulkan Dan Menyajikan Informasi Tentang Produk 2019
3 D1.HGA.CL6.08 Mendesain, Menyiapkan, Dan Menyajikan Berbagai Jenis Laporan 2019
4 D1.HGA.CL6.12 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
5 D1.HHK.CL3.01 Menyediakan Layanan Housekeeping Kepada Tamu 2019
6 D1.HHK.CL3.03 Membersihkan dan menyiapkan kamar untuk tamu 2019
7 D1.HHK.CL3.04 Memelihara Dan Mengoperasikan Binatu Dengan Standar Industri 2019
8 D1.HHK.CL3.06 Menyediakan Layanan Valet Untuk Tamu 2019
9 D1.HHR.CL8.01 Merencanakan, Melaksanakan Dan Melakukan Evaluasi Kinerja Staf 2019
10 D1.HHR.CL8.03 Melatih Keterampilan Kerja Untuk Orang Lain 2019
11 D1.HHR.CL8.04 Menyiapkan Dan Memberikan Pelatihan 2019
12 D1.HOT.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
13 D1.HOT.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
14 D1.HOT.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
15 D1.HOT.CL1.05 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
16 D1.HOT.CL1.07 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
17 D1.HOT.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
18 D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
19 D1.HOT.CL1.11 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
20 D1.HOT.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
21 D1.HOT.CL1.13 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
22 D1.HRM.CL9.03 Memonitor Operasional Di Tempat Kerja 2019
23 D1.HRM.CL9.05 Memberikan Dukungan Profesional Kepada Kolega Bisnis 2019
24 D1.HRM.CL9.06 Memelihara Kualiltas Pelayanan Pelanggan/Tamu 2019
25 D1.HSM.CL5.03 Mengembangkan Strategi Pemasaran Dan Mengkoordinasikan Kegiatan Penjualan 2019
26 D1.HSM.CL5.06 Membangun Dan Menjaga Hubungan Bisnis 2019
27 D1.HSS.CL4.06 Memberikan Layanan Keamanan Untuk VIP 2019
28 D1.HSS.CL4.09 Menyediakan Fasilitas Kehilangan Dan Penemuan 2019
29 D1.LAN.CL1.01 Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2019
30 D1.LAN.CL10.03 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Di Telepon 2019
31 D1.LAN.CL10.07 Membaca Teks Informasi Umum Atau Media 2019
32 D1.LAN.CL10.11 Menyiapkan Dokumen Bisnis dalam Bahasa Inggris Tingkat Lanjut 2019
SENIOR PROGRAMMER Okupasi SKM/1565/00010/2/2019/23 LSP P3 Teknologi Digital
Kota Yogyakarta
Aktivitas jasa Informasi Informasi dan Komunikasi 30 Unit
Daftar Unit : SENIOR PROGRAMMER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 J.612000.019.01 Melakukan Perencanaan Sistem DWDM 2014
2 J.620100.001.01 Menganalisis Tools 2016
3 J.620100.004.02 Menggunakan Struktur Data 2016
4 J.620100.005.02 Mengimplementasikan User Interface 2016
5 J.620100.006.01 Merancang User Experience 2016
6 J.620100.007.01 Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas 2016
7 J.620100.013.01 Menerapkan Pemecahan Permasalahan Menjadi Subrutin 2016
8 J.620100.014.01 Menerapkan Metode dan Praktik Penggunaan Kembali (Reusable) Subrutin-Subrutin 2016
9 J.620100.015.01 Menyusun Fungsi, File atau Sumber Daya Pemrograman yang Lain dalam Organisasi yang Rapi 2016
10 J.620100.016.01 Menulis Kode dengan Prinsip Sesuai Guidelines dan Best Practices 2016
11 J.620100.018.02 Mengimplementasikan Pemrograman Berorientasi Objek 2016
12 J.620100.019.02 Menggunakan Library atau Komponen Pre- Existing 2016
13 J.620100.022.02 Mengimplementasikan Algoritma Pemrograman 2016
14 J.620100.023.02 Membuat Dokumen Kode Program 2016
15 J.620100.025.02 Melakukan Debugging 2016
16 J.620100.026.01 Menggunakan Source Code Versioning 2016
17 J.620100.031.01 Melakukan Profiling Program 2016
18 J.620100.032.01 Menerapkan Code Review 2016
19 J.620100.034.02 Melaksanakan Pengujian Integrasi Program 2016
20 J.620100.035.02 Melaksanakan Pengujian Program Sistem 2016
21 J.620100.037.01 Melaksanakan Stress Test 2016
22 J.620100.038.01 Melaksanakan Pengujian Oleh Pengguna (UAT) 2016
23 J.620100.039.02 Memberikan Petunjuk Teknis Kepada Pelanggan 2016
24 J.620100.040.01 Membuat Paket Instalasi Perangkat Lunak 2016
25 J.620100.042.01 Melaksanakan Konfigurasi Perangkat Lunak Sesuai Environment (Development, Staging, Production) 2016
26 J.620100.043.01 Menganalisis Dampak Perubahan Terhadap Aplikasi 2016
27 J.620100.044.01 Menerapkan Alert Notification Jika Aplikasi Bermasalah 2016
28 J.620100.045.01 Melakukan Pemantauan Resource yang Digunakan Aplikasi 2016
29 J.620100.046.01 Melakukan Logging Aplikasi 2016
30 J.62090.011.01 Menerapkan Standar?Standar Keamanan Informasi yang Berlaku 2015
SKEMA SERTIFIKASI KKNI LEVEL IV PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GEOMATIKA KKNI SKM/0661/00002/1/2019/09 LSP P2 PPPPTK Bidang Mesin dan Teknik Industri
Kota Cimahi
Aktivitas jasa penunjang Pertambangan Pertambangan dan Penggalian 29 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI LEVEL IV PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GEOMATIKA
#Kode UnitNama UnitTahun
1 M.71IGN00.002.1 Menentukan Kriteria Kualitas Data 2017
2 M.71IGN00.018.1 Menyiapkan Peralatan Pengolahan Data Penginderaan Jauh 2017
3 M.71IGN00.019.1 Menyiapkan Peralatan Survei Lapangan Penginderaan Jauh 2017
4 M.71IGN00.020.2 Merencanakan Pekerjaan Teknis Penginderaan Jauh 2017
5 M.71IGN00.031.1 Membuat Rintisan Jalur Pengukuran dan Pembebasan Sudut Pandang ke Segala Arah 2017
6 M.71IGN00.032.1 Menyiapkan Peralatan Survei 2017
7 M.71IGN00.033.2 Mengukur Sudut Horizontal, Vertikal, dan Jarak 2017
8 M.71IGN00.034.2 Mengukur Beda Tinggi dan Jarak 2017
9 M.71IGN00.035.2 Menentukan Posisi Berbasis Pengamatan Satelit Global Navigation Satellite System (GNSS) 2017
10 M.71IGN00.039.1 Membuat Benchmark/Hydro Pilar 2017
11 M.71IGN00.077.1 Menyusun Katalog Citra 2017
12 M.71IGN00.078.1 Melakukan Visualisasi Komposit Citra sebagai Dasar Interpretasi Visual 2017
13 M.71IGN00.079.1 Melakukan Konversi Format Penyimpanan Data Penginderaan Jauh 2017
14 M.71IGN00.080.1 Melakukan Digitisasi Objek Individual Tertentu (Titik, Garis, atau Area) pada Citra Tegak Resolusi Tinggi 2017
15 M.71IGN00.084.1 Mengoperasikan Perangkat Lunak Sistem Informasi Geografis 2017
16 M.71IGN00.085.2 Mengonversi Data Geospasial Analog Menjadi Digital 2017
17 M.71IGN00.086.1 Menginput Data Hasil Pengukuran Lapangan 2017
18 M.71IGN00.089.1 Melakukan Pengumpulan Data Geospasial 2017
19 M.71IGN00.092.1 Melakukan Penyiapan Administrasi dan Peralatan Survei 2017
20 M.71IGN00.107.1 Membuat Laporan Hasil Pengukuran 2017
21 M.71IGN00.132.2 Menyusun Mozaik Citra Digital 2017
22 M.71IGN00.137.1 Melakukan Interpretasi Visual Citra untuk Penutup/Penggunaan Lahan 2017
23 M.71IGN00.142.2 Melakukan Pengumpulan Data untuk Pengambilan Sampel untuk Keperluan Ground Truthing 2017
24 M.71IGN00.149.1 Melakukan Proses Pemberian Sistem Koordinat Peta 2017
25 M.71IGN00.151.1 Melakukan Konversi Antar Format File Penyimpanan Data Geospasial 2017
26 M.71IGN00.152.2 Mengedit Data Geospasial 2017
27 M.71IGN00.161.1 Membaca Peta 2017
28 M.71IGN00.215.1 Menyusun Laporan Akhir 2017
29 MBP.MB01.012.01 Melaksanakan Prinsip-Prinsip Sistem Keselamatan Kerja (K3) di Tempat Kerja 2015
SKEMA SERTIFIKASI KKNI LEVEL IV PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK KKNI SKM/0661/00003/1/2019/16 LSP P2 PPPPTK Bidang Mesin dan Teknik Industri
Kota Cimahi
Industri Peralatan Listrik Industri Pengolahan 29 Unit
Daftar Unit : SKEMA SERTIFIKASI KKNI LEVEL IV PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK
#Kode UnitNama UnitTahun
1 IJE.UM01.007.01 Melaksanakan Pekerjaan di Meja kerja 2014
2 IJE.UM01.008.01 Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan 2014
3 IJE.UM01.010.01 Mempersiapkan dan menginterpretasikan gambar teknik 2011
4 KTL.IH02.101.01 Memelihara Dan Memperbaiki Instalasi Listrik Bangunan Sederhana (Rumah Tinggal, Sekolah, Rumah, Ibadah) 2007
5 KTL.IH02.102.01 Memelihara Dan Memperbaiki Instalasi Listrik Bangunan Gedung (Kampus, Perkantoran, Hotel, Apartemen, Pasar Swalayan, Gedung Olah Raga). 2007
6 KTL.IH02.103.01 Memelihara Dan Memperbaiki Instalasi Listrik Bangunan Industri Kecil. 2007
7 KTL.IH02.217.01 Memelihara Dan Memperbaiki Programable Logic Control (PLC). 2007
8 KTL.IH02.224.01 Memelihara Dan Memperbaiki Instalasi Listrik Pompa (Hydrant, Springkler, Air Bersih Dan Air Kotor/Limbah). 2007
9 KTL.II02.101.01 Menginspeksi Rakitan Dan Pemasangan PHB Penerangan Bangunan Sederhana (Rumah Tinggal, Sekolah, Rumah Ibadah). 2007
10 KTL.II02.102.01 Menginspeksi Rakitan Dan Pemasangan PHB Penerangan Bangunan Gedung (Kampus, Perkantoran, Hotel, Apartemen, Pasar Swalayan, Gedung Olahraga) 2007
11 KTL.II02.103.01 Menginspeksi Rakitan Dan Pemasangan PHB Penerangan Bangunan Industri Kecil 2007
12 KTL.II02.108.01 Menginspeksi Pemasangan Pembumian 2007
13 KTL.II02.110.01 Menginspeksi Pemasangan PHB Pompa (Hydrant, Springkler, Air Bersih, Air Kotor/limbah) 2007
14 KTL.II02.218.01 Menginspeksi Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana (Rumah Tinggal, Sekolah, Rumaha Ibadah). 2007
15 KTL.II02.219.01 Menginspeksi Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Gedung (Kampus, Perkantoran, Hotel, Apartemen, Pasar Swalayan, Gedung Olah Raga). 2007
16 KTL.II02.220.01 Menginspeksi Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Industri Kecil 2007
17 KTL.II02.225.01 Menginspeksi Instalasi Listrik Pompa (Hydrant, Springkler, Air Bersih dan Air Kotor/limbah) 2007
18 KTL.II02.229.01 Menginspeksi Instalasi PLC 2007
19 KTL.IK02.101.01 Merakit Dan Memasang PHB Penerangan Bangunan Sederhana (Rumah Tinggal, Sekolah, Rumah Ibadah) 2007
20 KTL.IK02.102.01 Merakit Dan Memasang PHB Penerangan Bangunan Gedung (Kampus, Perkantoran, Hotel, Apartemen, Pasar Swalayan, Gedung Olahraga) 2007
21 KTL.IK02.103.01 Merakit Dan Memasang PHB Penerangan Bangunan Industri Kecil 2007
22 KTL.IK02.108.01 Memasang Sistem Pembumian 2007
23 KTL.IK02.110.01 Memasang PHB Pompa (Hydrant, Springkler, Air Bersih, Air Kotor/limbah) 2007
24 KTL.IK02.118.01 Memasang Instalasi Listrik Bangunan Sederhana (Rumah Tinggal, Sekolah, Rumah Ibadah) 2007
25 KTL.IK02.219.01 Memasang Instalasi Listrik Bangunan Gedung (Kampus, Perkantoran, Hotel, Apartemen, Pasar Swalayan, Gedung Olah Raga) 2007
26 KTL.IK02.220.01 Memasang Instalasi Listrik Bangunan Industri Kecil Dengan Daya Sampai Dengan 197 Kva 2007
27 KTL.IK02.225.01 Memasang Instalasi listrik Pompa (Hydrant, Springkler, Air Bersih dan Air Kotor/limbah ) 2007
28 KTL.IK02.229.01 Memasang Instalasi PLC 2007
29 KTL.IO02.214.01 Mengoperasikan Programable Logic Control (PLC) 2007
Pemeriksaan Kondisi Mobil Klaster SKM/0349/00007/3/2022/12 Teknisi Otomotif Profesional Indonesia (TOP Indonesia)
Kota Administrasi Jakarta Timur
Perdagangan, Reparasi, dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor Perdagangan besar dan eceran, Reparasi dan Perawatan Mobil dan Motor 29 Unit
Daftar Unit : Pemeriksaan Kondisi Mobil
#Kode UnitNama UnitTahun
1 G.45OBR02.007.2 Melaksanakan Pelayanan pada Pelanggan 2018
2 G.45OBR02.011.1 Melakukan Pre-Delivery Inspection 2018
3 G.45OTO01.001.2 Melaksanakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja 2018
4 G.45OTO01.002.2 Menggunakan Peralatan dan Perlengkapan Tempat Kerja 2018
5 G.45OTO01.003.2 Melaksanakan Komunikasi di Tempat Kerja 2018
6 G.45OTO01.004.2 Melaksanakan Pemeliharaan Komponen 2018
7 G.45OTO01.007.2 Membaca Gambar Teknik 2018
8 G.45OTO01.008.2 Menggunakan Alat Ukur 2018
9 G.45OTO01.077.2 Memperbaiki Sistem Pengapian 2018
10 G.45TSM01.019.2 Melakukan perawatan sistem injeksi 2019
11 G.45TSM01.020.2 Melakukan perawatan renggang klep 2019
12 G.45TSM01.021.2 Melakukan perawatan free play throttle gas 2019
13 G.45TSM01.022.2 Melakukan perawatan filter udara 2019
14 G.45TSM01.023.2 Melakukan perawatan sistem clutch/kopling 2019
15 G.45TSM01.024.2 Melakukan pemeriksaan dan penggantian oli mesin, oli transmisi, dan filter oli 2019
16 G.45TSM01.025.2 Melakukan pemeriksaan sistem pelumasan mesin 2019
17 G.45TSM01.026.2 Melakukan perawatan busi 2019
18 G.45TSM01.028.2 Melakukan perawatan sistem pendinginan 2019
19 G.45TSM01.029.2 Melakukan penggantian rantai roda 2019
20 G.45TSM01.030.2 Melakukan pemeriksaan keolengan roda 2019
21 G.45TSM01.031.2 Melakukan perawatan sistem pengereman 2019
22 G.45TSM01.032.2 Melakukan perawatan sistem kemudi 2019
23 G.45TSM01.033.2 Melakukan perawatan sistem suspensi 2019
24 G.45TSM01.034.2 Melakukan bongkar pasang cover body 2019
25 G.45TSM01.039.2 Melakukan perawatan baterai 2019
26 G.45TSM01.040.2 Melakukan perawatan instrumen kelistrikan (sistem sinyal dan penerangan) 2019
27 G.45TSM01.053.2 Melakukan pembersihan injector 2019
28 G.45TSM01.054.2 Menentukan jenis kerusakan sistem injeksi 2019
29 G.45TSM01.055.2 Mengoperasikan diagnostic tools 2019
CREDIT MANAGER Okupasi SKM/0271/00014/2/2019/26 LSP PARIWISATA ANGIN MAMMIRI
Kota Makassar
Aktivitas Agen Perjalanan, Penyelenggara Tur Dan Jasa Reservasi Lainnya Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya 28 Unit
Daftar Unit : CREDIT MANAGER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
2 D2.TCC.CL1.02 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
3 D2.TCC.CL1.03 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
4 D2.TCC.CL1.04 Mengikuti Prosedur Keselamatan Dan Keamanan 2019
5 D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
6 D2.TCC.CL1.06 Menangani Dan Menyelesaikan Situasi Konflik 2019
7 D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan Dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Industri Pariwisata 2019
8 D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
9 D2.TCC.CL1.09 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
10 D2.TCC.CL1.10 Mengakses Dan Mendapatkan Data Berbasis Komputer 2019
11 D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
12 D2.TCC.CL1.12 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan 2019
13 D2.TCC.CL1.13 Menggunakan Peralatan Dan Teknologi Bisnis Yang Umum 2019
14 D2.TCC.CL1.14 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
15 D2.TCC.CL1.15 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
16 D2.TCS.CL5.01 Menerapkan Teknik Penanganan Outlet Penjualan 2019
17 D2.TCS.CL5.06 Mengkoordinasikan Pembuatan Brosur Dan Materi Pemasaran 2019
18 D2.TCS.CL5.16 Mengimplementasikan Prosedur Dan Sistem Manajemen Perhelatan 2019
19 D2.TCS.CL5.18 Merencanakan dan Menetapkan Aktifitas Penjualan 2019
20 D2.TCS.CL5.21 Mempromosikan Produk Dan Layanan Wisata 2019
21 D2.TFA.CL7.03 Memelihara Sistem Akuntansi Keuangan Yang Aman 2019
22 D2.TFA.CL7.04 Mengelola Komitmen/Persetujuan Kontrak 2019
23 D2.TGA.CL6.10 Mengembangkan Dan Mengimplementasikan Rencana Operasional 2019
24 D2.TRM.CL9.05 Memimpin Dan Mengelola Pengembangan Tim 2019
25 D2.TRM.CL9.08 Mengelola Pembelian Barang Persediaan Dan Inventaris 2019
26 D2.TRM.CL9.21 Melakukan Penjadwalan Staf 2019
27 PAR.UJ03.032.01 Memimpin dan mengelola sumber daya manusia 2004
28 PAR.UJ03.052.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional tinggi 2004
Waiter Okupasi SKM/0122/00009/2/2015/18 Kopi Indonesia
Kota Tangerang
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Unit
Daftar Unit : Waiter
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.07 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Non- Alkohol 2019
3 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan 2019
4 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum 2019
5 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon 2019
6 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman 2019
7 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar 2019
8 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service 2019
9 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur 2019
10 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu 2019
11 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan 2019
12 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering 2019
13 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
14 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
15 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
16 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
17 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
18 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
19 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
20 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
21 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
22 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
23 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan 2019
24 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
25 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
26 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
27 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
BARTENDER Okupasi SKM/1449/00009/2/2019/4 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Unit
Daftar Unit : BARTENDER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.01 Membersihkan Dan Merapikan Area Pelayanan Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
3 D1.HBS.CL5.03 Menyediakan Pelayanan Yang Bertanggung Jawab Terhadap Minuman Beralkohol 2019
4 D1.HBS.CL5.04 Mengoperasikan Bar 2019
5 D1.HBS.CL5.05 Mengoperasikan Sistem Cellar/Penyimpanan Minuman Beralkohol 2019
6 D1.HBS.CL5.06 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Koktail 2019
7 D1.HBS.CL5.07 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Non- Alkohol 2019
8 D1.HBS.CL5.08 Memproses Penjualan Minuman Keras Di Fasilitas Bar 2019
9 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan 2019
10 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman 2019
11 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur 2019
12 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan 2019
13 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
14 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
15 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
16 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
17 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
18 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
19 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
20 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
21 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
22 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
23 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan 2019
24 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
25 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
26 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
27 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
Pengoperasian Rotary Dryer Klaster SKM/0124/00003/3/2022/7 LSP Politeknik Ati Makassar
Kota Makassar
Industri Bahan Kimia dan barang dari Bahan Kimia Industri Pengolahan 27 Unit
Daftar Unit : Pengoperasian Rotary Dryer
#Kode UnitNama UnitTahun
1 C.20FER03.009.1 Mengoperasikan Rotary Dryer 2017
2 M.702093.028.01 Merancang Fasilitas Kerja yang Ergonomis 2016
3 M.702093.029.01 Menganalisis Beban Kerja Fisik 2016
4 M.702093.030.01 Menganalisis Beban Kerja Mental 2016
5 M.702093.031.01 Menganalisis Lingkungan Kerja Fisik 2016
6 M.702093.032.01 Menerapkan Penataan Tempat Kerja 2016
7 M.702093.033.01 Menilai Risiko Pekerjaan 2016
8 M.702093.034.01 Merancang Sistem K3 2016
9 M.702093.035.01 Menganalisis Kinerja Pelaksanaan K3 2016
10 M.702093.036.01 Menentukan Waktu Baku Pekerjaan 2016
11 M.702093.037.01 Menyusun Instruksi Kerja 2016
12 M.702093.038.01 Merancang Prosedur Pelaksanaan Pekerjaan 2016
13 M.702093.039.01 Menganalisis Kebutuhan Jumlah Mesin 2016
14 M.702093.040.01 Menganalisis Kebutuhan Jumlah Operator Produksi 2016
15 M.702093.041.01 Merancang Jadwal Kerja 2016
16 M.702093.042.01 Merancang Prosedur Penilaian Kinerja Operator 2016
17 M.702093.043.01 Menganalisis Alur Proses Produksi 2016
18 M.702093.044.01 Merancang Sistem Kerja 2016
19 M.702093.045.01 Menghitung Efektivitas Sistem Produksi 2016
20 M.702093.046.01 Merancang Sistem Penanganan Limbah 2016
21 M.702093.047.01 Menentukan Dimensi Area Kerja Produksi 2016
22 M.702093.048.01 Membuat Blue Print Desain Layout Pabrik 2016
23 M.702093.049.01 Merancang Sistem Perawatan Mesin 2016
24 M.702093.050.01 Menganalisis Nilai Overal Equipment Effectivines (OEE) Mesin 2016
25 M.702093.051.01 Menjalankan Aplikasi Sistem Informasi Perencanaan Terintegrasi 2016
26 M.70CNT01.029.1 Menghitung Neraca Massa Dan Neraca Energi 2019
27 M.71KKK01.011.1 Menerapkan Manajemen Risiko K3 2019
WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE) Okupasi SKM/1449/00018/2/2019/3 Pariwisata Maestro Indonesia
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Aktivitas Hiburan, Kesenian dan Kreativitas Kesenian, Hiburan dan Rekreasi 27 Unit
Daftar Unit : WAITER (FOOD AND BEVERAGE SERVICE)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu 2019
2 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering 2019
3 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
4 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
5 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
6 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan Mitra Kerja dan Pelanggan 2014
7 PAR.HT01.002.01 BEKERJA DALAM LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERBEDA 2004
8 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
9 PAR.HT02.003.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN 2004
10 PAR.HT02.007.01 MENYEDIAKAN ROOM SERVICE 2004
11 PAR.HT02.009.01 MENYIAPKAN DAN MENGHIDANGKAN MINUMAN NON-ALKOHOL 2004
12 PAR.HT02.010.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG MAKANAN DAMINUMAN 2004
13 PAR.HT02.011.01 MENYEDIAKAN PENGHUBUNG ANTARA DAPUR DAN AREA PELAYANAN 2004
14 PAR.HT02.012.01 MENYEDIAKAN SARAN AHLI TENTANG MAKANAN 2004
15 PAR.HT02.013.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MINUMAN ANGGUR 2004
16 PAR.HT02.015.01 MENYEDIAKAN LAYANAN GUERIDON 2004
17 PAR.HT02.016.01 MENYEDIAKAN SILVER SERVICE 2004
18 PAR.HT02.022.01 BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON 2004
19 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL 2004
20 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
21 PAR.HT03.001.01 MENGIKUTI PROSEDUR KEBERSIHAN DI TEMPAT KERJA 2004
22 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI 2004
23 PAR.HT03.013.01 MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN 2004
24 PAR.HT03.064.01 MENANGANI KELUHAN 2004
25 PAR.UJ01.002.01 Melakukan Pekerjaan Dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda 2011
26 PAR.UJ03.003.01 Menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
27 PAR.UJ03.044.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2014
FOOD & BEVERAGE WAITER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/4 LSP PARIWISATA ANGIN MAMMIRI
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Unit
Daftar Unit : FOOD & BEVERAGE WAITER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu 2019
3 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan 2018
4 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon 2018
5 I.55HDR00.023.2 Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman 2018
6 I.55HDR00.027.2 Menyediakan Room Service 2018
7 I.55HDR00.029.2 Menyajikan Minuman Non-Alkohol 2018
8 I.55HDR00.031.2 Menyediakan Penghubung Antara Area Dapur dan Area Layanan 2018
9 I.55HDR00.032.2 Menyediakan Saran Ahli tentang Makanan 2018
10 I.55HDR00.033.2 Menyediakan Layanan Minuman Anggur 2018
11 I.55HDR00.035.2 Menyediakan Layanan Gueridon 2018
12 I.55HDR00.036.2 Menyediakan Silver Service 2018
13 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan 2018
14 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam 2018
15 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja 2018
16 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan 2018
17 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal 2018
18 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan 2018
19 I.55HDR00.162.2 Membersihkan Tempat dan Peralatan Kerja 2018
20 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama 2018
21 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi 2018
22 I.55HDR00.168.2 Menerima dan Menyimpan Barang 2018
23 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan 2018
24 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan 2018
25 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2018
26 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata 2018
27 I.55HDR00.264.2 Memproses Transaksi Untuk Pembelian Barang dan Jasa 2018
KOMPETENSI LAUNDRY ATTENDANT Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/14 LSP PARIWISATA ANGIN MAMMIRI
Kota Makassar
Penyediaan Akomodasi Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Unit
Daftar Unit : KOMPETENSI LAUNDRY ATTENDANT
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu 2019
3 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan 2018
4 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon 2018
5 I.55HDR00.023.2 Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman 2018
6 I.55HDR00.027.2 Menyediakan Room Service 2018
7 I.55HDR00.029.2 Menyajikan Minuman Non-Alkohol 2018
8 I.55HDR00.031.2 Menyediakan Penghubung Antara Area Dapur dan Area Layanan 2018
9 I.55HDR00.032.2 Menyediakan Saran Ahli tentang Makanan 2018
10 I.55HDR00.033.2 Menyediakan Layanan Minuman Anggur 2018
11 I.55HDR00.035.2 Menyediakan Layanan Gueridon 2018
12 I.55HDR00.036.2 Menyediakan Silver Service 2018
13 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan 2018
14 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam 2018
15 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja 2018
16 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan 2018
17 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal 2018
18 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan 2018
19 I.55HDR00.162.2 Membersihkan Tempat dan Peralatan Kerja 2018
20 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama 2018
21 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi 2018
22 I.55HDR00.168.2 Menerima dan Menyimpan Barang 2018
23 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan 2018
24 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan 2018
25 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2018
26 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata 2018
27 I.55HDR00.264.2 Memproses Transaksi Untuk Pembelian Barang dan Jasa 2018
FOOD & BEVERAGE BARTENDER Okupasi SKM/0271/00009/2/2019/3 LSP PARIWISATA ANGIN MAMMIRI
Kota Makassar
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Unit
Daftar Unit : FOOD & BEVERAGE BARTENDER
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.05 Mengoperasikan Sistem Cellar/Penyimpanan Minuman Beralkohol 2019
3 D1.HBS.CL5.08 Memproses Penjualan Minuman Keras Di Fasilitas Bar 2019
4 I.55HDR00.004.2 Memproses Transaksi Keuangan 2018
5 I.55HDR00.006.2 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon 2018
6 I.55HDR00.021.2 Membersihkan dan Merapikan Area Bar 2018
7 I.55HDR00.022.2 Mengoperasikan Bar 2018
8 I.55HDR00.023.2 Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman 2018
9 I.55HDR00.028.2 Menyediakan Pelayanan yang Bertanggung Jawab Terhadap Minuman Beralkohol 2018
10 I.55HDR00.029.2 Menyajikan Minuman Non-Alkohol 2018
11 I.55HDR00.031.2 Menyediakan Penghubung Antara Area Dapur dan Area Layanan 2018
12 I.55HDR00.033.2 Menyediakan Layanan Minuman Anggur 2018
13 I.55HDR00.034.2 Menghidangkan Cocktail 2018
14 I.55HDR00.149.2 Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan 2018
15 I.55HDR00.150.2 Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam 2018
16 I.55HDR00.151.2 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja 2018
17 I.55HDR00.152.2 Mengembangkan Pengetahuan tentang Industri Perhotelan 2018
18 I.55HDR00.153.2 Memperbaharui Pengetahuan Lokal 2018
19 I.55HDR00.154.2 Mempromosikan Produk dan Jasa Kepada Pelanggan 2018
20 I.55HDR00.162.2 Membersihkan Tempat dan Peralatan Kerja 2018
21 I.55HDR00.163.2 Menyediakan Pertolongan Pertama 2018
22 I.55HDR00.164.2 Melaksanakan Prosedur Administrasi 2018
23 I.55HDR00.168.2 Menerima dan Menyimpan Barang 2018
24 I.55HDR00.209.2 Menangani Keluhan 2018
25 I.55HDR00.211.2 Membaca Instruksi dan Diagram Dalam Konteks yang Berkaitan 2018
26 I.55HDR00.217.2 Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar 2018
27 I.55HDR00.218.2 Melakukan Tugas Perlindungan Anak yang Relevan dengan Industri Pariwisata 2018
Skema Sertifikasi Supervisor Penyelia Pengendalian Mutupada Pengendalian Mutu Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) KKNI SKM/1462/00003/1/2019/3 LSP KIMIA INDUSTRI
Kota Bekasi
Industri Minuman Industri Pengolahan 27 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi Supervisor Penyelia Pengendalian Mutupada Pengendalian Mutu Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)
#Kode UnitNama UnitTahun
1 IAK.PM02.001.01 Mengikuti prinsip proses Pengolahan AMDK. 2010
2 IAK.PM02.002.01 Menerapkan sistem manajemen mutu. 2010
3 IAK.PM02.003.01 Mengidentifikasi standar dan parameter mutu . 2010
4 IAK.PM02.004.01 Menerapkan praktek dan pengolahan yang baik (GMP). 2010
5 IAK.PM02.005.01 Melakukan pengecekan pelaksanaan prosedur sanitasi. 2010
6 IAK.PM02.006.01 Mengikuti prosedur sistem analisis bahaya dan titik kendali kritis (HACCP). 2010
7 IAK.PM02.007.01 Melakukan pemeriksaan dan pengawasan mutu bahan baku, bahan pembantu dan kemasan. 2010
8 IAK.PM02.008.01 Melakukan pemeriksaan kinerja unit operasi. 2010
9 IAK.PM02.009.01 Melakukan pemeriksaan mutu produk. 2010
10 IAK.PM02.010.01 Menerapkan praktek berlaboratorium yang baik (GLP). 2010
11 IAK.PM02.011.01 Menggunakan peralatan laboratorium dasar. 2010
12 IAK.PM02.012.01 Melakukan pengukuran parameter fisika. 2010
13 IAK.PM02.013.01 Melakukan pengujian paramter kimia. 2010
14 IAK.PM02.014.01 Melakukan pengujian parameter mikrobiologi. 2010
15 IAK.PM02.015.01 Memelihara kondisi aseptis. 2010
16 IAK.PM02.016.01 Membuat laporan hasil pengujian. 2010
17 IAK.PM02.017.01 Menganalisis data dan laporan hasil pengolahan data pengendali mutu. 2010
18 IAK.PM02.018.01 Mengembangkan kelompok kerja pengendali mutu. 2010
19 IAK.PM02.019.01 Memahami proses penarikan kembali dan pemusnahan produk. 2010
20 IAK.PM03.001.01 Melakukan sampling air. 2010
21 IAK.PM03.002.01 Menggunakan bagan kendali untuk pemeriksaan konsistensi mutu. 2010
22 IAK.PM03.003.01 Melakukan audit internal sistem mutu. 2010
23 IAK.PM03.004.01 Menggunakan komputer untuk laboratorium. 2010
24 IAK.UM01.001.01 Mengikuti prosedur keselamatan, kesehatan dan keamanan di tempat kerja. 2010
25 IAK.UM01.002.01 Melaksanakan personal higienis. 2010
26 IAK.UM01.003.01 Melakukan pekerjaan berwawasan lingkungan. 2010
27 IAK.UM01.004.01 Melakukan kerjasama dengan kolega dan pelanggan. 2010
Skema Sertifikasi Bartender Okupasi SKM/1302/00009/2/2018/6 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi Bartender
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.05 Mengoperasikan Sistem Cellar/Penyimpanan Minuman Beralkohol 2019
2 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan 2019
3 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
4 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
5 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019
6 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan 2014
7 PAR.HT01.002.01 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Beragam 2014
8 PAR.HT01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja 2014
9 PAR.HT01.004.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG INDUSTRI PERHOTELAN 2004
10 PAR.HT02.001.01 MEMBERSIHKAN DAN MERAPIKAN AREA BAR 0
11 PAR.HT02.002.01 MENGOPERASIKAN BAR 0
12 PAR.HT02.003.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN 0
13 PAR.HT02.006.01 MELENGKAPI PENJUALAN ECERAN MINUMAN KERAS 0
14 PAR.HT02.008.01 MENYEDIAKAN PELAYANAN YANG BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP MINUMAN BERALKOHOL 0
15 PAR.HT02.009.01 MENYIAPKAN DAN MENGHIDANGKAN MINUMAN NON-ALKOHOL 0
16 PAR.HT02.010.01 MENGEMBANGKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG MAKANAN DAMINUMAN 0
17 PAR.HT02.011.01 MENYEDIAKAN PENGHUBUNG ANTARA DAPUR DAN AREA PELAYANAN 0
18 PAR.HT02.013.01 MENYEDIAKAN LAYANAN MINUMAN ANGGUR 0
19 PAR.HT02.014.01 MENYIAPKAN DAN MENYAJIKANCOCKTAIL 0
20 PAR.HT02.050.01 MENINGKATKAN DAN MEMPERBAHARUI PENGETAHUAN LOKAL 2004
21 PAR.HT02.051.01 MEMPROMOSIKAN PRODUK DAN JASA KEPADA PELANGGAN 2004
22 PAR.HT03.001.01 MENGIKUTI PROSEDUR KEBERSIHAN DI TEMPAT KERJA 0
23 PAR.HT03.004.01 BERKOUNIKASI MELALUI TELEPON 0
24 PAR.HT03.005.01 MELAKSANAKAN PROSEDUR ADMINISTRASI 0
25 PAR.HT03.064.01 MENANGANI KELUHAN 0
26 PAR.UJ.03.044.01 Membaca dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar 2009
27 PAR.UJ03.003.01 MENYEDIAKAN PERTOLONGAN PERTAMA 2004
Skema Sertifikasi Waiter Okupasi SKM/1302/00009/2/2018/5 LSP Rajawali Hospitality Nusantara
Kota Depok
Penyediaan Makanan dan Minuman Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum 27 Unit
Daftar Unit : Skema Sertifikasi Waiter
#Kode UnitNama UnitTahun
1 D1.HBS.CL5.02 Mengembangkan Dan Memelihara Pengetahuan Produk Makanan Dan Minuman 2019
2 D1.HBS.CL5.07 Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Non- Alkohol 2019
3 D1.HBS.CL5.09 Menyediakan Penghubung Antara Dapur Dan Area Pelayanan 2019
4 D1.HBS.CL5.10 Menyediakan Saran Ahli Tentang Layanan Makan Dan Minum 2019
5 D1.HBS.CL5.11 Menyediakan Layanan Gueridon 2019
6 D1.HBS.CL5.12 Menyediakan Layanan Makanan Dan Minuman 2019
7 D1.HBS.CL5.13 Menyediakan Layanan Makan Minum Didalam Kamar 2019
8 D1.HBS.CL5.14 Menyediakan Silver Service 2019
9 D1.HBS.CL5.15 Menyediakan Layanan Minuman Anggur 2019
10 D1.HBS.CL5.16 Menerima Pesanan Makanan Dan Menyediakan Layanan Di Meja Tamu 2019
11 D1.HFI.CL8.07 Memproses Transaksi Keuangan Penjualan 2019
12 D1.HFI.CL8.08 Melakukan Monitor Atas Pendapatan Dan Biaya Katering 2019
13 D1.HGE.CL7.11 Menerima Dan Menyimpan Barang Persediaan 2019
14 D1.HRS.CL1.04 Berkomunikasi Melalui Telepon 2019
15 D1.HRS.CL1.05 Mengikuti Prosedur Kebersihan Di Tempat Kerja 2019
16 D1.HRS.CL1.06 Mengembangkan dan Memperbahurui Pengetahuan Lokal 2019
17 D1.HRS.CL1.07 Menerapkan Prosedur Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2019
18 D1.HRS.CL1.08 Memelihara Pengetahuan Industri Perhotelan 2019
19 D1.HRS.CL1.11 Melakukan Prosedur Klerikal 2019
20 D1.HRS.CL1.12 Melakukan Prosedur Dasar Pertolongan Pertama 2019
21 D1.HRS.CL1.13 Mempromosikan Produk Dan Layanan Kepada Pelanggan 2019
22 D1.HRS.CL1.14 Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram 2019
23 D1.HRS.CL1.15 Meneriman Dan Menyelesaikan Keluhan Pelanggan 2019
24 D1.HRS.CL1.17 Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar 2019
25 D1.HRS.CL1.18 Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega 2019
26 D1.HRS.CL1.19 Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda 2019
27 D1.HRS.CL1.20 Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata 2019

Infrastruktur Kompetensi